desain rumah minimalis 2 lantai

Di era modern seperti sekarang ini, desain rumah minimalis 2 lantai menjadi idaman para kaum milenial. Terlebih lagi bagi yang tidak memiliki lahan yang cukup besar. Ini adalah konsep yang satu ini menjadi pilihan utama yang tentunya tetap dapat memiliki kenyamanan di dalam rumah. Asalkan bisa merancang desain dengan baik dan benar, pastinya rumah akan menjadi lebih indah dan spacy untuk keluarga.

Mempertimbangkan kenyamanan dalam konsep rumah yang sempit bisa menjadi tantangan yang seru dalam hal desainnya. Jika masih bingung dan tidak ada gambaran, berikut adalah beberapa ide dan referensi contoh desain rumah minimalis 2 lantai dengan berbagai konsep yang bisa Sedulur pilih sesuai dengan selera. Simak, ya!

BACA JUGA: 12 Ide Model Bar Mini Bisa Jadi Tempat Kumpul Seru di Rumah

1. Desain rumah minimalis 2 lantai 4 kamar

desain rumah minimalis 2 lantai 4 kamar
yogieervanatastudioarsitek

Meskipun rumah yang dibeli cukup minimalis dan memiliki lahan yang tidak terlalu besar, namun desain rumah minimalis yang memiliki 4 kamar tidur bisa untuk dimiliki. Caranya adalah dengan menjadikan rumahnya berjumlah dua lantai. Maka, pada lantai satu bisa diakali dengan 2 kamar, dan lantai berikutnya ada 2 kamar pula.

Selain itu, bisa juga memfungsikan lantai 1 sebagai 1 kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga, dapur, kamar mandi, dan ruang tamu. Sementara di lantai 2 terdapat 1 kamar mandi dan 3 kamar tidur. 

2. Desain rumah minimalis 2 lantai dengan kolam renang

desain rumah minimalis 2 lantai sederhana
rumahsempurna

Siapa bilang memiliki rumah yang minimalis tidak akan bisa memiliki kolam renang? Dalam desain yang satu ini, kolam renang pribadi terletak pada bagian belakang garasi rumah. Meskipun kolam renang pribadinya memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, namun keluarga kecilmu akan betah untuk berada di rumah ini. Tak hanya memiliki kolam renang pribadi, rumah kecil ini juga bisa dilengkapi dengan empat buah kamar tidur. Sehingga, cocok untuk ditinggali bersama keluarga kecilmu. 

BACA JUGA: Apa Itu Terrarium & Cara Membuatnya Untuk Hiasan Rumah

3. Memadukan elemen kaca, kayu, dan logam

desain rumah minimalis 2 lantai 6x12
rumahpapanfiber

Jika bisa menghadirkan elemen kaca, kayu, dan logam dalam pembangunan sebuah tempat tinggal yang sempit, maka akan memiliki kesan modern serta minimalis. Adanya perpaduan di antara ketiganya juga akan menjadi semakin apik dengan berbagai tanaman hias yang bisa dipadukan. 

Tak ketinggalan, padukan desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 dengan kaca yang memiliki ukuran cukup besar. Pastinya, tempat tinggal akan semakin nyaman, segar, dan rindang. Jangan lupa untuk mempertimbangkan pemilihan warna cat rumah, agar tingkat keminimalisan tempat tinggal akan semakin tepat. 

Bisa juga, memadukan desain dinding di dalam tempat tinggal yang dipenuhi dengan kayu dan kaca. Tak lupa, langit-langit di dalamnya juga memakai bahan dasar kayu. Kesan yang akan didapatkan dalam pemilihan konsep ini adalah lebih indah dan menawan. Apabila tidak memiliki garasi, bisa diakali dengan memarkirnya di bawah lantai satu atau basement

4. Rumah minimalis dengan 1 master bedroom

desain rumah 2 lantai minimalis modern elegan
pixabay

Apabila Sedulur ingin memiliki master bedroom atau kamar tidur utama yang memiliki ukuran yang lebih besar dari ruangan lainnya, maka desain rumah minimalis 2 lantai dengan 1 master bedroom ini bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi jika tipe rumahnya adalah tipe 45 2 lantai dengan memiliki dua buah kamar tidur. 

Pada lantai pertama, akan terlihat ruang makan, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Semetara itu, pada lantai dua terdapat satu master bedroom atau kamar tidur utama dan dua buah kamar lainnya yang berukuran lebih kecil.

