fakta anak ketiga

Memiliki anak adalah dambaan semua orang. Namun lebih dari itu, mempunyai anak juga merupakan rezeki. Konon, urutan anak lahir biasanya akan menentukan kepribadian yang mereka miliki. Kepribadian dapat terbentuk karena lingkungan atau bahkan secara alami si anak. Namun, yang paling mencuri perhatian adalah tentang fakta anak ketiga.

Banyak orang yang mencari tahu fakta anak ketiga menurut Islam, namun sebenarnya tidak ada penjelasan secara pasti tentang hal tersebut. Hadirnya anak ketiga sendiri dalam rumah tangga punya beberapa keunggulan bila dilihat dari segi sosial. Dimana anak yang lahir di urutan pertama akan identik sebagai pemimpin. Kemudian fakta anak kedua diidentikan sebagai anak kreatif dan anak ketiga yang memiliki gabungan keduanya.

Namun, benarkah fakta anak ketiga tersebut? Guna membahas lebih lengkap mengenai fakta anak ketiga lelaki dan fakta anak ketiga perempuan. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini ya!

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Obat Batuk Anak Alami yang Aman & Manjur

1. Bertindak ceroboh

fakta anak ketiga
Suara

Pertama mari kita bahas tentang fakta anak ketiga lelaki. Menurut sejumlah penelitian, mereka memiliki kecenderungan bertindak ceroboh yang mana menjadi salah satu sifat negatif si anak. Kecerobohan ini biasanya akibat anak ketiga memiliki dua kakak yang selalu mereka harapkan jadi penolong.

Apabila cerobohnya anak ketiga tidak dihilangkan, maka bisa memberikan dampak buruk buat anak itu sendiri. Baik itu saat dirinya masih kecil maupun kelak menjadi dewasa. Anak ketiga juga menjadi anak yang paling sering ditegur oleh orang tua karena sifatnya tersebut.

Untuk mengatasi masalah ini, para orang tua sudah sewajarnya untuk mengarahkan anak agar lebih berhati-hati dan lebih cermat dalam melakukan setiap tindakan. Hal in karena kecerobohan sekecil apapun dapat membawa dampak kurang bagus untuk sang anak pada kemudian hari.

Selain itu, Anak ketiga dari 4 bersaudara disebut si bungsu jadi sebagai orang tua harus benar-benar memperhatikan sifat dan sikap sang anak itu sendiri.

2. Punya sifat keras kepala susah diatur

fakta anak ketiga
Tempo

Fakta anak ketiga berikutnya mereka punya sikap keras kepala, susah diatur dan tidak mau menurut. Jika anak punya karakter seperti ini, membuat mereka tidak mau mendengar segala bentuk nasihat-nasihat dari siapa pun termasuk dari orang tua. Sifat keras kepala tidak boleh dibiarkan terjadi pada anak ketiga.

Sebagai anak ketiga disebut si bungsu, maka sebagai orang tua harus benar-benar memberikan perlindungan lebih kepadanya. Bahkan berusaha mencoba menghilangkan segala bentuk sifat-sifat negatifnya tersebut. Demi masa depan sang anak, dan segala bentuk kerugian dapat diatasi dengan baik.

Jika sang anak sering melawan perintah orang tua dan lebih menonjolkan sisi keras kepala, nantinya hanya akan membuat sang anak mempunyai masa depan kurang baik. Tumbuhkan rasa cinta dalam keluarga agar masalah yang dihadapi oleh anak ketiga dapat diatasi dengan baik Sedulur.

BACA JUGA: Apa Itu Autisme? Kenali Ciri & Penyebab Anak Autis Sejak Dini

3. Tidak pernah serius

fakta anak ketiga
Orami

Fakta anak ketiga perempuan selanjutnya adalah mereka punya sifat tidak pernah serius ketika diajak bicara. Jika anak Sedulur punya sifat tersebut, maka sudah sewajarnya untuk merubahnya. Sebab, orang lain kurang begitu suka dan tidak akan menaruh respek pada anak dengan sifat bercanda ataupun tidak serius.

Anak ketiga disebut sebagai bungsu dan jika anak Sedulur punya sifat semacam ini, maka hanya akan membawa kerugian. Faktanya orang tidak akan lagi menaruh rasa percaya kepada anak tersebut. Di tambah lagi, saat memimpin sebuah perusahaan tidak akan maju dengan pesat.

