teralis jendela

Jendela adalah bagian rumah yang berfungsi untuk tempat masuknya cahaya dan udara ke dalam ruangan. Meskipun demikian, jendela seringkali dijadikan cara pencuri untuk memasuki rumah. Teralis jendela adalah sebuah solusi yang tepat agar bisa meminimalisirnya.

Selain digunakan untuk meminimalisir kejahatan, konstruksi berupa bingkai pada jendela ini juga bisa untuk mempercantik hunian. Berikut adalah rekomendasi model teralis jendela yang bisa dijadikan pertimbangan. 

BACA JUGA: 12 Ide Desain Batu Alam Dinding Teras Depan Terbaru di 2022

1. Teralis gaya vintage

teralis jendela vintage
99.co

Model teralis jendela dengan gaya vintage menjadi salah satu pilihan yang bagus bagi Sedulur yang menyukai elemen vintage. Inspirasi model vintage ini dibuat dari besi tempa yang tahan lama dan kuat. Selain itu, model ini juga dibuat dari kombinasi antara lengkungan dan palang yang vertikal.

Motif tersebut akan memblokir akses yang tidak diinginkan ke dalam hunian. Tambahkan tanaman hias yang berukuran sedang untuk menghiasi gaya vintage yang satu ini agar tampilan semakin cantik. 

2. Teralis jendela gaya Maroko

teralis jendela minimalis
courtina

Selanjutnya ada teralis jendela dengan gaya Maroko. Model yang satu ini terbuat dari batang logam yang kuat. Akan tercipta efek jaring bunga yang ideal untuk jendela yang berbentuk melengkung. Gaya Maroko ini juga cocok untuk hunian yang memiliki ventilasi yang unik. Bingkainya sangat pas dan menawan ketika dipasang. 

3. Teralis jendela pola jala

model teralis jendela
hargakamar

Model teralis minimalis modern teralis jendela berpola jala memiliki tingkat keamanan tinggi untuk hunian yang ditempati. Model ini dirancang dengan menggunakan kisi-kisi berpola jala agar orang asing tidak bisa mengakses dengan mudah. Selain itu, terdapat susunan batang logam yang saling berhubungan, sehingga orang akan sulit untuk menemukan dan melonggarkannya. Model yang satu ini juga memiliki batang yang lebih kuat dan tebal sehingga perlindungannya akan semakin ekstra. 

BACA JUGA: Mengenal Rumah Kontainer: Harga, Plus Minus & Desainnya

4. Teralis jendela jalusi

model teralis minimalis modern teralis jendela
pinhome

Sebenarnya, jalusi bukan merupakan teralis minimalis yang biasa digunakan. Jalusi merupakan bentuk jendela tradisional yang memiliki konsep tradisional dengan memiliki kisi-kisi dan pemasangannya adalah secara horizontal atau mendatar. Model ini biasanya akan dipasang secara berlapis. Masih ada lapisan lainnya selain jalusi yang fungsinya adalah sebagai penutup. 

Meskipun bukan termasuk tralis, jalusi memiliki fungsi yang sama yaitu untuk menjaga keamanan hunian. Bahkan, penggunaannya lebih fleksibel jika dibandingkan dengan tralis. Apabila Sedulur hanya menginginkan cahaya saja yang masuk, tinggal buka jalusinya dan ventilasi akan ditutup. Sebaliknya, jika menginginkan udara segar yang masuk ke dalam rumah, ventilasi yang dibuka, dan jalusi tetap dalam keadaan menutup. 

5. Teralis jendela model lengkung

teralis minimalis
insinyurbangunan

Jendela yang sudah dipasang dengan teralis tidak harus berbentuk rata dan datar. Model lengkung bisa dijadikan sebagai pilihan untuk memberikan konsep ventilasi dengan tiga dimensi. Seperti gambar di atas, model dibentuk seperti melengkung dan timbul dari bidang dinding. Model melengkung ini cocok digunakan untuk ventilasi yang bentuknya membuka ke dalam. Selain itu, model ini juga cocok digunakan untuk ventilasi yang terbuka keluar dengan engsel di bagian atas. 

