plafon kamar tidur

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk membuat desain kamar tidur terlihat semakin keren dan nyaman, salah satunya adalah pemilihan model plafon kamar tidur itu sendiri. Dengan mengaplikasikan model plafon yang tepat, maka bisa membuat dekorasi terasa lebih estetik.

Pemilihan plafon untuk kamar memang terlihat sederhana, namun tidak boleh disepelekan begitu saja. Selain berfungsi sebagai penutup bagian langit-langit pada ruangan, plafon juga mampu memberi sentuhan secara dekoratif.

Bagi Sedulur yang masih bingung untuk memilih model plafon kamar yang tepat dan sesuai, berikut akan dibagikan beberapa desain yang bisa menjadi inspirasi.

BACA JUGA: 30 Desain Model Kamar Tidur Sederhana Tapi Mewah

1. Model kotak

Housing

Model bentuk plafon pertama yang dapat Sedulur aplikasikan di kamar tidur adalah bentuk kotak. Desain kotak semacam ini memang terbilang minimalis dan sangat mudah untuk diaplikasikan. Hanya perlu diletakkan di bagian tengah, maka akan tampak dekorasi yang cantik.

Selain untuk kamar tidur, biasanya desain plafon semacam ini juga sering digunakan sebagai pada ruangan-ruangan lain, seperti ruang keluarga, ruang tamu, atau bahkan dapur. Intinya, model plafon ini sangat cocok diterapkan pada desain interior rumah minimalis.

2. Desain mengambang

Untuk plafon kamar yang satu ini dirancang seolah-olah melayang, sehingga akan terlihat sangat menarik dan juga mewah. Nah, untuk bisa mendapatkan desain seperti ini, Sedulur juga bisa memanfaatkan plafon gypsum yang dikaitkan sebuah pengait.

Dengan begitu, maka plafon di kamar tidur akan terlihat seperti mengambang. Plafon gypsum minimalis tersebut, dijamin bakal membuat tampilan pada interior terlihat menjadi semakin estetik.

3. Plafon garis simetris

plafon kamar tidur
Bob Vila

Kemudian untuk plafon garis simetris ini, dapat Sedulur gunakan pada desain kamar tidur minimalis dengan ukuran 3×4 meter. Pastinya tampilan dan nuansa dari ruangan tersebut akan terasa lebih mewah. Desain ini menggunakan jenis lampu khusus plafon minimalis.

Menariknya, Sedulur dapat memilih warna lampu yang akan digunakan sesuai dengan keinginan. Coba nyalakan lampu ketika malam hari, dan desain interior kamar akan terlihat elegan.

4. Bentuk bertingkat

Dapat dikatakan jika plafon kamar bertingkat masih menjadi salah satu model plafon minimalis yang banyak dipilih. Hal ini karena model tersebut akan terasa sangat menarik ketika diaplikasikan pada kamar tidur minimalis modern.

Dengan desain yang dibuat seolah-olah bertingkat, model plafon dari bahan gypsum minimalis ini mampu membuat dekorasi kamar minimalis menjadi lebih dinamis. Tinggal tambahkan beberapa lampu plafon, maka ruangan tersebut akan terasa semakin nyaman.

5. Bentuk asimetris

Kemudian ada model plafon asimetris, yang mampu membuat desain kamar tidur terlihat lebih menarik dan cantik. Pokoknya kesan artistik yang dihasilkan tetap terlihat simpel dan keren. Plafon yang berbahan GRC ini, bakal menghadirkan aksentuasi yang dinamis pada desain kamar tidur.

Sementara untuk membuat ruangan menjadi terang, coba pilih warna cat plafon dengan warna netral, seperti putih atau krem.

6. Plafon romantis

Pinterest

Sedulur ingin menciptakan suasana yang lebih romantis pada kamar tidur utama di rumah? Coba aplikasikan model plafon dengan logo atau gambar hati ini. Plafon ini memiliki desain layaknya dua hati yang saling berkaitan.

Kemudian buatlah logo hati tersebut sekaligus sebagai penerangan utama ruangan, sehingga terasa lebih menonjol. Dengan begitu, dijamin kamar tidur akan terlihat cantik dan unik, seperti sedang bulan madu setiap harinya.

7. Kombinasi bulat

Opsi lain untuk membuat desain interior kamar semakin cantik adalah penggunaan plafon gypsum dengan kombinasi bentuk bulat dan juga gelombang. Hal ini akan menjadikan ruangan tempat beristirahat tampak berkarakter dan dinamis.

Supaya tampak lebih menarik, maka padukan juga antara warna cat plafon putih dengan hijau sebagai aksen dari interior kamar tidur. Pastinya Sedulur akan merasa betah untuk berlama-lama berada di kamar tidur.

