kulkas mini yang freezernya bagus dingin

Kulkas mini adalah peralatan elektronik yang kapasitasnya kurang dari 90 L. Produk kulkas mini hanya tersedia dalam pilihan satu pintu saja. Kebanyakan orang membeli kulkas mini yang freezernya bagus dingin untuk menyimpan minuman saja atau sebagai kulkas tambahan. 

Biasanya, kulkas mini biasanya diletakkan di kamar tidur, agar Sedulur tidak perlu ke dapur ketika mengambil camilan atau minuman. Atau bisa juga diletakkan di ruang tamu, agar dengan mudah menyediakan minuman dingin pada tamu yang datang. Ada juga yang menggunakannya untuk penyimpanan khusus ASI. 

Selain itu, kulkas mini memiliki ukuran sangat sesuai bagi Sedulur yang tinggal di apartemen, dengan luas ruangan yang tak seberapa. Untuk itu berikut ini rekomendasi kulkas mini yang freezernya bagus dingin.

BACA JUGA: 10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Beserta Cara Mengatasinya

1. Aqua AQR-D50F

Unsplash/Cshong

Sebagaimana yang diketahui, hampir seluruh home appliances beroperasi dengan tenaga listrik. Tidak jarang perlengkapan rumah memiliki tingkat konsumsi daya yang tinggi. Dalam menyiasati konsumsi daya tinggi dari berbagai perlengkapan rumah yang ada.

Sedulur bisa memilih untuk menggunakan kulkas kecil yang bagus sebagai tempat penyimpanan makanan dan minuman Sedulur sehari-hari dan Aqua AQR-D50F bisa jadi pilihan dari banyaknya kulkas mini yang ada di Indonesia.

Kulkas kecil yang bagus keluaran brand asal Jepang ini beroperasi dengan tegangan listrik stabil di angka 160 volt dan konsumsi daya sebesar 50 watt. Angka tersebut menjadikan kulkas kecil ini sebagai salah satu dengan konsumsi daya terendah di kelasnya.

Meskipun memiliki konsumsi daya listrik yang rendah, suhu pendingin di dalam kulkas kecil ini bisa bekerja dengan baik berkat bantuan desain dan fitur yang mendukung full insulation.

Fitur tersebut menjaga kulkas tertutup dengan rapat agar proses pendinginan dapat bekerja secara maksimal. Dirancang dengan material berkualitas, bagian atas dari kulkas kecil yang bagus ini juga bisa difungsikan sebagai top table untuk meletakkan aksesori seperti tray atau vas bunga.

2. Sharp SJ50MBXW

Selain rumah atau apartemen, kost juga dianggap sebagai salah satu tempat tinggal ideal. Terutama untuk anak muda dengan produktivitas tinggi. Namun dengan luasan kamar kost yang terbatas, akan sulit rasanya memiliki perlengkapan rumahan yang lengkap, seperti kulkas untuk berada di dalamnya.

Maka dari itu kulkas kecil Sharp SJ50MBXW ini bisa jadi alternatif untuk tetap menjaga kualitas makanan dan minuman bagi Sedulur yang tinggal di dalam kost. Meskipun hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 50 liter, sebagai salah satu kulkas kecil yang bagus di pasar Indonesia.

Dibekali dengan sistem pendinginan fast freezing non-CFC yang membuatnya mampu mendinginkan bahan makanan dan minuman lebih cepat dan ramah lingkungan. Bagian rak di dalam kulkas ini juga dibuat dari material tempered glass yang mampu menahan bobot makanan, seperti buah, sayur, dan lainnya lebih kuat.

Untuk soal konsumsi daya, Sedulur tidak perlu khawatir jika Sedulur menggunakan di di dalam kamar kost. Pasalnya, konsumsi daya yang dibutuhkan oleh kulkas kecil yang bagus ini hanya 75 watt saja dengan operasi tegangan rendah, yakni 130 hingga 240 volt.

3. Sanken SN-118KEG

Kulkas mini satu pintu ini juga dilengkapi dengan fitur 4D Air Flow yang memastikan udara di dalam kulkas dingin secara menyeluruh. Untuk menjaga suhu bahan makanan dan minuman di dalam tetap terjaga baik, kulkas ini juga menggunakan material dinding dengan spesifikasi tebal, dijuluki dengan sebutan dinding HD.

