alat masak

Sedulur adalah pemula yang ingin belajar memasak? Pastikan memiliki alat masak ini di dapur!

Memasak tidak selamanya membosankan. Kegiatan yang banyak menyita waktu di dapur ini bakal semakin menyenangkan bila kamu memakai alat masak yang berkualitas dan lucu. Supaya lebih semangat, tak ada salahnya untuk menggunakan alat yang berfungsi dengan baik.

Bagi pemula, kamu bisa menyiapkan dan melengkapi alat masak modern ini dan menaruhnya di dapur. Kamu bisa menyesuaikan mereknya dengan budget. Bila ingin mengedepankan kualitas, tentu kamu dapat memilih dari brand ternama. Jika ingin yang kualitasnya biasa, yang tanpa merek dan dijual murah pun tidak masalah.

Alat masak serbaguna bagi pemula yang wajib ada di dapur 

1. Pisau

alat masak set
image source: Unsplash

Untuk mengolah makanan, kamu harus mengupas dan memotong bahannya supay bersih dan bentuknya sesuai dengan reserp serta keinginan. Maka dari itu, pisau menjadi alat masak yang wajib ada di dapur.

-->

Buat yang masih pemula, kamu bisa memilih pisau yang bentuk dan ukurannya tidak terlalu besar dari berbagai merek. Jika sudah ada banyak bahan yang harus di olah dab masuk ke level intermediate dan advance, baru kamu harus berinvestasi dengan memiliki knife set profesional.

2. Talenan

alat masak Talenan
image source: Unsplash

Untuk memudahkan proses memotong bahan, talenan atau cutting board adalah hal yang wajib ada. Dari nama alat masak dan fungsinya, sudah jelas jika benda ini dibuat sebagai alas untuk memotong bahan makanan. Selain memotong, kamu juga bisa menjadikannya sebagai alas untuk menggeprek. 

3. Wadah

alat masak Wadah
image source: Unsplash

Wadah dan baskom adalah benda yang wajib masuk di dalam alat masak serbaguna. Pasalnya, keberadaan benda ini juga akan mempercepat proses pengadukan bahan makanan saat diolah. Kamu juga bisa menjamin kebersihan makanan yang kamu masak karena ditempatkan di wadah yang higienis.

Wadah ini bisa terbuat dari beragam bahan. Bisa plastik hingga stainless. Ukuran yang tersedia juga variatif dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, benda ini juga muda didapatkan di banyak tempat. Mulai dari minimarket hingga supermarket.

4. Alat pengupas

alat masak Alat pengupas
image source: Pexels

Alat masak set yang jadi incaran pemula biasanya sudah termasuk alat pengupas. Peeler juga serbaguna dan praktis. Kamu tidak perlu bakal mengupas terlalu tebal. Selain itu, durasi mengupas juga bisa lebih cepat.

Peeler juga bisa dipakai untuk mengupas buah maupun sayuran yang memiliki kulit. Jangan lupa dicuci bersih ya supaya tidak ada sisa kulit yang tertinggal dan bisa dipakai lagi.

5. Alat parut

alat masak Alat parut
image source: Pexels

Selain peeler, kamu juga wajib mempunya alat parut. Alat parut ini memiliki banyak jenis yang disesuaikan dengan bahan. Kamu akan membutuhkan parutan yang berbeda untuk kelapa dan keju. Harga satuan dari alat ini pun terbilang terjangkau. Dengan harga Rp10 ribuan, kamu bisa membawa pulang satu buahnya yang berkualitas standar meski bukan dari brand terkenal.

Baca juga: Daftar Peralatan Rumah Tangga Ini Wajib Kamu Punya!

6. Blender

alat masak modern
image source: Unsplash

Alat masak listrik yang harus dimiliki adalah blender yang bisa memudahkan kamu untuk menghaluskan berbagai bahan. Mulai dari menghaluskan bumbu hingga melembutkan tekstur adonan.

Saat ini, kamu memiliki banyak pilihan untuk menggantikan blender. Ada food processor yang memiliki kapasitas lebih besar dan bisa disesuaikan kecepatannya. Tentunya kamu perlu merogoh kocek lebih dalam dibandingkan membeli blender biasa.

7. Mixer

alat masak Mixer
image source: Unsplash

Alat masak listrik lain yang wajib dimiliki oleh pemula adalah mixer. Khususnya bagi yang tertarik untuk membuat olahan kue dan roti. Alat ini akan membantu proses menguleni adonan. Kamu tidak perlu menguleni dengan tangan dalam waktu lama. Dengan mixer, kamu bisa mengaduk adonan di sana sambil mengerjakan proses memasak lainnya. Waktu jadi lebih efisien dan masakan bisa jadi lebih cepat.

