gamis anak

Mengajarkan anak perempuan sejak dini untuk menutup aurat merupakan hal yang esensial bagi keluarga muslim, salah satunya adalah dengan mengenalkan gamis anak. Gamis anak sangat mudah ditemukan di pasaran dengan berbagai model dan variasi.

Memilih gamis anak harus memerhatikan beberapa hal seperti bahan, desain, motif dan ukurannya. Agar tidak salah pilih, yuk simak tips memilih gamis dan rekomendasi gamis anak di bawah ini!

BACA JUGA : Kata Mutiara untuk Anak Islami, Bermakna & Menyejukkan Hati

Tips memilih gamis untuk anak

gamis anak
fimela

Umumnya anak sangat sensitif terhadap kenyaman dalam berpakaian. Gamis memiliki banyak ujuran dengan berbagai bahan sehingga Sedulur perlu berhati-hati dalam memilihnya. Tidak perlu khawatir Sedulur, berikut tips memilih rekomendasi anak yang bagus dan nyaman.

-->

Perhatikan bahan material gamis

Faktor utama yang harus diperhatikan saat memilih gais. Pastikan material bahan gamis tidak panas dan tidak gatal serta memiliki tekstur yang nyaman untuk dipakai sehingga anak betah saat memakainya. Selain itu, pilihlah bahan yang luntur saat dicuci dan tidak mudah kusut saat dipakai.

  • Cotton

Cotton merupakan bahan yang paling sering dipakai untuk membuat baju muslim anak perempuan. Hal ini wajar karena karakteristiknya lembut, adem, dan mudah menyerap keringat sehingga si kecil pun akan betah memakainya.

  • Wollycrepe

Sama seperti cotton, bahan wollycrepe juga memiliki tekstur yang lembut. Tak hanya itu, baju muslim berbahan wollycrepe tidak mudah kusut sehingga Anda tidak perlu repot-repot untuk menyetrika lagi.

  • Satin

Ciri khas dari bahan satin, yakni memiliki tampilan yang glossy sehingga tampak lebih mewah. Selain halus, sifatnya yang jatuh membuat baju muslim berbahan satin pun memiliki tampilan yang elegan.

  • Jersey

Bahan jersey memiliki ciri-ciri tekstur yang tebal dan elastis. Meski tebal, bahan ini mampu menyerap kaeringat dengan baik sehingga banyak digunakan sebagi bahan pakaian muslim olahraga. Selain itu, keunggulan lainnya adalah kain ini mudah yang tidak kusut dan banyak sekali warna yang tersedia. 

  • Katun

Katun merupakan bahan yang adem dan mudah menyerap keringat. Kain katun yang terbuat dari serat kapas ini sangat nyaman untuk digunakan saat beraktivitas sehari-hari. Kelebihan lain dari kain ini adalah tidak menimbulkan iritasi dan alergi, sehingga cocok dipakai anak-anak yang memiliki kulit sensitif. 

Ukuran yang pas

Pastikan Sedulur memilih gamis yang sesuai ukuran dengan tubuh anak, sehingga anak nyaman untuk memakainya. Sebaiknya mengukur dengan benar tubuh anak sebelum membeli gamis, terutama jika membeli secara online. Pastikan detail ukuran gamis seperti tinggi badan, lingkar badan, lingkar pinggang saat akan membelinya.

Pilih model sederhana

Model gamis anak biasanya lucu dan menggemaskan. Meski demikian, pilhlan model yang sederhana dan sesuai dengan usia anak. Jangan pilih gamis dengan model yang ribet sehingga mmebuat anak tidak nyama saat memakainya.

Pilih sesuai aktivitas

Jika Sedulur memiliki anak yang kerap bergerak aktif pilihlah bahan yang sesuai yakni yang menguras keringat. Sedangkan untuk acara yang penting, anak dapat menggunakan gamis premium yang nyaman diapakai beberapa jam saja. Jadi, sebelum membeli gamis untuk anak, pastikan pilihlan sesuai dengan aktivitas dan keaktifannya.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Bak Mandi Bayi Terbaik yang Aman & Nyaman

Rekomendasi gamis anak

Berikut rekomendasi merk gamis anak yang dapat dijadikan referensi para Sedulur saat memilih pakaian syar’i untuk sang buah hati. 

1. KIV Gamis – tunik couple ibu dan anak

KIV gamis Couple

Jika Sedulur ingin membelikan gamis untuk anak, maka KIV gamis – tunik couple ibu dan anak bisa menjadi solusinya. Merk ini memiliki model yang stylish dengan kualitas bahan material yang premium sehingga jadi salah satu rekomendasi gamis anak terbaik. Salah satu koleksi yang tidak boleh terlewatkan adalah KIV Gamis – tunik couple ibu dan anak signature.

