Buah bit (Beta vulgaris L.) merupakan akar tanaman bit yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Umbi ini memiliki tekstur yang lembut ketika dimakan dan rasa yang cenderung manis. Oleh karena manfaat buah bit yang sangat beragam, buah ini juga dijadikan sebagai tanaman obat yang populer.

Sedulur bisa mengolah buah bit menjadi menu makanan sehat yang lezat. Mulai dari dimakan mentah sebagai salad, dijadikan jus buah yang segar, dibuat menjadi keripik buah, hingga dibuat menjadi teh buah bit. Lebih dari itu, umbi ini juga sering dijadikan pewarna alami.

Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh kita. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kundur untuk Kesehatan & Cara Konsumsinya

-->

1. Detoksifikasi racun di tubuh

manfaat buah bit
iStock

Ditinjau secara alamiah, tubuh manusia memiliki kemampuan detoksifikasi racun melalui organ hati (liver), ginjal, kulit, dan paru-paru. Fungsi organ-organ tersebut ternyata dapat menjadi lebih maksimal jika dibarengi dengan konsumsi buah bit secara rutin. 

Dilansir dari jurnal Phytotherapy Research, khasiat buah bit untuk detoksifikasi racun pada tubuh telah dibuktikan dari eksperimen tikus dengan kerusakan sel. Setelah diberikan buah bit dengan dosis tertentu secara rutin, hasil menunjukkan bahwa tikus percobaan kembali sehat seiring berjalannya waktu. Tak hanya itu, organ tubuh tikus juga kembali berfungsi dengan baik.  

Hal ini dapat terjadi karena pada akar tanaman bit terdapat kandungan betalains yang tergolong dalam kelompok fitonutrien alami. Keberadaan betalains tersebut bisa membantu proses pembuangan racun di tubuh, sekaligus mencegah terjadinya peradangan. 

2. Mengontrol tekanan darah

Manfaat lain dari buah bit adalah memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah. Manfaat ini sangat baik untuk meminimalisir risiko penyakit penyerta darah tinggi, seperti stroke, gagal jantung, dan serangan jantung mendadak. Selain bagian umbi akarnya, Sedulur juga bisa menggunakan bagian daunnya. 

Daun tanaman bit memiliki kandungan zat nitrat yang baik untuk mencegah penyakit darah tinggi dan jantung. Kandungan nitrat ini nantinya akan diubah menjadi nitrit oksida dalam tubuh, yang mana zat tersebut berperan dalam menurunkan dan menyetabilkan tekanan darah.

Agar lebih terasa manfaat buah bit dalam mengontrol tekanan darah, Sedulur bisa mengonsumsi buah ini dalam keadaan mentah sebagai salad atau jus. Usahakan untuk menghindari proses pemasakan karena akan menghilangkan banyak zat gizi baik. 

BACA JUGA: 20 Manfaat Buah Naga yang Baik untuk Kesehatan Tubuh

3. Antioksidan yang baik

manfaat buah bit
iStock

Buah bit ternyata juga kaya akan kandungan antioksidan yang diketahui sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan antioksidan tersebut berguna untuk menangkal adanya radikal bebas dan menjaga tubuh dari serangan berbagai penyakit. 

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat lain dari buah bit yang lain adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan dengan baik. Kandungan serat, vitamin, dan zat gizi yang penting dalam buah ini juga sangat tepat dikonsumsi oleh para penderita GERD, infeksi usus, sembelit, dan penyakit saluran cerna lain.

Kandungan senyawa betalains dalam buah bit dipercaya sangat baik dalam mencegah terjadinya kembung, meningkatkan penyerapan nutrisi makanan, dan menjaga pertumbuhan bakteri baik. Bahkan, bagi ibu hamil, konsumsi buat bit secara rutin dan sesuai anjuran dokter juga bisa mencegah risiko kelahiran bayi cacat.  

Selain itu, tingginya kandungan serat dalam buah ini juga sangat baik untuk melancarkan pencernaan, serta mencegah kerusakan dinding saluran cerna dari adanya konstipasi, kanker usus besar, dan peradangan. 

5. Mencegah anemia

manfaat buah bit
iStock

Buah bit dipercaya dapat mencegah terjadinya anemia. Hal ini karena kandungan asam folat, zat besi, dan vitamin C yang sangat tinggi dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Konsumsi buah bit secara rutin sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena bisa membantu dalam pembentukan sel darah merah. 

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Zuriat untuk Program Kehamilan & Kesuburan

6. Mencegah pikun

Bagi lansia, buah bit juga sangat bermanfaat karena dapat mencegah terjadinya gejala pikun. Kandungan nitrat dalam buah ini akan melebarkan pembuluh darah sehingga membuat aliran darah dan oksigen ke otak meningkat, terutama yang berkaitan dengan fungsi memori kerja dan membuat keputusan. Dengan begitu, kesehatan dan fungsi otak akan semakin baik.

7. Mengendalikan kadar gula darah

manfaat buah bit
iStock

Tak hanya tekanan darah, buah bit juga dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Konsumsi buah ini sangat dianjurkan karena kandungan antioksidan di dalamnya mampu mengendalikan kadar glukosa dan insulin yang ada di dalam tubuh. Kandungan tersebut akan menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Lebih dari itu, kandungan antioksidan asam alpha-lipoic juga diduga bisa mencegah terjadinya kerusakan sel dan membantu perbaikan saraf yang sudah rusak pada seorang penderita diabetes. Namun, tetap dibutuhkan banyak penelitian lanjutan mengenai dosis optimal konsumsi buah bit dalam pengendalian gula darah ini.

8. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Peradangan merupakan mekanisme yang dilakukan tubuh dalam melawan benda asing yang masuk dalam tubuh. Namun, jika terjadi dalam jangka waktu yang lama, pembuluh darah dan jaringan tubuh akan mengalami kerusakan. Nah, konsumsi buah bit secara rutin dipercaya dapat mengatasi dan mencegah peradangan yang terjadi.

Kandungan betalain dalam buah bit diduga merupakan pigmen dengan sifat antiinflamasi yang membantu tubuh dalam mengatasi peradangan. Pigmen tersebut juga dipercaya bisa mengurangi rasa sakit maupun ketidaknyamanan yang terjadi karena osteoarthritis.  

BACA JUGA: 12 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan Tubuh & Kecantikan

9. Mencegah kanker

buah bit
iStock

Manfaat buah bit yang lain adalah kemampuan dalam menekan pertumbuhan sel kanker. Diketahui dalam sebuah penelitian, ekstrak buah bit dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan sel tumor pada hewan, dan mengurangi pertumbuhan sel kanker payudara dan prostat pada manusia karena kandungan pigmen betalain. 

Kendati demikian, tetap diperlukan penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaat buah bit dalam mencegah penyakit kanker beserta dosis yang aman untuk dikonsumsi. 

10. Meningkatkan stamina

Agar aktivitas sehari-hari, terutama olahraga dapat dilakukan dengan baik, stamina tubuh harus dijaga dengan benar. Salah satu cara meningkatkan stamina tubuh yang bisa Sedulur coba adalah dengan mengonsumsi buah bit.

Menurut hasil sebuah penelitian, kandungan nitrat pada buah ini diduga dapat meningkatkan stamina tubuh dan kinerja fisik. Kandungan kalium di dalamnya juga diduga mampu membantu otot dan saraf tubuh agar berfungsi dengan baik, sehingga dapat mencegah kelelahan dan kram otot.

Konsumsi buah bit akan meningkatkan kemampuan organel mitokondria dalam melakukan tugasnya, yakni memproduksi energi dari sel dalam tubuh. Adanya penelitian terhadap sembilan atlet bersepeda juga menunjukkan bahwa konsumsi buah bit sebelum olahraga mampu meningkatkan 2,8% performa atlet sepeda dengan jarak sejauh 4 km dan 2,7% pada jarak 16,1 km.

Resep membuat jus buah bit

Jika Sedulur tertarik untuk mengonsumsi buah kaya manfaat ini, cobalah dengan membuat jus buah bit yang segar sesuai resep berikut, yuk!

1. Jus buah bit plus kurma

buah bit
iStock

Bahan-bahan:

  • 1 buah bit
  • 1 ruas jahe asli, atau 1 sendok teh bubuk jahe tanpa gula 
  • 5 buah kurma yang sudah dibuang bijinya
  • 250-300 ml air matang

Cara membuat:

  1. Kupas kulit akar bit dan cuci hingga bersih. 
  2. Potong kecil-kecil agar lebih mudah ketika diblender.
  3. Masukkan potongan buah bit dan kurma tanpa biji ke dalam blender atau juicer.
  4. Masukkan jahe kupas atau bubuk jahe tanpa gula untuk menghilangkan bau tanah pada rasa jus buah bit.
  5. Tambahkan air matang dan blender semua bahan hingga menjadi halus.
  6. Penambahan gula tidak diperlukan karena rasa dari buah bit sudah manis.
  7. Sajikan jus pada gelas, baik dalam kondisi dingin ataupun biasa. 

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Nanas, Buah Bebas Lemak untuk Kesehatan

2. Jus buah bit plus stroberi dan yogurt

buah bit
iStock

Bahan-bahan:

  • 1 buah bit
  • 1 buah pir kuning atau apel
  • 7 buah stroberi merah
  • 100 ml yogurt plain
  • 100 ml air matang

Cara membuat:

  1. Kupas kulit buah bit dan pir, lalu cuci hingga bersih.
  2. Cuci juga buat stroberi merah sambil membuang bagian tangkainya.
  3. Potong semua buah tersebut dan masukkan potongan buah ke dalam mesin juicer atau blender.
  4. Tambahkan air matang lalu blender semua bahan hingga halus dan tercampur rata.
  5. Angkat dan tuang pada gelas saji, lalu tambahkan yogurt plain pada bagian atasnya.
  6. Jika ingin disantap dalam kondisi dingin, masukkan ke dalam kulkas selama beberapa waktu.
  7. Jus buah bit plus stroberi dan yogurt siap dinikmati. 

3. Jus buah bit tropikal

manfaat buah bit
iStock

Bahan-bahan:

  • 1 buah bit
  • 1 buah lemon atau jeruk nipis, peras dan ambil air perasannya
  • 2 buah tomat merah segar
  • 3 sendok makan madu
  • 150 ml susu cair UHT
  • 250 ml air matang

Cara membuat:

  1. Cuci bersih buah bit, lemon, dan tomat merah hingga bersih. Khusus buah bit, kupas kulitnya dan potong dengan ukuran kecil untuk mempermudah ketika diblender.
  2. Setelah blender siap, masukkan potongan buah bit dan tomat merah, lalu tuang perasan air lemon/jeruk nipis, air matang, susu cair, dan madu.
  3. Haluskan semua bahan hingga tercampur rata, lalu tuang ke gelas.
  4. Jika ingin dinikmati dalam kondisi dingin, masukkan jus buah bit tropikal ke dalam kulkas selama beberapa waktu.
  5. Jus buah bit tropikal siap disajikan. 

Nah, itulah 10 manfaat buah bit untuk kesehatan tubuh beserta resep membuat jus buah bit yang segar dan lezat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan Sedulur sekalian dalam menjaga kesehatan tubuh agar bisa beraktivitas sehari-hari dengan baik.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.