8. Kompor

nama alat masak dan fungsinya
image source: Unsplash

Demi masakan yang matang sempurna, tentu kamu harus memasaknya di suhu yang panas. Kamu harus memiliki kompor yang sudah disambungkan ke saluran gas maupun listrik supaya bisa menghasilkan panas yang optimal.

Kompor sendiri juga memiliki banyak jenis, bentuk, dan merek. Ada yang memiliki satu tungku, dua tungku, dan beberapa tungku sekaligus. Harganya pun variatif tergantung dari desain serta merek yang mengeluarkan produknya.

9. Wajan

alat masak tanpa minyak
image source: Unsplash

Sebelum memasak, tentu kamu harus menyiapkan wadah untuk menggoreng dan menumis, yakni wajan. Apabila lebih suka memakai alat masak tanpa minyak, kamu bisa memanfaatkan teflon anti  lengket. Tanpa minyak pun, bahan makananmu bisa matang dan tidak lengket di permukaannya.

10. Panci

alat masak Panci
image source: Unsplash

Untuk merebus, kamu perlu panci. Ukurannya yang lebih besar sangat cocok untuk mengolah sup, kaldu, dan makanan ebrkuah lainnya. Kamu juga bisa merebus air di wadah ini. Supaya tidak ada rasa yang tercampur, sebagai alternatif kamu bisa menyiapkan dua panci terpisah untuk air dan satunya lagi khusus untuk olahan masakan.

Baca juga: Rekomendasi Rice Cooker Terbaik, Murah & Awet

11. Spatula dan sendok sayur

serok alat masak
image source: Unsplash

Peralatan lainnya yang wajib ada di dapur dan pasti dipakai setiap kali memasak adalah spatula dan sendok sayur. Serok alat masak ini bakal memudahkan kamu untuk mengaduk, membalik, dan mengambil makanan dari wajan ke piring. Supaya lebih awet dan tidak menggores peralatan masak lainnya, kamu bisa memilik spatula serta sendok sayur yang terbuat dari kayu maupun plastik berkualitas tinggi.

12. Saringan

alat masak Saringan
image source: Unsplash

Untuk memudahkan proses penyaringan, tentu kamu harus punya saringan. Alat bantu sederhana ini akan membuat bahan yang disaring tidak jatuh dan bisa tertiriskan dengan sempurna. Ukuran yang tersedia juga variatif dari yang kecil, sedang, hingga besar.

13. Sarung tangan

alat masak Sarung tangan
image source: Unsplash

Sarung tangan memasak bakalan sangat dibutuhkan bagi yang memakai alat masak listrik. Sebut saja, oven, microwave, hingga airfryer. Tujuannya supaya permukaan kulit tidak terasa panas saat bersentuhan dengan wadah bersuhu tinggi. Benda ini bisa menjadi penyelamat agar tidak terluka saat memasak.

14. Rice cooker

alat masak listrik
image source: Unsplash

Alat masak listrik yang dibutuhkan oleh banyak kalangan adalah rice cooker. Anak kost, perantau, ibu rumah tangga, dan orang yang lebih suka memasak bakal tertolong dengan alat ini. Jika dihitung-hitung, kamu bisa berhemat banyak bila memasak nasi sendiri daripada beli di resto. 

15. Lemari pendingin

alat masak serbaguna
image source: Unsplash

Untuk menjaga kondisi buah, sayur, minuman, dan makanan tetap dalam kondisi dingin, lemari pendingin juga tidak boleh terlewatkan untuk dibeli. Kamu bisa menyimpan berbagai bahan makanan yang belum diolah, siap masak, dan sisa di kulkas. Simpan saja di kulkas dan keluarkan lagi untuk kembali dimasak.

Bagi yang memiliki ruang dan budget terbatas, kamu bisa membeli yang berukuran kecil. Jika ingin membeli yang besar, kamu bisa memilih kulkas dua pintu ataupun yang kapasitasnya lebih besar.

Catat dan siapkan nama alat masak dan fungsinya dari daftar di atas jika ingni memiliki pengalaman memasak yang menyenangkan. Proses mengolah makanan bakalan lebih cepat jika semua benda ini sudah da dan disimpan rapi di dapur. Tenang saja, harga berapapun bukan menjadi masalah selama fungsinya bisa memenuhi kebutuhanmu.

Selain memastikan bahwa alat masak dapurnya lengkap, jangan lupa untuk menyetok bahan sembako yang nantinya akan diolah menjadi makanan. Supaya bisa dikonsumsi kapan saja, pastikan untuk membeli keperluan sembakomu di Aplikasi Super. Barang berkualitas yang disediakan sepadan dengan harganya yang murah. Dijamin tidak akan membuat Sedulur menyesal!