teralis jendela

Jendela adalah bagian rumah yang berfungsi untuk tempat masuknya cahaya dan udara ke dalam ruangan. Meskipun demikian, jendela seringkali dijadikan cara pencuri untuk memasuki rumah. Teralis jendela adalah sebuah solusi yang tepat agar bisa meminimalisirnya.

Selain digunakan untuk meminimalisir kejahatan, konstruksi berupa bingkai pada jendela ini juga bisa untuk mempercantik hunian. Berikut adalah rekomendasi model teralis jendela yang bisa dijadikan pertimbangan. 

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Terbaru di 2022

1. Teralis gaya vintage

Pinhome

Model teralis jendela dengan gaya vintage menjadi salah satu pilihan yang bagus bagi Sedulur yang menyukai elemen vintage. Inspirasi model vintage ini dibuat dari besi tempa yang tahan lama dan kuat. Selain itu, model ini juga dibuat dari kombinasi antara lengkungan dan palang yang vertikal.

-->

Motif tersebut akan memblokir akses yang tidak diinginkan ke dalam hunian. Tambahkan tanaman hias yang berukuran sedang untuk menghiasi gaya vintage yang satu ini agar tampilan semakin cantik. 

2. Teralis jendela gaya Maroko

99.co

Selanjutnya ada teralis jendela dengan gaya Maroko. Model yang satu ini terbuat dari batang logam yang kuat. Akan tercipta efek jaring bunga yang ideal untuk jendela yang berbentuk melengkung. Gaya Maroko ini juga cocok untuk hunian yang memiliki ventilasi yang unik. Bingkainya sangat pas dan menawan ketika dipasang. 

3. Teralis jendela pola jala

Detik

Model teralis minimalis modern teralis jendela berpola jala memiliki tingkat keamanan tinggi untuk hunian yang ditempati. Model ini dirancang dengan menggunakan kisi-kisi berpola jala agar orang asing tidak bisa mengakses dengan mudah. Selain itu, terdapat susunan batang logam yang saling berhubungan, sehingga orang akan sulit untuk menemukan dan melonggarkannya. Model yang satu ini juga memiliki batang yang lebih kuat dan tebal sehingga perlindungannya akan semakin ekstra. 

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

4. Teralis jendela jalusi

model teralis minimalis modern teralis jendela
Pinhome

Sebenarnya, jalusi bukan merupakan teralis minimalis yang biasa digunakan. Jalusi merupakan bentuk jendela tradisional yang memiliki konsep tradisional dengan memiliki kisi-kisi dan pemasangannya adalah secara horizontal atau mendatar. Model ini biasanya akan dipasang secara berlapis. Masih ada lapisan lainnya selain jalusi yang fungsinya adalah sebagai penutup. 

Meskipun bukan termasuk tralis, jalusi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menjaga keamanan hunian. Bahkan, penggunaannya lebih fleksibel jika dibandingkan dengan tralis. Apabila Sedulur hanya menginginkan cahaya saja yang masuk, tinggal buka jalusinya dan ventilasi akan ditutup. Sebaliknya, jika menginginkan udara segar yang masuk ke dalam rumah, ventilasi yang dibuka, dan jalusi tetap dalam keadaan menutup. 

5. Teralis jendela model lengkung

teralis minimalis
insinyurbangunan

Jendela yang sudah dipasang dengan teralis tidak harus berbentuk rata dan datar. Model lengkung bisa dijadikan sebagai pilihan untuk memberikan konsep ventilasi dengan tiga dimensi. Seperti gambar di atas, model dibentuk seperti melengkung dan timbul dari bidang dinding. Model melengkung ini cocok digunakan untuk ventilasi yang bentuknya membuka ke dalam. Selain itu, model ini juga cocok digunakan untuk ventilasi yang terbuka keluar dengan engsel di bagian atas. 

6. Model besi ulir motif daun

teralis jendela terbaru
rumah123

Model besi ulir motif daun merupakan salah satu model teralis jendela minimalis yang bisa menjadi pilihan. Kesan yang akan ditampilkan dengan motif ini adalah bernuansa alam. Jadi, cocok dipilih untuk Sedulur yang menyukai konsep alam. 

