kucing munchkin

Salah satu jenis kucing yang paling imun dan lucu adalah kucing munchkin. Jenis ini memiliki ciri khas yang unik, yaitu kakinya yang pendek dan tubuhnya yang mungil. Hal itu juga yang sekaligus membuat kucing ini sangat menggemaskan dan disukai oleh pecinta kucing. Namun hal itu juga yang menimbulkan beberapa kontroversi dan perdebatan.

Dalam kesempatan kali ini akan dibahas beberapa fakta menarik dari kucing munchkin yang mungkin belum Sedulur ketahui. Penting bagi Sedulur untuk mengetahui fakta-fakta terkait jenis kucing ini. Terutama bagi Sedulur yang berniat untuk merawat dan mengadopsi kucing jenis ini.

BACA JUGA: Harga Kucing Himalaya, Keunikan & Cara Merawatnya, Harus Tahu!

1. Kucing yang menggemaskan

1. Kucing yang menggemaskan
pexels

Fakta pertama dari kucing munchkin tentu saja kucing yang menggemaskan dan membuat hati kita tersentuh. Bagaimana tidak, dengan bentuk yang mungil dan kaki-kaki yang pendek menambah kelucuan dari kucing ini. Selain itu, kucing ini juga memiliki berat yang berbeda antara jantan dan betina.

-->

Kucing jantan jenis ini memiliki berat dari 3-4 kg, sementar itu kucing betina dari jenis ini memiliki berat 2-3 kg. Jenis kucing ini juga memiliki bulu yang pendek dan panjang dengan berbagai warna yang berbeda. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan dari jenis kucing ini. Karena termasuk jenis kucing yang memilki ciri khas dan keunikan, perawatan terkain kucing ini juga sangat hati-hati. Karena kucing ini rawan sakit dan tidak mudah bergaul dengan kucing lain.

2. Asal muasal

2. Asal muasal kucing munchkin
pexels

Asal muasal dari jenis kucing munchkin ini sangat unik. Bermula di sebuah kota Lousina, Amerika Serikat. Pada sekitar tahun 1980, seorang guru musik wanita bernama Sandra Hochendel tengah berjalan-jalan dan tidak sengaja menemukan induk kucing yang tengah hamil. Sandra pun kemudian memungutnya dan membawanya ke rumah.

Ketika kucing induk tersebut melahirkan, Sandra menemukan setengah dari jumlah anak kucing yang lahir memiliki kaki pendek dan bentuk tubuh yang kecil. Salah satu kucing pun diberikan kepada temannya. Kemudian Sandra pun berpikir telah menemukan salah satu ras kucing baru, lalu menghubungi TICA (Internationals Cat’s Association) dan memintanya untuk melakukan tes dan mempelajari genetiknya.

Kemudian pada september 1994, kucing yang ditemukan Sandra diterima sebagai ras kucing baru dengan nama Munchkin dan mulai diperkenalkan ke seluruh dunia. Namun hal ini bukan tanpa sebab. Terdapat dua pihak yang menantang dan mendukung. Keduanya kuat dengan keyakinan yang dipegang.

BACA JUGA: Mengenal Kucing Mixdom, Kucing Ras Campuran Lucu & Populer

3. Mutasi genetik

3. Mutasi genetik
pexels

Kucing munchkin lulu ciri khas dengan kaki mungilnya. Namun hal tersebut merupakan mutasi genetik langka. Bahkan beberapa penelitian menyampaikan bahwa mutasi genetik yang menyebabkan kelaian kaki pendek tersebut cukup berbahaya. Misalkan, jika embrio kucing menerima dua geni dari masing-masing kedua induk, dapat menyebabkan embrio tersebut tidak akan selamat.

