Anime sedih terbaik

Anime sedih merupakan sebuah cerita dengan visual animasi dari negeri Jepang yang memiliki cerita menyentuh hati. Tak jarang, penonton tidak bisa membendung air mata akibat terbawa suasana cerita dari film atau drama yang disuguhkan.

Sejumlah film dan serial anime Jepang memang dikenal selalu memiliki cerita sentimentil yang apik. Bahkan, beberapa diantaranya berhasil menjadi kategori film atau serial terbaik sepanjang masa. 

Di antara sekian banyak film dan serial Jepang yang menyedihkan, ada 10 anime sedih yang tentunya dicap paling bisa menguras air mata penonton. Penasaran apa saja rekomendasinya? Simak selengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: 14 Anime China Terbaik, Tidak Kalah dengan Anime Jepang

1. Kimi no Na Wa (2016)

anime sedih
alphacoders

Siapa yang tak kenal film animasi Jepang yang satu ini. Pada tahun perilisannya yaitu 2016, film ini merupakan salah satu film yang sangat populer di seluruh wilayah di dunia. Film yang berjudul “Your Name” dalam bahasa inggris ini terkenal dengan ceritanya yang menarik serta memiliki eksekusi visual yang cukup memukau.

Tak hanya itu saja, semua ost yang menjadi latar belakang film anime sedih ini juga tak kalah populer. Berbagai lagu dan musik yang melatarinya semakin menambah kesedihan yang terpancar dari setiap adegan dari film ini.

Film ini berkisah tentang seorang siswi SMA bernama Mitsuha Miyamizu yang hidup di sebuah pedesaan dan ia memiliki keinginan untuk pindah untuk merasakan tinggal di kota yang ramai. Sementara itu, ada seorang lelaki bernama Taki Tachibana yang tinggal di pusat kota, yaitu Tokyo, yang sedang mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan kehidupan sekolahnya dengan pekerjaan sampingan yang sedang ia jalani.

Kemudian, suatu hari mereka terbangun dan mendapati bahwa keduanya berada di tubuh orang lain. Keduanya bertukar posisi, yaitu Taki di tubuh Mitsuha dan sebaliknya. Lalu, mereka pun mencoba untuk mencari tahu bagaimana hal ini bisa terjadi. Di waktu yang sama pula, mereka mencoba untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

2. Shigatsu wa Kimi no Uso (2014)

anime sedih
attackonsadega

Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan drama-manga romantis dari Jepang yang dirilis pada tahun 2016. Salah satu anime sedih terbaik ini diadaptasi dari komik karya Naoshi Arakawa ini memiliki genre drama, school, romance, music, dan shounen. Judul dalam bahasa inggris dari drama ini adalah “Your Lie in April”.

Drama yang tayang pada Oktober 2014 hingga Maret 2015 ini bercerita tentang seorang pianis berbakat yang baru berusia 14 tahun bernama Arima Kousei. Namun, suatu hari ibunya dikabarkan telah tiada. Karena itulah, Arima Kousei kehilangan kemampuannya untuk mendengarkan suara piano yang ia mainkan dengan baik. Ia pun menjadi depresi dan putus asa,

Keadaan mulai berubah ketika dirinya bertemu dengan seorang violin berjiwa bebas yang bernama Miyazono Kaori. Saat bertemu dan mengenal Kaori, Kousei mulai bersemangat dalam menjalani hidup. Ia pun masih tetap bermain piano meskipun memiliki keterbatasan dalam pendengaran. 

3. Grave of the Fireflies (1988)

anime sedih
nefariousreviews

Cerita dari anime sedih ini membawa penonton untuk flashback ke tahun 1945, ketika Jepang menyerah pada akhir dari Perang Dunia II. Awal ceritanya adalah ketika ada dua orang saudara kandung bernama Seita dan Setsuko yang terkena dampak dari serangan bom dari Amerika selama Perang Dunia II.