BACA JUGA: 14 Inspirasi Desain Plafon Minimalis Terbaik & Terbaru 2022

7. Minimalis bermotif wajik

teralis jendela holo minimalis
orami

Salah satu model teralis jendela terbaru yang minimalis selanjutnya adalah motif wajik. Model yang satu ini paling banyak dipilih dan digunakan di banyak negara di Amerika Serikat, Eropa, bahkan Indonesia. Seperti namanya, model yang satu ini memiliki bentuk dan motif menyerupai wajik dengan jarak yang bisa dikatakan rapat dan keamanannya cukup terjamin. Sesuaikan motif ini dengan tema warna rumah agar semakin cantik. 

8. Model ulir ala Eropa

Pexio Furniture

Model teralis jendela ulir ala Eropa sering dijumpai di sejumlah negara Eropa pada abad ke-16 hingga ke-18. Model ini juga sering digunakan untuk ventilasi kamar loteng atau kamar paling atas. Model ini memiliki bentuk yang cukup unik karena seperti ukiran daun rambat yang melilit baja dan batang besi. Selain unik, model yang satu ini juga bisa menambah tampilan rumah menjadi semakin cantik dengan gaya country dan Victoria. 

9. Minimalis ala Jepang

Mustikaland

Selain gaya Eropa, model teralis jendela selanjutnya yang bisa dipilih adalah bertema Asia atau tradisional, yaitu ala Jepang. Biasanya, model yang satu ini menggunakan bahan utama kayu. Akan tetapi, Sedulur juga bisa menggantinya dengan menggunakan material lain yang lebih kuat seperti besi atau baja. Desain ala Jepang ini memiliki ciri khas garis kotak-kotak dan terdiri dari dua lapisan.

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

10. Teralis besi tempa

besi tempa
solusiruma.com

Model teralis jendela besi tempa bisa membuat eksterior hunian Sedulur menjadi meningkat. Selain itu, model ini juga bisa mencegah penyusup untuk keluar. Karakteristik dan ciri khas dari besi tempa ini adalah kekuatan, berat besi, dan daya tahannya yang bagus. Jika dibandingkan dengan besi biasa, jenis besi tempa ini lebih praktis dan ringan. 

11. Teralis jendela sudut

Grid.id

Model teralis jendela sudut cocok digunakan untuk ventilasi yang ditempatkan di sudut-sudut. Penempatannya harus sejajar dengan pengaturan dengan bentuk V. Sedulur bisa memilih ingin menggunakan desai jala ataupun batang vertikal sederhana sesuai dengan keinginan. Bingkai dari model ini berbentuk seperti buku yang terbuka dengan adanya bilah vertikal tengah yang membagi semua sisinya. 

12. Berbahan stainless steel

Bengkel las makasar

Selain bahan besi, ada pula model teralis jendela berbahan stainless steel yang mempunyai banyak keunggulan. Selain terlihat lebih futuristik dan modern, bahan stainless steel diklaim lebih awet serta tidak bisa berkarat. Biasanya, ventilasi dengan bahan stainless steel ini dipakai untuk desain rumah yang minimalis dan modern. Apabila hunian Sedulur memiliki desain yang klasik atau mediterania, bahan ini kurang cocok untuk dipilih. 

BACA JUGA: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

13. Teralis jendela kayu

kayu
kompas

Berikutnya adalah teralis jendela kayu yang sudah jarang ditemui di pasaran. Meskipun begitu, Sedulur bisa menciptakan sebuah ruang yang lebih unik dan berbeda karena adanya material berbahan kayu ini. Bentukannya bisa diciptakan dengan konsep yang unik, tak harus dengan bentuk standar seperti garis ataupun kotak. 

14. Teralis jendela bambu

bambu
dekoruma

Bambu bisa menjadi salah satu bahan yang bernilai estetika cukup tinggi apabila pandai untuk mengolah dan memadupadankannya. Tak hanya cocok dijadikan konstruksi rumah saja, bambu juga bisa dijadikan sebagai teralis jendela yang unik. 

