susu kedelai untuk bumil

Ketika sedang mengandung dan menyusia, seorang ibu membutuhkan asupan energi lebih. Salah satu asupan energi tambahan yang dapat dikonsumsi bagi ibu hamil adalah susu kedelai. Manfaat susu kedelai untuk bumil cukup banyak. Di antaranya dapat mencegah anemia atau kekurangan darah. 

Tak hanya bermanfaat untuk sang ibu, susu kedelai juga bermanfaat untuk calon bayi lho Sedulur. Dengan rutin mengkonmsi susu kedelai saat hamil dapat bermanfaat mengurangi risiko penyakit bawaan bagi janin. Nah, dari pada penasaran apa saja manfaat susu kedelai untuk bumil dan janin, yuk langsung simak informasinya di bawah ini!

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik, Aman Untuk Si Kecil

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi susu kedelai untuk ibu hamil yang perlu Sedulur ketahui. 

-->

1. Mendukung perkembangan janin 

susu kedelai untuk bumil
iStock

Kedelai merupakan sumber nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh. Salah satu nutrisi yang terkandung di dalamnya adalah asam folat, yang penting untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan maupun yang sudah lahir.  Selain mengandung asam folat, susu kedelai juga mengandung banyak nutrisi lainnya, seperti vitamin A, protein, dan lemak yang dibutuhkan untuk mendukung perkembangan bayi. Jadi, jangan lupa minum susu kedelai ya Sedulur!

2. Mengurangi kolesterol jahat

susu kedelai untuk bumil
iStock

Manfaat susu kedelai bagi bumil yang selanjutnya adalah dapat mengurangi kolestreol. Selama mengandung, ibu biasanya beberapa kali ibu mengidam makanan yang kurang baik untuk kesehatan, seperti yang banyak mengandung kolesterol jahat. Berbeda dengan susu sapi, susu kedelai justru membantu ibu dalam mengurangi tumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh. Dengan rutin mengonsumsi susu kedelai selama kehamilan dan menyusui dapat membantu ibu dalam menjaga berat badan tubuh dan menyimpan cadangan lemak baik di dalam tubuh.

3. Menyediakan serat yang baik

iStock

Masalah pencernaan juga menjadi salah satu gangguan yang sering terjadi selama ibu hamil dan juga menyusui. Nah, di dalam susu kedelai terkandung serat yang dapat membantu melancarkan masalah pencernaan yang sering ibu hamil alami. Tidak hanya untuk menjaga kesehatan pencernaan, kandungan serat dalam susu kedelai juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko komplikasi pada ibu hamil.

4. Sebagai sumber protein

iStock

Ibu hamil dan menyusui perlu banyak asupan protein. Manfaat susu kedelai lainnya yang penting adalah menyuplai kebutuhan protein ibu hamil. Kedelai menjadi salah satu pilihan yang baik untuk protein nabati dan dapat sangat berguna untuk vegetarian dan vegan untuk meningkatkan asupan nutrisi mereka selama kehamilan.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

iStock

Susu kedelai mengandung zinc yang dapat diandalkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil. Daya tahan tubuh yang baik pada tubuh ibu dibutuhkan untuk melawan adanya virus maupun penyakit yang akan menyerang. Dengan begitu, kesehatan ibu pada masa kehamilan maupun menyusui akan terus terawat dengan baik ketika rutin mengkonsumsi susu kedelai.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Susu Ibu Hamil Anti Mual Terbaik 2023

6.Mencegah anemia

susu kedelai untuk bumil
iStock

Selama hamil dan menyusui, seorang ibu juga sangat rentan mengalami anemia atau kekurangan darah. Ini terjadi karena ibu biasanya kekurangan asupan vitamin B12. Susu kedelai sebagai minuman sehat, juga mengandung vitamin B12 untuk membantu tubuh saat memproduksi sel darah merah dan akhirnya terbebas dari anemia.Kondisi ini tentu tidak boleh disepelekan, karena penyakit anemia pada masa kehamilan dapat mengakibatkan komplikasi. Mulai dari bayi lahir dengan berat badan rendah, kelahiran prematur, dan yang paling parah adalah kematian janin.