Akibat dari pengeboman itu, ibu dari Setsuko dan Seita harus terbunuh dengan luka bakar yang sangat serius. Sementara itu, ayah dari keduanya bekerja sebagai angkatan laut dan sedang berjuang dalam menghadapi krisis dan harus memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Film yang diproduksi oleh Studio Ghibli ini menunjukkan kengerian yang diakibatkan perang dan bagaimana warga pada suatu negara bisa menjalani kehidupan di tengah perang yang terjadi. Pada akhir cerita, penonton tak akan bisa membendung air mata karena melihat kekejaman dari perang serta dampaknya pada semua keluarga.

BACA JUGA: 26 Anime Keren Sepanjang Masa Rekomendasi Otaku Indonesia

4. Spirited Away / Sen to Chihiro no Kamikakushi (2001)

agistajung

Meskipun sudah tayang 21 tahun yang lalu, Spirited Away masih membuktikan bahwa dirinya merupakan kisah yang abadi. Sehingga, cocok untuk ditonton oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Maka dari itu, wajar jika film karya Studio Ghibli ini masuk sebagai salah satu rekomendasi film animasi terbaik sepanjang masa.

Alasan penonton menjadikan film Jepang ini menjadi film animasi terbaik sepanjang masa cukup sederhana, yaitu karena menawarkan gambar dan fantasi cerita yang cukup menggemaskan. Tak cuma itu, cerita dari film ini dinilai penonton cukup menghangatkan hati melalui berbagai pesan yang mendalam yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari yang dihadapi manusia. Tak heran, masih banyak penonton setianya yang menjadikan Spirited Away sebagai wallpaper anime sedih baik di ponsel maupun laptop atau pc mereka.

Kisah dari film ini berisi tentang petualangan Chihiro yang dimulai ketika dirinya harus pindah di tempat dan lingkungan yang baru bersama kedua orangtuanya. Tak disangka, kedua orangtua Chihiro berubah menjadi babi karena keserakahan mereka. Petualangan pun dimulai dengan tujuan mengembalikan kedua orangtuanya menjadi wujud yang semula. 

5. Clannad (2007)

anime sedih
thebobaculture

Jika film rekomendasi sebelumnya bercerita tentang petualangan seorang anak kecil dan memiliki genre kekeluargaan, maka selanjutnya adalah anime sedih tentang sahabat. Judul dari serial ini adalah Clannad, yang dirilis pada tahun 2007. Clannad hadir dengan jalan cerita yang lebih masuk dan berhubungan dengan orang-orang pada umumnya.

Kisah berawal dari seorang siswa SMA bernama Tomoya Okazaki yang merupakan pribadi yang introvert, alias tidak suka bersosialisasi dengan orang-orang di sekolah. Kemudian, ia dipertemukan dengan seorang perempuan sebayanya bernama Nagisa Furukawa yang kemudian menjadi teman baiknya. Keduanya menjadi dekat, bahkan pergi ke sekolah bersama setiap hari.

Dalam serial ini, setiap tokohnya memiliki masa lalu yang menyedihkan serta tragis. Sehingga, penonton akan ikut merasakan kesedihan serta penderitaan yang dirasakan oleh setiap tokohnya. Disamping itu, pemilihan musik dalam serial ini sangat tepat, sehingga kesedihannya akan semakin terasa pada setiap adegannya.

6. Angel Beats (2010)

animegeek

Angel Beats merupakan salah satu anime sedih netflix yang cocok untuk ditonton di waktu senggang. Film ini bercerita tentang kehidupan anak sekolahan yang berbeda dari yang lainnya. Sekolah ini mampu menjadi tempat bernaungnya jiwa atau roh orang yang sudah tiada, yang mana belum bisa melepaskan ikatan dengan dunia manusia hidup. Mereka berada di sekolah itu untuk mencari cara agar bisa melepaskan diri dan melanjutkan ke dunia berikutnya.

BACA JUGA: 22 Anime Isekai Terbaik dan Terbaru, Petualang di Dunia Fantasi

7. Hotarubi no Mori e (2011)

piecesofmine

Selanjutnya adalah rekomendasi anime sedih terbaik yang dirilis oleh studio Brain’s Base pada tahun 2011, yaitu Hotarubi no Mori e. Film bergenre roman dan fiksi supranatural ini bercerita tentang seorang roh bernama Gin yang dipertemukan dengan seorang gadis kecil bernama Hotaru Takegawa di sebuah gunung tempat sang gadis kecil tinggal.