Motif bunga yang cantik pada bagian atas, membuat gamis anak ini flowy dan nyaman saat dipakai. Selain itu, terdapat resleting yang berada di bagian belakangmembuat gamis ini mudah untuk dilepas. Warnanya lebih dominan putih dengan akesen pastel menambah kesan elegan dan sederahan ini cocok digunakan untuk ibu maupun anak.

2. UliKids 

Gamis anak
Fimela

UliKids Inonesia sudah terkenal memiliki koleksi pakaian muslim anak dengan berbagai motif yang trendy. Gamis dengan waran motif yang cerah dan motif bergaris ini sangat cocok digunakan saat lebaran maupun acara resmi. Gamis ini terbuta dari bahan katun Jepang premium sehingga nyaman saat saat digunakan.

Ditambah lagi desain aksen yang menggemaskan dan terdapat pita pada bagian tengah sehingga mempercantik penampilan. Gamis ini memiliki dalaman berwarna putih dan pink polos untuk menyeimbangkan desainnya. Gamis anak kombinasi 2 warna sangat cocok dipakai anak karena menggunakan bahan yang nyaman akan membuat anak mudah melakukan banyak aktifitas saat memakainya.

3. Gamis bayi Newborn Aysa

Newborn Aysa

Tak ada salahnya memakaikan baju model pada bayi kan Sedulur? Nah gamis Newborn Aysa ini dapat menjadi solusinya. Baju gamis khusus untuk bayi ini, bisa dipakai saat acara aqiqah. Bahannya yang lembut dan halus dari wool peach membuat si kecil merasa nyaman saat memakainya.

Selain itu, Newbor Aysa ini dilengkapi kancing pada bagian depan yang memudahkan ibu untuk mengganti pempers dan popok. Model berkerah pada gamis ini juga nemambah kesan modis saat dipakai. Hibab yang terdapat pada set gamis ini juga tidak membuat gerah bayi saat dipakai. 

4. Peachbello set jilbab gamis pakaian muslim anak

gamis anak
Peachbello

Jika Sedulur sedang mencari gamis untuk anak, maka Peachbello dapat menjadi solusinya. Set gamis dari merk ini menggunakan bahan rayon viscore yang jatuh, lembut, dan dingin. Jahitannya yang pas rapat sehingga tidak nerawang dan cocok digunakan saat hari lebaran. Memiliki model panjang hingga mata kaki dan di bawah terdapat detail ruffle yang menambah kesan feminim. Selain itu, ada model balon pada bagian tangan sehingga terlihat mewah. Motif bunga akan menghiasi seluruh bagian gamis sangat menggemaskan, dijamin anak akan suka dengan model gamis ini.

BACA JUGA : 12 Rekomendasi Kursi Makan Bayi yang Nyaman & Aman

5. Kids Maira Sya’i Amie (gamis dan kerudung)

gamis anak
Maira Kids

Rekomendasi gamis untuk anak  selanjutnya adalah Kids Maira Syar’i Amie Collection. Desain yang fashionable dengan motif yang sangat cocok untuk digunakan anak-anak. Materialnya terbuat dari IT crepe yang strech dan tidak nerawang serta menyerap keringat sehingga gamis ini tidak mudah bau saat dipakai. Selain itu, gamis ini juga tidak mudah kusut, jadi sangat cocok untuk anak yang bergerak aktif. Gamis Maira ini mempunyai aksen kancing pada bagian dan pergelangan tangan. Modelnya sekilas hampir mirip dengan kemeja yang berukuran panjang dan memliliki banyak pilihan warna yang menarik, tak heran gamis ini menjadi gamis anak yang laris di pasaran.

6. Bajuyuli gamis syar’i polos

gamis anak
Fimela.com

Bajuyi merupakan model gamis anak terbaru. Meski memiliki model polos, gamis ini sangat direkomendasikan untuk karena menggunakan bahan wollycrepe yang nyaman digunakan untuk anak. Pada bagian leher dan leher terdapat bagian kancing sehingga memudahkan saat berwudhu.Model rok yang lebar dan flowy juga membuat anak mudah bergerak saat beraktivitas. Meski terlihat simpel, rekomendasi gamis anak ini cocok untuk Sedulur lho.

7. MacBear baju anak perempuan gamis

gamis anak
MacBear

Jika Sedulur memiliki anak yang suka dengan model feminim, maka gamis MacBear adalah solusinya. Berbahan dasar katun, dengan motif kotak-kotak dijamin anak akan menyukainya. Bahan yang lembut dan akan membuat anak nyaman saat beraktivitas. Gamis ini cocok dipakai saay bermain, belajar dan mengaji. Gamis ini tersedia mulai usia 2 tahun dengan banyak pilihan warna lho Sedulur.