7. Membantu kontrol gula darah

susu kedelai untuk bumil
iStock

Studi pada 2015 yang diterbitkan di The Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism, menemukan bahwa ibu dengan diabetes gestasional yang mengonsumsi 50 gr kedelai setiap hari setelah minggu ke-26, kadar gula darah menjadi lebih terkontrol. Akan tetapi, temuan ini masih dalam skala kecil dan masih membutuhkan penelitian lanjutan. Terlebih lagi, bila susu kedelai yang dikonsumsi diberi tambahan gula, tentu hal ini tidak akan membantu diabetes saat hamil. 

8. Mengurangi risiko depresi

iStock

Salah satu susu kedelai untuk bumil adalah sangat baik untuk mencegah depresi.Dalam sebuah studi yang berjudul Soy Isoflavone Intake and Prevalence of Depressive Symptoms During Pregnancy in Japan sendiri melakukan survey ke lebih dari 1.700 perempuan tentang suasana hati dan konsumsi susu kedelai. Makanan yang menunjukkan perubahan suasana hati ke arah yang lebih baik adalah susu kedelai.

9. Kaya asam folat

iStock

Susu kedelai untuk ibu hamil memiliki banyak manfaat karena kandungan asam folat di dalamnya. Susu kedelai kaya akan asam folat yang menawarkan nutrisi yang sangat diperlukan dalam masa kehamilan. Asupan asam folat secara teratur dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel saraf dan mengoptimalkan perkembangan janin.

10. Mencerahkan kulit 

iStock

Biasanya, ketika ibu sedang mengandung kulit Sedulur dapat menggelap. Proses ini dinamakan hiperpigmentasi pada kulit. Mengkonsumsi susu kedelai dapat menjadi remedi natural untuk melawan masalah ini pada masa kehamilan lho.

BACA JUGA : Amalan Ibu Hamil Menurut Ajaran Islam, Yuk Diamalkan!

11. Asupan energi tambahan

Freepik

Saat hamil, maka Sedulur akan membutuhkan energi yang lebih sehingga sering merasakan lelah padahal tidak melakukan aktivitas berat. Riboflavin, karbohidrat, dan lemak nabati dalam susu kedelai dapat memberikan energi tambahan bagi ibu hamil agar tidak cepat merasakan lelah saat beraktivitas.

12. Memenuhi kebutuhan vitamin D dan kalsium

iStock

Bagi sebagian ibu hamil yang sensitif terhadap sinar matahari, susu kedelai dapat menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian. Tak hanya itu, kandungan kalsium dalam susu kedelai juga bermanfaat untuk ibu dan janin. Dikenal bermanfaat untuk kesehatan kulit dan penglihatan, kombinasi vitamin D dan juga kalsium juga membantu pembentukan tulang dan gigi yang kuat pada bayi. 

13. Mengurangi risiko penyakit bawaan

iStock

Biji kedelai mengandung vitamin B9 yang juga dikenal dengan sebutan asam folat. Konsumsi asam folat yang cukup sangat dibutuhkan karena dapat meningkatkan perkembangan sel-sel saraf pada janin. Tak hanya itu, kandungan asam folat dalam susu biji kedelai juga bermanfaat untuk mengurangi risiko bayi lahir dengan cacat bawaan seperti kecacatan tabung saraf janin atau neural tube defects (NTD). Maka dari itu, ibu hamil sangat dianjurkan untuk rutin mengonsumsi cukup folat salah satunya dengan minum susu kedelai agar bayi lahir dengan sehat dan sempurna. 

Demikianlah rangkuman informasi mengenai manfaat susu kedelai bagi bumil yang perlu Sedulur ketahui. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan sang ibu, rutin mengkonsumsi susu kedelai juga sangat baik untuk pertumbuhan janin lho. 

Tak hanya menjaga kesehatan bayi saja saat masih dalam kandungan, Sedulur tentunya juga perlu mempersiapkan semua kebutuhan bayi dan anak sebelum melahirkan. Nah, Sedulur dapat membeli aneka kebutuhan bayi mulai dari bedan dan minyak telon di Aplikasi Super lho! Ada banyak promo menarik dan gratis ongkir tanpa minimal pembelian. Sedulur tidak perlu lagi antri di supermarket untuk membeli kebutuhan bayi, karena belanja di Aplikasi Super kebutuhan Sedulur sudah terpenuhi. Yuk langsung download dan belanja di Aplikasi Super dan dapatkan promo menarik lainnya!