Konon katanya, ada beberapa ciri ciri kucing mau mati. Ketika hendak mendekati ajalnya, kucing akan menunjukan beberapa ciri-cirinya sebagai sebuah pertanda bahwa kucing tersebut akan mati. Meskipun kita telah memberikan perawatan yang baik terhadap kucing, namun pada akhirnya semua mahluk yang hidup pada akhirnya akan berpulang juga.

Berikut ini beberapa ciri ciri kucing mau mati atau sekarat yang bisa kita ketahui, agar kita sebagai pemilik yang merawat kucing bisa memberikan pertolongan di detik-detik kucing memasuki ajalnya. Seperti apa saja ciri-cirinya? Yuk, mari langsung kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Perubahan berat badan secara drastis

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Ciri ciri kucing mau mati yang pertama adalah kucing akan mengalami perubahan berat badan secara drastis. Perubahan berat badan pada kucing selalu mengkhawatirkan, baik itu bertambah maupun berkurang. Keduanya mungkin merupakan ciri-ciri kucing sakit. Penurunan berat badan lebih tiba-tiba dalam jangka pendek biasanya lebih berbahaya dari waktu ke waktu. Untuk kondisi ini, Sedulur bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terkait kondisi pasti yang dialami kucing Sedulur.

2. Sering bersembunyi

freepik

Ciri-ciri kucing mau mati selanjutnya adalah kebiasaan kucing yang sering bersembunyi, atau kucing akan lebih banyak menyendiri dan menghindar dari pemiliknya. Ketika merasakan sakit atau hendak mati, kucing memiliki pertahanan diri alamiah untuk bersembunyi dan menghindar dari ancaman.

Sama juga dengan kucing rumahan yang menghindari ancaman ketika hendak memasuki ajalnya. Kucing merasakan kerentanan pada tubuhnya ketika hendak mata, maka mereka biasanya ingin bersembunyi. Jika kucing menunjukan gejala ini. Sedulur bisa memperhatikannya dari kejauhan dan memberikan perlindungan akan ancaman yang dirasakan oleh kucing.

3. Kehilangan nafsu makan

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Ciri kucing mau mati juga akan mengalami kehilangan nafsu makan, hal ini juga yang menjadi penyebab kucing akan kehilangan berat badan secara drastis. Perlu Sedulur pahami, kehilangan nafsu berbeda dengan perubahan pola makan. Kehilangan nafsu makan membuat kucing sama sekali tidak ingin memakan apapun.

4. Perubahan perilaku

freepik

Seiring dengan merasakan akan segera menemui ajalnya, kucing juga akan mengalami perubahan perilaku. Salah satu ciri ciri anak kucing mau mati adalah perubahan perilaku secara drastis. Jika kucing yang biasanya ceria dan bersahabat, akan mengalami perubahan dan menunjukan agresifitas pada perilakunya. Bergitu juga jika kucing biasanya bahagia akan segera mengalami ketakutan.

Sebagai cara mengatasi kucing mau mati dengan ciri-ciri ini, Sedulur perlu berkonsultasi dengan dokter hewan. Barangkali yang dialami kucing bukan akan menemui ajalnya. Namun bisa saja kucing dengan mengalami penyakit dan disembunyikan. Karena kucing merupakan hewan yang mahir menyembunyikan rasa sakit.

5. Bau mulut

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Bau mulut juga menjadi ciri ciri kucing mau mati selanjutnya. Bau mulut bisa menjadi pertanda adanya masalah gigi ataupun juga ciri-ciri kucing mau mati. Halitosis ringan mungkin tidak mendesak, tetapi itu berarti gigi kucing harus segera diperiksa. Bahkan, bau mulut yang menjadi ciri-ciri kucing sakit parah harus segera diatasi. Sedulur bisa konsultasi hal ini dengan dokter hewan agar bisa ditindak dengan baik.

6. Kelesuan

freepik

Selanjutnya ciri ciri kucing mau mati akan menunjukan kelesuan. Hal ini sangat efektif terlihat, kemungkinan besar kelesuan yang dirasakan kucing akibat rasa sakit yang dialami. Rasa sakit tersebut yang menjadi penyebab kematian dari kucing itu sendiri. Jika melihat kondisi kucing Sedulur seperti ini, bisa segera dibawa ke dokter hewan dan konsultasikan kondisi yang dirasakan oleh kucing.

