susu untuk ibu menyusui

Asupan gizi yang cukup akan mendukung pertumbuhan kognitif maupun fisik dalam masa emas pertumbuhan si kecil. Pentingnya ASI ini membuat ibu juga harus memenuhi nutrisinya agar proses laktasi berjalan lancar sesuai dengan kebutuhan bayi. Oleh karena itu, peran susu untuk ibu menyusui sangatlah besar.

Banyak kiat yang bisa dilakukan oleh seorang ibu agar produksi ASI tetap lancar, seperti misalnya mengatur pola makan. Tak hanya mengonsumsi makanan pelancar ASI, meminum susu untuk ibu menyusui dengan kandungan gizi yang dibutuhkan juga perlu dilakukan. Sebab, susu akan memberikan asupan protein, lemak, kalsum, zat besi, dan asam folat yang baik untuk daya tahan tubuh.

Apa saja jenis susu pelancar ASI dan rekomendasi produknya? Berikut adalah ulasannya untuk Sedulur!

BACA JUGA: 15 Mainan Bayi 6 Bulan Terbaik Bantu Tumbuh Kembang Si Kecil!

Jenis Susu Pelancar Asi

susu untuk ibu menyusui
iStock

Banyak upaya yang bisa dilakukan untuk menyusui dengan lancar dan memberikan nutrisi yang menunjang kebutuhan ibu dan bayi. Salah satunya adalah memilih jenis susu yang tepat sesuai dengan kondisi fisik masing-masing. Simak ulasan mengenai jenis susu berikut yang bisa menjadi pilihan, terutama jika Sedulur memiliki keluhan tertentu.

1. Susu Almond

susu untuk ibu menyusui
iStock

Susu yang terbuat dengan campuran almond ini dinilai dapat menjadi pelancar ASI karena kaya akan vitamin. Kandungan kalsium dan vitamin D yang tinggi dari susu ini juga dapat membantu proses pembentukan energi dan mendukung kesehatan tulang.

Sedulur bisa dengan mudah mendapatkan susu ini di pasaran, bahkan dengan versi tanpa pemanis yang rendah kalori dan gula. Pada umumnya Sedulur akan menemukan susu almond dengan rincian kandungan yang kurang lebih sebagai berikut:

  • Lemak: 2,5 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Kalori: 60
  • Kalsium: 45% (ditambahkan)
  • Protein: 1 gram
  • Vitamin D: 25% (ditambahkan)

Namun sayangnya, susu almond memiliki kandungan lemak dan protein yang cukup rendah, bahkan kurang untuk kebutuhan ibu menyusui. Sehingga bisa dikatakan kandungan nutrisi dari susu almond masih belum cukup ideal untuk menjadikannya sebagai susu pelancar ASI.

2. Susu Kedelai

iStock

Susu kedelai cukup populer di pasaran bahkan tidak hanya untuk ibu hamil saja tetapi juga masyarakat umum. Biasanya, susu kedelai dikonsumsi sebagai alternatif oleh seseorang yang tidak toleran dengan kandungan laktosa. Harganya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan susu lain juga membuat susu ini makin digemari. 

Jika Sedulur mengonsumsi kedelai dalam jumlah besar, suplai susu akan terpengaruh karena kandungan fitoestrogen. Berikut kandungan lengkap dari susu kedelai yang bisa jadi pertimbangan Sedulur untuk mengonsumsinya.

  • Lemak: 4,5 gram
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Kalori: 110
  • Protein: 8 gram
  • Kalsium: 45% (ditambahkan)
  • Vitamin D: 30% (ditambahkan)

BACA JUGA: 12 Bedak Bayi Terbaik Paling Aman Untuk Kulit Si Kecil

3. Susu Kacang Mete

iStock

Susu dari kacang lain yang bisa Sedulur pilih adalah susu kacang mete, bahkan rasanya lebih lembut dari nut milk lainnya. Karena itu untuk menambah cita rasanya, Sedulur bisa memberikan campuran seperti kurma atau krim kelapa agar rasanya lebih manis.

