pidato singkat

Menurut National Institute of Deafness and Other Communication Disorders, speech atau pidato adalah ekspresi pikiran, perasaan, dan ide yang disampaikan secara lisan atau oral melalui gelombang suara. Namun, ia bisa pula diartikan sebagai sebuah komunikasi formal yang seseorang pada khalayak. Definisi ini tidak jauh beda dengan yang dituliskan KBBI, yaitu pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak atau khalayak. 

Pidato bisa dilakukan secara spontan, tetapi biasanya dimulai dengan pembuatan naskah. Gunanya agar gagasan bisa tersampaikan dengan lebih runtut sehingga mudah dipahami pendengarnya. Bagaimana cara membuatnya? Berikut beberapa tips dan contoh teks pidato singkat yang menarik untuk referensi Sedulur. 

BACA JUGA: Tulisan Aksara Jawa Lengkap dan Cara Mudah Memahaminya

Kegunaan pidato 

Sebelum ke berbagai contoh video pidato singkat dan teksnya, ada baiknya Sedulur memahami dulu apa tujuan dan fungsi pidato dibuat. Secara umum, pidato dilakukan untuk menyampaikan ide, menyebarluaskan informasi, hingga mempengaruhi dan mengubah pemikiran orang lain yang mendengarnya. Pidato ditulis seperti piramida terbalik, dimulai dengan argumen dan analogi yang luas untuk kemudian mengerucut ke ide inti yang hendak disampaikan pada khalayak. 

-->

Pidato sering dilakukan oleh politisi saat berkampanye, pemimpin negara saat menanggapi atau merespon suatu isu, hingga orasi pemimpin demo saat terjadi unjuk rasa. Pidato juga bisa disampaikan guru saat upacara atau apel pagi di sekolah, dosen saat memberikan materi kuliah, direktur pada pegawainya, atau pengisi acara saat webinar atau seminar luring. Bahkan presentasi atau paparan sebenarnya juga salah satu bentuk pidato. Ada banyak kegunaan pidato yang akan Sedulur butuhkan ketika bermasyarakat dan terjun ke ranah profesional nanti. 

Tips membuat pidato yang menarik  

Mengutip Jeff Schmitt dalam artikelnya di Forbes, sebenarnya seseorang hanya butuh dua hal saat menyampaikan pidato. Impresi yang baik dan beberapa poin ide penting. Meski terlihat sepele, nyatanya membuat pidato yang fokus bukan hal mudah. Ia menambahkan beberapa tips membuat naskah pidato yang menarik sebagai berikut. 

  • Perhatikan strukturnya, logikanya haruslah runtut. 
  • Perkenalan topik sebaiknya singkat. 
  • Tekankan bahwa kamu sederajat dengan penonton atau pendengar. 
  • Cukup buat dua sampai tiga poin penting yang bisa jadi takeaway atau sesuatu yang membekas buat pendengar setelah mereka keluar dari ruangan. 
  • Ulangi poin penting beberapa kali dengan parafrase atau pemilihan kata yang berbeda.
  • Gunakan kata hubung agar transisi terasa mulus dari satu bagian ke bagian lainnya.
  • Selingi dengan gurauan bila memungkinkan.
  • Simpulkan ide utama di akhir pidato dengan kalimat yang memorable. 
  • Perhatikan durasinya, tidak perlu bertele-tele. Singkat, padat, jelas lebih disukai.

BACA JUGA: Cara Membuat Komik untuk Pemula dengan Mudah & Cepat

Setelah tahu beberapa aspek tentang pidato, mari langsung ke bagian contoh-contohnya. Pasti Sedulur sudah tak sabar, bukan? 

1. Tema kesehatan mental 

Pexels

Mengingat ini salah satu topik yang banyak dibahas, berikut salah satu contoh pidato singkat tentang kesehatan mental 

Di masa lalu kesehatan mental adalah hal yang tabu dibicarakan. Beberapa bahkan menyepelekannya karena menganggap orang dengan gangguan jiwa sebagai sosok yang mentalnya lemah atau bahkan kurang ibadah. Nyatanya, lembaga kesehatan Amerika Serikat, CDC memasukkan beberapa penyebab kesehatan mental dan salah satunya termasuk faktor biologi dan kimia dalam otak. Keberadaan neurotransmiter yang jumlahnya kurang atau bahkan berlebih bisa mempengaruhi perilaku seseorang. Neurotransmiter sendiri tersusun dari senyawa kimia seperti dopamin dan serotonin..Jika jumlahnya kurang atau berlebih, bisa dibayangkan betapa fluktuatifnya suasana hati seseorang. Maka, intervensi medis pun diperlukan. 