Pertemuan antara keduanya terjadi karena Takegawa kecil tersesat di sebuah hutan. Kemudian, Gin menawarkan bantuan dengan bantuan ranting kayu yang menuntunnya hingga keluar dari hutan. Pada akhirnya, keduanya pun menjadi teman baik namun hanya bisa bertemu ketika musim panas tiba.

Seiring berjalannya waktu, Takegawa kecil kemudian tumbuh menjadi seorang gadis remaja yang berusia sama dengan Gin. Hingga suatu waktu, Gin mengajak Hotaru dewasa ke sebuah festival roh dengan bantuan sehelai tali yang diikat agar mereka tidak terpisah.

8. Wolf Children / Ookami Kodomo no Ame to Yuki (2012)

japanworld

Pasti Sedulur sudah tidak asing lagi ketika melihat foto anime sedih yang satu ini, Yups, film yang bisa menghabiskan banyak tisu kali ini berjudul Wolf Children atau Ookami Kodomo no Ame to Yuki. Film yang dirilis pada tahun 2012 ini bercerita tentang seorang wanita bernama Hana yang jatuh cinta dengan seorang manusia serigala. 

Kemudian, keduanya memutuskan untuk lanjut ke jenjang pernikahan. Singkat cerita, Hana melahirkan dua orang anak yang diberi nama Yuki dan Ame. Namun, kejadian naas kemudian menimpa sang suami. Sang manusia serigala meninggal tak lama setelah kelahiran putra bungsunya. Keluarga kecil ini pun harus pindah ke sebuah desa kecil karena kedua anaknya merupakan keturunan manusia serigala yang bisa saja membuat warga sekitarnya resah.

9. Koe no Katachi / A Silent Voice (2017)

blogelevenia

Rekomendasi anime sedih cowok dan cewek kali ini fokus pada kisah persahabatan antar remaja di lingkungan sekolah. Awal cerita dari film ini adalah ketika seorang gadis tuli dan bisu bernama Shoko Nisimiya sering dibuli oleh teman-teman sekelasnya, termasuk Shoya Ishida.

Akan tetapi, suatu hari Ishida juga ikut menjadi objek bullyan teman-teman sekelasnya karena suatu hal. 

Hal itu berdampak kepadanya yang menjadi seseorang yang tidak bisa mengenali wajah teman-temannya lagi karena memiliki trauma. Saat masuk SMA, Nishimiya dipertemukan lagi dengan Ishida. Ishida pun berusaha menebus kesalahannya di masa lalu dengan berbagai cara.

BACA JUGA: 20 Rekomendasi Anime Action Terbaik Sepanjang Masa, Tonton!

10. Colorful (2010)

ananimejourney

Colorful merupakan rekomendasi anime sedih terakhir yang cocok untuk ditonton. Film yang rilis 12 tahun yang lalu ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang sedang depresi dan putus asa, kemudian mencoba untuk mengakhiri hidupnya dengan cara meminum banyak pil. Akan tetapi, setelah sampai di dunia akhirat, ia pun diberi sebuah tantangan oleh seorang anak bernama Purapura.

Lelaki bernama Makoto ini ditantang untuk memperbaiki semua kesalahan yang telah ia lakukan selama masih hidup. Awalnya, kehidupan yang dijalani Makoto tidak terjadi hal-hal yang aneh. Seiring berjalannya waktu, kemudian ia mulai menikmati banyak hal yang menjadikan hidupnya lebih berwarna.

Nah, itu dia 10 anime sedih terbaik sepanjang masa yang bisa menguras air mata penonton. Selain memiliki alur cerita yang menyedihkan, film dan serial animasi dari Jepang ini juga punya banyak pelajaran hidup yang tentunya dikemas secara apik. Bagaimana, tertarik untuk menontonnya? Jangan lupa siapkan tisu, ya!

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.