Aksara Jawa merupakan turunan dari aksara Brahmi, jenis aksara yang telah lama digunakan di berbagai wilayah Nusantara. (Sebutan untuk wilayan seluas Indonesia pada masa lalu). Beberapa daerah seperti Jawa, Sunda, Makassar, Melayu dan Sasak menggunakan aksara sendiri dalam penulisannya.

Salah satunya adalah aksara Jawa, yang merupakan salah satu aksara tradisional dan warisan sejarah dan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Kita mustahil dapat melestarikan jika tidak mengetahuinya dengan lengkap. Untuk itu, berikut ini penjelasannya agar Sedulur bisa melestarikannya.

BACA JUGA: Kalender 2021 Versi Jawa, Lengkap dengan Wuku & Hari Baik!

Sekilas sejarah Aksara Jawa

Sekilas sejarah Aksara Jawa
kompas

Diperkirakan aksara ini telah digunakan pada abad ke-17, pada saat berdirinya kerajaan Islam Mataram. Lalu pada abad ke-19 aksara ini mulai ditulis dalam bentuk cetak. Pada dasarnya huruf Jawa merupakan kombinasi dan perpaduan dari aksara abugida dan aksara kawi.

Berdasarkan strukturnya, setiap huruf pada aksara Jawa mewakili dua huruf alfabet dalam bahasa latin yang saat ini kita gunakan. Untuk dapat mengetahui lebih lanjut tentang huruf aksara Jawa, Sedulur bisa menyimak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 100+ Kosa Kata Bahasa Korea Percakapan Sehari-hari, Lengkap!

Aksara Jawa lengkap

Aksara jawa lengkap
kumparan

Dalam huruf Jawa lengkap, terdapat beberapa aturan dalam penulisan yang harus kita ketahui. Dengan mengetahui hal tersebut, kita bisa lebih mudah mempelajari dan memahaminya. Sebelum melakukan translate aksara Jawa, berikut ini beberapa catatan yang perlu diperhatikan, terutama kita yang belum mengetahui terkait huruf Jawa:

  • Inilah aktor suara / a / dan / ha /. Jika karakter ini di depan kata, itu dibaca menggunakan / a /. Namun, aturan ini tidak berlaku untuk nama bahasa asing atau jenis kata selain bahasa Jawa asli.
  • Da digunakan dalam penulisan bagian Jawa Latin / d / gigi di mana lidah terletak di belakang pangkal gigi seri atas dan kemudian muncul. L / D / Ini sangat berbeda dari bahasa Melayu atau Indonesia.
  • DHA digunakan dalam penulisan Jawa Latin untuk d-retroflex di mana lidah ditempatkan dengan / d / untuk bahasa Melayu atau bahasa Indonesia tetapi dengan bunyi ledakan.
  • Tha digunakan untuk menulis bahasa Jawa Latin dalam t-retlex di mana posisi lidahnya sama / d /, tetapi pengucapannya tidak mungkin. Bunyi yang satu ini sangat mirip dengan orang yang memiliki aksen Bali dalam mengekspresikan huruf “R.”

Selain beberapa catatan di atas, berikut ini adalah makna dari huruf Jawa yang perlu Sedulur ketahui, yaitu:

  • Inilah Hana, Alkitab, artinya dalam bahasa Indonesia, keberadaan kehidupan adalah kehendak Allah yang Kudus.
  • Makna adalah cahaya kandra atau kandantanetisaniting yang berarti bahwa ini adalah harapan manusia yang selalu mengharapkan cahaya dari yang ilahi.
  • Cara adalah hak cipta, dadi hak cipta, hak cipta mandulu, yang berarti bahwa itu adalah arah dan tujuan maga seseorang.
  • Ra adalah perasaan handulusih yang merupakan cinta sejati yang muncul dari cinta di hati nurani.
  • Ka adalah karsaningsun memayuhayuning bawana yang merupakan makna gairah diarahkan pada kemewahan alami.
  • Ini adalah dumadining klasik tanpa winangenan yang berarti menerima kehidupan ini apa adanya.
  • Ta adalah martabat, tatus, tutus, titis, dan titi lan, yang berarti bahwa mereka penting, inklusif, satu visi, dan akurat dalam memandang kehidupan.
  • Sa adalah suruhan ingsun handulu atribut Allah, yang berarti membentuk cinta sebagai cinta Allah.
  • Wa adalah bentuk hana tan kena kinira yang berarti bahwa humaniora hanya terbatas tetapi implementasinya sangat tidak terbatas.
  • Itu adalah jati lir handaya paseban yang berarti bahwa ia menjalani hidup hanya untuk memenuhi tuntutan Allah.
  • Pa adalah papan tanpa kiblat yang berarti bahwa Tuhan memiliki instruksi nyata tanpa bimbingan.
  • DHA adalah wekasane endek wiwitane yang berarti Anda mencapai puncak yang harus dimulai dari bawah atau dari bawah terlebih dahulu.
  • Ja adalah bentuk nafsu birahi koula yang berarti bahwa Anda selalu berusaha untuk dekat dengan Tuhan dan memahami kehendak Tuhan.
  • Ya, dapat dipastikan bahwa segala jenis tindakan tidak memiliki makna yang sama yang berarti iman kepada ketetapan hati dan ilahi.
  • Ia nyata tanpa mata, tanpa dibungkus, yang berarti memahami Sunnah Allah atau hakikat kehidupan ini.
  • Apa itu mepep ilahi manepah mepep yang artinya kuat dalam menyembah Tuhan.
  • Ga adalah seorang guru sejati yang menyanyikan muruki yang berarti belajar dari seorang guru nurani.
  • BA adalah bang kang andalani nyata yang berarti merekonsiliasi gerakan alam.
  • niat tha tokul saka, yang berarti bahwa segala sesuatu harus tumbuh dan mulai dengan niat.
  • Nga adalah ngracut busananing manungso, yang berarti meninggalkan ego pribadi manusia.