Meski bisa dijadikan sebagai susu untuk ibu menyusui, ternyata beberapa merk mengandung sangat sedikit vitamin D dan kalsium. Oleh karena itu, Sedulur perlu cermat dalam memilih merk susu tertentu. Berikut kandungan susu kacang mete yang biasa Sedulur temukan:

  • Lemak: 4 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Kalori: 70
  • Protein: 2 gram
  • Kalsium: 2%
  • Vitamin D: 0%

4. Susu Santan atau Kelapa

susu untuk ibu menyusui
iStock

Siapa sangka jika santan bisa digunakan sebagai bahan pembuat susu, bahkan bisa jadi alternatif bagi Sedulur yang alergi kacang. Mungkin Sedulur juga akan mengira jika susu santan mengandung banyak lemak karena pada kepala erat kaitannya dengan minyak.

Perlu Sedulur ketahui, pilihlah produk susu santan dengan kemasan “non-kaleng”. Sebab, susu dengan kemasan ini biasanya memiliki lebih sedikit kandungan lemak. Berikut kandungan nutrisi susu santan yang akan memenuhi kebutuhan selama ibu berjuang untuk menyusui:

  • Lemak: 4,5 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Kalori: 70
  • Protein: <1 gram
  • Kalsium: 10% (ditambahkan)
  • Vitamin D: 30% (ditambahkan)

5. Susu Gandum

iStock

Jika Sedulur suka dengan susu yang memiliki tekstur creamy, mungkin susu gandum adalah pilihan yang tepat. Susu dengan cita rasa unik ini mengandung karbohidrat dan protein yang sangat mirip dengan ASI asli.

Oat milk ini juga memiliki rasa manis alami sehingga tidak perlu campuran gula untuk menikmatinya. Dengan kandungan tersebut,  beberapa merk telah berusaha membuatnya lebih mirip dengan ASI, yakni dengan menambahkan lemak sehat yang mendekati ASI. 

Kandungan karbohidrat yang tinggi juga akan membantu ibu menyusui yang sering dilanda rasa lapar. Hanya saja, keberadaan susu gandum cenderung lebih sulit didapatkan dari jenis susu lain dan harganya juga relatif lebih mahal. Kekurangan lainnya dari susu gandum adalah kandungan proteinnya yang lebih rendah daripada susu sapi.

Berikut kandungan susu gandum yang biasanya akan Sedulur temui untuk beberapa merk yang beredar di pasaran.

  • Kalori: 120
  • Lemak: 5 gram
  • Karbohidrat: 16 gram
  • Protein: 3 gram
  • Kalsium: 25% (ditambahkan)
  • Vitamin D: 20% (ditambahkan)

BACA JUGA: 22 Makanan Pelancar ASI Alami Yang Baik Dikonsumsi

6. Susu Sapi

iStock

Meski paling mudah didapatkan, susu sapi sering kali dilupakan untuk menjadi pilihan sebagai ibu menyusui. Susu sapi yang dibuat khusus untuk ASI booster memiliki kandungan protein dan kalsium yang cukup untuk kebutuhan ibu menyusui.

Selain itu, terdapat pula kandungan penting lain seperti zat besi, kolin, dan omega-3 yang baik dalam menunjang kebutuhan ibu. Tak hanya bermanfaat pada ibu menyusui, susu sapi juga dapat membuat usus bayi menjadi lebih kuat. Sehingga secara alami akan membuat usus bayi tidak mudah mengalami alergi protein susu sapi di kemudian hari.

BACA JUGA: 4 Cara Membuat Origami Burung untuk Belajar Si Kecil

Kandungan Nutrisi Dalam Susu Ibu Menyusui

susu untuk ibu menyusui
iStock

Sudah menjadi rahasia umum jika susu ibu menyusui akan mempengaruhi banyak hal baik untuk ibu maupun bayi. Kandungan nutrisi yang cukup akan membuat ibu dapat beraktivitas dengan normal dan ASI yang dihasilkan juga akan lebih berkualitas.

Untuk itu, Sedulur perlu memahami kandungan nutrisi yang harus ada dalam susu ibu menyusui sebelum memilih produk yang tepat. Berikut beberapa rekomendasi nutrisi yang harus Sedulur perhatikan saat memilih susu untuk ibu menyusui.

1. Kalsium 

Asupan kalsium sangat penting untuk ibu menyusui karena akan bermanfaat dalam pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Selain itu, ibu juga membutuhkan kalsium untuk memulihkan kepadatan tulang setelah kehamilan dan mencegah resiko pengeroposan tulang.