Dengan fitur pendinginan unggulan, kulkas kecil ini hanya membutuhkan konsumsi daya sebesar 70 watt. Sebuah angka konsumsi daya yang terbilang rendah, mengingat kulkas kecil ini memiliki kapasitas total sebesar 50 liter. Gabungan konsumsi daya rendah dengan fitur pendinginan mumpuni, membuat kulkas ini jadi alternatif kuat di kelasnya.

4. Midea HS-65L

Kapasitas memang menjadi salah satu faktor penentu dalam memilih kulkas kecil yang bagus untuk rumah atau apartemen. Namun, kadang kala dalam memilih kulkas kecil yang bagus, kapasitas adalah spesifikasi yang kerap kali jarang memiliki ukuran yang sesuai dengan keinginan.

Sedulur tidak perlu khawatir, Midea HS-65L bisa jadi salah satu solusi untuk permasalahan saat memilih kulkas kecil yang bagus. Sesuai dengan angka yang tertera pada nama produknya, kulkas mini ini memiliki kapasitas sebesar 65 liter.

Kapasitas tersebut sekaligus membuat kulkas ini jadi salah satu dengan kapasitas yang besar di kelasnya. Demi melengkapi predikat tersebut, kulkas ini juga dilengkapi area penyimpanan botol minum atau bottle rack yang mampu menampung botol hingga kapasitas 2 liter. 

Kulkas kecil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung general lainnya, seperti tempat es, rak multifungsi di bagian pintu, serta wadah telur. Dengan bobot seberat 17 kilogram, kulkas mini ini memiliki dimensi seluas 470x450x492 milimeter, kulkas kecil yang bagus ini memiliki akomodasi ruang yang baik, sehingga tidak memakan banyak tempat.

5. Kulkas Portable Mobicool T08

Mobicool T08 adalah kulkas mini yang freezernya bagus dingin portabel yang bisa dibawa ketika bepergian. Desainnya yang minimalis membuatnya tidak memakan banyak ruang, jika ditempatkan di dalam mobil. Produk ini sangat tepat untuk Sedulur yang kesehariannya memiliki mobilitas tinggi.

Dengan kapasitas 7L, Sedulur bisa menyimpan berbagai minuman didalamnya untuk menemani perjalanan. Alat ini bekerja menggunakan lighter socket mobil, dan memiliki kabel sepanjang 1 meter, serta bisa mendinginkan hingga suhu 15 derajat Celsius. 

6. Changhong CBC 50

Unsplash/Point3D Commercial Imaging

Mungkin bagi beberapa orang stigma buruk tentang produk asal Tiongkok yang kerap hadir dengan kualitas kurang baik meskipun memiliki banderol harga murah masih ada di dalam benak.

Namun, hal tersebut berhasil ditepis oleh Changhong. Produk elektronik asal Tiongkok ini sudah berada di pasar Indonesia cukup lama dengan kualitas yang mampu diandalkan dan dijual dengan harga yang relatif terjangkau.

Salah satu klaim untuk membuktikan pernyataan tersebut adalah melalui kulkas kecil Changhong CBC50. Sebagai salah satu kulkas kecil yang bagus, secara desain produk ini menawarkan keunggulan di kelasnya. Salah satunya adalah varian warna two-tone, paduan abu-abu pada bagian bodi dan pintu berwarna biru membuat kulkas mini ini terkesan stylish dan trendy.

Gagang pada kulkas didesain secara ergonomis agar nyaman saat digunakan. Berkapasitas total 50 liter, bagian rak di dalam kulkas ini menggunakan tempered glass agar menambah kekuatan saat menahan bobot makanan dan minuman saat didinginkan di dalamnya. Dengan konsumsi daya 50 watt, kulkas ini juga mampu memiliki pengaturan tingkat pendinginan hingga -7 derajat celsius.

7. GEA Kulkas Mini Portabel RS-06DR

Perpaduan kemewahan dan teknologi modern, menjadikan GEA RS06DR sebuah kulkas mini yang freezernya bagus dingin alternatif untuk menyimpan makanan dan minuman. Dengan pintu berbahan stainless steel dan dilengkapi kunci, membuat simpanan di dalamnya tetap aman dan terjaga kualitasnya.