8. Plafon sederhana

Archifiy

Jika Sedulur menghendaki sebuah kamar tidur minimalis dengan desain interior yang sederhana, maka model langit-langit kamar ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Model plafon  untuk ukuran 3×3 meter tersebut akan menghadirkan nuansa yang elegan dan mewah.

Tidak hanya itu, Sedulur juga bisa menerapkan warna-warna netral seperti putih, hitam, dan abu-abu untuk setiap komponen di dalam kamar. Sehingga nuansa kontemporer begitu terasa kental ketika memasuki ruangan tersebut.

9. Model trapesium

Untuk saat ini, model plafon memang semakin banyak dan sangat bervariasi. Bagi yang ingin memperlihatkan kesan unik pada kamar tidur, bisa memilih plafon dengan desain bentuk trapesium. Desain plafon tersebut memang sengaja dirancang secara unik, agar dekorasi kamar tidur terasa estetik.

Bentuk plafon yang semacam ini juga akan membuat kamar tidur di hunian Sedulur terlihat semakin cantik dan juga nyaman. Kini, aktivitas di dalam kamar tidur juga semakin akan semakin menyenangkan dan jauh dari kata bosan.

10. Ceiling dengan Lampu

Tampaknya idiom ‘less is more’ kini menjadi benar adanya jika plafon pada kamar tidur minimalis dibuat dengan bentuk seperti yang satu ini. Benar-benar terlihat keren, bukan? Model plafon ini terlihat sangat mewah dan estetik.

Hal ini bisa terjadi karena bentuknya dibuat secara memanjang, kemudian ditambahkan beberapa hiasan berupa lampu yang diletakkan di bagian tepinya.

11. Konsep futuristik

Joom

Ya, kini konsep futuristik mulai banyak diterapkan di banyak hunian. Jika Sedulur menginginkan tampilan plafon dengan gaya yang terkesan modern dan futuristik, maka model plafon yang satu ini dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Sedulur dapat membuat desain plafon ceiling dengan tambahan aksen pencahayaan. Nah, aksen pencahayaan itulah yang menimbulkan kesan modern dan unik pada bagian plafon kamar tidur.

12. Plafon cantik

Berikutnya ada model langit-langit kamar tidur yang terlihat cantik dan sangat cocok untuk anak perempuan. Sedulur bisa menerapkan konsep plafon yang satu ini pada kamar tidur berukuran 3×4, kemudian dilengkapi lampu gantung minimalis.

Dengan begitu, maka tampilan interior kamar akan tampak lebih cantik. Tampilan pada bagian langit-langit ruangan tersebut juga akan semakin menarik, dengan penggunaan cat list plafon berwarna pink.

13. Nuansa natural

plafon kamar tidur
Building and Interior

Mungkin konsep yang diusung pada desain hunian Sedulur adalah natural minimalis. Jika iya, maka jangan lupa aplikasikan pula konsep tersebut pada bagian kamar tidur. Dalam hal ini, Sedulur dapat memilih plafon yang terbuat dari kayu.

Plafon kayu sendiri memang banyak disukai karena mampu memberi efek yang mewah serta nyaman. Bahkan dengan ukuran kamar tidur yang kecil pun, pemilihan model plafon kayu ini akan terasa sangat tepat.

14. Plafon melengkung

Kesan yang mewah sekaligus unik akan dihasilkan dari penerapan desain plafon yang satu ini. Ya, Sedulur dapat menerapkan model plafon dengan pinggiran yang melengkung. Pilihlah bentuk lengkungan yang ada di satu sisi plafon saja, kemudian letakkan tepat di atas atau area sekitar tempat tidur.

Penggunaan model plafon seperti ini, dijamin akan memberikan kesan yang elegan dan dinamis pada desain kamar tidur.

15. Merangkap headboard

iNews

Ide langit-langit untuk kamar tidur yang terakhir, yakni merangkap headboard. Bagi yang memiliki kamar tidur minimalis dengan ukuran 3×3, pemilihan plafon yang terhubung dengan headboard sangatlah tepat. Desain plafon ini akan dibuat senada dengan desain headboard.

Pemilihan dari desain plafon semacam ini juga lebih menghemat ruang, lho. Karena Sedulur tidak perlu lagi menambahkan lampu pada bagian headboard.

Itulah deretan rekomendasi desain plafon kamar tidur yang bisa dipilih untuk saat ini. Dengan menggunakan model-model plafon di atas, tentu saja desain interior pada kamar tidur akan terasa lebih cantik, menarik, dan juga tampak hidup.

Jadi silahkan pilih model plafon atau langit-langit kamar tidur mana yang sesuai dengan konsep hunian atau sekiranya menarik perhatian Sedulur!