dapur bawah tangga

Jika Sedulur pernah melihat ada ruangan di bawah tangga, hal tersebut merupakan salah satu pemanfaatan sisa ruangan agar bisa dijadikan ruangan yang berfungsi bagi rumah. Bagi Sedulur yang tertarik memanfaatkan ruangan bawah tangga, Sedulur bisa memanfaatkannya menjadi dapur.

Bingung membayangkan bagaimana desain dapur bawah tangga, dengan ruangan dan ukuran yang sangat terbatas tersebut? Maka dari itu, untuk memberikan inspirasi Sedulur, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas beberapa rekomendasi desain dapur dekat tangga.

Seperti apa saja desain rekomendasi dapur bawah tangga yang dimaksud? Yuk mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Desain Tangga Besi Minimalis Cantik nan Elegan

-->

1. Desain dapur minimalis warna cerah

Pinterest

Desain dapur yang satu ini cocok digunakan untuk rumah mungil Sedulur. Perpaduan warna cerah pada dapur, yaitu warna putih, biru muda, dan kuning membuat ruangan menjadi lebih terang Dapur yang satu ini juga mengusung gaya open plan, sehingga area mungil pada bawah tangga menjadi terlihat lebih luas.

Meskipun mungil, dapur ini mampu memuat berbagai alat yang diperlukan pada dapur, seperti kompor dan rice cooker. Dijamin, area bawah tangga Sedulur bisa menjadi sangat bermanfaat dengan fungsi yang lebih penting bagi rumah Sedulur.

2. Dapur dekat tangga dengan meja dapur marmer

Bagi Sedulur yang ingin memanfaatkan area bawah tanga sebagai dapur yang elegan, Sedulur bisa menggunakan desain satu ini. Sedulur bisa memberi splash of color pada dapur minimalis ini  dengan menggunakan kitchen set berwarna cerah, seperti warna biru.

Kitchen set berwarna biru akan terlihat cantik dipadukan dengan ubin keramik dinding putih dan meja dapur material marmer cokelat. Sedulur juga dapat menyimpan lemari pada area bawah tangga untuk menambah area penyimpanan di dapur.

Pada bagian lemari tersebut, Sedulur dapat menyimpan berbagai barang elektronik dapur seperti microwave dan dispenser air.

3. Desain dapur modern bawah tangga

dapur bawah tangga
Cosentino

Jika Sedulur ingin memiliki dapur bernuansa modern, Sedulur dapat mengaplikasikan desain yang satu ini pada dapur. Gunakan kitchen set kayu sederhana berwarna terang untuk membuat ruangan tampak lebih minimalis.

Jika Sedulur memiliki rumah dengan plafon tinggi, Sedulur dapat menyimpan lemari gantung untuk menambah ruang penyimpanan di area memasak. Tapi pastikan area bawah tangga Sedulur bisa dimanfaatkan menjadi dapur dengan luas yang cukup.

Hal tersebut bertujuan agar Sedulur tetap dapat leluasa saat memasak dan meracik berbagai bahan makanan menjadi makanan yang nikmat dan lezat bagi keluarga.

4. Dapur mungil di bawah tangga

Tidak perlu ruangan yang luas untuk dapur, area bawah tangga juga bisa menjadi dapur mungil bagi Sedulur. Rekomendasi desain dapur mungil yang satu ini dapat memuat kompor tanam, rice cooker, dan wastafel untuk mencuci piring.

Untuk menambah tempat penyimpanan, Sedulur dapat menggunakan lemari gantung dan rak gantung pada dinding dapur. Agar ruangan mungil ini tampak lebih luas, Sedulur dapat menggunakan warna putih pada meja dapur Sedulur.

5. Desain dapur minimalis dengan nuansa etnik

Buat dapur minimalis Sedulur menjadi bernuansa etnik dijamin dapat membuat Sedulur semakin betah masak dan menghasilkan makanan yang nikmat. Dapur bernuansa etnik membuat ruangan terasa lebih adem, sejuk, dan nyaman.

Desain ini juga sangat cocok, terutama bagi Sedulur yang menyukai berbagai nuansa etnik dan menyukai nuansa yang berbau khas dan unik.

Untuk mempertebal kesan etnik, Sedulur bisa menambah beberapa perabotan seperti lampu kayu, meja kayu, kursi kayu, dan aksen dinding kayu. Tambah juga beberapa dekorasi ruangan layaknya tanaman hias hijau untuk menambah nuansa asri.

6. Dapur minimalis putih dengan banyak lemari

dapur bawah tangga
Buzz House

Ada juga desain dapur minimalis yang memanfaatkan area bawah tangga yang bisa jadi pilihan Sedulur. Desain dapur minimalis bawah tangga ini bisa Sedulur tiru di rumah Sedulur yang minimalis. Karena ukurannya yang mungil, dapur dekat tangga umumnya tidak memiliki banyak tempat untuk menyimpan barang.