Keunggulan lainnya adalah kapasitasnya yang cukup besar, 47L. Ukurannya pun praktis sehingga bisa ditempatkan di dalam kamar. Kulkas ini juga dilengkapi dengan kunci, sehingga hanya Sedulur atau orang tertentu saja yang bisa mengakses isinya untuk menghindari makanan atau minuman favorit yang hilang secara misterius.

Untuk konsumsi daya listrik, sebagai salah satu kulkas kecil yang bagus di pasar Indonesia, kulkas ini beroperasi membutuhkan daya yang relatif rendah, sebesar 82 watt.

8. Polytron PRH Mini Fridge

Jika Sedulur sedang mencari sebuah kulkas kecil yang bagus dengan desain elegan, Polytron PRH Mini Fridge bisa jadi salah satu alternatif yang bisa Sedulur pilih. Dirancang dengan komponen dan material berkualitas, kulkas mini ini memiliki finishing pintu berbahan metal yang dapat merefleksikan desain interior hunian dan membuatnya terkesan jadi indah.

Tidak hanya terlihat indah, kulkas mini ini juga punya kapasitas yang lumayan besar, yakni 50 liter. Untuk dapat mendinginkan kapasitas yang lumayan besar tersebut, kulkas kecil yang bagus ini hanya membutuhkan konsumsi daya sebesar 50 watt saja. Agar suhu makanan dan minuman di dalam terjaga secara optimal, kulkas mini ini juga dibekali fitur perfect door sealed.

Ukuran dan konsumsi dayanya yang kecil membuat kulkas ini cocok untuk berada di kamar kost atau apartemen. Namun, jika Sedulur yang sudah memiliki rumah namun menginginkan kulkas kecil di dalam kamar, produk ini bisa jadi salah satu pilihan terbaik yang ada di Indonesia.

9. Panasonic NRAK5ED

Untuk beberapa kawasan di Indonesia, masih ada yang memiliki instalasi listrik dengan tegangan yang kurang stabil. Hal ini tentu akan berdampak pada berkurangnya umur sebuah alat perlengkapan rumah atau home appliances di dalam tempat tinggal kamu.

Mengatasi permasalahan tersebut, Panasonic sebagai salah satu brand elektronik ternama di dunia menawarkan solusi untuk kulkas yang dapat beroperasi pada tegangan listrik yang kurang stabil.

Produk tersebut adalah kulkas kecil Panasonic NRAK5ED. Mengadopsi teknologi Jepang yang mutakhir, kulkas kecil yang bagus ini dilengkapi dengan teknologi double rotation compressor. Teknologi tersebut mampu mengakomodasi agar kulkas kecil ini bisa beroperasi secara optimal meski digunakan dalam kondisi tegangan listrik yang kurang stabil.

Konsumsi daya yang dibutuhkan untuk kulkas kecil yang bagus ini hanya 65 watt untuk beroperasi sebagai ruang pendingin makanan dan minuman berkapasitas total 50 liter. Memiliki rasio operasi 50 persen, kulkas ini hanya membutuhkan konsumsi listrik dengan total penggunaan 12 jam untuk tetap aktif selama 24 jam penuh. 

10. Daewoo DFR-64H

Bila ingin punya fitur komplit dari sebuah kulkas mini, Daewoo DFR-64H bisa penuhi keinginan kamu. Bagaimana tidak, kulkas berukuran kecil ini termasuk hemat listrik dan tahan lama, serta memiliki teknologi pengaturan suhu yang mudah Sedulur gunakan.

Di sisi lain, bagian rak dalam Daewoo DFR-64H memiliki lapisan metal deco yang kuat serta lantai rak yang licin. Tidak heran kulkas mini terbaik ini memiliki harga mulai dari Rp1.5 jutaan.

11. Toshiba GR-RD65CC-DMF

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Unsplash/Fred Kleber

Salah satu kendala atau kekurangan dalam memiliki kulkas kecil adalah tingginya yang tidak bisa disesuaikan. Terkadang Sedulur harus rela mengorbankan hal tersebut demi menemukan salah satu pilihan kulkas kecil yang bagus. Namun, Toshiba GR-RD65CC-DMF menawarkan solusi atas kekurangan tersebut.

Kulkas yang dirancang oleh produsen elektronik ternama asal Jepang tersebut hadir dengan fitur pengaturan tinggi kaki kulkas yang dapat disesuaikan secara manual. Selain pengaturan tinggi kaki yang dapat disesuaikan, kulkas mini ini juga diklaim memiliki kapasitas ruang freezer yang cukup luas.

