Gaun pesta anak

Dengan makin meredanya pandemi, maka acara-acara luring pun mulai diselenggarakan. Mulai dari pernikahan, kumpul keluarga, hingga pesta ulang tahun mungkin sudah menanti di depan mata. Selain orang tua yang harus dress up untuk menghargai pihak penyelenggara, si kecil pun harus ikut didandani. Setidaknya dengan menggunakan gaun yang rapi dan cantik sesuai dengan tema dan situasi acara. 

Tak perlu bingung, berikut beberapa rekomendasi desain gaun pesta anak yang bisa dijadikan inspirasi. Mau beli jadi atau jahit sendiri, terserah Sedulur, deh. Simak daftar lengkapnya di sini. 

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Mainan Anak Perempuan yang Seru & Asyik

1. Gaun pesta dengan bahan tulle yang shiny 

Zara

Bahan yang sering dipakai untuk gaun pesta adalah kain tulle. Kain transparan ini biasanya dipakai sebagai pelapis luar untuk memberikan detail mewah dan menarik pada pakaian sehingga membedakannya dengan gaun rumahan. Tidak harus warna-warna pop, Sedulur bisa memilihkan warna-warna kalem untuk si kecil. 

2. Gaun pesta anak muslimah dengan detail pita 

gaun pesta anak
Instagram @bonnechancecotton

Sedulur yang ingin mendandani anak dengan gaya muslimah bisa nih menyontek gaun katun berikut. Tidak ada corak di dalamnya, hanya kain polos yang kemudian dijahit dengan detail pita dan lengan serut ukuran panjang. Silakan tambahkan hijab mungil yang serasi dengan warna gaun. Bisa jadi kostum lebaran yang menarik hati. Kenyamanan tetap nomor satu. Jika tak bisa menemukan gaun yang roknya sepanjang mata kaki, Sedulur bisa menambahkan stocking seperti ini. Mudah, bukan?

3. Gaun dengan lengan balon 

gaun pesta anak
Instagram @hm_kids

Sempat ditinggalkan, lengan balon atau bubble sleeves kembali disukai, Sedulur. Desain ini bisa jadi model gaun pesta anak perempuan terbaru yang mungkin mudah ditemukan dalam bentuk jadi. Panjangnya selutut dan warnanya adem, pastel coral yang ceria khas anak-anak. Silakan padu dengan sepatu yang serasi atau bisa pakai sneakers. 

BACA JUGA: 14 Gaya Rambut Anak Cowok Terkini, Biar Si Kecil Makin Keren

4. Gaun berkerah yang imut 

gaun pesta anak
Instagram @zarakids

Sedulur juga bisa coba gaun berkerah seperti ini. Meski warnanya kelabu, detail kerlap-kerlip di kainnya bikin gaun tampak lebih glamor dan elegan. Dengan panjang selutut, ia bisa jadi kostum ideal anak saat menghadiri acara formal dan pesta ulang tahun kawannya. Bebas gerak dengan potongan baju yang longgar. 

5. Gaun floral 

Instagram @zarakids

Deretan gaun floral di atas berbahan katun ringan yang sangat nyaman dipakai. Didesain dengan ukuran rok dan lengan yang panjang, bisa dipakai si kecil yang berhijab bila ditambahkan dengan kerudung yang serasi. Pilihan warnanya pun earthy, kalem dan kekinian banget. Gaun pesta anak perempuan umur 10 tahun ini pasti bakal jadi kostum favoritnya. 

6. Minimalis cocok buat si tomboy 

Instagram @zarakids

Si kecil punya kecenderungan tomboy dan suka bergerak sana-sini, coba pilihkan gaun longgar dengan lengan sesiku dan rok selutut seperti ini. Potongannya yang longgar akan membebaskannya bergerak dan duduk sesuka hati. Padu dengan sepatu sneakers yang santai atau sepatu Oxford macam ini. Tambahan tas selempangnya juga bisa ditiru. 

BACA JUGA: Broken Home: Pengertian, Dampak & Cara Mengatasinya

7. Kembaran dengan sang mama

gaun pesta anak
Instagram @hm_kids

Model baju anak perempuan ini salah satu yang sedang tren juga. Dengan kerah bulat yang tinggi dan lengan bubble sepanjang siku, anak pun tidak akan merasa risih saat memakainya. Bisa kembaran juga bareng sang mama yang mengenakan gaun dengan desain mirip. Sepatunya cukup flat shoes hitam yang netral, jadi bisa dipakai untuk berbagai momen. 

8. Gaun linen dengan renda 

gaun pesta anak
Instagram @bonnechancecotton

Linen adalah salah satu bahan yang juga digemari belakangan ini. Kainnya ringan dengan warna earthy yang adem, jadi ideal untuk gaya-gaya minimalis. Seperti gaun ruffle yang dipakai si kecil. Biar nggak kelewat hambar, ditambahkan renda yang melingkari kerahnya. Sungguh menawan dan elegan. 

9. Shirt dress yang mudah dipakai 

Zara

Buat anak-anak ada baiknya Sedulur memilih pakaian yang mudah dipakai dan praktis saat akan melepas. Salah satunya fusion antara gaun dan kemeja berikut ini. Dengan kancing depan, tak sulit buat kita memakaikannya pun melepaskannya. Dipadu dengan sneakers yang keren. Anak pun akan merasa nyaman meski harus seharian berada di area pesta atau acara formal. 

10. Gaun corak gingham yang manis 

Shein

Rekomendasi gaun anak berikutnya berupa gaun lengan panjang dengan rok selutut yang bisa dibuka dengan mudah tanpa kancing depan. Meski corak gingham dan plaid bukan sesuatu yang hype saat ini, desainnya masih relevan kok. Asal pintar pilih warna, ia akan jadi salah satu kostum timeless buat si kecil. 