Pasang bilah bambu yang utuh dengan bentuk dan pola horizontal maupun vertikal. Selain itu, pemasangannya juga bisa menggunakan teknik menganyam dengan pola yang berlubang besar. Kemudian, tempatkan di ventilasi sebagai pengaman sekaligus bernilai estetika tinggi. 

15. Teralis untuk jendela berbentuk lingkaran

lingkaran
dekoruma

Inspirasi desain teralis jendela berbentuk lingkaran bisa menjadi pilihan yang cocok apabila Sedulur memiliki bentuk ventilasi lingkaran. Sedulur tidak perlu lagi khawatir rumah akan dibobol oleh pencuri atau orang asing jika memasang bingkai pengaman ini. 

Selain itu, desain minimalis berbentuk lingkaran ini juga akan menambah estetika dalam hunian. Upayakan untuk memperhatikan pemilihan warna selain memilih desainnya, agar penampilan rumah semakin cantik. 

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

16. Model balok susun

teralis jendela
Parboaboa

Teralis jendela holo minimalis berbentuk balok susun sudah cukup umum digunakan karena bentuknya mudah disesuaikan dengan jenis ventilasi seperti apapun. Meskipun modelnya cukup sederhana, namun ventilasi akan tetap terlihat cantik. Apalagi, jika diberikan sentuhan cat dan hiasan lain yang pas dan sesuai dengan desain rumah. 

17. Model floral

teralis jendela
Bengkel las profesional

Model floral merupakan jenis teralis jendela yang cocok dan menjadi pilihan banyak orang. Hunian akan menjadi semakin menawan dengan motif floralnya yang cantik. Tak hanya itu, model floral ini juga memiliki banyak variasi agar Sedulur bisa memilih sesuai dengan selera. 

18. Model teralis jendela luar

teralis jendela
casaindonesia

Model teralis jendela luar memberikan perlindungan yang maksimal terutama di bagian luar. Tidak ada aturan dalam memasang bingkai pengaman. Jadi, baik di luar maupun di dalam, semuanya bisa dilakukan tergantung dengan kebutuhan setiap orang. Memasang model ini bisa lebih menjaga privasi. Jangan lupa untuk memberikan jarak yang cukup, agar saat membuka jendela bisa bebas dan nyaman. 

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

19. Minimalis berbentuk labirin

Renovasi99

Bentuk labirin merupakan salah satu teralis jendela yang cocok untuk rumah yang modern dan minimalis. Seperti namanya, bentuk dari model yang satu ini mirip dengan labirin. Meskipun berbentuk labirin, tampilan rumah akan tetap terlihat sederhana sekaligus elegan. 

20. Berbentuk geometris

teralis jendela
Pexio

Model yang berbentuk geometris membuat hunian terlihat lebih artistik. Biasanya, model ini banyak digunakan rumah-rumah di Asia Timur dan Tiongkok. Ciri khas dari model ini adalah bentuk kotak-kotak yang teratur dan disusun secara horizontal dan vertikal.

21. Teralis jendela kisi-kisi aluminium

teralis jendela
dekoruma

Model minimalis dengan kisi-kisi aluminium ini bisa dibentuk secara fleksibel dengan berbagai macam gaya. Sehingga, bentuknya bisa disesuaikan dengan desain yang diinginkan dan dibutuhkan. Selain itu, bahan alumunium juga diklaim tahan lama serta perawatannya lebih mudah.

BACA JUGA : 19 Desain Pagar Tembok Unik Modern, Bikin Rumah Estetik Jadi Aman!

Tips merawat model teralis jendela

Baja Marga

1. Bersihkan teralis dari debu

Adanya debu yang menempel pada teralis jendela ternyata dapat membuat kondisi besi teralis jendela menjadi lebih mudah berkarat. Hal ini disebabkan karen kandungan partikel pada debu yang dapat merusak. Jadi Sedulur harus sering untuk mengelap teralis agar tidak ada debu yang menempel. Pembersihan teralis ini harus Sedulur lakukan secara rutin agar teralis jendela tidak mudah kotor dan berkarat.