Jika Sedulur adalah anak ketiga dan punya sifat semacam ini, maka sudah sewajarnya untuk segera menghapusnya. Dengan membuat sikap negatif seperti ini, maka orang lain pun tidak akan sungkan untuk bekerjasama kembali dengan Sedulur. Sebab, Sedulur sudah benar-benar membuang sifat negatif ini.

4. Memendam amarah

fakta anak ketiga
Orami

Marah adalah sifat alami manusia dan bisa diluapkan dalam beragam cara. Namun akan beda cerita jika dipendam dalam-dalam. Fakta anak ketiga lelaki punya sifat memendam amarah, sikap seperti ini tidak boleh terjadi pada kamu Sedulur. Amarah yang dipendam terlalu lama akan membuat anak tersebut mudah dijauhi teman-temannya.

Menyimpan amarah atau memendam amarah merupakan tindakan negatif. Buat Sedulur anak ketiga dan punya sikap semacam ini, harus segera dihapus. Solusi paling baik saat kam ingin menghilangkan karakter ini adalah bercerita dengan orang terdekat kamu. Ceritakan seluruh uneg-uneg kamu supaya amarah di dalam dirimu dapat segera hilang.

Kamu pun bisa melakukan konsultasi dengan pakar psikologi terkait masalah kamu ini. Hati dan pikiran yang tenang, dapat membuat kamu merasa lebih baik. Ditambah mampu mengambil segala keputusan dengan baik.

5. Usil

fakta anak ketiga
Fakta

Fakta anak ketiga perempuan tidak selalu punya sifat negatif. Bisa juga sang anak akan punya sifat usil atau jahil ke semua orang. Meski begitu, mungkin tidak semua orang akan setuju dengan karakter Sedulur. Sebab, tindakan usil dan jahil bisa membuat orang lain menjadi risih dan enggan untuk mendekati kamu.

Sejatinya sebagai anak ketiga disebut si bungsu melakukan tindakan usil, jahil atau bercanda tetap ada alasannya. Anak ketiga yang aktif akan selalu mencari perhatian dari orang tua atau kerabat dekatnya. Sebagai orang tua dan mempunyai anak tiga, sudah sewajarnya Sedulur memberikan perhatian lebih kepadanya.

Berikan waktu lebih untuk mereka supaya sifat jahil, usil dan bercandanya dapat segera dikurangi. Jalin komunikasi dua arah dan wujudkan keluarga harmonis maka sang anak bisa mengurangi sifat jahilnya terhadap orang lain.

BACA JUGA: 12 Ciri-ciri Pubertas Anak Laki-laki Remaja, Bunda Wajib Tahu!

6. Suka dimanja

fakta anak ketiga
Theasianparent

Jangan heran jika ada anak Sedulur punya sifat selalu dimanja dan dekat dengan orang tuanya. Boleh jadi ini merupakan fakta anak ketiga lelaki di mana mereka akan selalu minta dilayani oleh banyak orang. Sifat dimanja pada anak ketiga umumnya berasal dari perhatian dan kasih sayang yang diberikan lebih kepada anak tersebut.

Jika Sedulur mempunyai anak ketiga dan punya sifat seperti ini, maka jangan Sedulur biarkan. Sebab, dengan sifat dimanja yang dimiliki anak ketiga dapat menjadi pribadi kurang mandiri. Kurang berani mengambil keputusan dan tidak bisa mandiri. Langkah tepat agar sifat dimanja pada anak ketiga disebut si bungsu tidak kembali datang, maka biasakan untuk mandiri.

Dalam hal ini biarkan anak menentukan dan menyelesaikan masalahnya sendiri. Maka dengan begitu, sifat dimanja pada anak dapat hilang dengan sendirinya. Namun jika Sedulur adalah anak ketiga, maka sudah sepantasnya untuk segera memperbaiki sifat buruk ini.

7. Punya sifat tertutup

Popmama

Fakta anak ketiga lelaki selanjutnya adalah mereka suka menutup diri dan tidak mau bercerita kepada orang lain. Anak ketiga umumnya lebih memilih memendam ceritanya dan tidak perlu orang lain tahu akan masalahnya. Tindakan seperti ini kurang baik untuk tumbuh kembang anak ketiga Sedulur.

Sebab dapat mengganggu kesehatan fisik, mental dan sebagainya. Jika masalah mentan dan fisik mulai mengganggu, maka aktivitas sehari-harinya pun bisa ikut terganggu. Secara kesimpulan mereka tidak akan menjalani aktivitas sehari-hari dengan semangat dan terbilang loyo.