Beda halnya dengan beberapa isu gangguan mental yang disebabkan oleh pengalaman yang buruk, baik di masa kecil, masa lalu, atau masa kini. Maka penanganan klinisnya bisa dibantu oleh psikolog dan obat-obatan mungkin tidak diperlukan. Mengingat beragamnya penyebab kesehatan mental dan sifatnya yang tidak kasat mata, maka sangat penting bagi kita untuk mempelajarinya lebih dalam dan menganggapnya sebagai sesuatu yang serius. Sama seriusnya dengan kesehatan jasmani, mengingat orang dengan gangguan mental bisa menjadi tidak produktif bahkan kesulitan menjalin hubungan baik dengan keluarga dan sesamanya. Beruntung informasi sudah bisa diakses luas lewat internet. Jangan anggap remeh kesehatan mental dan cari bantuan profesional bila Anda mulai menampakkan tanda-tanda di diri sendiri atau orang terdekat. 

2. Contoh pidato singkat tentang pendidikan

Pexels

 Berikut pidato dengan tema kesetaraan akses pendidikan yang berisi kritik dan harapan untuk sistem pendidikan yang lebih baik di Indonesia.

Beda dengan sistem pendidikan di beberapa negara Eropa yang berani menggratiskan iuran pendidikan untuk penduduknya, bahkan warga negara asing sekalipun hingga tingkat perguruan tinggi, Amerika Serikat masih membebankan biaya pendidikan pada mahasiswa. Bahkan untuk perguruan berstatus negeri. Biaya kuliah di sana pun tergolong tinggi. 

Namun, menariknya Amerika Serikat memiliki skema pencarian bakat olahraga yang cenderung sosialis. Tidak seperti negara Eropa yang menerapkan skema akademi sepak bola berbayar untuk menjaring atlet berbakat, Amerika Serikat menggunakan sistem sekolah dan kampus untuk melatih dan menjaring atlet-atlet profesional. Hampir semua atlet perwakilan Amerika Serikat yang berlaga di turnamen domestik maupun internasional sudah terlatih sejak masa sekolah dan kuliah 

Biasanya di SMA, mereka sudah masuk dalam tim olahraga dan bahkan bisa masuk ke kampus bergengsi dengan bekal prestasi olahraga mereka. Ini memungkinkan semua anak untuk memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi atlet profesional tak peduli dari sekolah apa mereka berasal dan dari golongan ekonomi apa mereka besar. Sesuatu yang menarik dan mungkin bisa dicontoh Indonesia di masa depan. 

BACA JUGA: Kognitif: Pengertian, Fungsi, Jenis, Kegunaan, & Perkembangan

3. Pidato tentang kebersihan

pidato singkat
Pexels

 Berikut pidato singkat tentang kebersihan yang relatable dan bisa mempengaruhi pendengar untuk bergerak. 

Sungai adalah salah satu aset penting sebuah negara. Ia adalah sumber air segar dan bisa dimanfaatkan untuk memangkas biaya transportasi karena lebih cepat dan kapasitas angkutnya bisa lebih besar. Cek saja Sungai Mississippi di Amerika Serikat, Sungai Volga di Rusia, hingga Amazon di Amerika Selatan. Namun, kita sudah melihat sendiri bagaimana sungai-sungai besar di Indonesia mulai surut dan kehilangan fungsinya sebagai sarana transportasi. 

Ini karena berbagai faktor, terutama sampah dan polutan berupa logam berat yang mempercepat terjadinya sedimentasi di sungai. Sampah dan berbagai polutan datang dari aktivitas manusia, mulai dari membuang sampah dan limbah rumah tangga sembarangan hingga embuangan limbah pabrik dan tambang yang serampangan. Hal ini terus dibiarkan tanpa kejelasan dan ketegasan dari stakeholders hingga akhirnya dampaknya sangat besar.

Indonesia kehilangan banyak sumber daya yang sebenarnya bisa diekstrak dari sungai dan hingga kini belum ada tanda-tanda bahwa pemerintah menaruh perhatian khusus di bidang lingkungan. Namun, bukan berarti kita harus mengekor perilaku abai tersebut. Mulailah dari diri sendiri dengan tidak membuang sampah sembarangan di sungai dan kurangi sampah rumah tangga dengan beralih ke barang yang multiguna, durable, dan mudah terurai alami.  

4. Contoh pidato yang menyinggung isu pandemi

Pexels

Sedulur yang ingin membuat naskah pidato singkat tentang COVID-19, bisa menengok referensi berikut. 

