rumah mediterania minimalis

Salah satu gaya rumah yang cukup menarik untuk masyarakat di Indonesia adalah gaya mediterania. Hal ini lantaran rumah mediterania minimalis bisa menciptakan suasana yang elegan dan kesan mewah pada setiap sudut hunian.

Gaya rumah ini pun memiliki tingkat popularitas yang hampir mirip dengan gaya scandinavian. Jika Sedulur tertarik untuk membuat rumah mediterania minimalis sebagai hunian. Mari simak beberapa tips dan ide desain yang cocok dibangun di Indonesia berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Plafon Kamar Tidur yang Super Nyaman!

Ciri Rumah Mediterania

The Spruce

Gaya mediterania merupakan salah satu konsep hunian yang cukup klasik dan tua. Namun, gaya ini tetap diminati banyak orang karena bisa memberikan kesan mewah pada sebuah hunian.

Di Indonesia sendiri, konsep bangunan mediterania sempat populer sekitar tahun 80-an hingga 90-an. Gaya arsitektur yang diusung oleh tema mediterania umumnya menyesuaikan dengan keadaan alam yang ada di sekitarnya.

Ada beberapa ciri khas bangunan rumah mediterania yang membuat gaya rumah ini terbilang cukup unik. Berikut ini diantaranya:

  • Genteng tanah liat

Salah satu ciri khas rumah gaya Mediterania yang pertama adalah terletak pada bagian puncaknya. Genteng yang digunakan untuk gaya rumah Mediterania terbuat dari tanah liat yang berwarna cokelat sedikit kemerahan. Warna tersebut memang menjadi salah satu warna yang paling banyak digunakan untuk rumah gaya Mediterania.

  • Adanya pilar besar

Bangunan rumah Mediterania memang sangat identik dengan keberadaan pilar di bagian depan rumah. Tujuan penambahan pilar yang kuat dan besar ini tidak lain adalah untuk menciptakan kesan mewah serta elegan bagi orang yang melihatnya. Tak hanya itu saja, pilar juga sangat berfungsi sebagai penahan adanya konstruksi.

  • Teknik ukir pada dinding

Ciri khas rumah gaya Mediterania adalah terletak pada material dan ukiran yang dibangun. Pada umumnya, rumah gaya Mediterania menggunakan bahan batuan alam dan jenis batuan lain seperti marmer sebagai finishing untuk dinding eksterior. Penggunaan dua jenis batuan tersebut akan membuat rumah gaya Mediterania semakin terlihat elegan dan mewah.

  • Pemilihan unsur pada interior dan eksterior

Beda halnya dengan rumah gaya minimalis yang lainnya, rumah mediterania memiliki ciri khas juga pada warna rumahnya. Warna yang dipilih umumnya berwarna kalem tetapi elegan, seperti coklat, krem, coklat muda, abu-abu, dan putih gading. Warna-warna tersebut juga merupakan bagian dari warna tanah alami.

  • Aksen lengkung jendela dan pintu

Dengan melihat sekilas saja, pasti Sedulur sudah bisa menebak desain pintu khas gaya Mediterania. Gaya ini biasanya terdapat di bagian jendela dan pintu. Jika di bagian pintu, bentuknya adalah persegi panjang dengan bentuk sedikit melengkung di bagian atas. Bentuk lengkungan tersebut adalah agar sirkulasi udara yang terdapat di rumah tersebut menjadi maksimal.

BACA JUGA: 15 Inspirasi Desain Dapur Bawah Tangga, Minimalis tapi Mewah

Inspirasi Rumah Mediterania

Nah, biar semakin mendapatkan gambaran dan inspirasi tentang rumah mediterania minimalis yang menarik. Simak beberapa berikut ini!

1. Gaya mediterania minimalis

rumah mediterania minimalis
Apartement Therapy

Perpaduan desain mediterania dengan konsep minimalis ternyata bisa menghasilkan rumah yang cantik, seperti terlihat pada gambar di atas. Ada dua kesan yang didapatkan sekaligus dari rumah mediterania minimalis, yakni elegan dan menenangkan. Jadi, rumahnya bisa menjadi tempat pulang yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

2. Rumah modern mediterania

Seperti yang telah dijelaskan, mediterania adalah gaya arsitektur yang sangat fleksibel, dimana gaya mediterania juga sangat cocok dipadukan dengan sentuhan modern. Sedulur dapat menerapkan ciri khas mediterania di bagian jendela seperti gambar di atas. Serta cerobong asap yang mendominasi rumah klasik mediterania.

3. Aksen tropis rumah mediterania

rumah mediterania minimalis
Hall & Hart

Desain mediterania yang biasanya diterapkan di wilayah tropis, menjadikan desain ini sangat cocok dipadukan dengan desain tropis. Untuk menonjolkan nuansa tropical, Sedulur dapat menambahkan beberapa tanaman tropis seperti kaktus, dan pohon tropis lainnya.

Perpaduan desain ini sangat cocok diterapkan di Indonesia karena Indonesia sendiri memiliki cuaca tropis.

4. Rumah mediterania simple

Gaya rumah klasik mediterania merupakan desain yang sangat fleksibel. Terbukti rumah mediterania dapat diterapkan di lahan terbatas dengan konsep minimalis sekalipun. Konsep mediterania yang khas berpadu dengan konsep minimalis yang simpel, membuat tampilan hunian menjadi elegan dan estetik, namun juga fungsional dan nyaman.