Buat Sedulur adalah anak ketiga, maka berusahalah untuk terbuka kepada siapa saja. Cerikan setiap persoalan kamu pada orang terdekat dan kepercayaan kamu. Namun pastikan mereka bisa menjaga rahasia kamu dengan baik. Bisa juga kamu mendatangi psikolog untuk mengatasi persoalan kamu Sedulur.

8. Punya adaptasi bagus

Orami

Fakta anak ketiga perempuan tidak selalu berhubungan dengan hal negatif, mereka juga punya sisi positif dan Sedulur wajib mengetahuinya. Ya, anak ketiga dikatakan akan mudah beradaptasi dengan beragam situasi apapun. Seperti adaptasi bertemu lingkungan baru dan berkenalan dengan baru.

Tidak hanya itu, fakta anak ketiga lelaki dapat dengan mudah melakukan interaksi dengan banyak orang. Sifat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, mampu membuat anak tersebut dengan mudah diterima orang lain. Dalam dunia pekerjaan sifat cepat beradaptasi dapat memberikan keuntungan untuk perusahaan itu sendiri.

Sebab, mereka tidak akan keluar banyak biaya untuk melatihnya kembali karena pastinya sudah terbiasa dengan pekerjaan yang sedang dihadapi. Jadi, jika Sedulur merupakan orang tua dan punya anak ketiga dengan sifat seperti ini, maka beruntunglah. Pupuk terus sifat cepat beradaptasi, maka orang lain pun akan sangat mudah menerima kamu dalam berbagai hal.

9. Tidak ingin dibanding-bandingkan

Sehat Q

Fakta anak ketiga perempuan berikutnya adalah mereka tidak terlalu suka untuk dibanding-bandingkan. Meski faknya, mereka adalah anak spesial alias sangat dimanja dengan banyak orang termasuk dengan orang tua sekalipun, namun mereka tetap kurang suka dibanding-bandingkan.

Sebab, anak ketiga tidak ingin terlihat oleh seseorang tidak bisa diandalkan khususnya dalam urusan keluarga. Sebagai orang tua dan punya anak ketiga sudah sewajarnya tidak perlu membandingkan sifat anak tersebut dengan orang lain. Maka dengan begitu, anak bisa leluasa melakukan beragam aktivitasnya.

Biarkan anak ketiga melakukan beragam aktivitasnya tanpa perlu orang tua ikut campur. Maka dengan begitu sang anak akan merasa percaya diri dan tidak akan canggung saat melakukan beragam aktivitas.

10. Hatinya sangat mudah tersentuh

Kamini

Sisi positif  fakta anak ketiga adalah mereka punya perasaan yang rapuh alias mudah tersentuh. Mereka sangat mudah tersentuh akan hal-hal sedih atau bahkan mengharukan. Fakta lainnya adalah mereka cenderung tidak akan malu apabila merasakan kesedihan meski menangis di hadapan orang tua.

Semakin dalam anak ketiga merasakan kesedihan maka anak tersebut akan mudah tersentuh hatinya. Sifat lainnya dari anak ketiga adalah mereka akan mudah membantu orang yang sedang kesusahan. Ini merupakan tindakan baik bagi anak ketiga, karena akan membuatnya merasa bahagia.

Sisi lainnya, orang lain yang mendapat bantuan anak ketiga akan merasa senang karena biasa merasakan bantuan dari anak ketiga Sedulur. Jiwa sosial tinggi yang dimiliki anak ketiga adalah kebanggaan tersendiri untuk keluarga Sedulur. Berikan ruang dan kebebasan kepada mereka agar nilai nilia rasa tolong menolong dapat terus terasah dengan baik Sedulur.

11. Berpikir sederhana

Tempo

Tindakan positif lain yang dimiliki anak ketiga disebut si bungsu ialah mereka punya sikap sederhana. Anak ketiga kurang suka dengan masalah rumit, dan akan berusaha untuk menguraikannya menjadi lebih sederhana. Mereka akan mencari cara sederhana dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Cara berpikir sederhana dan dimiliki anak ini, membuat mereka kurang suka bertele-tele. Mereka akan cenderung langsung ke pokok intinya dan tidak mau masalah menjadi semakin rumit. Punya pola pikir sederhana membuat anak ketiga bisa melakukan sesuatu tanpa perlu berpikir macam-macam dan apa yang mungkin bisa terjadi ke depannya.