6. Model besi ulir motif daun

teralis jendela terbaru
rumah123

Model besi ulir motif daun merupakan salah satu model teralis jendela minimalis yang bisa menjadi pilihan. Kesan yang akan ditampilkan dengan motif ini adalah bernuansa alam. Jadi, cocok dipilih untuk Sedulur yang menyukai konsep alam. 

BACA JUGA: 14 Inspirasi Desain Plafon Minimalis Terbaik & Terbaru 2022

7. Minimalis bermotif wajik

teralis jendela holo minimalis
orami

Salah satu model teralis jendela terbaru yang minimalis selanjutnya adalah motif wajik. Model yang satu ini paling banyak dipilih dan digunakan di banyak negara di Amerika Serikat, Eropa, bahkan Indonesia. Seperti namanya, model yang satu ini memiliki bentuk dan motif menyerupai wajik dengan jarak yang bisa dikatakan rapat dan keamanannya cukup terjamin. Sesuaikan motif ini dengan tema warna rumah agar semakin cantik. 

8. Model ulir ala Eropa

ulir ala Eropa
rumah

Model teralis jendela ulir ala Eropa sering dijumpai di sejumlah negara Eropa pada abad ke-16 hingga ke-18. Model ini juga sering digunakan untuk ventilasi kamar loteng atau kamar paling atas. Model ini memiliki bentuk yang cukup unik karena seperti ukiran daun rambat yang melilit baja dan batang besi. Selain unik, model yang satu ini juga bisa menambah tampilan rumah menjadi semakin cantik dengan gaya country dan Victoria. 

9. Minimalis ala Jepang

teralis jendela Minimalis ala Jepang
furniture

Selain gaya Eropa, model teralis jendela selanjutnya yang bisa dipilih adalah bertema Asia atau tradisional, yaitu ala Jepang. Biasanya, model yang satu ini menggunakan bahan utama kayu. Akan tetapi, Sedulur juga bisa menggantinya dengan menggunakan material lain yang lebih kuat seperti besi atau baja. Desain ala Jepang ini memiliki ciri khas garis kotak-kotak dan terdiri dari dua lapisan.

BACA JUGA: 15 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai untuk Keluarga Modern

10. Teralis besi tempa

besi tempa
solusiruma.com

Model teralis jendela besi tempa bisa membuat eksterior hunian Sedulur menjadi meningkat. Selain itu, model ini juga bisa mencegah penyusup untuk keluar. Karakteristik dan ciri khas dari besi tempa ini adalah kekuatan, berat besi, dan daya tahannya yang bagus. Jika dibandingkan dengan besi biasa, jenis besi tempa ini lebih praktis dan ringan. 

11. Teralis jendela sudut

jendela sudut
hargakamar

Model teralis jendela sudut cocok digunakan untuk ventilasi yang ditempatkan di sudut-sudut. Penempatannya harus sejajar dengan pengaturan dengan bentuk V. Sedulur bisa memilih ingin menggunakan desai jala ataupun batang vertikal sederhana sesuai dengan keinginan. Bingkai dari model ini berbentuk seperti buku yang terbuka dengan adanya bilah vertikal tengah yang membagi semua sisinya. 

12. Berbahan stainless steel

stainless steel
jendelabaru

Selain bahan besi, ada pula model teralis jendela berbahan stainless steel yang mempunyai banyak keunggulan. Selain terlihat lebih futuristik dan modern, bahan stainless steel diklaim lebih awet serta tidak bisa berkarat. Biasanya, ventilasi dengan bahan stainless steel ini dipakai untuk desain rumah yang minimalis dan modern. Apabila hunian Sedulur memiliki desain yang klasik atau mediterania, bahan ini kurang cocok untuk dipilih. 

BACA JUGA: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

13. Teralis jendela kayu

kayu
kompas

Berikutnya adalah teralis jendela kayu yang sudah jarang ditemui di pasaran. Meskipun begitu, Sedulur bisa menciptakan sebuah ruang yang lebih unik dan berbeda karena adanya material berbahan kayu ini. Bentukannya bisa diciptakan dengan konsep yang unik, tak harus dengan bentuk standar seperti garis ataupun kotak. 

