cara mengobati bisul agar cepat kempes

Punya masalah bisul di tubuh memang sangat mengganggu dan bisa membuat rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang. Meski demikian, banyak sekali cara mengobati bisul yang muncul di tubuh meski harus menggunakan obat kimia atau menggunakan obat herbal.

Pada umumnnya, bisul akan sembuh sendiri dalam kurun waktu sekitar dua minggu. Jadi jangan pernah coba-coba untuk memecahkannya ya Sedulur. Sebab, apabila bisul tersebut pecah, bisa menular ke bagian tubuh lainnya dan membuat infeksi semakin parah.

Berikut ini daftar cara mengobati bisul agar cepat kempes yang wajib Sedulur tahu. Yuk, langsung kita simak.

Baca juga : 8 Manfaat Daun Tempuyung, Ramuan Penghancur Batu Ginjal

1. Kompres dengan air hangat

cara mengobati bisul agar cepat kempes
klikdokter

Kompres air hangat ternyata jadi cara mengobati bisul agar cepat kempes secara alami. Mengompres dengan air hangat dipercaya mampu meredakan peradangan pada area bisul. Teruslah melakukan cara ini selama beberapa kali dalam sehari selama 10 menit hingga bisul dapat segera kempes dengan cepat. Dan sedulur bisa beraktivitas kembali seperti dengan biasanya serta tidak perlu merasa kurang percaya diri.

2. Minyak pohon tea

Grid

Bagi Sedulur yang mengalami permasalahan bisul yang tumbuh di beberapa bagian tubuh, minyak pohon tea bisa menjadi salah satu solusi mengobatinya. Produk ini bisa menjadi obat herbal bisul di bokong. Minyak pohon tea mengandung bahan antiseptik dan antiradang yang bisa membantu mengurangi pembengkakan serta bakteri penyebab infeksi.

Cara menggunakan minyak pohon tea untuk mengobati bisul sangat mudah. Pertama gunakan minyak pohon tea dengan campuran minyak zaitun atau kelapa. Jangan sampai Sedulur langsung menggunakan minyak pohon tea ke tubuh yang mengalami bisul, karena bisa menimbulkan iritasi.

3. Kunyit

cara mengobati bisul agar cepat kempes
sehatq

Kunyit dipercaya dapat megobati persoalan bisul yang menyerang bagian tubuh Sedulur lho. Dan dianggap sebagai obat bisul alami. Kunyit yang merupakan tanaman herbal ini, mengandung sifat antibakteria dan antiradang. Cara penggunaanya pun cukup mudah. Pertama, bubuk kunyit bisa dicampurkan dengan air atau jahe untuk membuat pasta yang bisa digunakan sebagai salep untuk obat bisul Sedulur.

4. Garam

cara mengobati bisul agar cepat kempes
halodoc

Selain digunakan sebagai bumbu dapur untuk memasak, ternyata garam juga dapat dijadikan alternatif untuk mengobati bisul. Garam bisa digunakan untuk penyakit ini dengn cara, mencampurkannya dengan air hangat. Kemudian, jadikanlah sebagai kompres untuk mengobati bisul Sedulur.

5. Cara mengobati bisul dengan bawang putih

cara mengobati bisul agar cepat kempes
Grid

Tahukah Sedulur bahwa bawang putih dapat dijadikan obat untuk bisul? Selama ini bawang putih banyak dipakai untuk tambahan penyedap rasa masakan agar semakian nikmat. Dalam bawang putih terkandung sifat antibakteria yang sangat ampuh untuk mengobati beragam penyakit kulit, dan bisul bisa menjadi salah satu penyakit yang bisa disembuhkan.

Bawang putih juga merupakan obat bisul alami yang bisa Sedulur pakai ketika tidak obat atau salep dirumah. Cara menggunakannya sangat mudah, Sedulur hanya perlu menghancurkan bawang putih, lalu gunakan  kain kasa bersih atau sebagainya. Untuk selanjutnya ditempelkan ke kulit yang menjadi tempat munculnya bisul.

Baca juga : Fakta Darah Haid Hitam dan Artinya Bagi Kesehatan Perempuan

6. Minyak mamba

cara mengobati bisul agar cepat kempes
Jawapos

Cara mengobati obat bisul agar cepat kempes selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak mamba. Minyak ini dikenal dengan nama lilac India dan memiliki sifat antiseptic, antibakteria, antimikroba, yang membantu dalam mengobati infeksi pada kulit.

Buat Sedulur yang ingin menyembuhkan bisul dengan minyak ini, penggunaannya sangat mudah. Cukup oleskan minyak langsung ke bisul 3-4 kali dalam sehari supaya cepat kempes. Minyak mamba juga dipercaya cukup efektif serta mampu mengurangi rasa nyeri akibat nanah.