Buat kamu yang bukan anak ketiga dapat meniru cara mereka dalam menyelesaikan masalah. Di mana dalam setiap masalah pasti dapat diuraikan dengan tepat dan benar serta menggunakan alternatif lain salah satunya cara sederhana.

12. Jenaka

Theasianparent

Sifat positif lain pada fakta anak ketiga lelaki adalah punya sifat lucu, jenaka dan asik. Keuntungan yang dimiliki anak tersebut bisa menghibur banyak orang dan bisa mencairkan suasana di dalam kantor dan keluarga. Lelucon mereka bisa membuat orang sedih menjadi gembira.

Unik, lucu dan jenaka adalah kelebihan yang dimiliki  anak ini. Sifatnya tersebut membuat banyak orang tidak sungkan untuk berteman dengan mereka. Anak ketiga sangat senang menghibur orang sedih, begitu pula mereka yang mendapat hiburan gratis dari anak ketiga.

Anak ketiga sangat mudah adaptasi dengan linkungan dann circle pertemanan baru. Tentunya kelebihan ini bermanfaat untuk mereka ketika sudah beranjak ke dewasa. Jadi beruntung jika Sedulur merupakan anak ketiga dari empat bersaudara.

13. Taat kepada orang tua

Mudahdicari

Sifat mulia dalam diri anak ketiga disebut bungsu adalah mereka sangat berbakti dan menyayangi orang tuanya. Meski di satu sisi mereka punya sifat dimanja, keras kepala namun mereka tetap punya karakter positif. Berbakti kepada orang tua merupakan perbuatan mulia dan sangat disukai Allah SWT.

Anak dalam urutan ketiga akan sangat disayang oleh orang tuanya. Meski begitu, bukan berarti anak yang lahir pada urutan pertama dan kedua tidak bisa mengikuti anak ketiga. Sedulur bisa menirunya sikap anak ketiga sebagai tindakan paling mulia dan sangat disukai oleh Allah SWT.

Apalagi ada mitos surga ada di telapak kaki ibu, sehingga sudah sewajarnya untuk kita senantiasa berbakti dan mengabdi kepada orang tua kita. Jangan sampai berbuat durhaka atau bahkan kita sia-siakan mereka yang sudah melahirkan dan membesarkann kita. Sebagai anak sepantasnya berbakti kepada orang tua.

14. Punya jiwa kreatif

Orami

Fakta lain dari anak ketiga adalah mereka punya jiwa-jiwa kreatif. Mereka senang mencoba hal baru, menemukan ide baru yang dapat mendukung tumbuh kembang mereka. Jiwa kreatif pada anak ini sangat bermanfaat ketika mereka beranjak dewasa. Sebab dengan jiwa-jiwa kreatif mereka seakan tidak akan terbatasi dalam melakukan beragam hal.

Pandai memecahkan masalah adalah keuntungan yang dimiliki oleh anak ini. Perusahaan tempat mereka bekerja pun, akan memberikan respek luar biasa. Sebab, ide-ide kreatif sangat dibutuhkan dalam dunia pekerjaan seperti sekarang ini. Selain itu, jiwa-jiwa kreatif pada anak ini akan membuat mereka merasa bahagia.

Mereka merasa bebas melakukan apa yang mereka suka, tanpa kekangan, paksaan ataupun desakan dari banyak orang Sedulur. Inilah keuntunga buat Sedulur sebagai orang tua memiliki anak dengan kelebihan seperti ini.

15. Punya sifat pemalu

Boombastis

Meski punya jiwa-jiwa kreatif, mereka tetap punya sisi negatif yaitu pemalu. Mereka kurang tenang saat berkenalan dengan orang baru. Meski begitu, mereka punya sisi menyenangkan walaupun perlu usaha keras dalam mengeluarkan potensinya. Jika Sedulur sudah mengenal dekat anak ini, maka sifat menyenangkannya pun bisa timbul.

Sifat positif  pada anak ini termasuk dalam sifat positif. Kemudian dari sifat ini, ada banyak sekali manfaat yanh bisa dirasakan. Buat diri sendiri bahkan orang lain yang bertemu dengannya Sedulur. Jangan ragu buat Sedulur berkenalan dengan anak-anak pada tipe ini. Bisa jadi kamu akan merasakan dampak positif darinnya.

Demikian penjelasan anak ketiga mulai dari sisi positif dan negatifnya. Semoga artikel di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita akan sosok kepribadian anak tersebut dalam keluarga.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!