Kalsium juga memiliki peran yang penting untuk kesehatan jantung dan juga mengurangi tekanan darah tinggi. Sayangnya, kalsium merupakan jenis mineral yang tidak dapat diproduksi oleh tulang, sehingga Sedulur perlu menerima jumlah kalsium yang tepat.

2. Asam folat

Asam folat sering menjadi sorotan untuk banyak produk susu sebagai kandungan utamanya karena memegang peran penting. Kandungan asam folat yang diberikan pada ibu menyusui akan meningkatkan kualitas ASI dan mendukung perkembangan serta fungsi otak bayi.

Dengan demikian, bayi akan lebih mudah menangkap dan memahami informasi sehingga akan lebih mudah saat belajar. Untuk ibu, asam folat membantu membentuk sel darah merah dan meningkatkan penyerapan zat besi sehingga Busui terhindar dari anemia.

3. Ekstrak Daun Katuk

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun katuk dapat meningkatkan jumlah hormon yang merangsang produksi ASI, yakni oksitosin dan prolaktin. Tak heran jika daun katuk begitu populer di kalangan ibu menyusui, bahkan sering kali diolah dan dikonsumsi secara tradisional. Hingga saat ini, sudah banyak inovasi yang membuat daun katuk bisa menjadi bahan tambahan produk susu untuk ibu menyusui.

4. Vitamin

Banyak kebutuhan jenis vitamin yang harus dipenuhi selama ibu sedang menyusui. Umumnya Sedulur akan menemukan susu yang diperkaya dengan vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Kebutuhan vitamin ini dinilai penting, sebab fungsi vitamin dalam tubuh yang sangat besar.

Vitamin B kompleks mampu bekerja dengan merubah makanan menjadi bahan bakar sehingga ibu menyusui menjadi lebih berenergi. Kebaikan lain yang bisa Sedulur temukan adalah fungsi zat pembangun tubuh yang baik untuk otak dan metabolisme sel.

Disamping itu, dengan mengonsumsi vitamin B kompleks, pencernaan Sedulur akan lebih sehat karena nafsu makan yang baik. Berperan juga dalam kesehatan jantung dan pertumbuhan sel darah merah, jadi pastikan kandung ini ada pada pilihan susu Sedulur.

Sedangkan untuk vitamin D akan berperan dalam penguatan tulang dan mengurangi risiko penyakit autoimun. Sedulur perlu mengonsumsi susu tinggi vitamin D, apalagi jika jarang mendapat asupan vitamin ini dari sinar matahari. Vitamin D juga dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi sehingga terhindar dari penyakit kardiovaskular.

Vitamin lainnya juga tak kalah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu dan bayi. Tidak hanya itu, vitamin juga mendukung perkembangan dan meningkatkan fungsi organ tubuh bayi, seperti mata.

5. Omega-3 (DHA)

Seorang ibu menyusui disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian omega-3 dengan kadar sekitar 1,3 gram per hari. Sedulur bisa mendapatkannya dengan mengkonsumsi ikan, telur, daging, dan susu untuk menyusui untuk merk tertentu yang diperkaya dengan omega-3.

Omega-3 memang sangat penting karena mampu mendukung perkembangan sistem saraf bayi, meningkatkan kecerdasan otak, dan merangsang perkembangan anak. Sedangkan bagi ibu menyusui, omega-3 akan membuatnya lebih berenergi serta memelihara kesehatan jantung dan otak.

6. Protein

Konsumsi protein yang cukup bisa dijadikan upaya untuk membantu pertumbuhan otot yang mengimbangi kemungkinan terjadinya kerusakan otot. Dengan demikian, protein juga bisa berperan dalam pertumbuhan jaringan lain pada tubuh si kecil. Asupan protein ini perlu dipenuhi oleh ibu menyusui paling tidak sekitar 71 gram setiap hari. 

7. Zat Besi

Makanan ataupun minuman kaya zat besi memang sangat penting bagi ibu menyusui yang perlu mencurahkan energinya setiap hari. Dengan mengonsumsi susu yang mengandung zat besi yang cukup, Sedulur bisa mencegah atau mengurangi resiko anemia.

Zat besi sangat penting bahkan mulai saat setelah proses persalinan, terutama jika Sedulur mengalami pendarahan hebat. Kandungan zat besi bisa Sedulur temukan pada kacang-kacangan, sehingga Sedulur bisa memilih produk susu yang berbahan dasar kacang.

