Simak ulasan terkait manfaat beras kencur di bawah ini. Terkandung berbagai manfaat ajaib untuk kesehatan!

Resep warisan nenek moyang memang terbukti ampuh, salah satunya jamu beras kencur. Pasalnya, beras kencur memiliki segudang manfaat, mulai dari  manfaat beras kencur untuk daya tahan tubuh, hingga manfaat beras kencur untuk stamina tubuh baik pria maupun wanita.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas segudang manfaat beras kencur agar Sedulur rajin mengkonsumsinya. Terutama manfaat beras kencur yang dibutuhkan, bagi kita menghadapi kondisi di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Di bawah ini pembahasan yang telah Superapp.id siapkan.

Baca Juga: 11 Manfaat Tersembunyi Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

Daftar Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan Tubuh

1. Manfaat Jamu Beras Kencur, Untuk Diet  dan Wajah Bersih Anti Jerawat

1. Manfaat Jamu Beras Kencur, Untuk Diet  dan Wajah Bersih Anti Jerawat
okezone.com

Terkenal sebagai jamu yang efektif mengobati jerawat dan mendapatkan wajah yang bersih bersinar. Beras kencur juga terkenal sebagai salah satu jamu yang yang bisa membantu program diet. Hal tersebut karena berbagai kandungan yang terdapat dalam beras kencul bisa memberikan peran yang dapat mendukung program diet, salah satunya bisa membuat pinggang menjadi langsing.

2. Obat Jerawat Bagi Remaja yang Sedang Puber

2. Obat Jerawat Bagi Remaja yang Sedang Puber
sehatfresh.com

Mencegah dan mengobati jerawat di wajah, terutama buat kamu yang baru puber bisa dilakukan dengan meminum beras kencur. Terutama bagi remaja yang sedang dalam masa puber, jerawat seringkali menjadi penghalang yang menyebabkan kita tidak percaya diri. Mulai secara konsisten mengkonsumsi beras kencur, meskipun bagi sebagian remaja, rasa dan aroma beras kencur tidak begitu enak, namun wajib dipaksakan untuk mendapatkan wajah yang bebas jerawat.

3. Obat Batuk dan Menghilangkan Rasa Gatal di Tenggorokan

3. Obat Batuk dan Menghilangkan Rasa Gatal di Tenggorokan
kompas.com

Jamu beras kencur yang hangat juga bisa menetralkan batuk dan rasa gatal di tenggorokan, hal ini disebabkan oleh sifat dari beras kencur yang mengandung analgesik dan baik untuk menghilangkan batuk dan rasa gatal di tenggorokan. Sangat mengganggu, ketika rasa gatal di tenggorokan menyerang. Membuat kita tidak nyaman, terutama jika sedang berbincang dengan kawan atau kerabat.

Baca Juga: 6 Manfaat Tersembunyi Kacang Hijau Untuk Kesehatan

4. Membuat Pinggang Langsing

4. Membuat Pinggang Langsing
tribunnews.com

Konsumsi jamu beras kencur yang rutin bisa bikin langsing dengan pinggang ramping. Maka dari itu, beras kencur biasanya digunakan sebagai salah satu jamu dalam program diet. Kandungan dalam beras kencur bisa secara efektif memberikan efek untuk pinggang yang ramping. Jika Sedulur sedang dalam program diet, jangan lupa untuk membarengi dengan konsumsi beras kencur.

5. Menghilangkan Pegal-Linu dan Mengobati Patah Tulang

5. Menghilangkan Pegal-Linu dan Mengobati Patah Tulang
tempo.co

Bagi Sedulur yang seringkali merasakan pegal linu ketika selesai beraktivitas fisik, bisa meminum beras kencur untuk mengurangi rasa sakit dari pegal linu. Karena kandungan dari beras kencur efektif meredakan nyeri pegal dan dapat menguatkan persendian agar rasa sakit terhindar. Selain itu, terdapat juga manfaat beras kencur untuk patah tulang. Dalam masa perbaikan tulang, beras kencur merupakan jamu yang wajib diminum secara rutin agar segera sembuh.

6. Meningkatkan Vitalitas

6. Meningkatkan Vitalitas
favo.id

Kali ini merupakan manfaat beras kencur untuk pria, terutama dalam hal vitalitas dalam berhubungan. Stamina akan segera meningkat jika secara rutin meminum jamu beras kencur. Selain itu terdapat juga manfaat bagi wanita, yaitu manfaat jamu beras kencur untuk miss v dan manfaat beras kencur untuk rahim. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan performa berhubungan.

7. Obat Masuk Angin

7. Obat Masuk Angin
halodoc.com

Baik itu bagi anak-anak, remaja atau dewasa, beras kencur juga bisa dikonsumsi sebagai obat masuk angin. Manfaat beras kencur untuk anak ini didapatkan dari bahan-bahan alami yang terdapat dalam beras kencur. Terutama dari rasa hangat yang dihasilkan oleh beras kencur, bisa menghilangkan mual yang dialami oleh penderita masuk angin.

