Gusi bengkak sakitnya sama dengan sakit gigi, perlu minum obat gusi bengkak segera agar sakit bisa reda dan gusi pun bisa sembuh. Selain itu, gusi bengkak juga bisa membuat kita kesulitan makan dan minum, efek samping gusi bengkak lainnya adalah  suara kita saat berbicara akan terganggu. Aktivitas kita akan banyak terganggu akibat sakit gusi.

Jika Sedulur tidak ingin langsung periksa ke dokter, untuk mengatasinya Sedulur bisa langsung meminum obat gusi bengkak. Mencegah agar tidak bergesakan dengan pipi bagian dalam. Sedulur bisa membeli beberapa obat di apotik yang ampuh untuk menyembuhkan gusi bengkak. Berikut ini beberapa rekomendasi obat gusi bengkak yang cocok untuk Sedulur. Yuk, kita simak!

Baca Juga: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Pereda Nyeri Bisa Dibeli di Apotek

1. Hidrogen peroksida

obat sakit gusi
alodokter

Rekomendasi obat gusi bengkak yang pertama adalah hidrogen peroksida, merupakan obat larutan antiseptik yang bisa digunakan untuk berkumur dalam rangka menghilangkan sakit gigi dan sakit gusi yang bengkak. Hidrogen peroksida dapat melawan bakteri yang menjadi penyebab utama sakit gusi dan gigi.

Sedulur yang menderita sakit gusi atau sariwan, dapat segera mengkonsumsi hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida tersedia di apotek dan toko obat terdekat. Obat ini juga masuk dalam kategori obat aman, karena bisa Sedulur beli tanpa harus menggunakan resep atau rekomendasi dari dokter.

2. Paracetamol

unsplash

Selain sebagai obat gusi bengkak, paracetamol juga merupakan obat yang ampuh mengobatkan segala nyeri yang diderita oleh tubuh, mulai dari sakit kepala, pegel linu dan lain sebagainya. Selain itu, paracetamol juga merupakan obat yang mudah ditemui, baik di apotek ataupun di warung hingga minimarket dan supermarket.

Namun, penggunaan paracetamol harus memperhatikan dosis penggunaannya. Biasnaya paracetamol yang aman untuk dewasa memiliki dosis sebesar 500 mg hingga 1 gram. Sementara untuk balita dan anak-anak, dosis yang aman mengkonsumsi paracetamol adalah 60-120 mg. Hal ini untuk menghidari efek samping akibat mengkonsumsi dosis yang tidak sesuai.

3. Ibuprofen

obat sakit gusi
hellosehat

Hampir sama dengan paracetamol, ibuprofen juga merupakan obat gusi bengkak yang mujarab. Perbedaannya, ibuprofen dapat meredakan penyebab dari bengkak yang terjadi pada gusi. Kadangkala, gusi bengkak bisa menyebabkan sakit demam pada tubuh. Tidak seperti paracetamol, ibuprofen merupakan obat yang lebih kuat.

Maka dari itu, penggunaan dosis ibuprofen harus lebih ketat. Bagi orang dewasa, ibuprofen bisa dikonsumsi sekitar 200-400 mg, dan dikonsumsi 4-6 jam sekali. Sementara itu, bagi balita dan anak-anak, dosis yang aman dikonsumsi sekitar 4-10 mg, dapat diminum setiap 6-8 jam sekali.

4. Chlorhexidine

alodokter

Selama sakit gusi saat bengkak, pertumbuhan bakteri bisa terjadi dengan cepat, hal tersebut juga yang menyebabkan sakit gusi lebih nyeri. Chlorhexidine merupakan obat antiseptik kumur yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri saat sakit gigi dan gusi. Hal tersebut yang menyebabkan chlorhexidine ampuh sebagai obat untuk gusi bengkak.

Karena, yang menjadi penyebab sakit dapat diredakan dengan obat ini. Bakteri-bakteri akan mati dan mencegahnya untuk tumbuh subur dalam gusi dan mulut.

5. Cataflam

obat sakit gusi
hellosehat

Rekomendasi obat selanjutnya adalah cataflam. Cataflam obat gusi bengkak merupakan salah satu obat yang efektif menghilangkan sakit nyeri, bukan hanya nyeri gusi, namun juga dapat secara efektif menghilangkan nyeri akibat sakit gigi, sakit kepala, radang sendi dan juga sakit nyeri lainnya.