5. Gaya mediterania mewah

rumah mediterania minimalis
Architectural Digest

Kesan modern pada rumah ini terlihat dari penggunaan catnya yang polos dan bentuk jendelanya yang persegi. Sementara itu, kesan mediterania tercermin dari penggunaan gentengnya yang khas, terdapat lengkungan pada area pintu masuk, dan pemilihan warnanya yang alami.

Desain rumah mediterania mewah ini cocok diterapkan pada hunian yang berada di kawasan pesisir.

6. Rumah mediterania dengan kolam 

Jika memiliki halaman yang luas, selain membuat area berbincang, Sedulur juga dapat membuat area bersantai seperti kolam renang seperti di atas. Untuk menonjolkan desain mediterania, Sedulur dapat memakai material batu marmer pada bagian dinding fasad rumah.

7. Rumah 2 lantai gaya mediterania

ide fasad rumah 2 lantai
Fox Blocks

Kesan apa yang pertama kali muncul di benakmu begitu melihat desain rumah mediterania 2 lantai di atas? Besar kemungkinan, kamu membayangkan rumah villa cantik di tempat liburan.

Jika punya bujet lebih, kamu bisa mencoba mendesain rumah dengan konsep seperti pada gambar di atas. Rumahnya mengadopsi konsep mediterania yang menyegarkan dan desain minimalis yang simpel.

Lalu, jangan lupa tempatkan kursi santai di bagian teras rumahnya. Dengan begitu, kamu bisa merasakan suasana berlibur setiap hari.

8. Gaya mediterania ala Yunani

Rumah mediterania ala Yunani biasanya diterapkan di wilayah perbukitan yang didominasi dengan warna putih dan biru. Sedulur dapat menerapkan warna putih pada tembok dan warna biru pada kusen jendela, pintu, dan bagian rumah lain yang terbuat dari material kayu.

Rumah mediterania ala Yunani memberikan kesan elegan, homey, dan menenangkan.

9. Desain earth tone mediterania

Interior Design Ideas

Desain mediterania biasanya memiliki halaman depan dan belakang yang luas, dan dibatasi oleh pagar-pagar tinggi. Rumah dengan desain mediterania biasanya menggunakan palet warna earth-tone atau warna-warna kebumian. Dengan sentuhan warna earth tone, membuat tampilan rumah mediterania semakin elegan dan artistik.

10. Rumah mediterania klasik

Untuk merancang rumah klasik ini, kamu bisa berpedoman pada ciri-ciri yang sudah dijelaskan pada awal artikel. Artinya, rumah mediterania klasik memiliki ciri seperti penggunaan genteng yang terbuat dari tanah liat, pintu yang melengkung, penggunaan batuan alam, serta dipercantik warna alami.

Namun tentu saja, jika diterapkan di Indonesia, rumahnya akan tampil mencolok dan menjadi pusat perhatian. Sebagai tips, kamu bisa memagari rumahnya dengan pagar yang tinggi agar privasi di dalam hunian tetap terjaga.

11. Rumah dengan halaman luas

cara menata batu di taman
Vecteezy

Untuk Sedulur yang memiliki lahan lebih luas, Sedulur dapat membuat halaman yang luas seperti gambar di atas. Dengan halaman yang luas, Sedulur dapat membuat area untuk bersantai dan berbincang dengan tamu atau keluarga. Tambahkan furniture seperti kursi rotan dengan perapian yang identik dengan rumah-rumah klasik mediterania.

12. Mengusung konsep kontemporer mediterania

Rumah dengan desain kontemporer sendiri artinya rumah yang berfokus pada sisi estetika maupun elemen yang sedang tren atau bersifat kekinian. Rumah klasik mediterania juga dapat dipadukan dengan desain kontemporer seperti gambar di atas.

Rumah kontemporer tak hanya berfokus pada sesuatu yang unik dan terkesan futuristik saja. Rumah kontemporer justru merupakan salah satu desain yang menerapkan prinsip eco home sebagai daya tariknya.

13. Rumah mediterania sederhana

Honest Renovators

Rumah klasik mediterania sendiri sudah lama menjadi salah satu gaya arsitektur yang banyak dipilih untuk desain hunian di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Banyak masyarakat Indonesia yang juga menerapkan desain rumah klasik mediterania dikarenakan cocok dengan bahan material, gaya bangunan, dan iklim di Indonesia.

Rumah klasik mediterania tak melulu harus dibangun dengan lahan yang luas. Pasalnya, dengan lahan terbatas dan hanya 1 lantai pun, rumah klasik mediterania dapat terlihat indah, seperti gambar di atas yang menunjukkan rumah dengan konsep mediterania yang sederhana.

Meski terlihat mungil, rumah klasik mediterania sederhana ini terlihat sangat nyaman dan estetik.

Demikian tadi deretan ide dan inspirasi rumah mediterania minimalis yang bisa Sedulur coba. Namun, untuk bisa menciptakan harmonisasi yang tepat, Sedulur harus mempersiapkan desain dengan matang agar setiap eksekusinya bisa maksimal. Jadi selamat mencoba ya!