7. Oleskan salep

Blibli

Saat ini sudah banyak salep yang bisa membantu mengobati bisul. Ada beberapa salep agar bisul cepat pecah yang dijual di apotik. Dilansir dari Hello Sehat, Sedulur bisa mencoba antara lain obat salep Mupirocin. Obat ini bekerja efektif dengan menghalangi aktivitas enzim isoleusil-tRNA sintetase. Enzim ini digunakan bakteri untuk membuat protein yang kemudian menginfeksi tubuh manusia. Jika pertumbuhan enzim dihambat, maka proses penyembuhan bisul bisa lebih cepat.

Kedua ada obat salep Gentamicin. Salep ini dipercaya ampuh untuk menghentikan pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bisul, sehingga mencegah pula terjadinya infeksi. Ketiga ada obat salep Benzocaine, cara kerjanya lebih mirip dengan obat bius lokal. Sebab Benzocaine bisa meredakan rasa sakit dan nyeri akibat bisul.

8. Minyak jarak

Sehatq

Kandungan senyawa yang disebut dengan asam minolat di minyak jarak ternyata sangat ampuh dalam mengobati bisul. Senyawa asam minolat itu memiliki sifat anti inflamasi yang cukup kuat dan ampuh mengobati segala macam penyakit kulit. Tidak hanya iitu, minyak jarak juga memiliki sifat antibakteria.

Penggunaan minyak jarak ini sangat mudah. Cukup oleskan minyak tersebut ke bagian kulit yang tumbuh bisul setidaknya selama tiga hari sekali, agar bisul cepat mengempes dan hilang.

Baca juga : 12 Manfaat Gula Batu Bagi Kesehatan dan Cara Konsumsinya

9. Drainase bisul

alodokter

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan drainase bisul. Ini salah satu cara mengeluarkan mata bisul dan dipakai jika penyakit  sudah sangat  parah. Tindakan medis ini dilakukan, dengan cara membuat sebua sayatan kecil, lalu tim dokter akan mengeringkan nanah di bisul dengan menggunakan kasa steril.

Bila Sedulur tidak mau menggunakan cara ini, maka jangan pernah memecah bisul agar tidak terjadi masalah infeksi yang serius. Saat melakukan perawatan di rumah, pastikan tangan Sedulur harus steril dari virus dan kuman. Selalu cuci tangan dengan menggunakan sabun.

10. Oleskan alkohol sekitar bisul

HDmall

Mengatasi bisul agar tidak semakin parah, maka perlu menggunakan cairan alkohol. Seka seluruh permukaan kulit setiap hari selama seminggu dengan isopril 70% dalam air akan membuat kulit kering dan cara agar bisul dapat pecah.

Selanjutnya, oleskan salep antibiotik setidaknya dua kali sehari sampai bisulnya benar-benar hilang. Dan cuci tangan secara teratur untuk mengurangi dampak infeksi virus ke kulit yang menjadi tempat munculnya bisul.

11. Hindari memencet bisul

Pengen Bisul Cepat Kempes? Ikuti Cara Ini
Halodoc

Munculnya bisul di sekitaran kulit, membuat siapa saja merasa risih atau merasa terganggu dan bisa memunculkan rasa gemas untuk memcahkannya. Namun, hal tidak disarankan oleh dokter, karena menimbulkan masalah yang serius. Memencet bisul pada area kulit, dan area sekitarnya, dapat menyebabkan infeksi yang jauh lebih serius dan menyakitkan.

Parasetamol dan ibuprofen dapat digunakan  jika perlu untuk meredakan nyeri. Sedulur harus mengikuti petunjuk dosis yang tertera di dalam botol. Sebab, jika penggunaan di melebihi dosis yang dianjurkan, bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

12. Konsultasikan masalah ke dokter

Unsplash

Bila penyakit bisul tidak kempes dalam dua minggu dan bisul tidak pecah jadi benjol meski sudah menggunakan berbabagai macam obat, tidak ada salahnya melakukan konsultasi ke dokter kulit yang bersangkutan. Sebab, meski terlihat sepele, penyakit bisul bisa menimbulkan beragam masalah serius. Sehingga jika tidak ditangani dengan baik, maka sangat berbahaya.

Konsultasikan setiap persoalah Sedulur mengenai bisul yang tidak kunjung sembuh ke dokter kulit. Supaya mendapatkan jawaban yang memuaskan dan tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari. Konsultasi ke dokter merupakan solusi terakhir saat persoalan infeksi kulit ini tidak kunjung dapat diselesaikan. Sebab memang tidak ada obat bisul yang paling mujarab di dunia. Semua cara pengobatan pasti memiliki efek baik dan buruk.

Demikian 12 cara mengobati bisul agar cepat kempes dan aman. Bagi Sedulur yang mengalami bisulan dan tidak kunjung sembuh, lalu membuat wajah menjadi bengkak dan memicu demam yang tinggi, langsung saja melakukan konsultasi dengan dokter yang berkaitan.

Selain itu, jaga selalu kesehatan kulit Sedulur dengan mengkonsumsi makanan yang kaya serat agar bisa terbebas dari beragam penyakit kulit seperti buah-buahan dan sayur.