tenda anak

Orang tua pasti ingin membangun kedekatan bersama sang buah hati. Hal tersebut dapat dilakukan salah satunya dengan cara mendampinginya saat bermain. Salah satu permainan yang anak sukai adalah berkemah. Berkemah merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus dapat melatih motorik anak. Nah, memilih tenda untuk anak tentu harus sesuai dengan keinginan, keamanan dan kenyaman sang buah hati.

Jika Sedulur berniat membeli tenda untuk bermain, simak tips dan rekomendasi tenda yang nyaman dan aman untuk si kecil di bawah ini. 

BACA JUGA : 5 Doa untuk Anak Sakit, Amalkan untuk Kesembuhan Si Kecil

Tips memilih tenda untuk anak

tenda anak
mybest

Ketika ingin membeli tenda untuk si kecil, Sedulur harus mempertimbangkan beberapa hal demi kenyamanan dan keamanan anak ketika mereka sedang bermain. Beberapa hal yang harus Sedulur perhatikan adalah :

Pilihlah sesuai jenis

Ada empat jenis tenda untuk si kecil yang biasanya dijumpai di pasaran. Terdapat tenda dome yang mirip dengan tenda orang dewasa, tee-pee tent alias tenda Indian, tenda kastil, serta tenda dengan beraneka bentuk yang dikenal dengan istilah playhouse. Masing-masing tipe memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda.

  • Tenda dome

Tenda jenis dome merupakan jenis tenda yang paling populer di kalangan penggemar aktivitas luar ruangan seperti camping. Disebut dome karena bentuknya yang menyerupai kubah. Tenda dome terdiri dari dua bagian yakni dua tiang kerangka yang mudah dibongkar dan pasang, serta kain penutup tenda. Beberapa tenda dome dilengkapi dengan lapisan tambahan yang disebut flysheet.

Fungsinya adalah untuk melindungi tenda saat hujan. Tenda yang kokoh ini cocok untuk camping sungguhan. Saat ini, ada banyak tenda dome yang memang didesain untuk anak-anak dengan warna cerah dan gambar animasi lucu. Tenda jenis ini cukup kokoh dan kuat untuk digunakan camping di luar ruangan.

  • Tenda Teepee tent

Mulanya, tenda jenis teepee tent merupakan jenis tenda yang sering digunakaan oleh penduduk asli Amerika untuk berkemah. Tak heran jika tenda ini juga dikenal dengan nama tenda Indian. Ciri khas teepee tent adalah mempunyai bentuk kerucut dan tiga sisi yang tertutup dan satu sisi depan yang terbuka.

Akan tetapi, seiiring berjalannya waktu, teepee tent tidak hanya digunakan untuk berkemah saja, tetapi juga dijadikan hiasan di sudut rumah atau sudut kamar anak. Kelemahan dari tenda ini yaitu diperlukan tiang kayu yang berukuran panjang dan tidak bisa dilipat layaknya tiang tenda dome. Dengan kata lain, teepee tent merupakan tenda untuk anak-anak ukuran besar yang compact ketika disimpan.

  • Castle tent

Pernahkan Sedulur  melihat tenda yang biasa digunakan untuk pertunjukan sirkus? Nah, castle tent menyerupai tenda tersebut. Nama castle diperoleh dari bentuknya yang menyerupai kastil istana.

Serupa dengan tenda dome, tenda castle juga terdiri dari kerangka yang bisa dilipat, serta kain tenda. Proses instalasinya mudah. Selain itu, saat sedang tidak dipakai, tenda ini mudah dilipat, disimpan, dan dibawa kemana-mana karena ukurannya yang ringkas.

  • Playhouse tent

Berdasarkan namanya, tenda jenis playhouse didesain sebagai ruang bermain anak-anak. Memiliki bentuk yang bervariasi dan seperti rumah-rumah lengkap dengan halaman, bentuk kubus yang dihubungkan dengan lorong dan masih banyak lagi. Playhouse  memiliki ukuran yang sangat beragam, ada yang kecil dan tidak memakan banyak tempat, ada juga yang luas dan memberlukan ruang besar. Playhouse ini dapat dipasang di area indoor maupun outdoor. Biasanya, playhouse juga dijadikan tempat penyimpanan bola kecil warna-warni dan mainan anak lainnya.

Pilih tenda yang mudah dibongkar dan pasang

Anak-anak merupakan sosok yang ingin tahu dan selalu penasaran. Sehingga ketika melihat orang tuanya sedang memasang tenda, biasanya mereka akan turut membantu. Memilih tenda yang mudah dibongkar pasang adalah pilihan yang cukup bijaksana. Selain lebih praktis, Anda pun bisa mengajak anak untuk mendirikan tenda bersama-sama. Bahkan, jika anak beranjak besar, kelak mereka akan bisa memasang tenda dan membereskannya sendiri. 