8. Ziel Kids Farah Dress couple gamis ibu dan anak

Jika Sedulur ingin kembaran gamis dengan sang buah hati, maka gamis couple dari Siel Kids adalah rekomendasinya. Gamis panjang ini memiliki memiliki motif bunga yang senada dnegan warna dasar gamis, menambah kesan elegan sejaligus minimalis. Pada bagian depan terdapat detail ruffle dan juga juga terdapat beberapa kancing yang memudahkan berwudhu. Matrialnya terbuat dari bahan satin velvet, tulle dan lace yang membuat gamis ini sangat nyaman untuk digunakan. Meski merk gamis anak inicukup mahal, akan tetaoi sangat timeless juga dapat digunakan di berbagai acara.

9. KIDS.IN VOGOUE

gamis anak
Kids.in

Gamis untuk anak yang satu ini sangat cocok dipakai saat lebaran karena didominasi oleh warna putih. Pada bagian lengan gmias terdapat detail balon yang dilengkapi dengan karet, sehingga anak akan merasa nyaman saat memakainya. Pada bagia bawahnya didesain melebar untuk memudahkan anak bergerak ketika beraktifitas. Kids.in Vogoue ini dilengkapi dengan set hijab yang sangat serasi untuk dipakai karena memiliki warna yang senada dengan bordiran pada gamis. Gamis ini dibuat dari bahan katun dan tersedia beberapa ukuran untuk anak usia 3 sampai 12 tahun. Merk gamis anak ini dibanderol dengan harga mulai Rp310.000.

10. Dungdungkids Cutton Combed (tanpa hijab)

baju bayi muslim
Fimela.com

Merk gamis anak selanjutnya adalah Dungdungkids. Baju ini cocok dipakai untuk kegiatan sehari-hari, misalnya saja mengaji. Gamis kaos ini terbuat dari bahan cutton combed yang menyerap keringat dan tidak nerawang. Meski hanya digunakan sehari-hari, gamis ini memiliki moel yang menarik dengan kombinasi warna yang freh. Menariknya lagi, bterdapat ilustrasi muslimah pada bagian depan, sehingga menjadi favorit putri kesayangan Sedulur. Dungdungkids sangat cocok dipakai anak berusia 3 sampai 9 tahun yang aktif bergerak.

BACA JUGA : 5 Doa untuk Anak Sakit, Amalkan untuk Kesembuhan Si Kecil

11. DeuLis

gamis anak
Fimela.com

Gamis DeuLis memiliki motif bunga yang akan menambah kesan ceria ketika dipakai anak. Berbahan dasar katun, gamis ini cocok dipakai saat kegiatan sehari-hari. Motif bunga dan warna yang segar, akan membuat si kecil suka saat memakainya. Menariknya, gamis ini tersedia dari ukuran bayi usia 6 bulan lho Sedulur. Jika Sedulur memiliki putri lebih dari satu, Sedulur dapat membeli beberapa set sekaligus agar bisa dipakai couple-an. Anak pun akan semakin kompak menggunakan gamis ini.

12. Bebica Hijab

baju bayi Islam
Bebica Hijab

Jika Sedulur sedang mengenalkan pakaian syar’i pada si kecil sejak dini, maka Sedulur dapat memilih gamis dari Bebica Hijab. Gamis ini termasuk gamis yang best seller lho Sedulur. Terbuat dari bahan Korean jersey yang terkenal lembut, dan mudah menyerap keringat, gamis ini tidak mudah bau saat dipakai si kecil. Gamis Bebica memiliki detail renda rajut yang terdiri atas pasangan gamis dan jilbab dengan warna yang senada. Desain yang sederhana dan banyak pilihan warna yang tersedia, menjadikan gamis ini cukup laris di pasaran. Selain dari 12 merk gamis yang sudah disebutkan di atas, Sedulur juga dapat menggunakan alternatif lain yaitu dengan tunik dan kaftan. 

Tunik

Selain gamis, Sedulur juga dapat memilih tunik sebagai solusi pakaian menutup aurat untuk anak. Tunik merupakan pakaian yang longgar menutupi dada, bahu dan punggung serta memiliki panjang hingga ke pergelangan kaki. Tunik ini dapat dipakai untuk acara formal mauppun non formal. Tunik memiliki banyak model, mulai dari yang polos motif, asimetris, abaya, dress, peplum dan yang lainnya. Sedulur dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. 

Kaftan

baju bayi
Fimela.com

Kaftan merupakan pakaian yang memiliki potongan longgar dan panjang hingga mata kaki. Kaftan menjadi model gamis yang sering dipakai saat momen lebaran. Selain itu, gamis ini juga cocok untuk dipakai saat acara resmi atau hanya sekedar berpergian santai. Memiliki model yang longgar kaftan sangat cocok dipakai anak yang aktif bergerak dan beraktivitas. Kaftan juga cocok dipakai couple untuk ibu dan anak.

