kayu bajakah

Beragam khasiat kayu bajakah asli untuk kesehatab tubuh. Berikut serba-serbi lengkapnya.

Kayu bajakah diakui memiliki beragam khasiat untuk menyembuhkan bermacam-macam penyakit. Tanaman ini dapat ditemukan di pedalaman yang terletak di Kalimantan Tengah. Memiliki nama ilmiah Spatholobus littoralis Hassk kayu ini merupakan salah satu tumbuhan yang dimanfaatkan oleh masyarakat suku Dayak sebagai obat tradisional untuk mengembalikan stamina dan mengobati banyak penyakit.

Tinggi tanaman kayu ini dapat mencapai 23 meter dan tumbuh subur di Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Banyak penelitian membuktikan jika kayu ini memiliki kandungan fenolik, flavonoid, tanin, dan saponin. Berikut khasiat yang dimiliki untuk bisa mengobati berbagai penyakit kronis.

Khasiat kayu bajakah yang tersohor adalah sebagai obat mencegah kanker dan diabetes. Tentunya manfaat yang besar ini mendorong banyak peneliti untuk melakukan kajian lebih lanjut mengenai manfaat lainnya. Dalam penelitian lain juga terungkap bahwa tanaman kayu ini bisa dimanfaatkan sebagai obat luar atau salep.

-->

Baca juga: 12 Manfaat Bunga Telang yang Baik Untuk Mengurangi Stress

1. Mencegah penuaan dini

manfaat kayu bajakah
kompas

Salah satu kasiat kayu bajakah yang pertama adalah diklaim mengandung phenol dan sebagai agen antibacterial. Ekstrak yang mengandung katekin tinggi ini mampu mencegah penyakit jantung, obesitas, dan membantu pembentukan kolagen.

Senyawa ini juga dipercaya bisa mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Mengonsumsi makanan dan minuman dengan antoksidan tinggi akan mencegah kulit keriput, membuat kulit lebih kencang dan halus.

2. Menurunkan risiko penyakit kanker

khasiat kayu bajakah
alodokter

Manfaat kayu bajakah memang ampuh untuk penderita penyakit kanker. Zat antioksidan akar ini memiliki kadar yang cukup tinggi. Bahkan sebanding dengan yang dikandung di kayu secang. Zat flavonoid dari bajakah merah dan putih baik dari bagian kulit dan batangnya memiliki kadar yang cukup tinggi. Senyawa ini yang mampu mengendalikan risiko kanker karena kandungan fenoliknya.

3. Menjaga imunitas

kayu bajakah asli
unpak

Kayu bajakah tidak hanya digunakan sebagai obat penyakit kronis. Kandungan dari kayu ini juga dapat digunakan untuk menjaga imunitas. Saponin adalah senyawa kimia glikosida aktif yang ada dalam berbagai macam tumbuhan, biji-bijian, dan sayuran juga dimiliki di akar ini. Fungsinya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi antibodi.

4. Menjaga tubuh dari penyakit kronis

khasiat kayu bajakah untuk penyakit apa saja

Radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif pada tubuh bisa dihalau dengan akar kayu ini. Hal ini didukung dengan adanya flavonoid sebagai agen antioksidan yang berfungsi menghalau racun tersebut secara efisien. Antioksidan tersebut dapat mencegah perkembangan penyakit kronis seperti kardiovaskuler, diabetes, kanker, dan penyakit kognitif seperti Alzheimer.

5. Mempercepat penyembuhan luka

testimoni minum kayu bajakah

Manfaat kayu bajakah lainnya sanggup mempercepat penyembuhan luka. Senyawa tanin yang ditemukan dalam tanaman ini berfungsi untuk menghilangkan mikroba berbahaya dari tubuh. Selain itu, zat ini juga ampuh melawan bakteri, virus, dan jamur berbahaya dengan cara mempercepat pembekuan darah agar luka cepat sembuh.

6. Mencegah diabetes

cara konsumsi kayu bajakah

Selain menjadi agen antioksidan, kandungan flavanoid dari tanaman ini dapat bekerja mencegah diabetes dan komplikasi melalui regulasi metabolismes glukosa, aktivitas enzim hati, dan profil lipid. 

7. Mencegah penyakit artritis

cara konsumsi kayu bajakah asli
kompas

Artritis adalah kondisi peradangan pada sendi yang menyebabkan nyeri dan kekakuan otot yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia. Tanin adalah salah satu kandungan dari kayu bajakah sebagai zat kimia kompleks yang berasal dari asam fenolik. Fungsinya adalah melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat, artritis, atau kondisi peradangan lainnya.

8. Menangkal radikal bebas

kayu bajakah radikal bebas
liputan6

Satu lagi khasiat kayu bajakah yaitu mampu menangka radikal bebas berkat kehadiran fenolik. Punya peran sebagai agen antioksidan yang kuat, kandungan ini mampu mempercepat penyembuhan penyakit degeneratif seperti diabetes, kerusakan hati, penyakit kardiovaskuler, dan kanker.

Cara konsumsi kayu bajakah

Sudah banyak sekali tutorial mengenai cara konsumsi kayu bajakah di dari laman hinggan platform video. Untuk panduan yang tepat sasaran, ikuti langkah ini saja. Potong kayu bajakah dan rebus dalam air hingga mendidih. Potongan tersebut dapat digunakan sampai dua kali pemakaian. Penggunaan potongan kayu yang pertama tidak boleh disimpan dalam lemari pendingin dan disarankan untuk disimpan di tempat bersuhu ruangan normal dan bersih.

Efek samping dari kayu bajakah

Meski populer di kalangan masyarakat sebagai obat untuk menangkal radikal bebas, kanker dan diabates, masih banyak dokter belum yakin akan khasiat kayu ini. Sebab belum ada penelitian yang pasti mengenai manfaat kayu bajakah ini secara akurat. Bahkan belum diketahui seperti apa testimoni minum kayu bajakah.

Kementerian Kesehatan sendiri berniat melakukan penelitian lebih dalam terkait manfaat bajakah untuk kanker payudara. Belum ada perencanaan yang lebih detail maupun tindakan yang akan dilakukan dalam waktu dekat. 

Itulah tadi penjelasan mengenai khasiat, cara konsumsi, serta efek samping kayu bajakah. Semoga Sedulur bisa mendapatkan informasi valid yang bermanfaat untuk meningkatkan kondisi kesehatanmu. Selain menjaga pola dan gaya hidup, pastikan untuk selalu mendapatkan asupan makanan bergizi. Dengan menyetok bahan sembako di Aplikasi Super, tubuhmu akan teraliri energi dari bahan makanan berkualitas.