Cataflam merupakan obat yang mengandung diclofenac potassium atau diclofenac sodium. Cataflam merukan obat yang masuk pada Kategori C, yang memberikan efek samping terhadap ibu hamil. Maka dari itu, menggunakan obat ini harus dalam pengawasan dan resep dokter.

6. Antibiotik

alodokter

Antibiotik merupakan obat yang bisa meredakan nyeri. Biasanya, penanganan pertama untuk mengatasi rasa nyeri, diberikan antibiotik sebagai antisipasi pertama. Namun, penggunaan antibiotik diberikan untuk sakit gusi yang disebabkan oleh abses gigi. Abses gigi dapat menyebabkan infeksi pada gusi. Kadang, jika infeksi telah menyebar, bisa menyebabkan gusi bernanah.

Obat gusi bengkak bernanah tentu saja perlu penangan lebih lanjut oleh dokter gigi dan mulut. Namun biasanya, antibiotik yang diberikan adalah antibiotik intravena, dan harus dirawat karena perlu pengawasan dokter secara ketat.

7. Obat kumur antiseptik

obat sakit gusi
bp-guide

Alternatif obat sakit gusi bengkak lainnya yaitu obat kumur antiseptik. Biasanya, penyebab sakit gusi adalah terdapat kuman yang bersarang dalam plak dan karang gigi. Obat kumur antiseptik dapat secara efektif menghilangkan plak dan karang gigi yang menjadi penyebab sakit gusi dan sakit gigi.

Lebih baik, mengkonsumsi obat kumur antiseptik yang mengandung bahan antiseptik, seperti cetylpyridinium chloride. Sedulur juga bisa menggunakan obat kumur antiseptik yang mengandung klorheksidin. Klorheksidin merupakan bahan yang efektif untuk meredakan berbagai nyeri, terutama nyeri gusi dan gigi.

8. Mefinal

alodokter

Terdapat juga mefinal obat gusi bengkak, yang bisa Sedulur konsumsi untuk mengurangi rasa sakit. Mefinal merupakan obat yang memiliki kandungan Asam Mefenamat yang masuk dalam golongan obat yang mengandung anti inflamasi non steroid. Jenis obat yang mengandung anti inflamasi non steroid merupakan obat yang efektif sebagai anti nyeri.

Bukan hanya sebagai obat gusi bengkak karena gigi berlubang, Mefinal juga efektif untuk meredakan sakit gigi, sakit kepala, nyeri akibat haid, nyeri pada otot dan persendian juga untuk meredakan nyeri akibat operasi. Namun, mengkonsumsi obat ini perlu pengawasan dan resep dokter. Jadi, Sedulur wajib konsultasi dengan dokter, ya!

9. Kompres dengan es batu

obat sakit gusi
klikdokter

Rekomendasi obat sakit gigi gusi bengkak terakhir adalah menggunakan es batu. Salah satu cara ampuh untuk meredakan gusi bengkak yang sedang sakit dengan cepat. Sediakan es batu, lalu balut dengan kain, Sedulur bisa kompres ke bagian pipi dekat dengan gusi yang bengkak. Dingin yang dihasilkan es batu bisa memberikan efek pereda sakit.

Bukan hanya itu, suhu dingin juga bisa merangsang pembuluh darah di area wajah menjadi sempit, hal tersebut dapat secara efektif membentu melambatkan aliran darah tiba di bagian gusi yang bengkak. Hasilnya, sakit dan bengkak akan berkurang. Ulangi kompres hingga rasa sakit mereda, dan gusi yang bengkak menyusut perlahan.

Baca Juga: 12 Obat Pilek Bayi dan Anak Ala Rumahan yang Aman

Apa Penyebab Gusi Bengkak?

sehatq

Katanya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Setelah Sedulur berhasil sembuh dari sakit gusi, tindakan bijak yang bisa Sedulur lakukan adalah melakukan pencegahan agar sakit gusi tidak menyerang Sedulur lagi. Untuk dapat melakukan pencegahan, tentu saja Sedulur wajib mengetahui apa saja penyebab gusi bisa bengkak dan sakit. Berikut ini beberapa penyebabnya, harap Sedulur perhatikan dengan baik

1. Kebersihan gigi yang buruk

Hal ini merupakan hal umum yang menjadi penyebab gigi sakit. Menjaga kebersihan gigi harus dilakukan secara disiplin, agar bisa menjadi kebiasaan. Seperti menyikat gigi sebanyak 2 kali sehari, hingga berkumur menggunakan antiseptik setiap satu minggu sekali. Untuk mencegah kotoran dan bakteri berkembang biak di dalam tubuh.