14. Teralis jendela bambu

bambu
dekoruma

Bambu bisa menjadi salah satu bahan yang bernilai estetika cukup tinggi apabila pandai untuk mengolah dan memadupadankannya. Tak hanya cocok dijadikan konstruksi rumah saja, bambu juga bisa dijadikan sebagai teralis jendela yang unik. 

Pasang bilah bambu yang utuh dengan bentuk dan pola horizontal maupun vertikal. Selain itu, pemasangannya juga bisa menggunakan teknik menganyam dengan pola yang berlubang besar. Kemudian, tempatkan di ventilasi sebagai pengaman sekaligus bernilai estetika tinggi. 

15. Teralis untuk jendela berbentuk lingkaran

lingkaran
dekoruma

Inspirasi desain teralis jendela berbentuk lingkaran bisa menjadi pilihan yang cocok apabila Sedulur memiliki bentuk ventilasi lingkaran. Sedulur tidak perlu lagi khawatir rumah akan dibobol oleh pencuri atau orang asing jika memasang bingkai pengaman ini. 

Selain itu, desain minimalis berbentuk lingkaran ini juga akan menambah estetika dalam hunian. Upayakan untuk memperhatikan pemilihan warna selain memilih desainnya, agar penampilan rumah semakin cantik. 

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

16.  Model balok susun

balok susun
rumah123

Teralis jendela holo minimalis berbentuk balok susun sudah cukup umum digunakan karena bentuknya mudah disesuaikan dengan jenis ventilasi seperti apapun. Meskipun modelnya cukup sederhana, namun ventilasi akan tetap terlihat cantik. Apalagi, jika diberikan sentuhan cat dan hiasan lain yang pas dan sesuai dengan desain rumah. 

17. Model floral

floral
rumah123

Model floral merupakan jenis teralis jendela yang cocok dan menjadi pilihan banyak orang. Hunian akan menjadi semakin menawan dengan motif floralnya yang cantik. Tak hanya itu, model floral ini juga memiliki banyak variasi agar Sedulur bisa memilih sesuai dengan selera. 

18. Model teralis jendela luar

luar
casaindonesia

Model teralis jendela luar memberikan perlindungan yang maksimal terutama di bagian luar. Tidak ada aturan dalam memasang bingkai pengaman. Jadi, baik di luar maupun di dalam, semuanya bisa dilakukan tergantung dengan kebutuhan setiap orang. Memasang model ini bisa lebih menjaga privasi. Jangan lupa untuk memberikan jarak yang cukup, agar saat membuka jendela bisa bebas dan nyaman. 

BACA JUGA: Berencana Renovasi Rumah? Intip 10 Inspirasi Desain Rumah Ini

19. Minimalis berbentuk labirin

labirin
orami

Bentuk labirin merupakan salah satu teralis jendela yang cocok untuk rumah yang modern dan minimalis. Seperti namanya, bentuk dari model yang satu ini mirip dengan labirin. Meskipun berbentuk labirin, tampilan rumah akan tetap terlihat sederhana sekaligus elegan. 

20. Berbentuk geometris

geometris
jendelabaru

Model teralis jendela berbentuk geometris membuat hunian terlihat lebih artistik. Biasanya, model ini banyak digunakan rumah-rumah di Asia Timur dan Tiongkok. Ciri khas dari model ini adalah bentuk kotak-kotak yang teratur dan disusun secara horizontal dan vertikal.

21. Teralis jendela kisi-kisi aluminium

kisi-kisi aluminium
dekoruma

Model teralis jendela minimalis dengan kisi-kisi aluminium ini bisa dibentuk secara fleksibel dengan berbagai macam gaya. Sehingga, bentuknya bisa disesuaikan dengan desain yang diinginkan dan dibutuhkan. Selain itu, bahan alumunium juga diklaim tahan lama serta perawatannya lebih mudah.

Itu dia beberapa jenis desain teralis jendela yang menarik untuk diterapkan di dalam hunian Sedulur. Sebelum memutuskan untuk membelinya, pastikan desain yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget, ya. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super, lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.