cara mengusir tikus di rumah

Sedulur harus melakukan beberapa cara mengusir tikus di rumah, seketika saat Sedulur menyadari ada keberadaan tikus di rumah Sedulur. Tikus meruapakan hewan pengerat yang seringkali merusak banyak hal di dalam rumah kita. Mulai dari merusak perkakas hingga mengacaukan bahan makanan di dapur.

Oleh karena itu, perlu segera melakukan cara mengusir tikus di rumah. Namun beberapa cara yang aman adalah menggunakan bahan-bahan alami agar tidak menyebabkan bau busuk dan tanpa menggunakan racun. Lalu bagaimana cara penggunaannya? Yuk, mari langsung kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Manfaat Konsumsi Roti Gandum Untuk Diet & Tips Memilihnya

1. Menggunakan lada bubuk

1. Cara mengusir tikus di rumah menggunakan lada bubuk
freepik

Cara pertama dalam cara mengusir tikus di atap rumah yang bisa Sedulur lakukan adalah menggunakan lada bubuk. Lada bubuk merupakan salah bahan alami yang ampuh mengusur tikus. Caranya pun sangat mudah, Sedulur tinggal menaburkan lada bubuk di setiap sudut rumah yang pernah dilewati tikus, dalam beberapa waktu tikus tidak akan berani lagi ada di rumah Sedulur. Hal tersebut disebabkan oleh aroma dari lada yang sangat pedas dan tidak disukai oleh tikus.

2. Memanfaatkan bau bawang merah

2. Memanfaatkan bau bawang merah
freepik

Salah cara mengusir tikus di rumah tanpa racun yang ampuh adalah dengan menggunakan bawang merah. Bau dari bawang merah tidak disukai tikus, ditambah bawang merah juga mengandung kandungan kimawi alami yang tajam dan dapat membuat kita tidak nyaman. Hal tersebut juga dapat dialami oleh tikus dan membuat tikus tidak nyaman.

Caranya sangat mudah, Sedulur bisa mengiris bawang merah dan menaruh irisan bawang merah di setiap sudut yang seringkali didatangi tikus atau dicurigai tempat tikus berdiam. Hal tersebut akan sangat ampuh mengusir tikus dan Sedulur akan terhindar dari gangguan tikus di rumah Sedulur. Jika tidak menggunakan bawang merah, Sedulur juga bisa menggunakna bawang bombai sebagai penggantinya.

BACA JUGA: 7 Tips Memulai Usaha Angkringan dengan Modal yang Kecil

3. Gunakan bawang putih

3. Cara mengusir tikus menggunakan bawang putih
freepik

Bawang putih merupakan bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus. Salah satu penyebab utama tikus tidak menyukai bawang putih adalah aroma dan dapat memberikan efek panas. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada pada bawang putih.

Sedulur bisa menggunakan cara mengusir tikus di plafon rumah menggunakan bawang putih. Caranya sangat mudah, Sedulur hanya perlu menyiapkan kain kasa, dan lalu masukkan bawang putih. Bungkusan kain kasa yang berisi bawang putih tersebut tinggal disimpan di tempat yang dicurigai tempat berdiam tikus di rumah Sedulur.

4. Air semprotan daun mint

4. Air semprotan daun mint
freepik

Jika cara mengusir tikus di rumah dengan suara tidak ampuh, Sedulur tentu harus mencari cara lain. Salah satu cara ampuh yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan daun mint. Caranya super mudah, Sedulur hanya perlu menghancurkan daun mint dan menambahkan sedikit campuran air.Lalu simpan daun mint dengan campuran air ke dalam botol semprotan. Lalu semprot air daun mint ke sarang tempat tikus bersarang. Hal ini sangat ampuh untuk mengusir tikus.

BACA JUGA: Tips Memulai Usaha Fotokopi yang Harus Diketahui Pemula

5. Taburkan baking soda

5. Cara mengusir tikus dengan baking soda
pexels

Sedulur juga bisa menggunakan baking soda sebagai cara mengusir tikus di rumah. Bukan hanya mengusir tikus, baking soda juga bisa digunakan untuk membuhuh tikus. Cara mengusir tikus di rumah menggunakan baking soda sangat mudah, Sedulur hanya perlu mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai oleh tikus.