Embrio kucing hanya membutuhkan satu salinan gen untuk lahir dengan kakik pendeng dan meneruskan sifatnya pada keturunannya selanjutnya. Hal ini yang menyebabkan kucing ini memiliki beberapa kontroversi. Terutama terkait pengembangbiakannya. Dan juga turut mempengaruhi pada persoalan penerimaan kucing ini oleh organisasi pecintan kucing itu sendiri.

4. Penuh kontroversi

4. Kucing munchkin penuh kontroversi
idntimes

Kontroversi dari kucing munchkin masih seputar mutasi genetik yang membuat bentuk kaki dari kucing ini kecil, dan hal tersebut juga yang membuatnya begitu menggemaskan. Kontroversi lain menyatakan bahwa bentuk kaki mungil tersebut tidak normal, meskipun terlihat lucu dan menggemaskan.

Hal ini berkaitan dengan permasalah pengembangbiakan kucing. Jika memang tidak normal dan merupakan kelainan mutasi genetis, maka sudah seharusnya tidak dikembangbiakan. Pada akhirnya hal ini juga mempengaruhi jenis kucing ini dari sudut pandang organisasi pencinta kucing.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

5. Tidak dianggap oleh organisasi pencinta kucing

5. Tidak dianggap oleh organisasi pencinta kucing
duniapeliharaan

Hal yang memprihatinkan bagi kucing munchkin adalah keberadaannya yang tidak dianggap oleh organisasi kucing. Federation Internationale Feline (FIFe), sebuah organisasi yang terdiri dari 43 organisasi pecinta kucing yang ada di Eropa, Amerika Selatan dan Asia ini, menganggap bawah munchkin merupakan penyakit genetis. Bukan merupakan sebuah ras kucing.

Alih-alih ras baru, fisik menggemaskan dari munchkin merupakan kelainan genetik. Hal ini berdasar, karena berbagai penelitian ilmiah menjelaskan hal tersebut. Dan hal itu yang menjadi dasar dari organisasi penyayang kucing menentukan sikap. Namun, banyak juga organisasi penyayang kucing yang menganggap jenis kucing ini merupakan sebuah ras yang diakui.

6. Cara merawatnya

6. Cara merawat kuncing munchkin
hewanee

Cara merawat kucing munchkin aga sedikit berbeda, satu hal yang harus Sedulur lakukan adalah memastikan kucing ini agar tetap berada di rumah. Karena bentuk kucing yang kecil akan sangat berbahaya membiarkannya di alam liar. Barikut ini daftar lengkap cara merawatnya:

  • Jaga kebersihan tempat minum kucing.
  • Rutin melakukan grooming.
  • Berikan dia mainan yang berkilau.
  • Sediakan kardus bekas sebagai tempat tidur dan sembunyi.
  • Berikan makanan bernutrisi untuk kucing.

BACA JUGA: Nama-nama Kucing Jantan dan Betina yang Lucu & Unik

7. Harga kucing

7. Harga kucing
kucingmania

Kucing jenis ini merupakan kucing primadona dan ideal sebagai hewan peliharaan, karena tinggal lucu dan menggemaskan dari hewan ini. Selain itu, bentuknya yang kecil membuat hewan ini tidak aman berada di dunia luar. Bagi Sedulur yang tertarik memelihara hewan ini, Sedulur bisa mendapatkannya dengan kisaran harga kucing munchkin Rp 2.000.000 – Rp 10.000.000.

Harga yang tinggi membuat Sedulur bisa menjual kucing munchkin untuk mendapatkan keuntungan. Karena kucing jenis ini memiliki banyak peminat, terutama para pecinta hewan peliharaan dan tentu saja pecinta kucing.

Sekitar daftar fakta menarik seputar kucing munchkin yang perlu Sedulur ketahui. Terutama Sedulur yang berniat untuk memelihara kucing dan bingung memilih jenis kucing yang akan dipelihara. Semoga daftar fakta di atas dapat membantu Sedulur untuk lebih yakin memelihara kucing, ya. Jangan lupa untuk merawat dan memeliharanya dengan baik.