Pilih tenda sesuai dengan tinggi dan besar anak

Terdapat beberapa jenis peralatan dan mainan anak yang dikhususkan untuk usia tertentu, tak terkecuali tenda untuk anak. Akan tetapi, bukan hanya hal itu yang harus diperhatikan ketika Anda hendak memilihnya. Anda sebaiknya turut memperhatikan ukuran tinggi dan besar anak. Kalau tidak, bisa-bisa tenda tersebut terlalu kekecilan untuk anak Anda. Terlebih lagi, bermain di dalam tenda terasa lebih asyik kalau dilakukan beramai-ramai. Pastikan Sedulur memilih tenda yang sesuai dengan ukuran tinggi dan besar anak demi kenyamanan dan keamanan sang buah hati.

Ajak anak saat membeli tenda

Melibatkan anak saat membeli tenda merupakan hal yang harus diperhatikan demi kenyamanan hati anak. Sebaiknya terlebih dahulu tanyakan pada mereka jenis tendap apa yang diinginkan, warna dan gambar yang disukai. Ketika melibatkan sang buah hati, mereka akan merasa dihargai.

BACA JUGA : Kata Mutiara untuk Anak Islami, Bermakna & Menyejukkan Hati

Rekomendasi tenda anak

Berikut rekomendasi tenda yang nyaman dan aman digunakan untuk bermain sang buah hati. 

1. IKEA Cirkustalt Children’s Tent

tenda anak
mybest

IKEA Cirkustalt Children’s Tent memiliki ukuran diameter 100 cm dengan ketinggian 120 cm, tenda bergaya khas tenda sirkus ini mempunyai bobot yang cukup ringan, hanya sekitar 1,25 kg dan terbuat dari 100% bahan poliester. Tenda ini juga dilengkapi dengan alas yang terbuat dari polietilena yang bersifat anti air. Hal ini tentunya menjadi kelebihan tenda Cirkustalt dari IKEA, karena dapat digunakan di dalam ataupun luar ruangan. Harga tenda untuk anak ukuran besar ini berkisar antara Rp465.000 hingga Rp600.000.

2. Stilokiddo Teepee Tent Triangle – Mix Grey productnation

Tenda ini tersedia dalam berbagai motif lucu dan unik, tenda dari Teepee ini selalu dengan bentuk segitiga bergaya khas Indian yang tidak saja dapat digunakan untuk bermain, tetapi dapat dijadikan sebagai dekorasi tambahan dalam kamar anak. Bahan tenda terbuat dari kain katun catra tebal, namun tetap terasa halus dan lembut. Sebagai penyangga tenda, terdapat empat tiang kayu ringan yang kuat serta mudah untuk didirikan. Sayangnya, alas tenda busanya di jual secara terpisah.

3. Bestway Play house tent

Didesain dengan warna-warni cerah serta gambar kartun lucu yang dapat menarik perhatian anak dan membuat anak lebih betah bermain. Tenda Bestway ini berbentuk rumah dan berukuran berkisar 102x76x114 cm terbilang cukup besar, karena mampu diisi hingga tiga anak di dalamnya.Tenda ini terbuat dari bahan poliester berkualitas yang mudah dipasang tanpa perlu menggunakan alat tambahan. Memiliki satu buah pintu untuk keluar dan masuk bagi anak, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan alas. Tenda ini cocok digunakan bermain untuk usia 3 hingga 10 tahun. Harga tenda Bestway cukup murah. Dibanderol berkisar Rp180.000 hingga Rp 500.000 menyesuaikan ukurannya.

4. Intel animal indoor inflatable childrens play tent

tenda anak
mybest

Berbeda dengan tenda pada umumnya yang harus dirakit dengan instruksi tertentu, tenda Intex ini terasa lebih praktis karena hanya perlu dipompa. Memiliki dimensi tenda sekitar 1,27×1,12×1,16 meter setidaknya tenda ini mampu diisi hingga dua anak berumuran 5 tahunan lebih. Bahan dasar pembuatnya aman bagi anak karena terbuat dari material PVC Vinyl yang berkualitas. 

5. Tenda Baby tent camp

tenda anak
mybest

Tenda model  ini memiliki bentuk unik dan tidak pasaran. Pintu masuk tenda ini didesain mirip dengan mulut binatang. Tak hanya itu, aksen telinga dan mata yang berada pada bagian atas tenda membaut tampilannya menjadi lebih nyata dan tentu akan menarik perhatian anak. Ukurannya yang besar membuat anak semakin betah bermain di dalamnya. Harga tenda anak ini mulai dari Rp 165.000.

