Di Indonesia, pagar adalah elemen penting dalam bangunan. Mengingat tingkat keamanan di negara ini yang rendah, orang pun menjaga rumah atau gedung dari pencuri dengan membangun pagar yang kokoh. Material pagar biasanya berkutat pada logam dan bata atau batako. Tak hanya kuat, mereka tahan cuaca dan tidak mudah lapuk seperti kayu misalnya. 

Namun, banyak yang beranggapan bahwa pagar tembok kurang estetik dan memberikan kesan suram seperti penjara. Itu dulu, sekarang banyak variasi desain pagar dari bata dan batako yang estetik dan justru diminati. Ingin tahu? Ini puluhan buktinya buat Sedulur semua. 

BACA JUGA: 17 Inspirasi Desain Kolam Ikan Minimalis & Tips Membuatnya

Sebelumnya mari bahas beberapa kelebihan dan kekurangan pagar tembok dulu, yuk. Biar Sedulur bisa menjadikannya bahan pertimbangan sebelum merombak rumah. 

Kelebihan 

  • Tahan lama, kuat dan tidak butuh perawatan seperti pagar logam atau kayu yang harus dicat atau coating-nya diperbarui. 
  • Bisa didesain sesuai keinginan pemilik rumah. Beda dengan pagar logam dan kayu yang biasanya desainnya sudah ditentukan pengembang atau agen yang menawarkan jasa pembuatan pagar. Jadi, kemungkinannya sangat banyak. Pagarmu dijamin beda dari yang lain. Kamu juga bisa membuatnya tampak hangat dan homey, kok.  

Kekurangan 

  • Harga bahan dan pemasangannya mungkin lebih mahal karena lebih lama dan rumit. Bata atau batako harus disusun satu per satu. 
  • Jika ingin berganti desain bakal susah karena sifatnya permanen. Pagar tembok lebih cocok buat Sedulur yang tak ingin gonta-ganti pagar dalam waktu lama. 
  • Harus membuat desain susunan bata sendiri atau meminta bantuan jasa ahli. 
  • Berikut beberapa variasi pagar tembok, cocok juga buat penggemar minimalisme. Langsung tengok. 

1. Pagar tembok dengan breeze block 

pagar tembok
concrete-collaborative.com

Variasi pagar tembok rumah yang satu ini sedang disukai. Desain ini identik dengan aliran mid century modern yang sedang bangkit dari kubur. Breeze block atau yang di Indonesia dikenal dengan roster adalah batako atau beton yang lubangnya membentuk motif sehingga memberikan kesan klasik dan menawan di bangunan. Rumah pun tak terlihat seperti penjara meski pagarnya berupa tembok. 

2. Kombinasi bata dan roster 

pinterest.com

Agar tetap punya privasi dan tampak kokoh, Sedulur bisa memadukan roster dengan bata tanpa lubang. Hal ini akan menjamin kekokohannya dan tentunya memberikan privasi lebih bagi penghuni. Kamu bisa meletakkan batu bata solid sebagai pondasi, baru di bagian atasnya dipasang roster atau breeze block sebagai pemanis. Ini juga bisa jadi variasi pagar tembok rumah minimalis yang kekinian. 

3. Beri lampu sorot untuk lenyapkan kesan suram 

casatreschic.blogspot.com

Sedulur juga bisa menambahkan lampu pada pagar tembok agar tak terlihat suram dan seram. Apalagi di malam hari, pagar tembok akan terlihat sangat mengintimidasi. Sedulur juga tak mau punya rumah yang terkesan seperti penjara atau pabrik. 

BACA JUGA: 20+ Desain Kamar Tidur Minimalis yang Unik & Kreatif, Bikin Betah!

4. Variasi pagar tembok minimalis dengan sentuhan tanaman hijau 

pagar tembok
carolienbarkman.nl

Cara lainnya agar tembok tak suram dan gelap adalah memberikan sentuhan tanaman hijau. Silakan pilih tanaman merambat yang bisa tumbuh cantik seiring berjalannya waktu. Jangan lupa untuk memangkasnya secara teratur, supaya rumah tetap rapi dan terlihat terawat. 

5. Beri variasi stripes

pagar tembok
xcel.pl

Pagar tembok minimalis bisa dibuat tanpa besi sama sekali. Sedulur bisa membuat corak garis-garis vertikal pada sebagian dinding. Fungsinya lebih ke estetika saja sebenarnya. Namun, dampaknya luar biasa, bukan? Mari dipraktikan. 

6. Pilih warna yang terang 

pagar tembok
thelocalproject.com.au

Tips lain memilih pagar tembok adalah dari segi warna. Sebenarnya warna abu-abu gelap pun boleh, tetapi untuk aman coba warna terang saja seperti putih, abu-abu terang, atau ecru. Sesuaikan dengan cat rumahmu, deh kalau bingung. 

7. Kombinasi dengan kayu agar lebih homey 

zephyrandstone.com.au

Pagar tembok bisa juga digabung dengan pagar kayu, lho. Hasilnya seperti ini, earthy, tapi juga homey. Desain macam ini sudah banyak dipakai para arsitek masa kini. Pas untuk rumah bertema industrial. Silakan comot idenya. 