Saat ini banyak pilihan produk susu dari kacang yang beredar di pasaran dengan rasa, dan kandungan lain yang ditawarkan. Misalnya susu kedelai, susu almond, atau pun susu kacang mete yang bisa Sedulur pilih sesuai selera dan kondisi keuangan.

BACA JUGA: 15 Vitamin Daya Tahan Tubuh Untuk Anak Terbaik!

Rekomendasi Merk Susu untuk Ibu Menyusui

Banyaknya merk susu di pasaran sering kali membuat seorang ibu menyusui bingung, apalagi jika baru pertama kali ingin membeli. Tak hanya soal kualitas dan kandungan susu, Sedulur pastinya juga harus memikirkan harga yang sesuai kantong, bukan?

Nah, simak ulasan berikut untuk mengetahui merk susu yang akan cocok untuk Sedulur konsumsi dan juga cocok untuk kondisi keuangan.

1. Afis Susu Almond – Original

susu untuk ibu menyusui
zilvafood

Meski cukup terdengar asing, merk susu almond yang satu ini perlu Sedulur coba karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Bahkan, bahan utamanya merupakan kacang almond yang berasal dari California raw almond terpilih. Produk ini diperkaya juga dengan bahan alami, seperti ekstrak daun katuk, kurma, dan madu yang sangat aman dikonsumsi.

Kandungan lainnya yaitu tinggi asam folat, kalsium, vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Terdapat pula DHA yang akan membantu tumbuh kembang otak bayi, mata, sistem saraf, serta mampu mencegah gangguan pernapasan.

Pilihan rasanya yaitu Almond Original, Tropical Banana, Belgian Chocolate, French Vanilla, Italian Mocha, Sweet Guava, dan Korean Strawberry. Sedangkan untuk harganya bisa Sedulur beli di kisaran Rp38.500 tergantung dengan ukuran kemasan.

2. Mama Soya Susu Kedelai Asi Booster

Aurel Babyshop

Bisa dibilang varian susu kedelai lebih banyak digemari diantara jenis susu untuk ibu hamil lainnya. Salah satu merk susu kedelai yang bisa dengan mudah Sedulur jumpai adalah Mama Soya Susu Kedelai Asi Booster.

Dari namanya saja, Sedulur bisa memberikan harapan lebih terkait manfaat yang akan didapat untuk perannya sebagai Asi Booster. Dibuktikan dengan kandungan ekstrak daun katuk, isoflavon, asam amino esensial, bee pollen, dan fenugreek (hilba), kandungan yang ada tersebut bahkan jarang dijumpai pada produk susu untuk ibu hamil lainnya.

Popularitas daun katuk dalam memperlancar dan memperbanyak ASI memang tidak diragukan lagi, sehingga cocok dijadikan tambahan produk susu. Kemampuan daun katuk dalam memperlancar ASI tersebut berasal dari adanya kandungan asam seskuiterna.

Sedangkan kandungan bee pollen (serbuk sari dari lebah) berfungsi sebagai antioksidan karena kandungan nutrisi berupa vitamin, protein, dan lemak. Terdapat pula kandungan fenugreek, yakni tanaman herbal yang dapat berfungsi menstimulasi produksi air susu pada ibu menyusui.

Untuk mencoba produk ini, harganya lumayan beragam yakni mulai Rp30.000 hingga Rp112.000 tergantung dengan ukuran kemasan. Cukup terjangkau untuk jenis susu khusus ASI booster yang dilengkapi banyak bahan tambahan sesuai kebutuhan ibu menyusui.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Pewangi Pakaian Bayi Aman Terbaik

3. Prenagen Lactamom Vanilla 400gr Box

susu untuk ibu menyusui
Orami

Siapa pula yang tidak mengenal Prenagen? Merk susu untuk ibu menyusui ini memang tidak asing di telinga. Uniknya, tidak hanya bisa mencoba rasa vanilanya yang lembut, Sedulur juga bisa memilih rasa coklat maupun mocca saat bosan.

Kandungannya telah dikenal dapat meningkatkan kualitas ASI, seperti zat besi, asam folat, serat inulin, serta omega 3 dan 6. Dengan mengonsumsi susu ini, Sedulur bisa berupaya untuk membantu perkembangan otak bayi, mengoptimalkan fungsi otak dan kemampuan belajar. 