Merk baju muslim anak jaman dulu

Berikut merk baju muslim anak dari jaman dulu yang masih eksis hinga sekarang:

  • Rabbani

Rabbani berdiri pada tahun 2001 dan masih populer hingga kini. Rabbani adalah salah satu merk merk baju muslim anak jaman dulu yang paling terkenal di Indonesia. Rabbani juga memproduksi baju muslim dewasa untuk wanita dan pria. Desainnya yang sederhana namun tetap elegan menjadikan produk Rabbani dicintai banyak orang. Logo gelombang berwarna putih yang terdapat di setiap produknya menjadi ciri khas Rabbani. Sejak merk tersebut mulai memasuki pasar hingga saat ini  logonya tetap sama. Bahannya yang lembut dan tidak terlalu tebal akan sangat nyaman digunakan oleh anak-anak. Kualitas yang masih sama hingga kini, tak heran jika produk dari Rabbani menjadi banyak incaran terutama saat menjelang lebaran. 

  • Keke

Salah satu merk baju muslim jaman dulu yang masih eksis hingga sekarang adalah Keke. Berdiri sejak 2005 di Bogor, produk dari merk ini memiliki ciri warna dan motif yang khas. Meski seringkali menabrakkan warna, hasilnya justru baju anak tetap terlihat lucu dan tidak ada kesan aneh ataupun norak. Bahan yang terbuat dari katun dobby, anak akan nyaman memakainya karena bahan ini mampu menyerap keringat sehingga tidak mudah bau.

Baju muslim anak Keke sering menjadi incaran para ibu terutama saat menjelang lebaran. Walaupun memiliki ciri khas, designnya dan modelnya selalu baru setiap tahunnya. Jika sudah lama mengenal produk Keke orang akan mudah menebaknya ketika menemukan anak yang memakai produk ini karena sangat mudah dikenali.

  • Sanaya Kids

Model pakaiannya mengusung konsep koko dan sarung untuk sholat, Sanaya Kids dikhususkan untuk anak dengan usia 2 sampai 5 tahun. Meski begitu, koko Sanaya Kids dapat dipakai sehari-hari dengan dipadukan celana bahan atau jeans yang lebih santai. Produk ini dibuat dari bahan katun kanvas yang tidak membuat anak cepat gerah ketika melakukan banyak aktivitas. Pada 2015, Sanaya Kids identik dengan produk mukena anak dan dewasa dengan ciri khas berbahan dasar kaos. 

  • Dannis

Sudah berdiri sejak tahun 1997, produk busana muslim ini masih populer hingga sekarang. Dannis didirikan oleh Ibu Wiwin Suharyani dengan mengusung tema busana muslim supaya dapat menjadi pakaian favorit keluarga yang dapat digunakan untuk berpergian atau seragam sekolah. 

Harga yang ditawarkan merk gamis yang sudah disebutkan di atas memang tergolong cukup mahal. kan tetapi, Sedulur tidak perlu khawatir. Gamis anak murah tetapi tidak murahan masih banyak dijumpai di pasaran. Produk Dannis yang juga sering muncul menjelang lebaran ini juga tidak asing lagi di mata para pemburu baju muslim anak yang lucu. Dannis menghadirkan baju muslim anak dengan kombinasi warna yang manis dan design yang sederhana. Meski sederhana, baju muslim dengan merk Dannis tetap terlihat mewah dan tidak pasaran.

Dannis menjadi sangat nyaman digunakan ketika anak aktif bergerak karena desainnya tidak neko-neko. Seperti halnya gamis anak perempuan yang hanya dihiasi oleh dua kantong dan tali samping, produk Dannis tetap cantik dilihat. Merk ini juga memproduksi peci untuk menemani anak laki-laki belajar shalat.

Sebagian orang tua sudah mengajarkan anak berpakaian syar’i sejak dini dengan mengenalkan gamis. Banyak gamis dengan berbagai model dan desain yang kini mudah ditemukan di pasaran. Akan tetapi, Sedulur harus memerhatikan beberapa hal ketika membelikan gamis untuk anak. Seperti bahan material karena anak biasanya anak mudah alergi dan iritasi. Selain itu, ukuran juga menjadi hal perlu diperhatikan. Jangan sampai Sedulur membeli gamis dengan ukuran melebihi ukuran tubuh anak. Hal ini akan membuat anak tidak nyaman saat memakainya. 

Beberapa rekomendasi merk gamis anak yang laris di pasaran yaitu Bebica Hijab, MacBear, DeuLis danmasih banyak yang lainnya. Atau Sedulur dapat memilih produk dari Dannis, Rabbani sebagai solusi memilih pakaian untuk anak. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.Langsung restok isi tokomu di sini aja!