mainan bayi 6 bulan

Bayi dan balita membutuhkan mainan untuk stimukasi belajar dan mengendalikan lingkungannya. Untuk itu, Sedulur harus memberikan mainan bayi 6 bulan terbaik agar untuk mempercepat perkembangan otak si kecil.

Terdapat beberapa mainan sederhana yang dapat Sedulur berikan kepada bayi, mulai dari alat-alat dapur hingga mainan yang berharga mahal. Nah apa saja mainan tersebut dan bagaimana cara memilih mainan yang aman untuk bayi? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA : 10 Camilan Bayi 6 Bulan Untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

Cara memilih mainan bayi 6 bulan yang benar

mainan bayi 6 bulan
iStock

Sebelum beranjak ke pembahasan rekomendasi mainan bayi, Sedulur perlu mengetahui cara memilih mainan bayi 6 bulan yang benar. Berikut rangkuman informasinya.

-->

1. Usia

Tips yang pertama adalah pilihlah sesuai dengan usia si kecil. Setiap usia membutuhkan rangsangan motorik yang berbeda-beda. Maka dari itu, Sedulur perlu memilih jenis mainan yang sesuai dengan usia si kecil. Mainan yang tidak menawarkan tantangan bisa jadi akan membuatnya bosan. Sebaliknya, jika terlalu sulit digunakan bermain, mainan justru dapat membuat bayi frustrasi.

Dilansir Web MD, penting bagi orang tua untuk memilih mainan sesuai dengan usia bayi. Misalnya, mainan untuk bayi usia 3 bulan tentu berbeda dengan usia 10 bulan. Selain itu, perlu diketahui juga bahwa bayi menyukai mainan yang bisa ‘dikuasai’ dan cocok untuk tahap perkembangannya. Jadi pastikan Sedulur memilih mainan yang sesuai dengan usia bayi ya!

Berikut adalah beberapa cara memilih jenis mainan yang paling tepat sesuai usia bayi yang perlu Sedulur perhatikan.

  • Bayi 0-6 bulan

Di usia 0-6 bulan, bayi mudah terpesona dengan gerakan, suara, maupun visual yang sederhana. Bayi juga senang bereksplorasi dengan tubuh mereka sendiri. Terutama melatih koordinasi antara mata dan juga tangan, seperti menggapai dan menggenggam. Beberapa jenis mainan bayi yang tepat pada kategori usia 0-6 bulan ini yaitu mainan kerincingan (rattles), busy box, dan mainan apa pun yang dapat dipegang oleh bayi)

  • Bayi usia 6-8 bulan

Bayi yang berusia 6-8 bulan rata-rata sudah dapat memegang mainan kecil. Mereka juga mulai belajar memindahkan mainan dari satu sisi tangan ke sisi lainnya, serta bermain melatih keluar-masuk wadah. Jadi Sedulur bisa memberikan mainan seperti oeatmel sensor bin untuk melatih si kecil menjadi semakin kreatif. 

  • Bayi usia 8-12 bulan

Bayi yang berusia 8-12 bulan merupakan kategori usia di mana bayi sudah menjadi lebih aktif. Mereka juga mulai belajar bereksperimen dengan ukuran, bentuk, dan ruang. Mainan yang sesuai untuk bayi usia ini adalah mainan dorong atau tarik, balok, cincin warna-warni pada tiang, penyortir bentuk (shapes), serta mainan sederhana yang dapat dibongkar pasang.

2. Segi keamanan

Meskipun setiap produsen mainan bayi sudah memberikan klaim keamanan pada setiap produk mainan, akan tetapi Sedulur harus tetap memeriksa dengan cermat sebelum membelinya. Terutama untuk bayi yang masih senang melempar mainan, bahan mainan yang awet dan tahan lama pun perlu diutamakan. Pastikan juga mainan dibuat dari bahan yang tidak beracun dan aman untuk sang buah hati ya Sedulur!

3. Variasi

Tips selanjutnya adalah mempertimbangkan mainan yang sudah dimiliki sebelum membeli mainan baru. Cobalah untuk memilih mainan yang memberikan bayi warna dan variasi yang berbeda, tekstur yang berbeda, bentuk yang berbeda, dan suara yang berbeda. Dengan memilih variasi, Secara tidak langsung Sedulur sudah turut melatih indra bayi sesuai kebutuhannya.