8. Obat Sariawan

8. Obat Sariawan
alodokter.com

Salah satu manfaat beras kencur adalah untuk mengobati sariawan, terutama bagi sariawan yang telah mengalami pembengkakan. Manfaat beras kencur untuk bengkak sariawan atau bengkak lainnya, bisa segera diatasi karena kandungan nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam beras kencur itu sendiri.

9. Menyegarkan Badan

9. Menyegarkan Badan
tribunnews.com

Karena beras kencur merupakan jamu yang memiliki manfaat seperti wedang jahe, dengan rasa pedas dan menyegarkan yang dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh. Oleh karena itu, manfaat beras kencur untuk menyegarkan badan merupakan salah satu manfaat yang bisa dirasakan dengan cepat seketika setelah meminum jamu beras kencur itu sendiri. Terutama jika diminum rutin pada pagi hari, aktivitas seharian akan lancar dengan kondisi badan yang segar.

10. Bermanfaat Sebagai Analgesik

10. Bermanfaat Sebagai Analgesik
kompas.com

Beras kencur juga dapat berperan sebagai analgesik, sama seperti manfaat beras kencur dan temulawak pada umumnya. Analgesik merupakan zat yang terbukti dapat meredakan berbagai nyeri dan sakit lainnya. Maka dari itu, baik pada temulawak, cengkeh dan brotowali, kandungan analgesik dicari untuk dapat meredakan berbagai nyeri yang dirasakan oleh tubuh. Selain itu, manfaat beras kencur ini sangat alami dan tidak berbahaya untuk tubuh.

11. Obat Mulas dan Sakit Perut

11. Obat Mulas dan Sakit Perut
detik.com

Manfaat beras kencur untuk mulas dan sakit perut dihasilkan oleh kandungan minyak atsiri yang terdapat pada kencur. Rasa hangat dan pedas pada kencur dapat meredakan mulas dan sakit perut yang Sedulur alami. Selain itu, karena kencur merupakan tanaman yang sejenis dengan jahe, dapat memberikan efek relaksasi yang baik untuk tubuh agar kembali segar dan tenang.

12. Obat Kulit Gatal

12. Obat Kulit Gatal
klikdokter.com

Terdapat juga manfaat manfaat beras kencur untuk kulit gatal, bisa Sedulur minum secara rutin atau juga Sedulur keringkan beras kencur dan mengoleskannya pada bagian kulit gatal. Berbagai kandungan dari bahan pembuatan beras kencur bisa secara efektif dan ampuh untuk mengobati kulit gatal dan permasalah kulit lainnya.

13. Obat Sakit Kepala

13. Obat Sakit Kepala
kompas.com

Ketika Sedulur merasakan sakit kepala, secara langsung mungkin Sedulur akan meminum obat yang bersifat kimiawi atau jika tidak memiliki obat, Sedulur akan berusaha meminum air hangat dengan jumlah banyak agar bisa mendapatkan efek relaksasi. Namun, sebenarnya, Sedulur bisa minum beras kencur segera ketika sakit kepala. Karena salah satu manfaat beras kencur dapat menghilangkan sakit kepala secara efektif, karena berbagai kandungan yang terdapat didalamnya.

14. Meredakan Sakit Maag

14. Meredakan Sakit Maag
klikdokter.com

Manfaat beras kencur selanjutnya dapat berperan sangat ampuh dalam mengobati sakit maag. Terutama, ketika sakit maag Sedulur sedang kambuh dan nyeri, dengan segera minum beras kencur sakit yang dialami akan cepat reda. Kandungan dari beras kencur bisa dengan cepat menurunkan kadar asam lambung yang menjadi penyebab utama sakit maag. Ketika asam lambung kembali normal, maka sakit maag pun akan reda.

15. Menurunkan Kadar Kolesterol

15. Menurunkan Kadar Kolesterol
cepersismapharma.com

Terakhir, manfaat beras kencur adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Kadar kolesterol tinggi disebabkan oleh penyerapan makanan yang tidak sempurna di dalam empedu, hal ini dikarenakan aliran empedu tidak sempurna dan bekerja dengan baik. Beras kencur bisa efektif meningkatkan aliran empedu dan tubuh bisa melakukan penyerapan makanan dengan baik. Maka secara perlahan, kadar kolesterol dalam tubuh akan berkurang secara signifikan.

Semoga manfaat beras kencur yang telah dijelaskan oleh Superapp.id di atas bisa bermanfaat bagi Sedulur. Karena, beras kencur merupakan resep warisan leluhur dan bisa kita buat dengan mudah. Hal ini diperlukan, jika Sedulur sulit mencari penjual jamu beras kencur.

Untuk membuat beras kencur, Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahan membuatnya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa klik di sini terlebih dahulu untuk download Aplikasi Super. Beli segala persediaan untuk membuat makanan dan minuman di Aplikasi Super, agar hidup Sedulur lebih mudah dan lebih hemat.