Pandemi mungkin sudah dianggap berakhir di sebagian negara. Stadion sepak bola di Eropa sudah mulai penuh dengan penonton yang tidak bermasker, kewajiban memakai masker di pesawat sudah dihapus di Amerika Serikat, dan berbagai batasan lain sudah diangkat dari beban penduduk. Namun, apakah sudah saatnya hal serupa dilakukan di Indonesia? 

Pemerintah sudah memberikan keleluasaan untuk warga agar bisa mudik di momen lebaran ini. Sesuatu yang cukup menggembirakan setelah dua tahun kita berjibaku dengan pandemi. Namun, belum ada pembebasan penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya. Hal ini bukan berlebihan mengingat kita tentu ingat betapa traumatisnya momen lebaran 2021 lalu saat varian delta menyerang dan jumlah penduduk yang divaksinasi masih terbatas. Kini vaksin booster sudah tersedia dan bisa diakses dengan cukup mudah. Segera manfaatkan selagi masih ada. 

5. Pidato singkat tentang pergaulan bebas

pidato singkat
Pexels

Berikut contoh pidato tentang isu pergaulan bebas. 

Level bahaya pergaulan bebas akan lebih besar ketika seseorang baru masuk usia remaja. Ini karena remaja  belum memiliki kepekaan akan tanggung jawab dan konsekuensi. Untuk itu, orang tua sering jadi tonggak untuk mencegah remaja terjerumus ke isu ini. 

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rumah jadi tempat yang aman dan nyaman untuk mereka. Tentunya anak akan cenderung mencari perhatian dan penghiburan di tempat lain bila rumah mereka tindak kondusif. Misal memiliki orang tua yang rutin bertengkar bahkan lebih parahnya melakukan kekerasan baik verbal maupun fisik. 

Langkah kedua adalah memahami perubahan atau dinamika anak yang beranjak remaja dan dewasa. Orang tua harus punya prinsip bahwa anak tidak pernah meminta untuk dilahirkan dan kehadiran mereka di dunia adalah tanggung jawab penuh orang tua. Dengan begitu, orang tua akan berusaha sebaik mungkin menjadi pelindung dan pembimbing untuk anak-anak mereka. Tanamkan kepercayaan pada mereka agar setiap masalah yang mereka hadapi tidak enggan mereka sampaikan dan konsultasikan pada orang tua.Pergaulan bebas memang berbahaya, tetapi ia bisa dicegah dan diantisipasi dengan menerapkan beberapa poin di atas. 

6. Tema keuangan dan kebebasan finansial

pidato singkat
Pexels

Buat penonton young adult, topik ini akan sangat menarik dan lekat dengan isu mereka.  

Kebebasan finansial sama dengan kebebasan lain juga punya konsekuensinya sendiri.Ketika sudah memiliki penghasilan sendiri, ini berarti kamu sudah mulai masuk fase adulting yang mana menuntutmu untuk bisa mengelola uang dengan baik agar tidak mengalami hal-hal yang tidak diharapkan seperti terlilit hutang hingga kebangkrutan. 

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengalokasikan dana untuk kebutuhan dan kewajian, kemudian tabungan untuk dana darurat, baru terakhir investasi. Tahapan ini harus dilakukan dengan urutan yang tepat dan tidak boleh dibolak-balik. Melihat orang seusiamu yang sudah punya saham berlembar-lembar pasti akan membuatmu tergiur. Namun, kembali ke kondisi pribadimu. Sudahkah kamu punya penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan? Sudahkah kamu punya tabungan untuk dana darurat yang bisa diambil sewaktu-waktu? Sebelum ke investasi yang berisiko, silakan fokus ke dua hal tersebut. 

BACA JUGA: Orientasi: Pengertian, Tujuan, Jenis, & Contohnya

7. Tema cita-cita 

pidato singkat
Pexels

Tema ini cocok disampaikan di momen kelulusan. 

Tidak semua cita-cita tinggi baik untuk seseorang. Seringkali kamu justru kecewa karena ekspektasi yang tidak sesuai dengan kenyataan. Saya ambil contoh diri saya sendiri. Saat lulus SMA dan berhasil masuk perguruan tinggi negeri saya merasa dunia ada di genggaman. Namun, semua musnah ketika ternyata di perguruan tinggi saja saya kesulitan. Kesulitan cari kos, kesulitan dapat teman, kesulitan membaca buku teks berbahasa Inggris. Bahkan setelah lulus saya juga kesulitan dapat kerja atau beasiswa dalam waktu cepat.

