botol minum anak

Peran para orang tua dalam memenuhi kebutuhan buah hati memang sangat penting. Salah satu contohnya adalah ketika memilihkan botol minum anak yang sesuai dengan kebutuhan si kecil. Dengan botol minum yang tepat, anak akan merasa nyaman untuk menggunakannya bahkan membawanya kemana-mana.

Memilih botol minum untuk anak menjadi hal yang susah-susah gampang untuk dilakukan. Hal ini karena terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk membeli. Mulai dari bahan apa yang digunakan, berapa kapasitas yang paling sesuai, hingga aman tidaknya botol untuk penggunaan jangka panjang. Jika tidak jeli, botol minum yang digunakan si kecil malah bisa berbahaya bagi kesehatan.

Lalu bagaimana tips memilih botol minum anak dan apa saja rekomendasinya? Simak artikel berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Perosotan Anak untuk Bermain di Rumah

-->

Sebelum memutuskan untuk membeli botol minum untuk si kecil, pastikan Sedulur membaca tips berikut ini dengan baik, ya! 

1. Pilih botol minum anak berdasarkan bahannya

botol minum anak
iStock

Tips yang pertama adalah memilih botol minum berdasarkan bahannya. Secara umum, botol minum anak terbuat dari stainless steel dan plastik. Kedua bahan tersebut banyak digunakan karena dinilai paling cocok untuk anak-anak. Namun, setiap bahan tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Jika buah hati Sedulur masih kesulitan untuk memegang botol yang berat, alangkah lebih baik jika Sedulur memilih botol yang berbahan plastik. Namun, pastikan sekali lagi bahwa botol tersebut bebas bahan berbahaya seperti bisphenol A atau yang lebih dikenal sebagai BPA. 

Beberapa kelebihan botol minum plastik adalah memiliki bobot yang ringan dan harganya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan material yang lain. Namun, botol ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti tidak adanya lapisan yang dapat menjaga suhu minuman, bahkan pada beberapa produk tidak terpercaya berisiko mengandung BPA.

Jika si kecil sudah bisa membawa benda yang cukup berat, Sedulur dapat memilihkan botol minum dengan bahan stainless steel. Material botol ini dapat digunakan untuk membawa minuman bersuhu hangat ataupun dingin karena mampu menjaga suhu cairan di dalamnya. Botol ini tentu lebih berat daripada botol plastik, sehingga lebih cocok digunakan oleh anak usia sekolah.

Kelebihan botol minum stainless steel adalah mampu menjaga temperatur hingga beberapa jam. Botol berbahan ini juga cenderung lebiih kuat dan tidak mudah rusak. Tidak hanya itu, botol berbahan ini juga ramah lingkungan dan tentunya bebas dari BPA. Namun, botol ini juga memiliki kekurangan, seperti memiliki bobot yang lebih berat dan harga yang lebih mahal daripada botol plastik. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Gamis Anak Perempuan Terbaik & Termurah

2. Pilih botol berdasarkan cara penggunaannya

botol minum anak
iStock

Tips yang kedua adalah memilih botol minum anak dengan menyesuaikan cara penggunaannya. Hal ini harus diperhatikan karena pemilihan botol minum harus sesuai dengan kemampuan anak yang tentunya berbeda-beda sesuai usianya.

Jika si kecil sudah terbiasa minum dari botol, Sedulur dapat memilih botol minum tipe langsung. Botol jenis ini cukup praktis dalam penggunaannya karena dapat dibuka tutup dengan satu tangan saja dan sangat mudah untuk dibersihkan. Meskipun begitu, beberapa tipe botol jenis ini akan tumpah jika dimiringkan dan bisa membuat anak tersedak jika belum terlalu lancar menggunakannya. 

Jika si kecil belum terbiasa minum dari gelas, maka botol minum tipe sedotan adalah pilihan yang tepat. Botol jenis ini sangat cocok digunakan oleh anak yang aktif bergerak hingga berlari-larian karena dijamin anti tumpah. Namun, Sedulur harus ekstra sabar karena botol jenis ini cenderung susah dibersihkan dan menguras waktu untuk membersihkan bagian sedotan kecilnya.  

Jenis terakhir adalah botol minum tipe cangkir. Tipe ini cocok untuk anak yang sangat suka minum sehingga dapat memasukkan air dengan cepat. Namun, botol jenis ini tergolong kurang higienis karena bekas makanan yang menempel pada mulut anak dapat masuk dan tercampur dengan air yang ada di dalamnya. Botol ini juga tidak cocok digunakan oleh anak yang bepergian sendiri, karena dikhawatirkan ia belum bisa menuangkan airnya sendiri sehingga harus selalu didampingi dan dibantu oleh orang tua. 