Ketika baking soda masuk dalam perut tikus, baking soda akan beraksi dan membuat tikus mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya. Secara refleks, tikus akan pergi ke ruangan terbuka dan akhirnya akan mati karena menahan gas yang ada dalam tubuhnya. Baking soda juga bisa berfungsi sebagai racun tikus.

6. Gunakan bubuk kopi

6. Gunakan bubuk kopi
pexels

Sedulur juga bisa menggunakan bubuk kopi sebagai cara mengusir tikus di rumah. Bubuk kopi dapat secara efektif mengusir tikus, disebabkan oleh aroma dari tikus yang sangat tajam. Aroma kopi dapat menyamarkan indera penciuman tikus, dan membuat tikus menghindar daerah yang terdapat bubuk kopi.

Maka dari itu, Sedulur hanya perlu menabur bubuk kopi di setiap sudut yang dicurigai seringkali dilewati oleh tikus. Sedulur juga bisa menabur bubuk kopi di tempat yang diduga sebagai sarang tikus.

BACA JUGA: Tips Membuat Api Kompor Gas Menjadi Biru Lagi Dengan Cuka

7. Daun sirsak

7. Cara mengusir tikus menggunakan daun sirsak
alodokter

Sedulur bisa menggunakan daun sirsak sebagai cara mengusir tikus di rumah. Daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan bau. Aroma bau tersebut merupakan aroma yang sangat tidak disukai tikus dan dapat membuat tikus lari. Caranya sangat mudah, Sedulur hanya perlu menyobek daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil, lalu simpan di sudut-sudut rumah atau di tempat yang dicurigai sebagai sarang tikus.

Atau Sedulur juga bisa menghaluskan daun sirsak, dan mencampurkannya dengan air. Masukan air dalam semprotan dan semprotkan di setiap sudut rumah yang dicurigai sebagai sarang tikus.

8. Kulit Durian

8. Kulit Durian
pexels

Seperti yang Sedulur ketahui, durian merupakan buah yang memiliki aroma yang kuat dan menyengat. Hal tersebut merupakan musuh bagi tikus. Pemanfaatan kulit durian sebagai salah satu cara mengusir tikus di rumah dapat secara efektif. Selain efektif, caranya juga super mudah.

Sedulur hanya perlu meletakkan kulit durian di daerah yang sering dilewati tikus, atau di tempat yang Sedulur curigai menjadi tempat tikus bersarang. Seketika aroma durian menyebar, tikus pun akan kabur dan berlarian. Kulit durian merupakan solusi untuk mengatasi tikus tanpa harus menggunakan racun yang dapat membuat bangkai tikus menimbulkan bau busuk.

BACA JUGA: Tips & Trik Budidaya Udang Vaname, Bisa Jadi Ladang Cuan!

9. Dengan daun salam

9. Cara mengusir tikus dengan daun salam
hellosehat

Selanjutnya Sedulur juga bisa menggunakan daun salam sebagai cara mengusir tikus di rumah. Setelah daun pappermint dan daun sirsak, daun salam juga efektif untuk mengusir tikus. Caranya juga sangat mudah, Sedulur hanya tinggal menyebarkan daun salam ke setiap area yang dihampiri oleh tikus.

Bukan hanya mengusir, daun salam merupakan bahan pembasmi tikus. Tikus terkenal sebagai hewan hama yang memakan segala hal. Ketika melihat daun salam, tikus akan segera memakannya dan hal tersebut dapat menyebabkan tikus mati. Secara perlahan, tikus pun akan pergi dari rumah Sedulur.

10. Menggunakan kantung teh bekas

10. Menggunakan kantung teh bekas
pexels

Kantung teh bekas bisa Sedulur gunakan sebagai cara mengusir tikus di rumah. Namun, hanya kantung teh bekas yang lembab yang dapat bekerja untuk mengusir tikus. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan peppermint yang terdapat dalam kantung teh bekas yang sangat dibenci tikus karena dapat mengganggu penciuman tikus itu sendiri.