4. Kesederhanaan

Semakin sederhana mainan, maka akan semakin lama daya tahannya. Mainan sederhana memiliki lebih sedikit bagian dan hal tersebut terbukti lebih tahan lama daripada mainan yang bentuknya lebih rumit. Tak hanya itu, mainan sederhana juga cenderung menawarkan lebih banyak keserbagunaan.

Misalnya seperti hari ini si Kecil bisa menggenggam, bulan-bulan berikutnya mainan tersebut masih bisa dimainkan dengan cara dilempar atau bahkan menjadi alat bantu untuk melengkapi mainan lainnya. Mainan apa pun yang Sedulur pilih, biarkan bayi bermain sesuka hatinya. Tidak perlu memaksa bayi untuk memainkan mainan sesuai cara pakainya. Biarkan bayi bereksplorasi dan menemukan cara nyamannya sendiri dalam bermain.

Rekomendasi mainan bayi 6 bulan terbaik

Berikut rekomendasi mainan untuk bayi usia 6 bulan yang dapat Sedulur berikan kepada si kecil. 

1. Mainan bayi teether

The Asia Parents

Mainan bayi teether berfungsi untuk menstimulasi pertumbuhan gigi sekaligus kemampuan sensorik si kecil. Biasanya, calon-calon gigi sudah bermunculan di gusi si kecil ketika memasuki usia 6 bulan. Tentunya, ketika itu, bagian gusi akan terasa gatal ataupun nyeri. Nah, salah satu cara untuk mengurangi perasaan tidak nyaman tersebut adalah menggunakan teether. Mainan bayi 6 bulan ini umumnya terbuat dari bahan sejenis karet yang aman dimasukkan ke dalam mulut bayi. 

Perlengkapan bayi ini termasuk dalam mainan bayi karena umumnya teether  ini sudah didesain menarik dan bersuara sehingga bisa menarik perhatian si kecil. Bahkan, sejumlah teether  juga memiliki bentuk seperti hewan warna-warni. Selain bermanfaat untuk menstimulasi pertumbuhan gigi, mainan bayi 6 bulan ini juga berfungsi melatih kemampuan menggenggam si kecil lho Sedulur.

2. Mainan bayi rattle

Popmama

Rekomendasi mainan bayi 6 bulan selanjutnya adalah rattle yang bermanfaat untuk membantu menstimulasi kemampuan otak bayi. Selain kemampuan motorik, kemampuan otak si kecil juga harus distimulasi salah satunya dengan menggunakan mainan rattle. Mainan bayi 6 bulan yang berbentuk benda warna-warni dan penuh suara ini ternyata memiliki peran penting dalam l untul menstimulasi otak si kecil.

Suara yang dihasilkan dari mainan rattle ini akanmembuat indera pendengaran si kecil menjadi lebih aware terhadap bunyi-bunyian. Dari pendengaran tersebut, informasi akan sampai ke otak dan selanjutnya akan membuat si kecil berpikir soal asal bunyi tersebut. Nah, dari situlah, bayi akan berekasi, seperti menengok atau mencari asal bunyi. Inilah sebabnya, mainan bayi 6 bulan yang satu ini bisa menstimulasi kemampuan otak.

3. Mainan bayi soft book

mainan bayi 6 bulan
SehatQ

Mainan bayi softbokk bermanfaat untuk melatih kemampuan melihat bayi terhadap benda-benda di sekaitarnya.Mainan bayi soft book sebenarnya merupakan buku cerita bergambar yang terbuat dari kain. Umumnya mainan bayi 6 bulan ini memiliki warna yang mencolok dengan gambar yang memiliki karakter menggemaskan. Sedulur tidak perlu khawatir si kecil terluka ketika terkena bagian ujung buku tersebut. Hal ni karena tak ada sudut yang runcing dari mainan bayi yang satu ini. 

Selain gambar, warna, serta cerita, soft book bayi biasanya juga disertai gimmick lain. Misalnya seperti cermin, sejumlah tekstur bahan, hingga beberapa bagian yang bisa ditarik. Tak hanya melatih kemampuan melihat bayi, mainan bayi 6 bulan ini juga menjadi cara memperkenalkan kebiasaan membaca kepada buah hati sejak dini lho.