2. Mengecat ulang teralis

Tips merawat yang selanjutnya adalah Sedulur dapat melakukan pengecatan ulang pada besi teralis jendela rumah. Jika teralis jendela rumah Sedulur sudah terlanjur memiliki karat dibeberapa titik Sedulur dapat melakukan amplas terlebih dahulu sebelum mengecat ulang. Setelah itu lanjutkan mengecat dengan cat minyak.

Mengecat ulang teralis yang sudah berkarat namun masih kuat dan masih layak untuk dipakai merupakan salah satu tips penghematan yang dapat Sedulur praktikan. Jadi Sedulur tidak perlu membeli teralis baru dengan harga jual teralis yang cukup lumayan mengurangi isi dompet. Selain untuk menutupi dari karat, pengecatan ulang teralis juga dapat berguna untuk mempercantik kembali tampilan teralis menjadi seperti baru.

3. Melapisi teralis dengan cat anti karat

Selain melukan pengecatan ulang, Sedulur Melapisi teralis dengan cat anti karat merupakan salah satu bentuk perawat teralis yang cukup baik. Dengan menggunakan cat anti karat tentunya mebuat penggunaan teralis berumur lebih panjang dan lebih awet.

Cara memasang model teralis jendela yang baik dan benar

teralis jendela
99.co

1. Pilih desain teralis jendela sesuai interior rumah

Hal pertama yang harus Sedulur lakukan ketika memasang teralis adalah menyesuaikan dengan desain interior rumah. Dengan pemilihan desain yang tepat, nilai estetika rumah juga bisa bertambah. Misalnya rumah Sedulur memiliki desain atau gaya tertentu yang sangat menonjol.Model teralis pun alangkah baiknya disesuaikan dengan desain tersebut. Teralis yang memiliki motif alur dan lekuk rumit tentu tidak akan cocok dipasang pada jendela rumah-rumah minimalis.

2. Pilih teralis yang aman dan anti maling

Tips selanjutnya adalah memilih teralis jendela yang anti maling demi faktor keamanan rumah. Beberapa jendela memang terlihat cantik dan menarik, akan tetapi kurang efektif untuk mencegah maling masuk ke dalam rumah.

3. Perhatikan cara mengukur teralis dan jarak jeruji

Untuk keamanan, Sedulur dapat  memilih teralis yang jarak antara satu besi dengan besi lainnya tak melebihi 30×30 cm. Jarak antara jeruji juga harus rapat, antara 10 cm-20 cm, tergantung dari ukuran kusen jendela. Hal ini wajib diperhatikan dengan seksama ya Sedulur. 

Dengan ukuran yang tepat, kemungkinan orang untuk menyusup ke rumah melalui celah teralis pun semakin minim.Teralis untuk jendela lantai satu yang berhadapan langsung dengan luar rumah alangkah baiknya dipasang permanen agar lebih aman.

Untuk meminimalisir kesalahan dalam tahapan ini, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

  • Pertama-tama, siapkan dulu alat ukur berupa meteran, dan siapkan alat untuk mencatat berupa kertas dan pulpen.
  • Ukur panjang dan lebar jendela, misalnya 80cm x 170 cm.
  • Agar tak bingung, pisahkan pencatatan setiap jendela di masing-masing kamar.

4. Perhatikan cara memasang teralis jendela yang benar

Agar semakin tambah aman, pastikan pemasangan baut teralis tersembunyi, sehingga tidak mudah untuk dibongkar oleh maling. Teralis juga tak hanya berguna supaya aman dari orang luar saja lho. Sedulur juga harus memerhatikan keamanan orang rumah dalam keadaan darurat. Untuk mengantisipasi kebakaran, sebaiknya pasang satu teralis yang bisa dibuka tutup.

Ketika terjadi kebakaran, penghuni rumah memiliki jalan keluar. Pastikan juga terdapat cukup ruang agar jeruji bisa dimasuki satu tangan sehingga buka tutup jendela tak terganggu. 

Itu dia beberapa jenis desain teralis jendela yang menarik untuk diterapkan di dalam hunian Sedulur. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan desain yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget, ya.