Akan sangat melegakan jika Sedulur mengetahui cara mengusir tikus, terutama jika mengusirnya dengan menggunakan bahan alami. Simak pembahasannya di bawah ini.

Banyak cara yang bisa Sedulur lakukan sebagai cara mengusir tikus, selain mengusir Sedulur juga tentu saja bisa melakukan cara membasmi tikus. Namun, tentu saja untuk membasmi tikus, Sedulur membutuhkan effort lebih, dan juga akan lebih merepotkan saat membersihkan bangkainya.

Cara paling mudah dan paling aman adalah dengan mengusirnya, dan tidak usah repot menyediakan berbagai peralatan aneh. Sedulur bisa menggunakan berbagai bahan alami yang dijadikan sebagai alat pengusir tikus. Hal tersebut merupakan pembahasan dalam artikel kali ini.

Superapp.id akan membahas beberapa cara mengusir tikus di rumah dengan menggunakan bahan alami yang mudah ditemukan dan bahkan tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Lantas, bagaimana cara mengusir tikus? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

-->

Baca Juga: 30 Desain Teras Rumah Minimalis & Modern, Mana Pilihanmu?

Daftar Cara Ampuh Mengusir Tikus di Rumah dengan Bahan Alami

1. Lada Bubuk

1. Lada Bubuk
bukalapak.com

Salah satu bahan alami yang sangat ampuh untuk mengusir tikus adalah lada bubuk, Sedulur juga bisa menggunakan lada hitam bubuk. Lada bubuk atau lada hitam sangat ampuh untuk mengusir tikus. Lada hitam pengusir tikus bisa Sedulur buat sendiri, dan Sedulur tidak perlu repot membeli alat dan melakukan cara memberantas tikus.

Sedulur tinggal menaburkan lada bubuk di setiap sudut rumah yang pernah dilewati tikus, dalam beberapa waktu tikus tidak akan berani lagi ada di rumah Sedulur. Hal tersebut disebabkan oleh aroma dari lada yang sangat pedas dan tidak disukai oleh tikus.

2. Kulit Durian

2. Kulit Durian
goolive.id

Cara mengusir tikus secara alami juga bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan kulit durian. Seperti yang Sedulur ketahui, durian merupakan buah-buah yang memiliki aroma yang sangat kuat dan menyengat. Hal tersebut merupakan musuh utama dari tikus. Kulit durian sangat efektif digunakan sebagai tips mengusir tikus di rumah.

Caranya pun super mudah, Sedulur hanya perlu meletakkan kulit durian di daerah yang sering dilewati tikus, atau di tempat yang Sedulur curigai menjadi tempat tikus bersarang. Seketika aroma durian menyebar, tikus pun akan kabur dan berlarian.

3. Daun Salam

3. Daun Salam
detik.com

Salah satu cara menghilangkan tikus di rumah yang paling efektif adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami yang memiliki aroma yang menyengat. Sedulur bisa menggunakan daun salam sebagai pilihan utama. Sedulur hanya tinggal menyebar daun salam ke area yang sering disinggahi oleh tikus.

Bukan hanya mengusir, daun salam merupakan bahan pembasmi tikus. Tikus terkenal sebagai hewan hama yang memakan segala hal. Ketika melihat daun salam, tikus akan segera memakannya dan hal tersebut dapat menyebabkan tikus mati. Secara perlahan, tikus pun akan pergi dari rumah Sedulur.

4. Daun Sirsak

4. Daun Sirsak
detik.com

Selain menggunakan obat pengusir tikus, cara mengusir tikus juga bisa dengan menggunakan daun sirsak. Daun sirsak mengandung zat perangsang yang mengeluarkan bau. Aroma bau tersebut merupakan aroma yang sangat tidak disukai tikus dan dapat membuat tikus lari.

Caranya sangat mudah, Sedulur hanya perlu menyobek daun sirsak menjadi potongan-potongan kecil, lalu simpan di sudut-sudut rumah atau di tempat yang dicurigai sebagai sarang tikus.

5. Kantung Teh Bekas

5. Kantung Teh Bekas
suara.com

Kantung teh bekas bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus. Namun, hanya kantung teh bekas yang lembab yang dapat bekerja untuk mengusir tikus. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan peppermint yang terdapat dalam kantung teh bekas yang sangat dibenci tikus karena dapat mengganggu penciuman tikus itu sendiri.