Kebersihan gigi yang buruk juga bukan hanya bisa menyebabkan gusi bengkak, namun dapat membuat kondisi gigi menjadi buruk. Seperti gigi menjari rusak dan berlubang. Gigi berlubang juga merupakan penyebab sakit gusi. Berawal dari gigi berlubang, dapat menyebabkan bakteri berkembang biak dalam mulut, dan menyebabkan gusi menjadi bengkak.

2. Penyakit peridontal

Penyebab kedua diakibatkan oleh penyakit peridontal. Penyakit ini terjadi disebabkan oleh infeksi dan peradangan pada gusi yang menjadi penopang dari gigi. Terdapat dua tahapan dari penyakit peridontal pada gusi, pertama radang gusi dan kedua periodontitis. Ketika gusi meradang, dapat menjadi periodontitis.

Pada tahan periodontitis, gusi akan menarik dan surut dari gigi. Ini dapat mengubah struktur gigi dan bukan hanya menyebabkan gusi bengkak namun juga dapat menyebabkan gigi nyeri dan sakit. Beberapa gejala yang akan dialami saat tahap peridontitis yaitu:

  • Gigi tampak lebih jauh dari gusi, hal ini akan mempengaruhi kita saat makan, minum dan berbicara.
  • Gigi akan mudah goyang dan memberikan rasa sakit yang berlebih.
  • Nanah akan muncul di atnara gusi dan gigi. Jika hal ini terjadi, maka langkah yang efektif adalah mengunjungi dokter gigi dan berkonsultasi secara langsung.
  • Struktur gigi akan berubah, dan mengubah struktur gigi kita saat mengunyah. Kita akan sering mengalami sakit saat mengunyah akibatnya.

Baca Juga: 8 Manfaat Kayu Bajakah Sebagai Obat Kanker & Penuaan Dini

3. Abses gigi

Penyebab selanjutnya adalah abses gigi. Abses gigi merupakan kumpulan nanah yang terbentuk dalam gigi dan gusi, yang disebabkan oleh bakteri yang tumbuh dan berkembang biak. Seperti yang telah disinggung beberapa kali dalam penjelasan sebelumnya. Abses gigi terdiri dari dua jenis, pertama abses periapikal, yang terjadi akibat pembusukan, patah gigi, dan rusaknya akar gigi. Kedua abses periodontal, kondisi yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya.

Berikut ini beberapa gejala yang dirasakan oleh para penderita abses gigi, gusi bengkak dan nyeri hanya salah satu bagiannya saja:

  • Rasa sakit yang menusuk di gigi atau gusi
  • Nyeri yang menjalar ke telinga, rahang, atau leher
  • Nyeri yang semakin parah saat berbaring
  • Gigi yang berubah warna, atau lepas
  • Wajah kemerahan dan bengkak
  • Kepekaan terhadap makanan atau minuman panas dan dingin
  • Bau mulut
  • Rasa tidak enak di mulut
  • Jika abses gigi parah, seseorang mungkin juga mengalami demam, kesulitan membuka mulut dan menelan
  • Masalah pernapasan

4. Kehamilan

Kehamilan juga merupakan penyabab terjadinya sakit gusi. Hal tersebut disebabkan karena hormon yang disailkan tubuh saat kehamilan dapat meningkatkan aliran darah kepada gusi. Gusi kemudian menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi hingga terjadinya peradangan. Selain itu, pertumbuhan hormon tersebut dapat mengalangi imunitas tubuh untuk melawan bakteri yang menyebabkan gusi terinfeksi.

Semoga daftar rekomendasi obat gusi bengkak di atas bisa membantu Sedulur dalam meredakan sakit gusi yang tengah dialami. Mengobati bagian tubuh yang sakit merupakan sebuah kewajiban, terutama jika hal tersebut sudah menganggu aktivitas kita. Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh, agar selalu terhindar dari penyakit.

Salah satu hal yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menjaga konsumsi makanan. Pilih makanan sehat dan berkualitas untuk dikonsumsi. Agar lebih memudahkan Sedulur, Sedulur juga bisa menggunakan Aplikasi Super untuk mendapatkan makanan yang sehat dan berkualitas. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar bisa segera mencoba manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super.