Untuk mengatasi hal ini, Sedulur bisa mengubah area kosong pada tangga menjadi lemari untuk menyimpan alat-alat memasak. Sedulur juga bisa menyamakan lemari tersebut dengan kitchen set sehingga keseluruhan ruangan tampak senada dan serasi.

7. Desain dapur minimalis nan elegan

Walaupun sederhana dan mungil, Sedulur dapat membuat dapur dekat tangga tampak lebih elegan. Caranya mudah, tambahkan beberapa dekorasi seperti lampu gantung, meja marmer, dan rak pada dapur Sedulur yang mungil.

Selain itu, Sedulur juga dapat menggunakan warna monokrom untuk menambah kesan elegan pada dapur. Dijamin dapur menjadi lebih menarik dan tertata rapih. Memasak pun bisa lebih betah dan menghasilkan makanan yang nikmat.

8. Dapur yang didominasi warna monokrom

Agar dapur dekat  tangga tampak lebih modern dengan menggunakan warna monokrom pada perabotan dapur. Padukan meja dapur berwarna gelap dengan dinding keramik putih agar ruangan tampak lebih menawan.

Jika Sedulur masih kekurangan tempat karena area dapur yang mungil, Sedulur dapat menyimpan kitchen island atau meja tambahan. Keduanya dapat Sedulur gunakan untuk menyiapkan makanan.

9. Dapur modern dengan kesan maskulin yang memesona

Inspirasi dan rekomendasi desain dapur bawah tangga berikutnya bisa Sedulur aplikasikan jika Sedulur senang dapur dengan gaya modern. Kesan modern bisa Sedulur temukan berkat penggunaan warna gelap pada ruangan ini, yakni aksen hitam pada dinding dan kitchen island.

Untuk membuat dapur terlihat lebih terang, warna gelap ini dipadukan dengan warna pastel dan netral. Warna yang dimaksud contohnya hijau pada kitchen set, cokelat pada lantai kayu, dan putih pada tangga.

10. Dapur mungil bawah tangga dengan mini-bar

Desain dapur bawah tangga terakhir yang minimlasi bisa meniru desain yang satu ini. Sedulur bisa aplikasikan di rumah berukuran kecil. Agar ruangan terlihat lebih luas, Sedulur bisa memilih kitchen set berwarna putih dan mengecat dindingmu dengan warna yang senada.

Meski mungil, dapur ini memiliki banyak permukaan untuk menyiapkan makanan karena tambahan mini bar pada bagian depan ruangan.

BACA JUGA: 14 Cara Menata Dapur Rumah Agar Terlihat Rapi dan Bersih

11. Dapur yang serba putih

dapur bawah tangga
Behance

Pilihan warna putih pada dapur menjadi opsi klasik, seluruh dapur mulai dari meja dapur, kitchen set, dan lainnya berwarna putih.  Dapur terlihat bersih dan rapi serta selaras dengan cat tangga, cocok bagi kamu yang memiliki rumah modern minimalis.

12. Batu bata ekspos yang cantik untuk dapur

Desain dapur dekat tangga ini memperlihatkan batu bata ekspos yang cantik di sebagian ruangan. Arsitek menempatkan dapur kecil di bawah tangga yang tanpa railing ini, tidak lupa ada meja untuk sarapan atau makan.

13. Dapur minimalis bawah tangga

Desain ini memperlihatkan dapur minimalis bawah tangga, dapur bersebelahan dengan ruang makan berdesain ala cafe.  Pemilihan kitchen set dari stainless steel ternyata bisa dipadupadankan dengan material kayu pada tangga dan meja makan.

14. Dapur dan ruang makan menyatu dalam konsep terbuka

Dapur bawah tangga minimalis ini ternyata bersebelahan dengan dapur, banyak orang yang menyukai konsep terbuka ini.  Tinggi tangga cukup untuk membuat dapur yang lebih luas sehingga aktivitas memasak menjadi lebih nyaman.

15. Dapur dekat tangga yang minimalis

Houzz

Desain dapur ini menjadi salah satu dapur minimalis bawah tangga, tetapi juga tangga minimalis secara konsep dan ide desain. Dapur dekat tangga minimalis ini sesuai untuk rumah yang berdesain minimalis atau modern minimalis.

Nah itulah beberapa rekomendasi desain dapur bawah tangga yang bisa jadi inspirasi Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang ingin memanfaatkan area bawah tangga menjadi tempat yang produksi dan memiliki fungsi yang penting bagi rumah.