6. Tenda Ocean 4 in 1

Tenda anak
mybest

Tenda ini cocok digunakan untuk bermain dengan sang buah hati di rumah dan akan menghadirkan kesan playground di rumah sendiri. Tenda Ocean 4 in 1 ini sangat cocok untuk anak yang menyukai tantangan dan bergerak aktif. Tenda dengan tipe playhouse ini akan membuat anak mudah bergerak serta dapat melatih motorik kasarnya. Produk ini memiliki empat bagian, yaitu tenda, terowongan, ring, dan kolam terpisah yang bisa digabung.

Pastikan Sedulur memiliki ruangan yang luas karena mainan ini akan memakan banyak tempat. Dengan memiliki tenda ini, buah hati tak harus jauh-jauh pergi ke playground di mall, kan? Supaya permainan makin seru, Anda bisa menambahkan bola warna-warni untuk dimasukkan di area kolam. Mainan tenda anak perempuan ini dibanderol dengan harga mulai Rp 180.000 saja. 

7. Tenda krucut Castle Istana anak jumbo

tenda anak
sehatq

Dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu mulai Rp 87.000, tenda ini cocok menjadi mainan anak di rumah. Meski memiliki ukuran yang cukup besar yaitu 185x105x105 cm. Tenda kastil ini sangat mudah dibongkar maupun pasang. Memiliki bentuk puncak merana sebuah kasti, tenda ini menjadi tempat bermain yang cocok untuk anak-anak. Kain tenda maupun tulang kerangkanya sama-sama terbuat dari bahan berkualitas sehingga awet dan tahan lama. Kelebihan lainnya adalah tenda ini mudah dilipat, dibawa, dan disimpan di mana pun Jikas Sedulur  sedang mencari tenda untuk anak-anak yang praktis dan compact, produk ini bisa dijadikan pilihan. 

8. Tenda camping anak

mybest

Tenda ini berbahan dasar waterproof sehingga dapat digunakan di luar ruangan. Tenda anak laki laki ini juga dapat dapat digunakan anak perempuan lho Sedulur. Tenda camping ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau yaitu mulai Rp 150.000.

Bosan bermain kemah-kemahan di dalam rumah? Sedulur dapat mengajak buah hati camping di halaman depan! Berbahan parasut yang tahan air, tenda ini tidak akan basah saat gerimis tiba. Saat bermain, anak-anak juga aman dari gangguan nyamuk karena di pintu terdapat kain jala. Setiap pembelian tenda dilengkapi dengan tas kecil yang memungkinkan tenda bisa dibawa pergi ke mana pun. Meski tenda anak ukuran kecil, tetapi tenda camping ini muat untuk 2 orang masuk ke dalamnya.

9. Tenda hello kitty

mybest

Jika Sedulur memiliki anak yang menyukai hello kitty, maka model ini adalah rekomendasinya. Tenda ini dapat digunakan di luar ruangan untuk anak usia tiga sampai lima tahun. Ukuran tenda sebesar 120x120x85 cm ini tidak terlalu besar, sehingga mudah dibawa saat berpergian. Selain itu, tenda hello kitty ini juga dilengkapi dengan tas sebagai tempat penyimpanan khusus.

10. Matogui AN8112

matogui

Matougui AN8112 adalah tenda khusus anak bentuk rumah yang lucu untuk dimainkan anak perempuan. Tenda dengan model rumah princess ini mempunyai empat tiang yang mudah dipasang. Bahan polyester-nya diklaim kuat dan bisa digunakan untuk waktu yang lama. Tenda untuk anak murah Matougui AN8112 mempunyaii satu pintu dan tiga jendela yang dapat difungsikan sebagai lubang ventilasi. Kamu juga bisa mendapatkan satu tas tenda jika membelinya. Mainan tenda untuk anak yang bisa digunakan di dalam dan luar rumah ini dipatok dengan harga Rp39.000-an saja. Cukup terjangkau kan Sedulur?

Selain itu, Sedulur juga dapat memilih tenda yang berukuran kecil seperti tenda dino castle. Tenda ini akan membuat anak serasa kembali ke zaman dinosaurus. Tenda ini memiliki dua pilihan warna dengan motif dan desain yang menarik. Selain itu, tenda ini dangat mudah dilipat maupun dirangkai. Ukurannya yang besar dapat dijadikan tempat untuk di kecil tidur siang. Harga mulai Rp 185.000 saja lho.

Itulah tips dan rekomendasi tenda untuk mainan di kecil. Sebelum membelikan anak tenda, Sedulur harus memerhatikan beberapa hal seperti bahan, ukuran demi kenyamanan anak. Banyak tenda anak yang mudah ditemui di pasaran, Sedulur dapat memilih tenda sesuai dengan keinginan anak.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!