4. Mainan bayi boneka pengantar tidur

mainan bayi 6 bulan
sweetpeasbabynkids

Sedulur ingin membuat bayi nyaman saat akan tidur? Jika iya, Sedulur dapat memberikan mainan yang satu ini yaitu boneka pengantar tidur. Terkadang bayi di bawah 1 tahun masih sulit tertidur dengan nyenyak. Tak jarang mereka terbangun pada tengah malam. Nah ternyata, beberapa mainan bayi 6 bulan dapat membuat tidurnya lebih nyenyak lho Sedulur. Contohnya mainan boneka pengantar tidur yang dapat dipeluk oleh si kecil.

Mainan bayi boneka pengantar tidur ini umumnya dapat mengeluarkan lagu-lagu yang dibuat khusus untuk menidurkan si kecil. Sedulur tidak perlu khawatir karena bahan mainan boneka tersebut tidak berbahaya dan aman untuk menemai tidur si kecil. Bahkan, tidak ada bulu-bulu yang mudah lepas. Sedulur dapat meletakkan mainan bayi 6 bulan ini di dekat si kecil ketika waktu tidur tiba. Setelah itu putar bagian untuk menyalakan musiknya supaya si kecil lebih tenang.

5. Mainan bayi baby bouncer

Rekomendasi mainan untuk si kecil selanutnya adalah baby bouncer yang akan membuat bayi tetap tenang ketika sang ibu beraktivitas.  Saat ibu ingin beraktivitas di dalam rumah, si kecil biasanya akan lansung menangis dan rewel. Hal ini membuat pekerjaan rumah tangga ibu terhambat. Nah, agar hal tersebut tidak terjadi dan buah hati bisa lebih tenang, Sedulur bisa menggunakan baby bouncer. Mainan bayi 6 bulan ini berbentuk tempat duduk yang dapat bergoyang dan juga berayun.

Umumnya, mainan bayi yang satu ini dilengkapi dengan fitur lagu yang membuat si kecil merasa lebih tenang. Ditambah lagi adanya maianan gantung, seperti cermin, boneka, ataupun mainan bersuara. Dengan begitu maka perhatian si kecil akan teralihkan sementara dari sang ibu. Mainan bayi baby bouncer ini membuat si kecil lebih anteng dan juga santai.

BACA JUGA : Beragam Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil dan Janinnya

6. Buku

mainan bayi 6 bulan
The Asian Parents

Buku yang terbuat dari bahan tebal seperti papan atau karton/kardus menjadi salah satu pilihan mainan yang bagus untuk diberikan kepada si kecil. Buku yang berbahan kertas bisa saja robek karena sering digigit oleh si kecil. Lembaran buku yang lebih tebal dapat mempermudah bayi untuk membalik halamannya.

Buku selalu bisa menjadi mainan edukatif yang baik untuk diberikan kepada si kecil. Selain itu, buku yang memiliki gambar  menarik dan berwarna-warni bermanfaat untuk dapat merangsang perkembangan kognitif dan motorik bayi. Saat melihat gambar-gambar pada buku, bayi pun akan belajar berpikir dan berimajinasi. Tak hanya itu, tangannya pun akan senang untuk memegang, menyentuh, dan meremas buku tersebut. Bagi bayi memasuki usia 6 bulan akan lebih baik untuk memberikan buku kain atau softbook sehingga lebih aman untuk dimainkan dan tidak mudah robek.

7. Cangkir yang ditumpuk

HaiBunda

Mainan sederhana yang dapat Sedulur berikan [ada si kecil adalah cangkir yang tumpuk. Mainan yang murah meriah ini jutsru menjadi salah satu permainan yang menyenangkan untuk bayi di usia ini. Dikutip dari The Bump, menyusun cangkir dapat membantu anak melatih koordinasi tangan dan matanya. Selain itu, permainan ini mengajarkan bayi tentang konsep objek yang permanen.

8. Barang-barang dapur

iStock

Di usia 6 bulan ke atas, bayi akan mulai suka mengeksplorasi banyak hal. Bayi bisa memainkan peralatan dapur seperti kardus sereal dan tempat makan plastik. Jadi Sedulur dapat memberikan berbagai alat dampur untuk mainan bayi agar ia dapat mengeksplore benda-benda yang ada di sekitarnya.