BACA JUGA: Cara Membuat Sabun Organik Sendiri di Rumah dengan Mudah

5. Elegan dan klasik dengan eksterior berwarna putih

desain rumah 2 lantai minimalis modern elegan
99.co

Salah satu warna yang menjadi favorit para pecinta arsitektur bangunan sejak lama adalah warna putih. Apalagi jika warna ini diterapkan sebagai warna utama dalam desain rumah minimalis 2 lantai. Selain tempat tinggal menjadi tampak outstanding, kesannya adalah elegan meskipun tampak sederhana. 

Salah satu desain rumah 2 lantai minimalis modern elegan ini akan semakin keren apabila ditambah dengan desain yang futuristik. Caranya adalah dengan mengaplikasikan cat warna putih dengan tone salju, lembut, antik, serta ivory pada sisi depan tempat tinggal. Perkuat kesan elegannya dengan berbagai macam furniture untuk luar lainnya.

Tempat tinggal juga akan menjadi semakin menarik dengan memilih warna cat luar rumah dengan warna putih yang sejuk agar bangunan menjadi terkesan klasik. Dengan memilih warna putih, pastinya rumah Sedulur akan membuat kebanyakan orang yang melintas di depan menjadi terpukau. Selain itu, keluarga akan semakin betah dan nyaman untuk tinggal disana.

6. Minimalis dengan balkon

desain rumah minimalis 2 lantai sederhana
rumah123

Penggunaan balkon juga bisa diterapkan dalam bangunan yang cenderung sempit. Dengan memiliki balkon, maka tempat tinggal akan memiliki kesan nyaman dan santai. Apalagi, jika balkon bisa disusun dengan apik. Selain berfungsi sebagai menambah penilaian tinggi dalam segi desain, penggunaan balkon juga bisa mempertegas level lantai. Perbedaan skala bangunan serta arah hadap juga bisa dipertegas dengan adanya balkon.

Salah satu desain rumah 2 lantai terbaik ini bisa banget untuk dicoba, apalagi jika pemilik rumah gemar melihat pemandangan dari atas sambil bersantai. Agar rumah semakin keren, jangan lupa untuk selalu menambahkan tanaman hias pada berbagai sudut. Selain semakin keren, penambahan ini juga bisa mempercantik tampilan dari segi estetika. 

BACA JUGA: 10 Cara Menanam Kangkung di Halaman Rumah untuk Pemula

7. Desain rumah minimalis 2 lantai dengan rooftop

desain rumah 2 lantai terbaik
koleksigambardesain

Memiliki rumah yang kecil tidak menjadikan sang pemilik untuk tidak memiliki rooftop. Rooftop juga bisa digunakan sebagai ruang santai bersama keluarga dan juga sebagai pelindung rumah. Asalkan dirancang dengan tepat, desain rumah minimalis 2 lantai sederhana dengan menggunakan rooftop ini bukan menjadi masalah.

Manfaatkan bagian atap rumah sebagai rooftop yang aksesnya bisa dilakukan melalui tangga yang letaknya di sisi luar lantai dua. Tambahkan beberapa tanaman hias seperti kaktus dan palem mini agar kesannya semakin santai dan seperti di kafe. Tak lupa juga untuk menambahkan bohlam atau lampu tumblr di area rooftop. Selain sebagai pencahayaan pada malam hari, pemilihan lampu yang bagus bisa menambah estetika.

8. Minimalis beratap rata

beratap rata
dekoruma

Jika Sedulur ingin mengusung konsep rumah yang terbuka dan minimalis, dimana akan memanfaatkan dinding sebagai jendela dan pintu pada bagian depan rumah, maka desain yang satu ini bisa untuk dipertimbangkan. Pilih atap yang rata di samping atap curam yang terkesan monoton.

Meskipun berukuran kecil, desain rumah 2 lantai minimalis ini akan terlihat lebih estetik dan cantik. Tempat tinggal juga tetap terasa nyaman sekaligus keren, meskipun membuat gayanya dengan atap yang rata.

BACA JUGA: 8 Cara Menanam Bunga Hias di Rumah, Agar Cepat Tumbuh

9. Rumah minimalis dengan halaman yang luas

halaman luas
thegorbalsla

Hunian kecil memang menjadi salah satu pilihan yang menarik, apalagi jika bisa  memadukannya dengan halaman kebun yang luas. Hal tersebut akan membuat desain rumah minimalis 2 lantai ini menjadi lebih indah dan cantik. Selain bagus dalam segi estetika, konsep yang satu ini juga bisa digunakan untuk melepas penat jika sudah bosan di dalam rumah. 

