Ceritanya menarik dan beragam, membuat film animasi memiliki tempat tersendiri bagi para penggemarnya. Seiring berkembangnya jaman, anime atau animasi dari jepang tidak hanya bisa dinikmati lewat televisi saja. Kini, ada berbagai macam pilihan situs download anime yang bisa Sedulur kunjungi.

Tak hanya bisa mengunduhnya secara gratis saja, pada situs-situs ini juga bisa menyediakan subtitle bahasa Indonesia. Sangat mudah, kan? Tanpa menunggu lama lagi, yuk ketahui berbagai pilihan situs download anime yang bisa Sedulur kunjungi secara gratis dengan kualitas HD!

BACA JUGA: 19 Rekomendasi Anime Movie Terbaik & Seru, Wajib Ditonton!

1. OPLoverz

situs download anime
Polygon

Website anime terbaik rekomendasi pertama adalah OpLoverz yang paling update dan paling lengkap. Para pecinta film dan drama animasi Jepang pastinya sudah mengenal website yang satu ini. OPLoverz termasuk salah satu yang paling cepat dalam melakukan pembaharuan di setiap episode animasi yang masih dalam status ongoing atau belum tamat. 

-->

Pada website ini, kategori film dan dramanya adalah berdasarkan abjad dan movie atau series. Maka dari itu, akan sedikit susah jika Sedulur ingin menontonnya menyesuaikan genre. Paling tidak, Sedulur harus sudah mengetahui judul animasi apa yang akan ditonton sebelum mengunjungi OPLovers, apabila ingin mengarah langsung ke pranala yang diinginkan.

Kelebihan dari website ini adalah selain selalu memperbarui dengan cepat, juga bisa menggunakan kolom pencarian untuk mengetik judul yang ingin ditonton. Selain itu, penyimpanan filenya sudah tersusun secara rapi dan mudah untuk ditemukan. Jadi, apabila tahu judul yang diinginkan, maka tinggal mengetik atau menyesuaikannya saja dengan awalan abjad judul. 

2. Samehadaku

situs download anime
Gwigwi

Samehadaku merupakan situs download anime yang cukup populer dari dulu sampai saat ini. Apabila Sedulur adalah penggemar berat serial animasi atau manga dari Naruto, Boruto, Attack on Titan atau Shingeki no Kyojin, Boku no Hero Academia, atau One Piece, pastinya bisa langsung mengenali dan menghubungkan Samehadaku dengan salah satu senjata mematikan yang dipunyai oleh salah satu kelompok Akatsuki. Padahal, ini bukanlah senjata mematikan, melainkan sebuah alamat dimana Sedulur bisa mengunduh berbagai animasi lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesianya. 

Website yang satu ini memiliki tampilan yang bersih dari iklan dan terdapat berbagai macam pilihan animasi yang bisa ditonton. Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai pilihan manga serta soundtrack terbarunya dengan mudah. Kekurangannya adalah website ini tidak mempunyai opsi batch, jadi cuma bisa mengunduhnya per episode. 

Cara download anime di Samehadaku

Sebagai situs yang populer, cara untuk mengunduhnya melalui Samehadaku lumayan membingungkan karena bukan hanya satu kali klik dan video langsung terunduh. Sedulur harus melalui berbagai macam proses terlebih dahulu. Berikut adalah tutorial lengkapnya:

  • Ketik “www.samehadaku.tv” pada peramban pilihan Sedulur (bisa Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera dan lain sebagainya). 
  • Apabila alamat sudah bisa dibuka, Sedulur bisa memilih film atau serial apa saja yang ingin diunduh dengan mulai scroll ke bawah. Misalnya jika ingin melihat dan mengunduh animasi “Shigatsu wa Kimi no Uso Episode 3”, maka ketik di kolom pencariannya.
  • Apabila sudah memilih animasi yang diinginkan, maka halaman baru akan terbuka dan menampilkan berbagai informasi singkat yang berkaitan. Contohnya adalah genre, plot, dan lain sebagainya. Scroll sampai ke bawah dan temukan beberapa pilihan resolusi. 
  • Jika sudah memilih resolusi dan file hosting, maka klik pilihan tersebut dan selanjutnya akan terbuka halaman baru. Gulir hingga ke bawah sampai menemukan kalimat dalam bahasa Indonesia yang tidak jelas. Hal ini merupakan kesengajaan dari pihak Samehadaku supaya tidak membingungkan.
  • Setelah mengklik itu, akan terbuka lagi halaman baru yang memiliki tampilan yang serupa dengan sebelumnya. Gulir lagi hingga ke bawah dan temukan tulisan dalam bahasa Indonesia yang kurang jelas lainnya.
  • Terakhir, sampailah pada halaman unduhan video pilihan Sedulur tadi.
  • Untuk memulai mengunduh video pilihan tadi, silahkan klik tombol yang ada di pojok kanan. Lalu, tunggu beberapa saat tergantung koneksi untuk video bisa terunduh dengan sempurna di laptop milik Sedulur.