Masih dipengaruhi oleh kandungan pappermint yang terdapat pada kantung teh bekas. Namun, ketika teh bekas kering dan aroma pappermint menguap, kantung teh tidak dapat digunakan lagi untuk mengusir tikus.

BACA JUGA: 11 Cara Jitu Budidaya Tanaman Obat di Rumah

11. Biji cengkeh

11. Cara mengusir tikus dengan biji cengkeh
hellosehat

Terdapat juga cara mengusir tikus di rumah dengan menggunakan biji cengkeh. Selain sebagai rempah-rempah yang mengandung segudang manfaat, cengkeh juga bisa digunakan untuk mengusir tikus dan terbukti sangat ampuh. Hal tersebut dikarenakan aroma dari cengkeh sangat tidak disukai oleh tikus. Sedulur hanya perlu menabur beberapa cengkeh yang telah kering di beberapa sudut rumah Sedulur yang sering dilewati oleh tikus.

Jika kita perhatikan, tikus seringkali mengacak-acak makanan yang kita miliki. Kita pun sering memancing tikus dengan makanan tertentu dan menjebaknya. Namun, kadang cara ini tidak efektif, karena kadang kita lupa bahwa terdapat beberapa makanan yang dijauhi tikus karena mengandung aroma-aroma yang dia tidak sukai.

12. Gunakan cuka putih

12. Gunakan cuka putih
idntimes

Cara mengusir tikus selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan cuka putih. Sedulur bisa menggunakan cuka putih dengan sangat mudah untuk mengusir tikus. Siapkan bola kasap dan lumuri dengan cuka, lalu simpan bola-bola kapas ke sarang tikus atau ke tempat yang sering dilewati tikus.

Aroma dari cuka putih membuat tikus tidak nyaman dan kabur dengan sendirinya dari rumah Sedulur. Salah satu hal yang membuat tikus tidak nyaman adalah aroma. Tikus sangat mudah sensitif dengan beberapa aroma. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus dari rumah, tanpa harus membunuhnya.

BACA JUGA: 5 Tips Jitu Menciptakan Peluang Usaha Untuk Pemula

13. Dengan kulit telur

13. Dengan kulit telur
klikdokter

Sedulur bisa menggunakan cara mengusir tikus di rumah dengan menggunakan kulit telur. Mulai dari saat ini, Sedulur harus mulai hati-hati saat menggoreng telur. Jangan langsung membuat kulit telur. Simpan dan jemur, lalu hancurkan dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya, Sedulur tinggal menaburkan tumbukan kulit telur kering ke setiap sudut rumah, terutama ke bagian yang diduga tempat tikus berdiam.

14. Menggunakan kulit jengkol

14. Menggunakan kulit jengkol
kumparan

Cara mengusir tikus di rumah terakhir yang bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan kulit jengkol. Kulit jengkol bisa secara efektif digunakan sebagai cara mengusir tikus. Hal tersebut disebabkan oleh aroma jengkol yang sangat menyengat. Bagi sebagian Sedulur mungkin ada yang menyukai rasa dan aroma jengkol, ada juga juga yang tidak menyukainya. Nah, dalam kasus ini, tikus sangat tidak menyukai aroma jengkol.

Bahkan tikus akan kabur dan tidak ingin mendekat jika mencium aroma jengkol. Bagian yang paling menyengat dari jengkol adalah kulit jengkol. Sedulur hanya perlu menghancurkan kulit jengkol, dengan cara diblender, lalu membuatnya menjadi cairan dalam wadah dan semprotkan ke beberapa bagian rumah Sedulur yang sering dikunjungi oleh tikus.

Menggunakan cara satu ini sangat efektif, meskipun sedikit beresiko. Yaitu, ruangan rumah Sedulur akan dipenuhi oleh bau jengkol yang aromanya sangat menyengat.

Semoga daftar cara mengusir tikus di rumah yang telah dijelaskan di atas bisa membantu umah Sedulur bersih dari tikus. Tikus sendiri merupakan hama yang merusak bahan makanan. Beberapa cara di atas semoga bisa mengusir tikus tanpa harus menggunakan racun dan menyababkan bau busuk. Pastikan setiap sudur rumah rapih dan bersih agar tikus tidak bisa bersarang.