9. Cermin mainan

mainan bayi 6 bulan
NewOnesStore

Cermin menjadi mainan yang baik untuk si kecil. Dilansir Very Well Family, mainan ini akan mengajarkan keterampilan sosial kepada bayi. Misalnya, bayi belajar untuk membaca emosi di wajahnya sendiri. Sedulur dapat memilih cermin yang aman untuk si kecil, seperti sisi tajamnya yang sudah dilapisi kain. Cermin yang tidak mudah pecah adalah pilihan terbaik untuk menjadi mainan bayi. Pastikan Sedulur sudah memilih cermin yang aman untuk si kecil ya!

10. Mainan baby play gym

Junior Baby Shop

Mainan bayi baby play gym bermanfaat untuk membantu si kecil untuk tummy time. Biasanya, bayi yang berusia 6 bulan sudah dapat tengkurap. Nah secara otomatis biasanya si ibu akan melatih bayi untuk merangkak. Akan tetapi hal tersebut sulit dilakukan bila ibu tidak rutin memberi stimulasi pada si kecil. Salah satu carad menstimulasi kemampuan tersebut adalah dengan menggunakan mainan bayi baby play gym.

Mainan bayi 6 bulan ini berbentuk matras berwarna yang dilengkapi dengan meja ataupun sejumlah mainan yang digantung. Beberapa mainan bayi baby play gym juga dilengkapi dengan fitur piano supaya si kecil mau menekan tombol-tombol tersebut. Perlu Sedulur ketahui juga bahwa ternyata bayi ini dapat melatih kemampuan sensorik sekaligus motorik selama tummy time lho. Untuk itu, sebaiknya Sedulur rutin mengajak buah hati bermain dalam baby play gym ya!

BACA JUGA : 60 Nama Bayi Perempuan Turki Islami, Tiga Kata Penuh Makna!

 11. Mainan bayi Little Joy Box

LITTLE JOY BOX

Mainan bayi little joy box bermanfaat untuk melatih kemampuan motorik dan sensorik bayi sekaligus lho Sedulur. Hal ini karena dalam satu buah mainan bayi ini terdapat banyak permainan lainnya. Mulai dari permainan musik, alat pukul, tombol cahaya, bahkan higga akuarium. Tentunya, si kecil tak akan mudah bosan karena dapat memainkan banyak hal dalam satu waktu sekaligus. 

Manfaat mainan bayi Little Joy Box ini bermanfaat untuk menstimulasi kemampuan sensorik serta motorik bayi. Bahkan panca indera si kecil juga dapat bekerja dengan keras dengan mainan bayi ini. Sedulur dapat mencoba untuk membebaskan si kecil menelaah dan mengeksplorasi sendiri mainan bayi 6 bulan ini. Biarkan otaknya bekerja untuk menentukan cara bermainnya.

12. Mainan bayi telepon mainan

Niazara

Ibu biasanya sering menggunakan ponsel di depan si kecil. Nah biasanya, buah hati terlihat penasaran dengan ponsel tersebut karena bercahaya dan mengeluarkan suara. Namun sayangnya, penggunaan ponsel untuk bayi dapat menambah risiko terjadinya radiasi. Untuk itu, Sedulur dapat membelikan mainan bayi telepon mainan. Mainan bayi ini tentunya tidak dapat menimbulkan radiasi yang berbahaya.

Mainan bayi 6 bulan ini justru bermanfaat untuk melatih indera pendengaran, pengelihatan, serta kemampuan sensorik bayi. Telepon mainan ini umumnya dapat mengeluarkan sejumlah bunyi binatang dan musik. Ditambah lagi, tombol warna-warni yang mudah ditekan si kecil. Tentunya, ini menjadi mainan bayi yang mengasyikan bukan?

13. Mainan bayi pop-up

Carousell

Rekomendasi mainan bayi selanjutnya adalah pop-up yang bermanfaat untuk mengasah kecerdasan bayi. Apakah itu mainan bayi pop-up? Mainan ini merupakan mainan bayi yang ketika ditekan akan keluar sebuah boneka atau action figure. Tombol mainan ini memang sengaja dibuat warna-warni agar semakin menarik perhatian si kecil. Biasanya, buah hati akan merasa terkejut ketika boneka tersebut muncul tiba-tiba. Ada juga bayi yang menangis, ada pula yang bereaksi tertawa.

