penyakit kulit

Mempunyai  penyakit kulit dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Meski demikian, bukan berarti tidak bisa terus disembuhkan. Penyakit ini biasanya muncul akibat kurangnya menjaga higienitas sampai kurangnya berprilaku hidup bersih. 

Penyakit kulit sebenarnya bermacam-macam tergantung jenis dan cara penularannya. Biasanya, ada yang dapat sembuh sendiri, namun ada pula yang harus menggunakan obat-obatan kimia untuk bisa menyembuhkannya Sedulur.

Berbicara penyakit kulit, tim Aplikasi Super sudah merangkumnya buat Sedulur. Yuk Simak penjelasannya.

BACA JUGA : 10 Deretan Universitas Terbaik di Dunia 2022 Versi QS World

9 Penyakit Kulit dan Cara Pengobatannya

1. Eksim atau dermatitis

Hati-hati Penyakit Kulit Ini Rentang Menyerang Tubuh
IDN Times

 Sedulur perlu waspadai terhadap penyakit kulit eksim. Penyakit ini biasanya disebabkan oleh beberapa alergi terhadap makananan. Misalnya, akibat mengonsumsi ayam, udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin (msg), dan sebagainya. Namun di sisi lain, penyakit ini juga disebabkan oleh bahan kimia. Biasanya timbul karena adanya reaksi alergi terhadap zat kimia tertentu seperti detergen, sabun, obat-obatan, hingga produk kosmetik.  Umumnya penyakit eksim bisa terjadi pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, kaki, lipatan paha, dan telinga.

Cara mengobati penyakit ini memang membutuhkan penanganan khusus. Beberapa dokter juga meresepkan beberapa jenis obat sekaligus untuk mengobati eksim. Obat ini berupa krim, larutan, gel, sampai salep. Hal yang perlu diingat, obat eksim perlu diminum sesuai petunjuk dokter. Sebab, ada beberapa jenis obat eksim yang dapat menurunkan daya tahan tubuh. Sedangkan jenis obat antibiotik, konsumsinya perlu tuntas untuk mencegah bakteri kebal obat di kemudian hari.

BACA JUGA : Silsilah Keluarga Kerajaan Inggris Beserta Pewarisnya, Lengkap!

2. Kudis

Hati-hati Penyakit Kulit Ini Rentang Menyerang Tubuh
Kompas

Penyakit kulit yang kerap diderita anak-anak hingga orang dewasa selanjutnya adalah Kudis. Kudis merupakan salah satu penyakit yang menyerang kulit dan disebabkan oleh beberapa virus yang berasal dari lingkungan sekitar yang memiliki sanitasi buruk. Kudis disebut juga dengan istilah Scabies yang terjadi akibat infeksi oleh parasit.

Penyakit kulit jenis ini biasa muncul disertai dengan beberapa gejala-gejala tertentu. Adapun  gejalannya. Gejala tersebut bisa berupa rasa gatal yang tidak lagi bisa tertahankan dan biasanya sering muncul ketika malam hari. Rasa gatal ini bisa menyerang sela-sela jari kaki, tangan, di bawah ketiak, alat kelamin, pinggang, dan bagian tubuh lainnya. Penyakit ini dapat menular dengan mudah dari satu orang ke orang lain. Untuk itu, faktor kebersihan diri dan lingkungan penting untuk diperhatikan ya Sedulur.

Ada banyak sekali cara mengobati penyakit kulit seperti kudis ini, salah satunya menggunakan salep yang dijual di pasaran.

BACA JUGA : 10+ Arti Kedutan Pada Bibir Atas, Ini Mitos dan Faktanya!

3. Bisul

6 Cara Mengobati Bisul Secara Alami Halaman all - Kompas.com
Kompas

Penyakit yang selalu menyerang di kulit selanjutnya adalah, bisul. Penyakit ini berbentuk benjolan merah yang sangat gatal dan cukup perih bagi yang merasakannya. Umumnya, lokasi munculnya bisul berada di beberapa organ vital milik pria atau wanita. Tidak jarang, penyakit ini bisa muncul di selangkangan paha, pantat, hingga leher.