Hal tersebut akan lebih memudahkan Sedulur dalam memaksimalkan penyimpanan makanan beku untuk kebutuhan sehari-hari. Kulkas mini ini memiliki kapasitas penyimpanan total sebesar 50 liter dan dilengkapi dengan fitur energy saving yang mampu membuat tagihan listrik Sedulur lebih efisien.

12. Electrolux Portable Refrigerator EUM0500SB-RID

Kulkas produksi Electrolux ini sangat cocok untuk Sedulur letakkan di ruang tamu karena desainnya yang terlihat minimalis dan elegan. Desain recess handle juga membuat tampilan kulkas ini terlihat begitu clean. Konsumsi dayanya yang kecil pun membuat Portable Refrigerator ini cocok dipinang Sedulur yang tinggal sendiri di kost ataupun apartemen.

Tampilannya elegan, cocok menemani kehadiran tamu spesial. Jika salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas adalah suara yang bising, jangan khawatir karena kulkas Electrolux mini ini memiliki suara mesin yang cukup halus. Kekurangan dari kulkas ini adalah belum disediakan egg tray dalam paket pembelian.

13. Tokuniku 4L Front Door Cooler and Warmer

Kulkas mini 2 in 1 ini cukup fleksibel, portabel, hemat daya, dan tidak berisik. Jika Sedulur sering berkendara jarak jauh, Sedulur tidak perlu berhenti hanya untuk membeli minuman dingin, cukup bawa kulkas mini 4 liter terbaik ini ke dalam mobil kamu. Tokuniku mendesain produk yang cukup kecil untuk muat di kursi mobil atau bahkan di dalam bagasi sekalipun. 

Harga kulkas mini ini dioperasikan hanya dengan mencolokkan adaptor yang disertakan ke soket pemantik rokok mobil kamu. Menariknya, selain cocok digunakan di dalam mobil, kulkas ini juga kompatibel dengan ruangan seperti kamar tidur atau asrama. Kulkas ini pun jadi lebih serbaguna.

BACA JUGA: Tips Memanaskan Makanan Kulkas agar Tetap Enak dan Hangat!

Tips Memilih Kulkas Mini

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Pexels/Kevin Malik

Ketika ingin membeli kulkas mini, Sedulur perlu mengetahui cara memilihnya. Untuk itu, di bagian ini kami telah merangkum segala hal yang perlu Sedulur ketahui tentang kulkas mini. Simak dengan saksama, ya!

1. Pilih berdasarkan kebutuhan kapasitas

Kulkas mini hadir dalam kapasitas yang lebih kecil dibanding kulkas reguler. Jika kapasitas standar kulkas 1 pintu reguler ada di atas 100 liter, kapasitas standar kulkas mini ada di bawah 100 liter.

Jika Sedulur hanya membutuhkan kulkas tambahan untuk menyimpan minuman, es krim, dan kue, Sedulur dapat memilih kulkas mini yang lebih kecil. Sementara itu, Sedulur yang akan menjadikannya kulkas utama di indekos dan apartemen bisa memilih yang lebih besar hingga 100 liter.

2. Sesuaikan dengan ketersediaan ruang

Sebelum membeli kulkas mini, Sedulur perlu mengukur terlebih dulu ketersediaan ruang kosong di rumah. Agar lebih pasti, ukurlah dimensi ruang kosong tersebut menggunakan meteran, lalu cari kulkas mini yang muat diletakkan di situ.

Perlu diketahui bahwa ruang kosong untuk menaruh kulkas tidak boleh terlalu pas dengan ukuran kulkas. Pasalnya, harus terdapat sisa ruang kosong antara kulkas dengan dinding dan perabotan di sekelilingnya untuk sirkulasi udara. Selain itu, di depan kulkas harus terdapat ruang kosong yang cukup luas untuk membuka pintu kulkas sepenuhnya.

3. Pilih berdasarkan kebutuhan penyimpanan

Kulkas mini ada yang disertai freezer dan ada yang tidak. Jika Sedulur hanya memerlukan kulkas untuk mendinginkan makanan dan minuman (bukan membekukan), maka kulkas mini tanpa freezer lebih worth it karena konsumsi listriknya lebih hemat. 

Begitu pun untuk Sedulur yang hanya menggunakan kulkas untuk menyimpan skincare dan makeup. Sebaliknya, bila Sedulur ingin menyimpan stok es krim dan makanan beku, keberadaan freezer di dalam kulkas mini menjadi mutlak. 