Huruf Jawa: Carakan

Huruf jawa
pinhome

Dengan kecanggihan teknologi saat ini, sudah tersedia keyboard Aksara Jawa, terutama huruf hanacaraka yang banyak digunakan. Carakan merupakan jenis aksara dasar yang banyak dipelajari dan mudah untuk dipahami. Terdapat bentuk dengan pasangan di setiap karakternya.

Tujuan adanya aksara carakan untuk memudahkan menjeda atau menghapus formulir vokal aksara sebelumnya. Salah satu huruf yang umum dikenal dalam aksara carakan adalah Hanacaraka, beberapa jenis hurufnya bisa Sedulur lihat dalam gambar di atas sebagai contoh tulisan aksara Jawa Hanacaraka.

BACA JUGA: 10 Suku Bangsa di Indonesia Ciri Khas & Asal Daerahnya

Aksara Jawa Pasangan

Aksara Jawa Pasangan
pinhome

Terdapat juga jenis aksara Jawa Pasangan, atau dikenal juga dengan nama pasangan aksara Jawa. Pasangan sendiri merupakan aksara yang memiliki bentuk khusus yang ada di huruf Jawa, untuk menghapus atau menghentikan vokal dari model sebelumnya. Huruf pasangan ini dapat digunakan untuk menulis model suku kata tanpa vokal.

Contoh penggunaan aksara ini bisa dilihat dalam kata mangan sega (artinya: makan nasi). Pada dasarnya kalimat sebenarnya adalah manganasega agar dihentikan dan mudah dibaca menjadi mangan sega perlu kalimat pasangan. Untuk menghentikannya diperlukan aksara pasangan yang bisa Sedulur lihat dalam daftar gambar di atas.

BACA JUGA: 12 Gambar Rumah Adat Jawa Timur Lengkap Beserta Namanya

Tanda baca Aksara Jawa

Tanda baca
pinhome

Tulisan aksara Jawa memiliki tanda baca, berikut ini adalah tanda baca dari Aksara Jawa online yang perlu Sedulur ketahui dan bisa Sedulur pelajari:

  • Pada adeg-adeg: digunakan di adeg-adeg ada di garis depan kalimat di allenya.
  • Pada adeg: Adeg ini digunakan untuk merujuk pada bagian-bagian tertentu dari Aksara yang membutuhkan perhatian, karena ini jenis kurung tanda baca yang sama.
  • Pada lingsa: Lingsa yang sama digunakan pada akhir kalimat sebagai tanda intonasi yang masih setengah dilakukan. Tanda ini setara atau dipisahkan dengan koma.
  • Pada lungsi: Selanjutnya adalah fungsi yang digunakan di akhir kalimat. Tanda baca ini sangat sama dengan titik.
  • Pada pangkat: Pangkat ini memiliki banyak fungsi di dalamnya. Di antaranya adalah penghentian akhir pernyataan lengkap jika beberapa jenis rangkaian mengikuti.

Sekian penjelasan mengenaui tulisan Aksara Jawa dan artinya juga beberapa informasi penting berkaitan dengan huruf Jawa. Sebagai masyarakat Indonesia yang memiliki banyak bahasa daerah, kita harus mengetahui dasarnya. Sebagai bentuk pelestarian terhadap nilai-nilai tradisional. Karena, kekayaan Indonesia tidak akan bermakna tanpa adanya upaya pelestarian dari kita sebagai masyarakatnya.