Baca Juga: Tips Mengatur Kebutuhan Dapur Bagi Sedulur Super

6. Bubuk Kopi

6. Bubuk Kopi
detik.com

Selain nikmat sebagai minuman yang menemani pagi dan sore hari Sedulur, kopi juga bisa Sedulur gunakan sebagai cara mengusir tikus. Bubuk kopi dapat secara efektif mengusir tikus, disebabkan oleh aroma dari tikus yang sangat tajam. Aroma kopi dapat menyamarkan indera penciuman tikus, dan membuat tikus menghindar daerah yang terdapat bubuk kopi.

Maka dari itu, Sedulur hanya perlu menabur bubuk kopi di setiap sudut yang dicurigai seringkali dilewati oleh tikus. Sedulur juga bisa menabur bubuk kopi di tempat yang diduga sebagai sarang tikus.

7. Baking Soda

7. Baking Soda
kompas.com

Bahan alami atau bahan yang mudah ditemukan yang bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus adalah baking soda. Karena, baking soda bisa membunuh tikus. Sedulur hanya perlu mencampurkan baking soda dengan makanan yang disukai oleh tikus.

Ketika baking soda masuk dalam perut tikus, baking soda akan beraksi dan membuat tikus mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya. Secara refleks, tikus akan pergi ke ruangan terbuka dan akhirnya akan mati karena menahan gas yang ada dalam tubuhnya

8. Steel Wool

8. Steel Wool
agwoodcare.co.uk

Steel wool merupakan salah satu besi yang berupa lilitan dan biasa digunakan sebagai alat pencuci piring pengganti sopon. Material ini bisa digunakan untuk menghambat tikus masuk ke dalam rumah Sedulur. Alih-alih sebagai cara mengusir tikus, steel wool lebih tepat sebagai alat untuk mencegah tikus masuk ke rumah.

Namun, Sedulur perlu cek setiap sudut rumah Sedulur, dan memastikan setiap lubang yang diduga sebagai jalur masuk tikus. Lalu menutupnya dengan menggunakan steel wool.

9. Cengkeh

9. Cengkeh
halodoc.com

Selain sebagai rempah-rempah yang mengandung segudang manfaat, cengkeh juga bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus yang sangat ampuh. Hal tersebut dikarenakan aroma dari cengkeh sangat tidak disukai oleh tikus. Sedulur hanya perlu menabur beberapa cengkeh yang telah kering di beberapa sudut rumah Sedulur yang sering dilewati oleh tikus.

10. Cuka Putih

10. Cuka Putih
grid.id

Cara mengusir tikus selanjutnya yang bisa Sedulur lakukan adalah dengan menggunakan cuka putih. Sedulur bisa menggunakan cuka putih dengan sangat mudah untuk mengusir tikus. Siapkan bola kasap dan lumuri dengan cuka, lalu simpan bola-bola kapas ke sarang tikus atau ke tempat yang sering dilewati tikus. Aroma dari cuka putih membuat tikus tidak nyaman dan kabur dari rumah Sedulur.

11. Daun Mint

11. Daun Mint
alodokter.com

Cara mengusir tikus lainnya bisa Sedulur lakukan dengan menggunakan daun mint. Sedulur hanya perlu menghancurkan daun mint dan menambahkan sedikit campuran air. Lalu simpan daun mint dengan campuran air ke dalam botol semprotan. Lalu sempor air daun mint ke sarang tempat tikus bersarang.

12. Bawang Putih

12. Bawang Putih
kompas.com

Bawang putih merupakan bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus. Salah satu penyebab utama tikus tidak menyukai bawang putih adalah aroma dan dapat memberikan efek panas. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang ada pada bawang putih.

Caranya sangat mudah, Sedulur hanya perlu menyiapkan kain kasa, dan lalu masukkan bawang putih. Bungkusan kain kasa yang berisi bawang putih tersebut tinggal disimpan di tempat yang dicurigai tempat berdiam tikus di rumah Sedulur.