3. Pilih botol minum anak dengan kapasitas sesuai usia

botol minum anak
iStock

Tips yang ketiga adalah memilih botol dengan kapasitas yang disesuaikan dengan usia si kecil. Semakin besar, maka kebutuhan cairan pada tubuh akan semakin banyak. Oleh karena itu, botol minum anak juga harus menyesuaikan usianya. 

Jika Sedulur memiliki buah hati berusia balita hingga anak TK, maka pilihlah botol minum berkapasitas 350 – 500 ml. Jika anak sudah mulai SD, pilih botol minum berkapasitas 500 ml. Sementara jika anak sudah ditingkat selanjutnya, pilih botol minum berkapasitas 800 ml atau lebih.

Meskipun kapasitas botol disesuaikan dengan usia anak, Sedulur tetap harus memperhatikan besar dan bobot botol yang akan dibeli. Botol yang terlalu berat akan menyusahkan si kecil dalam membawanya dan botol dengan ukuran terlalu besar akan membuat si kecil tidak nyaman saat menggunakannya.

4. Perhatikan ada tidaknya tali pada botol

botol minum anak
ruparupa

Tips selanjutnya adalah memperhatikan keberadaan tali pada botol. Pada beberapa kasus, anak-anak terlalu malas untuk membawa langsung botol minumnya, mereka akan lebih suka jika botol minumnya diselempangkan di pundak. Jika buah hati Sedulur termasuk tipe ini, maka tali pada botol hukumnya wajib dijadikan kriteria saat akan membelinya. Jika tidak, maka Sedulur dapat menanyakan, apakah si kecil ingin botol yang memiliki tali atau tidak. 

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tenda Anak Terbaik untuk Main di Rumah

5. Perhatikan tanda pada botol 

botol minum anak
iStock

Apabila Sedulur memilih botol berbahan plastik, maka tips berikut harus diperhatikan dengan baik. Jika tidak memperhatikan tanda pada botol, Sedulur bisa saja memilih botol plastik yang tidak aman digunakan sebagai wadah makanan atau botol yang tidak berlabel food grade. 

Dua tanda penting yang harus Sedulur pahami adalah tanda BPA free dan simbol segitiga dengan angka tertentu yang menunjukkan tingkat keamanan botol. Tanda tersebut biasanya diletakkan atau berada di bagian bawah botol. Simbol segitiga dengan angka 5 menunjukkan bahwa botol minum aman digunakan berulang kali. Sementara simbol segitiga berangka 1, 2, dan 4 cukup aman digunakan berulang kali.

Simbol yang sebisa mungkin dihindari adalah botol minum dengan simbol segitiga berangka 3, 6, dan 7. Jangan pernah menggunakan botol minum tersebut karena sangat berbahaya bagi kesehatan. Tak ketinggalan adalah tanda BPA free, hal ini penting karena BPA merupakan bahan kimia yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan cacat lahir, gangguan otak, gangguan reproduksi hingga kanker jika sering dikonsumsi.

Tidak perlu khawatir, berikut adalah 15 rekomendasi botol minum anak yang dapat Sedulur jadikan pilihan untuk si buah hati.

1. Tupperware Kiddos Tumbler

botol minum anak
Tupperware

Rekomendasi yang pertama hadir dari brand Tupperware. Botol minum ini memiliki bentuk yang lucu dilengkapi dengan strap yang memudahkan si kecil untuk membawanya kemana-mana. Strap tersebut juga dapat dilepas saat botol akan dibersihkan dan sangat mudah diatur panjangnya sesuai kenyamanan anak.  

Botol minum dengan motif circus yang lucu ini dilengkapi dengan sedotan yang lentur dan lembut. Tidak hanya itu, bagian cap-nya juga mudah digeser untuk membuka dan menutup sedotan secara otomatis. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena botol minum ini dilengkapi dengan tutup yang sangat rapat sehingga isinya tidak akan tumpah. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sepeda Anak Perempuan Terbaik & Berkualitas

2. Baby Safe Botol Minum Silikon Spout – SK 005 

botol minum anak
Tokopedia

Rekomendasi selanjutnya hadir dari brand Baby Safe yang merupakan merk botol minum anak dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Botol minum ini termasuk dalam produk training cup, yakni botol yang digunakan pada masa peralihan dari botol susu ke sedotan atau gelas yang tentunya aman bagi balita. Dengan sedotan yang terbuat dari bahan silikon lembut, gigi maupun gusi anak tidak akan terlukai. 

Tidak hanya aman dari segi bahan, sedotan pada botol ini juga memiliki klaim anti sedak. Hal ini karena lubang air akan tertutup dengan sendirinya jika sedotan tidak dalam keadaan dihisap. Botol Baby Safe Silicone Spout juga dilengkapi dengan handle anti slip pada salah satu sisinya dengan desain unik berupa gambar monyet, lebah, dan burung hantu.