Selain untuk bayi, ibu menyusui juga akan mendapatkan keuntungan berupa berkurangnya resiko masalah anemia yang membuat tubuh merasa cepat lelah. Harga yang ditawarkan untuk Prenagen Lactamom Vanilla 400 gram umumnya berada di angka Rp75.000.

4. Anmum Lacta Coklat 200gr 

KALCare

Tak hanya Prenagen, Anmum cukup legendaris di kalangan ibu hamil maupun menyusui karena kualitas produknya. Vitamin yang dikandung dalam produk ini terdiri dari jajaran vitamin B kompleks, yakni mulai dari vitamin B1, B2, B3, hingga vitamin B12. 

Susu ini juga diperkaya dengan asam folat, kalsium, dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Terdapat pula kandungan DHA, nuelipid, omega 3, omega 6, serta protein yang berperan dalam pembentukan sel pada bayi.

Meskipun berperan dalam kelancaran produksi ASI, Anum Lacta juga memiliki kandungan tambahan seperti serat insulin. Serat berfungsi sebagai probiotik sehingga saluran pencernaan menjadi lebih lancar dan penyerapan nutrisi ke dalam tubuh bayi lebih maksimal.

Sedulur bisa mengonsumi Anmum Lacta ini sesuai selera pribadi. Hal ini karena ada dua pilihan rasa yang bisa Sedulur pilih, yaitu rasa cokelat dan vanila. Disamping itu, harga Anmum Lacta ini juga cukup terjangkau, yakni Rp40.000 untuk ukuran 200 gr.

5. Lovamil Susu Ibu Menyusui 

susu untuk ibu menyusui
KALCare

Lovamil hadir untuk ibu yang sedang menyusui agar bisa memenuhi nutrisi diri dan bayi dengan seimbang dan tercukupi. Banyak sekali kandungan yang dimiliki susu ini, diantaranya serat pangan (inulin), asam folat, omega 3 dan omega 6. Terdapat pula zat besi, sari daun katuk, protein, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, dan vitamin B kompleks.

Sari daun katuk akan berperan dalam meningkatkan hormon prolaktin dan oksitosin untuk melancarkan proses menyusui. Sedulur bisa mencoba lebih banyak varian rasa daripada merk lain, yakni cokelat, vanila, stroberi dan kacang hijau. Untuk mencobanya, Sedulur bisa membeli dengan harga Rp23.000 saja, bahkan bisa dibilang paling terjangkau diantara merk lain.

BACA JUGA: 12 Kisah Dongeng Anak Pendek Dengan Pesan Moral Terbaik

6. Lactamil Lactasis  

Nutricia

Rekomendasi susu untuk ibu menyusui yang terakhir adalah Lactamil Lactasis. Susu ini diformulasikan khusus dengan ACTIDuobio+ sehingga akan mendukung tumbuh kembang bayi terutama pada kemampuan berpikir. Diperkaya pula dengan Asam folat, DHA, Omega-6, Vitamin C, Vitamin D3, Vitamin E, dan sebagai sumber protein.

Terdapat pula kandungan nutrisi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak yang akan membuat ibu tetap bertenaga untuk beraktivitas. Varian rasanya tidak hanya coklat dan vanilla, ada juga rasa stroberi yang bisa Sedulur beli dengan harga Rp72.000. 

Demikian ulasan lengkap mengenai susu untuk ibu menyusui yang bisa Sedulur jadikan pedoman untuk mempertimbangkan produk susu pilihan. Beragam merk di pasaran bisa Sedulur coba untuk mengetahui kecocokan terhadap suatu produk tertentu, sebab kandungan pada susu bisa menghasilkan efek berbeda pada setiap orang yang mengonsumsinya.  

Tidak hanya mengonsumsi susu saja, terdapat pula kebutuhan lain untuk ibu dan bayi yang harus terpenuhi. Misalnya popok bayi, minyak telon, dan biskuit bergizi yang diformulasikan khusus untuk bayi. Untuk memenuhi kebutuhan ibu dan bayi tersebut, Sedulur bisa membelinya melalui Aplikasi Super karena pilihan produknya yang lengkap dan harganya yang terjangkau.

Lebih dari itu, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik yang akan membuat biaya belanja bulanan lebih murah. Ada pula harga grosir dan voucher gratis ongkir jika Sedulur membelinya dalam jumlah banyak. Tunggu apalagi? Segera download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang, yuk!