3. Animeindo

situs download anime
The Cinemaholic

Situs download anime sub indo berikutnya adalah Animeindo yang juga tak kalah menarik dan populer dari lainnya. Website ini terus memperbarui berbagai episode film atau serial animasi terbaru dengan berbagai format yang bisa diakses melalui PC maupun ponsel.

Kelebihan dari website ini adalah bisa membuat Sedulur menonton langsung di alamat tersebut dengan tampilan yang bersih serta minim dari iklan. Ada berbagai genre yang tersedia disini, mulai dari genre romantis, horor, sedih, hingga fantasi. Semuanya bisa Sedulur pilih sesuai keinginan. Kekurangannya adalah tampilan alamat utamanya yang agak ketinggalan jaman.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Overpower Paling Seru & Menarilk

4. AwSubs

situs download anime
Pikiran Rakyat Karawang

Website lainnya yang tidak kalah populer adalah AwSubs (https://awsubs.tokyo). Halaman ini adalah penyedia berbagai serial dan film animasi Jepang dengan berbagai macam genre. Tak hanya itu saja, AwSubs juga memiliki pilihan yang menarik dengan menyediakan menu tentang berbagai genre. Lewat laman ini, Sedulur bisa menonton berbagai macam pilihan yang terbaik dan populer.

Contohnya adalah Shingeki no Kyojin atau Attack no Titan, One Piece, Shigatsu wa Kimi no Uso atau Your Lie in April, Naruto, Boruto, dan masih banyak lagi. Sehingga, bagi Sedulur yang ingin menontonnya dengan genre yang lebih spesifik namun belum mengetahui film atau serial apa yang ingin ditonton, maka tinggal klik di menu web tersedia dan sesuai dengan genrenya. Setelah itu, akan ditampilkan banyak judul yang sudah disediakan sesuai dengan genre.

Cara download anime di situs AwSubs

Bagi Sedulur yang ingin mengunduh anime pada situs populer ini, caranya tidak jauh berbeda dengan Samehadaku di atas. Hanya terdapat beberapa perbedaan kecil saja. Yuk, ikuti tutorialnya berikut ini.

  • Langkah pertama, masukkan alamat dari AwSubs yaitu awsubs.co pada penjelajah web yang biasa Sedulur pakai seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, atau Opera. Nantinya akan muncul tampilan pada halaman utamanya.
  • Kemudian, gulir menuju ke bawah sampai menemukan beberapa rekomendasi anime terbaru yang baru saja diperbarui atau bisa juga memilih anime pada kategori yang ada. Misalnya adalah memilih anime kategori romantis dengan judul “Shigatsu wa Kimi no Uso Episode 3”.
  • Setelah klik pilihan Sedulur, maka selanjutnya adalah terbuka halaman baru yang menjelaskan secara singkat mengenai animasi tersebut, mulai dari genre, plot, dan lain sebagainya.
  • Gulir hingga ke bawah sampai menemukan berbagai macam pilihan kualitas video yang dipilih, beserta file hosting nya masing-masing. Misalnya adalah 720p 10bit yang memiliki kualitas paling bagus dan Google Drive yang paling stabil dan cepat.
  • Jika sudah mengklik file yang dipilih, maka selanjutnya adalah dibawa ke sebuah situs.
  • Disini, Sedulur bisa mengklik “Submit”.
  • Kemudian, akan muncul halaman baru lagi. Pada sisi atas, maka akan menemukan tulisan seperti “KLIK 2x UNTUK GENERATE LINK”. 
  • Klik sekali saja, kemudian akan secara otomatis diarahkan ke bagian bawah dari halaman tersebut. Sedulur harus mengklik tulisan tersebut dan dan kemudian akan secara otomatis diarahkan pada box berisi “Menuju link”.
  • Jika sudah berhasil sampai pada halaman unduh gile yang dipilih pada awal tadi, pilih Google Drive, lalu klik Download.
  • Setelah klik, kemudian akan muncul Download Anyway.
  • Klik pilihan tersebut, lalu file akan secara otomatis diunduh.