13. Kulit Telur

13. Kulit Telur
tribunnews.com

Cara mengusir tikus selanjutnya dengan menggunakan kulit telur. Mulai dari saat ini, Sedulur harus mulai hati-hati saat menggoreng telur. Jangan langsung membuat kulit telur. Simpan dan jemur, lalu hancurkan dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya, Sedulur tinggal menaburkan tumbukan kulit telur kering ke setiap sudut rumah, terutama ke bagian yang diduga tempat tikus berdiam.

14. Kulit Jengkol

14. Kulit Jengkol
kumparan.com

Kulit jengkol bisa secara efektif digunakan sebagai cara mengusir tikus. Hal tersebut disebabkan oleh aroma jengkol yang sangat menyengat. Bagi sebagian Sedulur mungkin ada yang menyukai rasa dan aroma jengkol, ada juga juga yang tidak menyukainya. Nah, dalam kasus ini, tikus sangat tidak menyukai aroma jengkol.

Bahkan tikus akan kabur dan tidak ingin mendekat jika mencium aroma jengkol. Bagian yang paling menyengat dari jengkol adalah kulit jengkol. Sedulur hanya perlu menghancurkan kulit jengkol, dengan cara diblender, lalu membuatnya menjadi cairan dalam wadah dan semprotkan ke beberapa bagian rumah Sedulur yang sering dikunjungi oleh tikus.

Menggunakan cara satu ini sangat efektif, meskipun sedikit beresiko. Yaitu, ruangan rumah Sedulur akan dipenuhi oleh bau jengkol yang aromanya sangat menyengat.

15. Kamper

15. Kamper
tribunnews.com

Cara mengusir tikus yang sangat ampuh dan efektif dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah kita temukan selanjutnya adalah dengan menggunakan kamper. Sedulur pasti tahu kamper, bola-bola kecil yang sering digunakan dan disimpan dalam lemari baju kita. Selain memberikan efek wangi, ternyata salah satu fungsi kamper adalah mengusir serangga.

Tujuannya adalah agar baju yang ada di lemari kita tidak diganggu oleh serangga dan tidak menimbulkan bau apek, mesti jarang digunakan sekalipun. Selain fungsi tersebut, ternyata kamper juga sangat ampuh dan bisa digunakan untuk mengusir tikus yang mengganggu. Hal tersebut sangat jelas, tikus tidak menyukai aroma dari kamper. Sedulur tinggal menyebar beberapa kamper dan menyimpannya di sudut-sudut rumah yang sering dilewati oleh tikus.

16. Bawang Merah

16. Bawang Merah
kontan.co.id

Sebenarnya bawang merah merupakan salah satu bau yang tidak disukai tikus, jangankan tikus beberapa dari kita saja ada yang tidak menyukai bau dari bawang merah. Selain aromanya, bawang merah juga mengandung kandungan kimiawi alami yang sangat tajam, bahkan seringkali membuat mata kita perih dan berair seperti menangis.

Berdasarkan hal tersebut, Sedulur juga bisa menggunakan bawang merah sebagai cara usir tikus. Jika Sedulur kesulitan melakukan cara basmi tikus, salah satu hal yang ampuh adalah dengan mengusirnya dengan aroma yang tidak disukai oleh tikus itu sendiri.

Sedulur bisa mengiris bawang merah dan menaruh irisan bawang merah di setiap sudut yang seringkali didatangi tikus atau dicurigai tempat tikus berdiam. Hal tersebut akan sangat ampuh mengusir tikus dan Sedulur akan terhindar dari gangguan tikus di rumah Sedulur.

Semoga daftar cara mengusir tikus dengan bahan alami yang telah diulas oleh Superapp.id di atas bisa membantu Sedulur dalam menghilangkan hama tikus yang mengganggu. Jangan lupa juga untuk membeli bahan-bahan alami untuk mengusir tikus di Aplikasi Super. Tersedia banyak bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah dan berkualitas baik.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super Sedulur bisa klik di sini, dan langsung gunakan Aplikasi Super untuk mempermudah setiap kebutuhan harian Sedulur. Manfaatkan sebaik mungkin keberadaan Aplikasi Super agar hidup Sedulur menjadi lebih mudah dan tentu saja lebih hemat.