3. Sugar Baby Matic Lid Tritan Kids Bottle

 

botol minum anak
Blibli

Rekomendasi botol minum anak terbaik selanjutnya adalah produk dari Sugar Baby yakni Matic Lid Tritan Kids Bottle. Botol minum ini nyaman digunakan dalam aktivitas sehari-hari karena hanya membutuhkan satu kali tekan untuk membuka atau menutup sedotan yang ada di dalamnya. Botol ini terdiri dari beberapa warna, yakni Blue (Archie Shark’s Soccer Team), Green (Sugar George Dino), Pink ( Rainbow Unicorn), dan Purple (Bear in A Strawberry Camp). 

Tritan Kids Bottle sangat cocok digunakan oleh anak-anak yang aktif karena bahannya terbukti tahan benturan atau bersifat anti pecah. Botol ini juga dilengkapi dengan Extra Safety lock yang digunakan untuk mencegah air tumpah jika botol tidak sengaja terbuka. Lebih lanjut, botol ini juga memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena bebas bahan berbahaya seperti BPA, EA, AA, PVC dan Phthalates serta terbebas dari rasa dan bau plastik.

4. Tupperware New Eco Bottle (1 Liter) 

botol
Kamani

Selanjutnya adalah rekomendasi botol minum anak sekolah yang hadir dari brand yang sama dengan sebelumnya, yakni Tupperware New Eco Bottle. Botol minum ini memiliki tutup flip cap yang mudah dibuka dan pastinya tidak mudah tumpah. Selain itu, seri Tupperware ini juga dilengkapi tali mini untuk mempermudah anak ketika membawanya.

Botol minum ini memiliki desain ergonomis sehingga membuat nyaman dalam genggaman. Dengan beragam pilihan warna, botol ini dapat dipilih sesuai dengan warna kesukaan si kecil.

BACA JUGA: 16 Rekomendasi Mainan Edukasi Anak Terbaik yang Bermanfaat

5. Dodo Bottle Sport Handle Cup Big  

botol minum anak
KALcare

Jika Sedulur memiliki buah hati di atas usia 6 bulan yang ingin belajar minum sendiri, maka Dodo Bottle Sport Handle Cup Big merupakan rekomendasi botol minum anak 1 tahun yang dapat dijadikan pilihan. Dengan sedotan dan pegangan pada sisi kanan dan kirinya, botol ini membuat anak lebih mudah saat memegangnya. Sedotan juga didesain untuk otomatis keluar jika penutup botol digeser ke atas dan akan masuk kembali saat digeser ke bawah. 

Meskipun harganya terjangkau, botol minum ini sudah pasti bebas BPA sehingga aman untuk si kecil. Sedulur dapat memilih warna dan corak sesuai karakter si kecil karena botol minum ini tersedia dalam 3 jenis warna dan corak berbeda.  

6. Lion Star NN-22 Puzzle Sonic Bottle (650 ml)  

botol
Lazada

Rekomendasi botol minum dengan harga terjangkau selanjutnya hadir dari brand Lion Star. Botol minum NN-22 Puzzle Sonic ini dilengkapi dengan tali panjang yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan si kecil. Bahan plastik yang digunakan juga sudah cukup kuat sehingga tidak mudah pecah dan bocor. 

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Si kecil hanya perlu menekan tombol yang ada dan tutup botol akan otomatis terbuka. Tidak hanya itu, gambar pada botol ini juga dapat diacak layaknya puzzle sehingga dapat dimainkan untuk memecah rasa bosan.

7. Bros Straw Bottle 

botol minum anak
Blibli

Selanjutnya adalah Bros Straw Bottle yang terbuat dari bahan plastik crystal bening dengan klaim anti noda, anti bau, dan anti bocor. Hebatnya, botol minum ini tidak akan berubah menjadi keruh meskipun dicuci berkali-kali.

Botol ini sudah teruji bebas BPA dan memenuhi FDA Standard sehingga aman digunakan untuk anak. Selain itu, botol ini juga masuk dalam kategori produk eco-friendly, reusable, and recyclable sehingga baik bagi lingkungan. Dengan pilihan motif dan warna yang simple, botol ini lebih ditujukan kepada anak laki-laki. 

BACA JUGA: 15 Makanan yang Mengandung Vitamin D yang Baik untuk Anak

8. OASE Yue Ge Olike Smart Bottle

botol
Lazada

Rekomendasi selanjutnya adalah Olike Smart Bottle. Tidak hanya digunakan untuk minum, botol ini juga dilengkapi dengan puluhan audio interaktif. Anak-anak dapat menjawab berbagai tebak-tebakan maupun ilmu pengetahuan yang akan dikatakan oleh robot pada botol minum tersebut. Terbuat dari bahan stainless steel, botol minum ini sangat cocok digunakan oleh anak usia sekolah dasar. Lebih lanjut, botol minum Olike Smart ini juga bisa mengingatkan anak untuk minum setiap dua jam sekali.