4. Perhatikan konsumsi listriknya

Secara umum, konsumsi listrik kulkas mini lebih hemat dibanding kulkas ukuran reguler. Kendati begitu, sebaiknya Sedulur tetap mengetahui seberapa besar konsumsi listrik kulkas mini incaran Sedulur agar dapat memperkirakan seberapa besar tambahan tagihan listrik yang mesti ditanggung.

5. Cek kelengkapan fiturnya

Kulkas mini dilengkapi segudang fitur yang bermanfaat. Namun, di antara sekian banyak fitur, terdapat tiga fitur utama yang harus dapat ditemukan pada kulkas mini, antara lain:

  • Reversible door: Membuat pintu kulkas dapat dibuka ke arah kiri maupun kanan. Meningkatkan fleksibilitas penempatan kulkas di mana saja.
  • Frost-free atau auto-defrost: Membuat kulkas tidak memproduksi bunga es. Jika tidak ada, fitur penggantinya adalah auto-defrost di mana kulkas dapat mencairkan bunga es secara otomatis.
  • Lampu interior: Lampu di dalam kulkas yang menyala otomatis ketika pintu kulkas dibuka dan padam kembali ketika pintu ditutup.

6. Kualitas dan merek terpercaya

Pilih kulkas mini dari merek yang terkenal dan memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas dan layanan pelanggan. Merek-merek terpercaya biasanya menawarkan jaminan produk yang baik dan dukungan pelanggan yang memadai.

7. Baca ulasan pengguna

Sebelum membeli kulkas mini, luangkan waktu untuk membaca ulasan pengguna dari sumber yang terpercaya. Ulasan pengguna dapat memberikan wawasan yang berharga tentang performa dan keandalan kulkas mini yang ingin Sedulur beli.

8. Sesuaikan dengan anggaran

Tentukan anggaran yang dapat Sedulur alokasikan untuk kulkas mini dan cari opsi yang sesuai dengan batasan tersebut. Ada berbagai pilihan harga yang tersedia, jadi pastikan untuk membandingkan harga dan fitur sebelum membuat keputusan akhir.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Kulkas 2 Pintu Under 100 Watt

Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Mini

kulkas mini yang freezernya bagus dingin
Pexels/Max Rahubovskiy

Kulkas kecil atau kulkas berukuran mini mungkin merupakan kulkas yang jarang ditemui. Berbeda dengan kulkas 1 pintu, kulkas 2 pintu maupun kulkas side by side yang banyak ditemui atau digunakan dalam rumah tangga.

Kulkas kecil atau mini ini umumnya digunakan dan dapat ditemui di hotel, rumah sakit atau digunakan oleh orang-orang yang tinggal di dalam kos atau apartemen. Untuk itu simak kekurangan dan kelebihannya.

1. Kelebihan kulkas mini

  • Ringkas dan portabel yang memungkinkan Sedulur meletakkan kulkas jenis ini di berbagai sudut ruang.
  • Harga yang tidak mahal dibandingkan dengan kulkas berukuran standar.
  • Kompresor kulkas yang lebih sunyi dibandingkan dengan kulkas besar. 
  • Lebih hemat listrik karena tidak membutuhkan banyak daya untuk mendinginkan bagian dalam kulkas. 

2. Kekurangan kulkas mini

  • Kapasitas penyimpanan kecil dan terbatas. Jadi Sedulur hanya dapat menyimpan makanan dan minuman secara terbatas.
  • Pendinginan yang tidak efektif dalam kondisi tertentu.Jika terlalu penuh, maka kulkas tidak dapat mendinginkan secara optimal.
  • Tidak banyak pilihan model atau bentuk. Kulkas mini memiliki desain sederhana dan pada bagian dalam juga tidak memiliki banyak sekat rak atau slot.
  • Kulkas mini jarang disertai dengan freezer karena umumnya hanya berfungsi untuk mendinginkan saja. 
  • Umumnya kulkas mini memiliki rentang temperatur atau pendinginan yang lebih tinggi beberapa derajat dibandingkan kulkas ukuran standar.

Itulah tadi beberapa rekomendasi kulkas mini yang freezernya bagus dingin. Semoga artikel ini bisa membantu Sedulur dalam menentukan pilihan ya!