5. Drivenime

situs download anime
Polygon

Apabila Sedulur kurang mengikuti perkembangan dari anime setiap minggunya, salah satu pilihan situs anime yang satu ini bisa menjadi tempat yang cocok karena bisa mengunduh rangkumannya per season atau musim. Kelebihan lainnya adalah pengunduhan langsung menggunakan Google Drive dan video bisa dirangkum dalam format zip.

Tampilan yang dimiliki Drivenime ini bersih dari iklan, sehingga cocok bagi Sedulur yang cukup risih dengan keberadaannya. Kekurangannya adalah pilihan formatnya cuma menyediakan resolusi 720p dan 480p saja. Selain itu, Sedulur juga tidak bisa memilih format antara MKV dan MP4.

6. Meownime

situs download anime
BR Atsit

Meownime.moe adalah situs download anime yang mempunyai kelebihan yang cukup menonjol jika dibandingkan dengan yang lainnya. Meownime selalu memperbarui serial anime terbaru dengan lebih dari 40 judul di setiap minggunya.

Hal ini wajar mengingat Meownime memiliki fitur request anime yang bisa membuat penggunanya meminta judul yang ingin dibuatkan terjemahan bahasa Indonesianya. Tak heran jika Meownime menjadi salah satu pilihan teratas untuk tempat mengunduh serial animasi terbaru. Namun, ada kekurangan dari halaman ini, yaitu jumlah hosting video yang tergolong masih sedikit.

BACA JUGA: 10 Anime Sedih Terbaik Paling Sukses Bikin Nangis Wajib Tonton

7. Nimegami

situs download anime
Jagoan Hosting

Selanjutnya adalah Nimegami yang bisa dipertimbangkan jika sedang mencari situs download anime yang memiliki fitur beragam. Halaman ini mempunyai banyak koleksi serial dan film animasi Jepang berdasarkan kualitas yang tersedia serta kategori seperti Completed, BD, Ongoing, Batch, dan lain sebagainya.

Navigasi dari Nimegami tergolong cukup mudah karena terdapat kolom live action apabila Sedulur ingin berinteraksi dengan sesama penggemar serial dan film animasi Jepang. Nimegami juga rutin melakukan pembaruan setiap minggunya dengan berbagai macam pilihan. Kekurangannya adalah pilihan format video yang kurang beragam dan live actionnya yang kurang diperbarui.

8. Animeku

situs download anime
Wondershare Filmora

Website penyedia anime dengan terjemahan Indonesia yang satu ini adalah Animeku dengan alamat https://onnime.net/animenonton-tv/. Pada halaman ini, pencarian film dikategorikan sesuai dengan abjad pertama dari suatu judul film animasi. Contohnya adalah Detective Conan, Naruto Shippuden, Souryo to Majiwaru Shikiyoku no Yoru ni, Bleach, Clannad, Totoro, dan berbagai pilihan lainnya. Apabila Sedulur telah mengetahui film animasi apa yang ingin ditonton, maka tentunya akan sangat mudah untuk melakukan pencarian. Akan tetapi. Sedulur juga bisa melakukan pencarian dari kolom yang telah disediakan.

9. Animeboy

situs download anime
YODU

Berikutnya yang menjadi salah satu rekomendasi situs download anime adalah Animeboy. Ini merupakan salah satu halaman yang selalu memperbarui koleksinya dan menyediakan berbagai macam pilihan film dan serial animasi dengan terjemahan Indonesia. Kelebihannya adalah memiliki tampilan yang menarik namun tetap terlihat sederhana.

Halaman nonton dan unduh film animasi Jepang terbaik yang satu ini menyediakan berbagai macam pilihan yang populer seperti Boruto, One Piece, Attack on Titan, Jujutsu Kaisen, dan lain sebagainya. Apabila Sedulur ingin mengunduh serial atau film animasi menggunakan alamat dari Google Drive, maka Animeboy adalah solusinya. Tak hanya itu, bagi penyuka dorama atau drama Jepang, ini merupakan rekomendasi yang tepat.