9. Diller Kids Water Bottles For School

botol minum anak
Diller

Botol minum anak sedotan terbaik diraih oleh Diller Kids Water Bottles For School. Botol minum ini dilengkapi dengan sedotan yang terbuat dari silikon food grade yang lembut mampu melindungi gigi dari cedera. Botol ini memiliki desain mulut lebar sehingga mudah dibersihkan dan dituang.

Botol ini juga dilengkapi dengan tali nilon yang kuat dan panjangnya dapat disesuaikan sesuai tinggi si kecil. Tidak hanya itu, botol minum ini juga memiliki bagian bawah yang tebal sehingga tidak akan mudah pecah jika terjatuh.

10. Baby Safe Tritan Water Bottle

botol
Shopee

Rekomendasi botol minum anak 2 tahun adalah Baby Safe Tritan Water Bottle. Botol ini terbuat dari bahan tritan yang dilengkapi dengan pemberat pada sedotannya sehingga dapat mengikuti arah dimana air berada. Pemberat tersebut juga dapat mempermudah si kecil untuk minum dalam berbagai posisi. 

Tritan Water Bottle ini sangat aman digunakan karena memiliki label BPA free dan food grade material. Tidak hanya itu, botol ini juga dilengkapi dengan sedotan berbahan silikon yang lembut dan lentur. Botol ini cocok digunakan oleh anak usia 2 hingga 5 tahun karena memiliki desain luar yang sangat lucu dan menarik perhatian.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Rak Sepatu Terbaik, Termurah & Berkualitas

11. Lock and Lock Hello Kitty Flower Pattern

botol
JDID

Selanjutnya adalah motif Hello Kitty yang sangat menggemaskan pada botol minum Lock and Lock Hello Kitty Flower Pattern. Botol minum ini berwarna pink sehingga sangat cocok digunakan oleh anak perempuan. Keunggulan botol minum ini adalah terbuat dari bahan Tritan Copolyester yang kuat sehingga tidak mudah pecah dan tergores. Selain itu juga terdapat lubang kecil pada tutup botol sehingga memudahkan anak untuk membuka dan menutup atau membawanya. 

12. Zojirushi Vacuum Botol Termos Air Panas Anak

botol minum anak
iStyle.id

Rekomendasi botol minum anak tanpa sedotan hadir dari Zojirushi, yakni botol minum yang cocok untuk anak pecinta cangkir. Botol minum ini sangat mudah dibersihkan karena memiliki klaim anti lengket. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu khawatir karena noda atau bau akan hilang seketika setelah dibersihkan dengan benar. 

Ciri khas dari botol ini adalah dilengkapi dengan tali yang memiliki name tag untuk diisi nama si kecil. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu khawatir botol anak akan tertukar saat berada di sekolah.

13. Asta Homeware Botol Minum Anak Kuning Stainless Steel Grande

botol
Blibli

Selanjutnya adalah produk dari Asta Homeware, yakni botol minum berbahan stainless steel grade 304 yang populer digunakan dalam produk peralatan rumah tangga karena resisten terhadap suhu. Botol bernuansa kuning ini sangat cocok untuk anak-anak karena memiliki dua pegangan di bagian kanan dan kiri. Botol ini juga dilengkapi dengan tali sehingga memudahkan di kecil untuk membawanya kesana kemari. 

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Keju untuk MPASI Terbaik, Aman & Bergizi

14. Klean Kanteen Insulated Kid Classic

botol minum anak
Bhinneka

Rekomendasi selanjutnya adalah Klean Kanteen Insulated Kid Classic yang memiliki teknologi canggih Climate Lock™ untuk menjaga suhu dingin hingga 40 jam dan suhu panas hingga 12 jam. Botol ini berukuran 355 ml dan terbuat dari bahan stainless steel. Tutup botolnya juga didesain anti bocor sehingga aman digunakan anak-anak.

15. Lock n Lock Hello Bebe Hot & Cool Vacuum Tumbler

botol
Blibli

Rekomendasi terakhir adalah Lock n Lock Hello Bebe Hot & Cool Vacuum Tumbler yang sangat cocok digunakan oleh si kecil. Selain dapat menjaga suhu air, botol minum ini juga tidak mudah tumpah karena dilengkapi dengan saringan di bagian atas botol. Saringat tersebut juga dapat menjaga si kecil tetap aman dan tidak mudah tersedak ketika minum.

Nah, itulah informasi mengenai rekomendasi botol minum anak terbaik yang juga dilengkapi dengan tips memilihnya. Meskipun terlihat sepele, namun memberikan botol minum anak yang sesuai dengan usia dan karakternya adalah tugas yang sangat penting bagi orang tua. Jadi, bagi para orang tua jangan pernah membelinya asal-asalan, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.