Segala kesulitan itu mengajarkan saya untuk bisa berdamai dengan keadaan dan realita. Bahwa kita tak perlu memaksakan diri untuk jadi luar biasa, ketika menjadi biasa-biasa saja bisa membuat hati tentram. Apapun yang kamu cita-citakan, jangan taruh ekspektasi tinggi, Sebaliknya gunakan ideologi berikut: “lakukan yang terbaik, tetapi taruh ekspektasi serendah mungkin.”

8. Pidato singkat tentang teknologi 

Pexels

Berikut naskah pidato tentang teknologi yang reflektif dan bisa mendorong orang turut berpikir kritis

Seorang kriminal asal Amerika Serikat yang bernama Ted Kaczynski atau yang dikenal sebagai Unabomber pernah menulis di manifestonya bahwa teknologi yang harus membebaskan dan mempermudah hidup manusia, justru menjadikan manusia bagaikan “cog in the machine”, bagian dari sebuah sistem yang bekerja sesuai fungsinya, patuh dan tak banyak bertanya. 

Meski cara Ted untuk didengar salah, pemikiran tersebut sebenarnya ada benarnya. Lihat bagaimana kita seakan dituntut untuk membeli berbagai gawai untuk bisa mengikuti perkembangan zaman. Berapa banyak akun bank dan media sosial yang sudah kita buat? Berapa banyak data pribadi yang sudah kita berikan tanpa sadar? Ya, tanpa sadar karena yang kita tahu inilah cara bertahan hidup di era digital. 

Beberapa tahun belakangan muncul gerakan slow life, bahkan off grid living. Di mana orang-orang mencoba kembali hidup dengan cara primitif. Di pedesaan dan menghasilkan makanan mereka sendiri lewat beternak dan berkebun. Namun, tetap saja mereka tidak bisa sepenuhnya bebas dari teknologi. Beberapa tetap mendapat penghasilan dari pekerjaan remote seperti menjadi content creator, programmer, desainer grafis, atau penulis lepas. Apakah ini bukti bahwa kita benar-benar tak bisa lepas dari ketergantungan pada teknologi?

BACA JUGA: 50+ Teka Teki Lucu dan Receh untuk Hilangkan Stres

9. Pidato untuk acara perusahaan 

Pexels

Sedang mencari contoh pidato untuk acara gathering kantor, silakan jadikan ini inspirasi. 

Terimakasih untuk semua yang sudah bersedia hadir di acara gathering tahun ini. Sudah sekitar 2 tahun acara ini vakum karena pandemi dan kini kembali diadakan. Tentunya saya sebagai perwakilan penyelenggara berharap semua pihak bisa menikmati waktu liburannya dengan nyaman di sini. 

Sebelum ke sesi makan malam santai, saya ingin sekalian mengucapkan terima kasih atas pencapaian tim marketing yang berhasil meneken kontrak sponsorship dengan perusahaan A. Sebuah perjuangan yang tidak main-main. Saya tidak bisa sebut nama satu per satu, tetapi yang saya tahu kalian orang hebat yang punya etos kerja baik.

10. Pidato pernikahan 

pidato singkat
Pexels

Meski memberikan pidato di acara pernikahan tidak begitu familiar di budaya Indonesia, Sedulur mungkin hendak menyumbang beberapa patah kata buat sahabat atau kerabat di momen spesialnya. Silakan tengok contoh berikut. 

Saya tidak pernah menyangka kakak saya, D akan menikah. Ia orang yang cukup tertutup dan kaku. Bukan tipe orang yang mudah didekati dan mungkin pemilih juga. Namun, ketika saya tak sengaja memperkenalkannya dengan kak A, saya langsung melihat perubahan signifikan. Untuk pertama kalinya saya bisa melihat kak D tertawa lepas dan merasa dimengerti. 

Kak D dan kak A punya banyak kesamaan yang mungkin buat beberapa orang bukan tipe pasangan ideal. Konon katanya pasangan itu harus saling melengkapi dan biasanya punya kepribadian yang bertolak belakang. Namun, pasangan inilah yang membuka mata saya bahwa ada ya pasangan yang sama persis seperti ini? Apapun itu, saya turut bahagia dan selalu mendoakan yang terbaik. Ternyata keisengan saya waktu itu tidak sia-sia juga. 

Beberapa contoh pidato singkat tadi hanya referensi belaka, ya Sedulur. Silakan buat sesuai kreasi sendiri biar lebih original dan alami saat kamu utarakan. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!