7. Perubahan pernafasan

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Kucing juga akan mengalami perubahan pernafasan sebagai ciri ciri kucing mau mati. Pernapasan kucing bisa berubah saat dia sekarat. Beberapa hewan akan terengah-engah selama jam terakhir atau membuat suara mengi. Kucing mungkin tetap membuka mulutnya dengan lidah menjulur. Menjelang ajalnya, kucing juga akan mengeluarkan suara gemericik sebagai bentuk pernafasannya yang akan berhenti.

8. Diare

freepik

Menjadi misteri ketika kucing mati arwahnya kemana, hal ini tentu hanya Tuhan YME yang mengetahuinya. Namun, beberapa hal yang sudah kita ketahui adalah beberapa ciri-cirinya. Salah satu ciri-ciri yang dialami kucing ketika hendak bertemu dengan ajalnya adalah akan sering mengalami diare. Sedulur harus segera berkonsultasi dengan dokter hewan terkait kondisi yang dialami oleh kucing.

9. Mengalami muntah-muntah

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Tidak ada waktu yang pasti saat kucing sekarat berapa lama. Ketika kucing mati pun, kita tidak boleh bersedih terlalu berlebihan. Karena hukum menangisi kucing mati sangat keras, kita tidak boleh begitu bersedih menangisi kepergian apapun. Sedulur bisa bersiap menguatkan mental ketika kucing akan menemui ajalnya. Salah satu yang menjadi ciri kucing akan meninggal adalah akan mengalami muntah-muntah dengan sering.

10. Perubahan buang air kecil

freepik

Ciri-ciri kucing sekarat selanjutnya yaitu mengalami beberapa perubahan buang air kecil. Perubahan pola ini juga mengindikasikan kucing sakit. Penyakit yang dideritanya tersebut yang bisa menjadi penyebab kematiannya. Namun, tentu saja, jika Sedulur ingin mengetahui kepastiannya Sedulur harus berkonsultasi dengan dokter. Dengan sambil memanjatkan doa kucing sekarat untuk kebaikan kucing tersebut.

11. Perubahan dalam pola makan

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Meskipun kucing sekarat tapi masih bernafas, namun terdapat beberapa gejala yang bisa menjadi ciri kucing akan mengalami kematian. Salah satunya adalah perubahan dalam pola makan yang dialami oleh kucing. Ketika kucing tidak berniat makan sekalipun terhadap makanan favoritnya, kucing tersebut belum tentu akan bertemu dengan ajalnya. Bisa saja kucing butuh bantuan medis terkait kondisinya. Hal ini tentu saja dapat diketahui saat Sedulur berkonsultasi dengan dokter hewan.

12. Mengalami kejang

freepik

Ciri ciri kucing sekarat selanjutnya adalah kucing sering mengalami kejang-kejang. Serangkaian kejang ini merupakan pertanda bahwa kucing sedang sekarat. Maka Sedulur harus menyediakan tempat aman dan nyaman ketika kucing mengalami kejang-kejang dan akan menemui ajalnya.

Seekor kucing yang mengalami kejang mungkin akan melolong dan melemparkan kepalanya ke belakang, membuat punggungnya melengkung yang tampak tidak nyaman. Seekor kucing mungkin mengalami satu atau dua kejang ini atau lebih selama beberapa jam sebelum kematian.

13. Badan kucing sangat bau

Ciri ciri kucing mau mati
freepik

Selanjutnya ciri ciri kucing sekarat adalah perubahan aroma tubuh kucing. Jika memang demikan, disebabkan karena kucing mati akibat racun. Biasanya bau tidak sedap yang muncul diakibatkan oleh racun yang ada di dalam tubuh kucing. Ketika mencium aroma badan kucing yang sangat bau, Sedulur harus mulai bersiap.

14. Suhu tubuh kucing rendah

freepik

Ciri ciri kucing mau mati terakhir adalah kucing akan memiliki suhu tubuh yang rendah. Jika kucing Sedulur memiliki suhu tubuh dibawah 38 derajat celcius, Sedulur wajib untuk berhati-hati. Namun selain sebagai tanda akan menemui ajalnya, bisa jadi kucing Sedulur tengah mengalami sakit yang parah. Tentu saja untuk hal ini, Sedulur bisa berkonsultasi dengan dokter hewan terkait kondisi pasti yang dialami oleh kucing.

Sekian penjelasan terkait ciri ciri kucing mau mati. Sedulur wajib tahu, agar kucing kesayangan Sedulur bisa diperlakukan dengan baik menjelang ajalnya. Berikan pertolongan dan bantuan terbaik, agar kucing bisa menghadapi ajalnya dengan baik. Dan Sedulur juga tidak perlu begitu bersedih, karena pada dasarnya setiap yang bernyawa akan menghadapi ajalnya masing-masing.