Perlu Sedulur ketahui jika mainan bayi pop-up ternyata dapat melatih kecerdasan dan emosi bayi. Dari sini, buah hati akan tahu perasaan terkejut, tegang, hingga lucu. Ditambah lagi, mainan bayi ini juga memiliki berbagai bentuk suara. Pastinya, si kecil akan terlihat menggemaskan ketika memainkannya. 

14. Mainan bayi bongkar pasang

Denis Toy

Salah satu mainan bayi yang bermanfaat untuk melatih kreativitas dan imajinasi buah hati adalah permainan bongkar pasang. Meski belum dapat membuat sesuatu bangunan yang bagus, si kecil mulai bisa menumpuk-numpuk mainan bayi bongkar pasang ini lho Sedulur. 

Mainan bayi yang satu ini juga dapat melatih kemampuan sensorik dan motorik si kecil. Ia juga akan lebih mengenal sejumlah bentuk dan tekstur. Saat bayi memegang mainan bayi bongkar pasang ini, biarkan dan bebaskan dia mengeksplorasi semaunya. Mulai dari melihat-lihat sampai menaruhnya di tempat yang diinginkan. Hal ini justru sangat bermanfaat untuk melatih kreativitas dan imajinasi si kecil.

15. Mainan bayi bola plastik

Pelindung Shop

Mainan bayi 6 bulan yang sangat sederhana selanjutnya adalah bola plastik. Meski tergolong sangat sederhana dan murah meriah, bola plastik dapat bermanfaat untuk melatih mengenal warna dan menggenggam. Nah jika Sedulur ingin indera penglihatan si kecil bekerja dengan baik salah satunya adalah dengan memberikan permainan ini.

Mainan bola plastik ini biasanya berwarna cerah dan seukuran genggaman bayi. Akan tetapi, Sedulur harus memilih bola-bola warna yang berbahan plastik aman untuk si kecil. Jangan sampai mengandung bahan kimia berbahaya dan membahayakan si kecil. Cara mainnya, Sedulur dapat bisa meletakan sejumlah bola-bola plastik di depan si kecil. Lalu, biarkan si kecil meraih mainan bayi tersebut sesuai keinginannya. 

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual Terbaik 2023

16. Mainan bayi Table Learning

Devano Arfa

Mainan bayi Learning Table memiliki banyak tombol berwarna. Setiap tombol tersebut, memiliki sejumlah fungsi yang berbeda. Misalnya seperti tombol yang mengeluarkan suara musik, hewan, kendaraan, ataupun mengeluarkan cahaya. Saat dinyalakan, akan ada lampu berkedip di bagian kiri dan kanan yang akan semakin menarik perhatian si kecil. Mainan ini dapat menstimulasi kemampuan panca indera dan motorik si kecil. Bahkan, ada beberapa yang menambahkan tekstur dalam tombol-tombolnya.

 17. Mainan yang mengeluarkan bunyi saat dipencet

My-best

Sedulur juga dapat membelikan boneka yang berbunyi ketika dipencet seperti bebek karet sebagai mainan bayi. Si kecil akan semakin tertarik mendengar suaranya, bahkan dia akan tertawa ketika memencetnya sendiri dan mendengar adanya suara yang dihasilkan dari mainan ini. Mainan ini akan mengajarkan hubungan sebab dan akibat kepada anak sekaligus melatih motoriknya. Sedulur dapat memilih boneka pencet dengan warna terang untuk menimbulkan rasa ingin tahunya. 

Demikianlah tips memilih mainan untuk bayi 6 bulan dan rekomendasinya. Pastikan Sedulur memilih mainan yang aman dan nyaman untuk si kecil ya!

Selain memberikan mainan yang aman dan nyaman untuk si kecil, pastikan juga Sedulur memberikan perawatan terbaik untuk si kecil ya! Sedulur dapat membeli berbagai kebutuhan bayi di Aplikasi Super. Produknya sudah pasti aman dan hargaya tentu lebih terjangkau. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super! Dapatkan promo menarik gartis ongkir setiap harinya.