BACA JUGA: Cara Membuat Kapal dari Kertas untuk Mainan Si Kecil

11. Gaun pesta anak brokat untuk momen pernikahan 

Louisiella

 

Kain brokat memang bisa mengubah suasana jadi lebih formal dan romantis. Makanya pas dipakai di momen pernikahan. Bisa sontek salah satu gaun berikut jika anak ternyata didapuk jadi bridesmaids di pernikahan sahabat atau kerabat. Minimalis dengan detail ikat pinggang kain dan mahkota bunga yang menawan. 

12. Gaun brokat yang simple

Noivaansiosa

Ingin lebih simple, brokat bisa jadi lapisan luar gaun pesta pernikahan seperti yang dipakai si kecil ini. Dengan detail layer seperti ini anak pun tampak preppy, tanpa mengorbankan kenyamanan anak saat mengenakannya. Ingat kenyamanan adalah hal utama, jangan sampai anak rewel karena gerah. 

13. Desain gaun anak yang klasik 

Atelier la Nonna

Sedulur juga bisa meniru gaun bergaya klasik ini. Selain putih, warna pastel juga bisa dipilih. Ukurannya panjang jadi bisa dimodif sedikit untuk yang ingin mengenakannya bersama hijab. Detail renda di bagian dadanya cantik, bikin gaun lebih hidup. Ala kostum period drama atau negeri dongeng. Cantik, bukan?

14. Gaun polkadot yang kalem

gaun pesta anak
Instagram @bonnechancecotton

Motif polkadot tidak harus jelas dan mencolok. Bisa diwujudkan dalam desain yang kalem ini misalnya. Dengan lengan panjang dan kerah yang tinggi, bagian roknya bisa didesain sampai mata kaki atau selutut tergantung selera dan kebutuhan. Tinggal tambah kerudung untuk kostum muslimah atau kepang rambut anak untuk dapat kesan klasiknya.  

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Minyak Rambut Bayi Wangi & Bikin Lembut

Tips memilih dress untuk anak 

Saat memilih pakaian yang akan dipakai anak, Sedulur bisa coba beberapa tips berikut sebagai pedoman. 

  • Pada akhirnya pakaian yang dibeli atau dijahit akan dipakai sang anak, jadi ada baiknya Sedulur mengutamakan preferensi mereka ketimbang mementingkan ego sendiri. Beri mereka kebebasan untuk memilih atau ajak mereka untuk memilih opsi yang memungkinkan. Dengan begitu anak akan terbiasa menjadi pribadi yang independen dan tahu apa yang ia inginkan. 
  • Utamakan kenyamanan, untuk itu pilihan gaun dengan model longgar lebih sering disarankan dan ditawarkan di toko. Anak akan banyak bergerak tak peduli apa gender dan usianya. Untuk itu memilih pakaian longgar yang memungkinkan pergerakan tanpa kendala harus jadi prioritas Sedulur sebagai orang tua. 
  • Pilih pakaian yang mudah dipakai dan dilepas. Selain mempersingkat waktu bersiap atau berdandan, ini akan memudahkan anak belajar mengenakan dan melepas pakaiannya sendiri. Kemampuan ini bila dikuasai sejak kecil akan memberikan suntikan motivasi dan kepercayaan diri pada anak agar terus menjadi pribadi yang independen. 
  • Bila memungkinkan pilih gaun pesta jauh-jauh hari untuk menghindari keterlambatan dan ketidaksiapan. Mempersiapkannya juga memungkinkan anak untuk terlibat memilih.
  • Warna kalem jauh lebih mudah dipadu padan dan tentunya enak dipandang mata ketimbang warna-warna yang terlalu mencolok dan mencuri perhatian. Namun, ini kembali ke selera. Biasanya baju pesta memang didesain lebih kalem karena mereka sudah dilengkapi detail-detail seperti pita dan bahan yang bertekstur atau berlapis. 
  • Pilih pakaian yang awet dan bisa dicuci dengan mudah tanpa mengalami kerusakan. Ini karena tentu dress yang Sedulur beli ingin dipakai berkali-kali bukan hanya sekali pakai dan teronggok di lemari. 
  • Pilih dress yang bisa dipakai untuk beragam acara. Tidak hanya satu acara saja. Caranya dengan pilih desain yang universal dan warna netral yang oke untuk beragam suasana dan kesempatan. Lakukan hal yang sama untuk footwear mereka. Bisa beli satu atau dua yang bisa dipakai untuk berbagai kesempatan. 
  • Silakan mix and match dengan aksesoris yang mendukung. Meski pakaian dipakai berkali-kali, kesannya mungkin akan beda kalau anak memakai aksesoris yang berbeda. Misalnya tas dan sepatu yang beda. Atau tambahan bando dan hairdo yang berubah pula. 
  • Hindari mendandani anak seperti orang dewasa. Boleh kembaran dengan sang bunda, tetapi jangan samakan persis. Bagaimanapun kebutuhan anak berbeda dengan orang dewasa. Lagi-lagi kenyamanan lebih penting ketimbang gaya. 
  • Rajin mencari inspirasi di media sosial untuk tren terkini yang kiranya beresonansi dengan selera Sedulur dan si kecil. Tetap jangan memaksakan diri. 

Memilih gaun anak memang susah-susah gampang. Bagaimanapun mereka sebagai manusia otonom harus dilibatkan dalam pemilihannya, ya Sedulur. Jangan paksakan ego sendiri pada sang buah hati. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!