8. Tembok pagar stucco ala Mediterania 

pagar tembok
archdaily.com

Berikutnya adalah tembok stucco. Model ini banyak ditemukan di kawasan Mediterania seperti Spanyol, Yunani, dan Italia. Ia bisa dilabeli model pagar tembok unik karena dinding diberi tekstur kasar. Tak hanya menarik dipandang mata, tekstur tersebut juga melindungi dinding dari kotoran yang menempel. Bisa dibikin pendek atau tinggi, kemudian bagian atasnya boleh dipadu dengan batu bata yang tidak dicat atau potongan genteng. Mediterania banget! 

BACA JUGA: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

9. Pagar tembok raw concrete 

groundedllc.com

Kalau Sedulur sering mengamati gaya arsitektur kekinian, pasti tak asing dengan raw concrete. Iya, ini adalah dinding bata berlapis semen yang tidak dicat. Bahkan dibiarkan kasar karena campuran kerikilnya. Walau terlihat seperti rumah belum jadi, ia bisa jadi pagar depan rumah yang kece. Bahkan sudah banyak kafe yang mengadopsi gaya ini. Pagar model ini pun bisa dibiarkan bertahun-tahun tanpa perawatan, justru lumut dan jamurnya bakal menambah estetika. Sustainable konsepnya. 

10. Pagar tembok dengan tekstur batuan alam

pagar tembok
gardenista.com

Sebenarnya Sedulur bisa membeli keramik bermotif batu untuk melapisi pagar tembok. Namun, kalau ada dana buat beli batuan alam, kenapa tidak? Justru hasilnya bakal lebih bagus dan awet seperti contoh di atas misalnya.

11. Putih polos yang elegan 

pagar tembok
tableandhearth.com

Variasi tembok pagar elegan lainnya adalah dinding putih polos yang tidak banyak variasi. Ini bisa berikan kesan bersih dan rapi di rumah. Namun, karena warnanya putih, ia perlu dirawat rutin. Setidaknya dicat ulang beberapa tahun sekali agar tetap tampak bersih. 

BACA JUGA: 12 Desain Toko Sembako Sederhana – Bagus & Hemat Biaya

12. Pagar beton futuristik

pagar tembok
modlar.com

Pagar ini bisa dipakai untuk Sedulur yang suka dengan desain-desain modern dan agak nyentrik. Beton disusun tinggi untuk membatasi rumah dan halaman dengan dunia luar. Kemudian, diberi variasi berupa potongan di tengah-tengahnya. Tentunya ukurannya dibuat setipis mungkin agar tak bisa dimasuki hewan atau manusia. 

13. Pagar tembok dengan variasi besi

thecreativityexchange.com

Kamu juga bisa memadukan tembok dengan besi agar lebih menawan. Besi memungkinkan ada rongga di pagar, sehingga penghuni tetap bisa melihat keluar dengan mudah. Tentunya, Sedulur tetap butuh akses memandang keluar untuk tahu tamu yang datang dan lain sebagainya. Ini bisa dipakai untuk pagar tembok pendek maupun tinggi. Tinggal sesuaikan dengan preferensimu. 

14. Batu bata dengan celah yang disengaja 

au-magazine.com

Sedulur tak harus pakai roster, bisa pakai batu bata biasa yang sengaja dipasang dengan celah. Jarak antar celahnya bisa kamu sesuaikan dengan desain yang diinginkan, kok. Langsung saja dicoba. 

BACA JUGA: 15 Tips Dekorasi Kamar Kos Aesthetic Paling Nyaman

15. Batu bata yang disusun vertikal

archilovers.com

Biasanya batu bata untuk pagar ditata secara horizontal alias memanjang ke samping. Nah, modifikasi saja dengan cara menyusunnya secara vertikal sehingga tampak beda. Ini akan membuat tampilan pagarmu lebih modern dan minimalis. Buktikan sendiri, deh. 

16. Roster dengan tanaman yang manis 

pagar tembok
huntingforgeorge.com

Biar makin manis, pagar roster di depan rumah Sedulur bisa ditambah dengan tanaman untuk mempercantik. Tanaman rambat hijau akan memberikan kesan alami di rumahmu. 

17. Bata berlubang yang modern 

pagar tembok
regardsetmaisons.blogspot.com

Ada pula bata yang sengaja dibuat dengan lubang. Gunanya untuk meringankan massanya. Ia cocok untuk pagar karena berongga dan jika disusun dengan baik bisa menciptakan estetika tersendiri.

18. Motif dan tekstur dari bata yang timbul

archdaily.com

 Pagar bata bisa kok dibikin lebih kreatif. Silakan pasang beberapa dengan posisi timbul membentuk corak atau motif yang diinginkan. Seperti contoh di atas, nih. Menarik, bukan?

19. Pagar batu yang beda 

pagar tembok
dezeen.com

Tembok bisa juga kamu buat dengan susunan batu alam yang berbeda bentuk, ukuran dan warna. Agar aman dan tidak berubah susunannya, beri rangka atau pengaman berupa kawat grid yang modern. 

Terbukti pagar tembok bisa jadi estetik dan berikan kesan modern di rumah. Tidak melulu membosankan dan suram, bukan? Sedulur wajib mencoba salah satu desain di atas untuk ide renovasi rumah.