10. Minimalis dengan area parkir luas

area parkir luas
thegorbalsla

Lahan parkir yang luas bisa didapatkan meskipun memiliki tempat tinggal yang bergaya minimalis. Beberapa kendaraan bisa muat jika area parkir garasi memiliki bentuk persegi panjang. Agar garasi tetap estetik, jangan lupa untuk memilih warna yang natural serta pencahayaan yang pas. 

BACA JUGA: Rumah Tusuk Sate Membawa Efek Buruk, Mitos Atau Fakta?

11. Desain minimalis dengan aksen tanaman rambat

desain rumah minimalis 2 lantai 6x12 dan biayanya
liputan6

Alih-alih memiliki kesan yang angker, konsep yang satu ini justru akan membuat tempat tinggal menjadi lebih cantik dan rindang. Memiliki aksen tanaman rambat bisa menjadi salah satu desain rumah minimalis 2 lantai 6×12 dan biayanya cukup murah.

Selain memberikan tanaman rambat di dua beranda lantai atas, percantik bagian depan dan samping rumah dengan tanaman ini. Apalagi, jika konsep hunian berdinding beton batu bata dengan kayu. Niscaya, hunian akan menjadi tampak lebih homey dan nyaman. 

12. Atap segitiga dengan kaca yang besar

Atap segitiga kaca besar
ruparupa

Apabila sudah bosan dengan bentuk rumah yang terkesan monoton, gunakan atap segitiga dengan kaca yang besar. Dengan adanya atap segitiga ini, hunian akan menjadi lebih sejuk dan memberikan kesan lebih tinggi. Hunian juga akan terkesan nyaman dan terlihat lebih luas lagi. Salah satu pilihan desain rumah minimalis 2 lantai ini bisa dikombinasikan dengan kaca atau kayu agar hunian menjadi lebih modern.

BACA JUGA: 20 Trend Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Elegan & Modern

13. Rumah minimalis ala Jepang

Rumah minimalis ala Jepang
rumah123

Apakah Sedulur sering menonton anime Jepang? Jika iya, pasti familiar dengan konsep hunian yang mereka miliki. Rumah minimalis ala jepang bisa menjadi desain rumah minimalis 2 lantai sederhana yang bisa dipilih.

Gunakan beranda kaca yang luas pada lantai dua, kolam ikan kecil di jalan sekitar pintu utama, serta garasi berpintu kayu agar kesan Jepangnya semakin dapat. Selain bisa memiliki suasana bak di Tokyo, keluarga akan menjadi semakin betah untuk menghuninya.

14. Aksen batu tembok dan gold yang terkesan mewah

gold mewah
rumah123

Tak hanya cat warna putih saja yang memiliki kesan elegan, warna emas atau gold juga bisa menampilkan kesan mewah sekaligus elegan. Seperti yang diketahui, bahwa warna gold merupakan warna yang memberikan kesan kemewahan. Salah satu desain rumah minimalis 2 lantai ini akan membuat rumah menjadi layaknya istana. Tamu yang akan berkunjung di tempat tinggal pun akan menjadi terpukau. Selain itu, keluarga pun juga akan semakin betah.

BACA JUGA: 12 Macam Macam Bunga Hias Cantik, Cocok Untuk Dekorasi Halaman Rumah

15. Rumah modern minimalis dengan jendela yang diberi ukiran unik agar semakin estetik

modern minimalis dengan  ukiran
thegorbalsla

Menambahkan ukiran sebagai eksterior desain rumah 2 lantai minimalis modern elegan bisa dicoba apabila Sedulur merupakan penyuka seni rupa. Keluarga kecil akan menjadi semakin hangat dan nyaman apabila terdapat ukiran yang unik dan estetik. 

Demikian beberapa inspirasi desain rumah minimalis 2 lantai yang bisa dijadikan sebagai referensi Sedulur sebelum memutuskan untuk membuat seperti apa hunian baru yang akan ditinggali bersama keluarga tercinta. Selain memilih desain yang sesuai, pastikan juga konsep tersebut bisa dimengerti oleh arsitektur, ya! Apakah sekarang Sedulur sudah menentukan pilihan?