Penyakit bisul biasanya dapat disebabkan oleh infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit yang melewati folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, lantas menyebabkan infeksi lokal. Banyak orang selama ini, masih abai dengan kebersihan di kulit. Padahal, kebersihan kulit juga masih menjadi faktor utama terjadinya infeksi ini. Selain itu, risiko bisul juga semakin meningkat akibat luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, produk kosmetik yang menyumbat pori-pori, serta penggunaan bahan kimia lainnya.

Sedulur perlu tahu, bahwa bisul bisa menyebar dengan cepat, jika Sedulur mencoba memecahkan benjolannya. Maka dari, perlu penanganan serius untuk mengatasi penyakit yang satu ini.

BACA JUGA 10 Cara Memutihkan Kulit Tangan Paling Ampuh, Coba Sendiri!

4. Melanoma

Hati-hati Penyakit Kulit Ini Rentang Menyerang Tubuh
Doktersehat

Dari namanya, sudah bisa ditebak, jika tidak semua orang mengetahui penyakit ini. Penyakit ini bisa menyerang kulit Sedulur lho dan bisa berefek sampai kematian jika tidak ditangani dengan baik. Melanoma merupakan kanker kulit berbahaya yang bisa mengancam keselamatan nyawa jika tidak mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Jenis penyakit ini akan menunjukkan tanda berbahaya, apabila terdapat tahi lalat di permukaan kulit yang semakin membesar, mengalami perubahan warna, serta timbul gejala peradangan. Jika Sedulur mempunyai gejala tersebut, lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis sebelum terlambat.

BACA JUGA : 50+ Nama Usaha yang Bagus dan Artinya – Membawa Berkah

5. Herpes

Hati-hati Penyakit Kulit Ini Rentang Menyerang Tubuh
klikdokter

Penyakit kulit selanjutnya adalah herpes. Penyakit ini muncul, akibat tidak menjaga sanitasi dan higienitas. Gejala awal yang bisa dilihat dari penyakit ini adalah, timbulnya sebuah ruam tidak rata dan berukuran kecil hingga akhirnya melepuh. Tidak hanya itu, Sedulur perlu tahu bahwa gejala ini umumnya disertai dengan rasa perih dan gatal hingga kulit menjadi sangat sensitif. Penyakit kulit jenis herpes ini bisa muncul di bagian tubuh yang lembap, seperti lipatan paha, bokong, leher, punggung, atau bagian tubuh lainnya.

BACA JUGA : 8 Cara Melupakan Seseorang Tersayang, Bikin Cepat Move On!

6. Psoriasis

Hati-hati Penyakit Kulit Ini Rentang Menyerang Tubuh
alodokter

Ada lagi penyakit yang sangat rentan menyerang kulit, yaitu Psoriosis. Penyakit ini Penyakit biasanya sulit diketahui atau didiagnosa. Namun biasanya gejala muncul pada seseorang yang menderita penyakit ini adalah timbulnya bercak merah dengan sisik putih berlapis yang terdapat di bagian atas. Apabila digaruk, sisik-sisik tersebut bisa rontok. Gejala ini bisanya akan semakin melebar jika tidak segera ditangani.

Biasanya gejala bercak merah bersisik itu akan muncul di beberapa bagian tubuh. Seperti kulit kepala, punggung sisi bawah, telapak tangan, serta telapak kaki. Penyakit kulit ini bisa muncul akibat perasaan stress, trauma, serta asupan kalsium yang rendah. Untuk itu, mengelola emosi dengan baik dan menjaga asupan makanan bernutrisi tinggi penting untuk diterapkan.

Pengobatan psoriosis dilakukan dalam empat cara tergantung tingkat keparahannya. Yaitu menggunakan obat oleh (krim atau salep), terapi cahaya hingga obat minum seperti methotrexate dan ciclosporin

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

7. Jerawat

Hati-hati Penyakit Kulit Ini Rentang Menyerang Tubuh
Kompas

Jerawat memang salah satu penyakit yang kerap diderita banyak orang khususnya mereka yang memiliki kulit berminyak dan lokasi bagian tubuh yang sering diincar adalah bagian wajah. Bila seseorang mencoba untuk memecahkannya, maka bisa berakibat fatal yaitu dapat menyebar ke seluruh wajah.