BACA JUGA: 17 Karakter Cowok Paling Keren di Serial Anime

10. Naruchiha

situs download anime
CNBC Indonesia

Selanjutnya adalah Naruchiha yang tergolong informatif karena menyediakan keterangan menarik pada setiap judulnya. Mulai dari genre, waktu rilis, hingga besaran ratingnya. Hal ini bisa membantu Sedulur ketika mencari judul yang berdasarkan nilai rating dan genre.

Naruchiha.id menyediakan berbagai macam konten yang tergolong lengkap karena terdapat video lainnya seperti box office, film, live action, manhua, dan lain sebagainya. Tampilannya juga bersih dan ramah, serta berbagai rekomendasi film animasi tersusun rapi pada halamannya. Pengunjungnya juga bisa mencari film dengan berdasarkan “batch” dari kategori yang telah tamat. Jadi, tidak perlu mencarinya per episode.

11. Wibudesu

Japan Web Magazine

Selain berbagai macam pilihan di atas, Sedulur juga bisa nonton anime sub Indo terbaik di situs Wibudesu.com. Website ini menjadi tempat untuk mengunduh berbagai macam film dan serial animasi Jepang terbaik dengan pilihan resolusi 480p dan 720p. Wibudesu juga menyediakan berbagai link host ketika Sedulur akan mengunduhnya. Kekurangannya adalah Wibudesu tidak menyediakan pengunduhan berdasarkan episode, tapi batch. Maka dari itu, pastikan Sedulur mempunyai memori yang cukup sebelum mengunduhnya, ya.

12. Gomunime

Reelrundown

Gomunime merupakan situs download anime gratis selanjutnya yang tidak boleh untuk dilewatkan. Alasannya adalah website ini menyediakan berbagai macam serial televisi animasi Jepang yang populer dan terkenal. Contohnya adalah Boruto, One Piece, Detective Conan, dan lain sebagainya. 

Ada berbagai macam animasi Jepang yang tidak kalah seru dibandingkan yang sudah disebutkan di atas tadi. Tak hanya serial televisi saja, Sedulur juga bisa menonton film OVA atau Original Video Animation. Jadi, ketika Sedulur ingin menonton serial yang terbaru atau yang sudah lawas, maka tempat unduh ini bisa menjadi pertimbangan. 

BACA JUGA: 15 Anime Ecchi Terbaik Dijamin Bikin Kamu Ketagihan, Cek Disini

13. Kissanime

Tirto

Ada banyak penggemar anime yang setuju bahwa Kissanime merupakan situs unduh yang terbaik. Alasannya mungkin karena website ini sangat konsisten dan teratur dalam memperbarui berbagai macam episode animasi Jepang yang tayang pada setiap minggunya. Selain itu, Sedulur juga bisa memilih berbagai macam pilihan resolusi, mulai dari 240p sampai 1080p. 

Akan tetapi, Sedulur harus membuat akunnya terlebih dahulu ketika ingin mengunduhnya. Selain itu, pada website ini Sedulur juga bisa melakukan streaming anime, nonton serial drama Asia, serta membaca manga juga, lho. Kissanime tergolong situs yang mobile-friendly, jadi pengunjung bisa membuka dan menikmati kontennya langsung melalui ponsel pintar.

14. Animenonton

KAORI Indonesia

Animenonton merupakan anime website yang memiliki berbagai pilihan koleksi anime beragam. Sedulur bisa menonton film kesayangan dan bebas untuk memilih kualitas video yang diinginkan, dari SD hingga HD. Tak hanya itu saja, Sedulur juga bisa melakukan komunikasi dengan penonton lainnya pada kolom komentar. Ini bisa digunakan apabila Sedulur ingin sekadar basa basi atau menyampaikan pendapat serta prediksi tentang animasi yang sedang berlangsung dan ditonton. Apabila Sedulur mengkliknya, maka akan diarahkan menuju situs lain dimana bisa mengunduh videonya. 

15. Nanimein

VOI

Nanimein adalah salah satu situs download anime yang juga favorit dan populer pada masa kini. Penyebabnya adalah website ini memiliki kecepatan dalam hal perbaruan film dan serial dan juga terbaik. Dengan menggunakan website ini, Sedulur bisa mengunduh film dan serial melalui ponsel atau PC. 