Biasanya jerawat dapat muncul akibat tersumbatnya pori-pori kulit dan mengalami kontak dengan bakteri yang menempel sehingga terjadi infeksi. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya gangguan kulit ini adalah rutin membersihkan wajah dan bagian tubuh lainnya dengan baik.

Cara mengobati jerawat yang mengganggu sangat mudah Sedulur. Yaitu benzoil peroksida, asam salisilat hingga alkohol aseton. Semua jenis obat ini, bisa Sedulur dapatkan di toko apotek.

BACA JUGA: 10 Tanda Tanda Sifat Pacar Clingy, Bikin Hubungan Tidak Sehat

8. Kutu Air

Tempo

Kutu air menjadi penyakit kulit jamur selanjutnya. Biasanya, penyakit ini banyak menyerang di bagian kaki. Karena di lokasi tersebut, biasanya sering basah, sehingga sangat mudah untuk tumbuhnya penyakit kutu air. Kutu air atau tinea pedis adalah infeksi jamur pada kulit kaki.

Infeksi jamur ini biasanya bermula dari sela jari kaki kemudian menyebar ke semua area kaki. Kondisi seperti ini dapat terjadi pada semua golongan usia. Keluhan  orang yang mengalami penyakit ini adalah, kulit terasa gatal, bersisik dan kemerahan. Selain itu kutu air juga bisa menyebabkan munculnya berbagai keluhan seperti, kulit pecah-pecah, kulit kaki terasa terbakar, kulit kaki terkelupas dan kulit di antara jari, dan telapak kaki yang berwarna kemerahan.

9. Cacar air

Sehatq

Penyakit cacar air termasuk jenis penyakit kulit yang ditandai dengan gejala demam, lemas, pusing, hingga nyeri pada tenggorokan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang mudah menular melalui percikan ludah, serta kontak langsung dengan cairan yang berasal dari ruam. Biasanya, penyakit ini lebih rentan menyerang anak-anak  di bawah usia 12 tahun.

Ada beberapa cara mengobati penyakit ini di antaranya adalah, memperbanyak minum dan mengonsumsi makanan yang lembut,  tidak menggaruk ruam atau luka cacar air, dan terakhir mengenakan pakaian berbahan lembut dan ringan.

BACA JUGA: Begini Arti Haid Menurut Hari, Tanggal, Waktu Primbon Jawa

Cara mengobati penyakit kulit

Untuk mengobati beberapa penyakit kulit, ternyata ada yang perlu menggunakan resep dokter, ada pula yang bisa menggunakan obat herbal. Jika masih dalam taraf yang bisa diobati, maka hanya perlu menggunakan obat alami. Jika harus kimia, maka harus mengandung bahan micozonale atau clotrimazole.

Jika timbul masalah serius, maka dokter selalu menyarankan menggunakan obat yang mengandung griseofulvin, terbinafin, atau ketoconazole. Selain menggunakan obat kimia, masalah atau gangguan kulit juga bisa diobati dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Mulai dari bawang putih, minyak kepala, plain yoghurt, dan cuka apel. Bahan-bahan alami ini dikenal mempunyai kandungan antibakteri yang dapat membunuh kuman dan jamur yang menyebabkan penyakit kulit.

Bahan-bahan alami tersebut dapat dibuat sebagai ramuan oles yang ditempelkan langsung pada permukaan kulit yang bermasalah. Jika dilakukan secara rutin, gejala penyakit kulit semakin lama akan semakin berkurang.

Jadi, tenang ya Sedulur, segala penyakit kulit ternyata bisa diatasi dengan obat-obatan herbal atau kimia. Memiliki penyakit kulit bukanlah akhir segalanya. Ingat, nabi yang diuji allah dengan penyakit kulit yang berkepanjangan adalah Nabi Ayyub AS. Meski demikian, beliau tidak putus asa, dan tetap terus berjuang untuk mengobatinya.