Terdapat berbagai macam pilihan yang bisa ditonton dan diunduh di Nanimein, diantaranya adalah Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan, Black Clover, Kimetsu no Yaiba, Jujutsu Kaizen, Chuan Shu Zijiu Zhinan, Godzilla Singular Point, dan masih banyak lagi. Ada berbagai kategori juga yang bisa Sedulur unduh di Nanimein, seperti Komedi, Aksi, Romantis, Petualangan, Drama, Sekolah, Psikologikal, Musik, Horor, Super, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: 26 Anime Keren Sepanjang Masa Rekomendasi Otaku Indonesia

16. Riie

IGN

Rasanya belum lengkap apabila membicarakan situs download anime tanpa menyebut Riie.jp. Website yang satu ini telah cukup lama berdiri dan sering berganti alamat. Walaupun demikian, Sedulur masih tetap bisa menemukan berbagai macam serial atau film terbaru dalam bahasa Indonesia. Pengguna pun bisa menontonnya secara gratis dengan streaming ataupun diunduh. Kualitas gambar yang bisa dipilih mulai dari 480p sampai 720p. 

17. Kusonime

Dunia Games

Berikutnya adalah Kusonime yang merupakan salah satu situs download anime dan menjadi paling populer di kalangan para otaku. Jika Sedulur ingin mendapatkan alamat untuk mengunduh yang tercepat seperti UpToBox, Mega, Google Drive, dan AceFile, maka bisa mencoba untuk mengunjungi Kusonime.

Kelebihan dari Kusonime adalah selalu rutin memberikan pembaharuan terbaru di setiap harinya. Jika Sedulur sedang menunggu kelanjutan serial dari animasi Jepang yang sedang diikuti, maka wajib mengunjungi Kusonime ini. Kelebihan yang lainnya adalah memiliki tampilan yang lumayan bersih dari berbagai iklan. 

18. Rikunime

Looper

Situs download anime ataupun streaming selanjutnya adalah Rikunime. Disini, Sedulur bisa mengunduh berbagai macam film dan seri animasi Jepang terbaik secara gratis dan sepuasnya. Website ini menggunakan berbagai macam file hosting untuk media penyimpanannya.

File hosting tersebut juga termasuk user friendly, jadi pengunjung bisa dengan mudah untuk mengunduh atau melakukan streaming online serial favorit. Apabila ingin mengunduhnya dengan kecepatan penuh, maka bisa memilih penyimpanan Google Drive. Sementara itu, gunakan FileKita untuk mengantisipasi limit.

BACA JUGA: 22 Anime Isekai Terbaik dan Terbaru, Petualang di Dunia Fantasi

19. IndoXXI

Game Rant

Tak disangka, salah satu situs streaming online terbaik dan terlengkap yang berasal di Indonesia ini juga menyediakan kategori khusus anime. Sedulur bisa mengunduhnya atau langsung menontonnya secara gratis disini. Kekurangan dari layanan ini adalah lebih fokus pada koleksi filmnya. Sehingga, koleksi animasi Jepangnya tidak terlalu banyak dan termasuk ketinggalan jika dibandingkan dengan penyedia layanan yang sama lainnya. Namun, tidak ada salahnya jika menjadikan layanan ini sebagai salah satu alternatif unduhan yang populer sambil mencari berbagai macam film yang sedang populer dan banyak ditonton karena aksesnya yang cukup mudah.

20. Rymaru

Digstraksi

Rekomendasi link streaming anime lengkap yang terakhir adalah Rymaru. Website yang satu ini tergolong cukup informatif dengan memberikan keterangan pada setiap judulnya. Contohnya adalah genre, waktu rilis, serta status (apakah sedang ongoing atau completed) serta ratingnya juga. Hal ini bisa digunakan untuk membantu siapapun yang ingin mencari tontonan di genre tertentu. Ditambahkan pula penjelasan mengenai deskripsi singkat judul, sehingga tidak membuat Sedulur membukanya satu persatu.

Itu dia rekomendasi 20 situs download anime terbaik dengan subtitle Indonesia yang bisa Sedulur kunjungi. Walaupun bisa diunduh secara gratis, namun kualitas video yang diberikan berbagai laman tersebut HD, lho! Nonton film pun sekarang menjadi lebih mudah, ya! Selamat menonton!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.