perangkat lunak

Perangkat lunak (software) merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam sistem komputer. Software ini berperan dalam menjembatani pengguna dengan perangkat keras (hardware), agar komputer bisa digunakan untuk berbagai aktivitas.

Sebuah komputer, baik itu laptop ataupun PC, mempunyai dua komponen utama, yaitu software dan hardware. Untuk hardware, merupakan penyusun fisik pada komputer, seperti mainboard, RAM, harddisk, dan lain sebagainya.

Nah, setiap hardware tersebut tidak akan bisa digunakan tanpa adanya software. Ingin tahu secara lebih lanjut mengenai software, langsung saja simak informasi mengenai perangkat lunak yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

-->

Pengertian perangkat lunak

perangkat lunak
Pexels

Perangkat lunak atau software merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer untuk menjalankan perintah yang diberikan. Jenis perangkat yang satu ini, menjadi catatan bagi mesin komputer untuk menyimpan perintah, dokumen, dan juga arsip yang lainnya.

Selain itu, software juga bisa diartikan sebagai data elektronik yang disimpan sedemikian rupa oleh komputer itu sendiri.

Nah, data yang disimpan tersebut, bisa berupa instruksi atau program yang akan dijalankan dengan menggunakan perintah, ataupun catatan yang dibutuhkan komputer untuk menjalankan perintah yang akan dijalankan.

Untuk mencapai keinginannya ini, maka dirancang sebuah susunan logika. Logika yang disusun tersebut, diolah melalui perangkat lunak yang disebut juga dengan program. Pengolahan dalam software ini melibatkan beberapa hal, seperti program, sistem operasi, dan data.

Software ini akan mengatur dengan sedemikian rupa, sehingga logika yang ada bisa dimengerti oleh mesin komputer.

Pengertian software menurut para ahli

perangkat lunak
Pexels

Agar lebih Sedulur bisa mengetahui pengertian software secara lebih jelas, maka bisa melihat beberapa pendapat dari ahli, seperti yang ada di bawah ini.

  • Wilman & Riyan.

Software mempunyai sifat maya, yang bisa diartikan jika software tidak bisa terlihat secara fisik, namun fungsi dari software tersebut bisa dirasakan manfaatnya oleh para penggunanya (R. Wilman & Riyan, Mengenali & Mengatasi Kerusakan Software Handphone).

  • Melwin Syafrizal Daulay.

Software merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengatur aktivitas kerja komputer serta semua intruksi yang mengarah pada sistem kerja komputer (Melwin Syafrizal Daulay, 2007, Mengenal Hardwaree-Software dan Pengelolaan Instalasi Komputer).

  • Roger S. Pressman

Software merupakan sebuah perintah program dalam komputer, yang jika dieksekusi oleh penggunanya akan memberikan fungsi dan juga “unjuk kerja” seperti yang diharapkan oleh pengguna (Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu) Andi Yogyakarta).

  • Wiwit Siswoutomo

Perangkat lunak merupakan sebuah nyawa dari komputer dan perangkat keras. Hal ini karena tanpa adanya software, maka komputer hanyalah sebuah perangkat keras yang mati dan tidak bisa digunakan dengan semestinya (Wiwit Siswoutomo, 2013, Step By Step Joomla! Programming).

BACA JUGA: Apa Itu Landing Page, Ini Pengertian, Fungsi & Contohnya

Fungsi perangkat lunak

perangkat lunak
Pexels

Diciptakannya software ini tentu saja bukan tanpa tujuan. Ada beberapa fungsi dari software atau perangkat lunak yang perlu Sedulur ketahui, sebagai berikut.

  • Memproses data, instruksi, atau perintah, khusus supaya para pengguna bisa mengoperasikan komputer sesuai dengan hasil informasi yang dikehendaki.
  • Mengidentifikasi sebuah program yang ada di dalam sebuah komputer.
  • Menjadi penerjemah suatu perintah software lain ke dalam bahasa mesin, agar bisa dipahami dan dimengerti oleh komputer.
  • Menjadi sarana interaksi yang menghubungkan antara pengguna dengan perangkat kerasnya.
  • Menyediakan fungsi dasar pada sebuah perangkat keras supaya bisa dioperasikan. Seperti ketersediaan sistem operasi di dalam komputer.

Sejarah perangkat lunak

perangkat lunak
Pexels

Perkembangan software telah dimulai, bahkan sejak pertamakalinya komputer elektronik diciptakan. Perangkat yang satu ini, pertama kali digagas oleh Charles Babbage pada pertengahan tahun 1800-an.

Tetapi, software baru dikenalkan secara resmi kepada khalayak di tahun 1935, oleh Alan Turing dalam esai-nya yang berjudul “Nomor komputasi dengan aplikasi ke masalah Entscheidung.” 

Alan Turing sendiri adalah seorang ahli matematika, yang menjadi orang pertama yang mencetuskan jika komputer bisa menjalankan berbagai program dan bisa digunakan untuk banyak keperluan.

Tidak hanya itu, pada tahun 1930, Alan juga menemukan mesin “Turing” yakni sebuah alat yang bisa menjalankan serangkaian perintah. Sementara untuk kata “software”, dicetuskan oleh John Tukey yang juga seorang ahli matematika di tahun 1958.

DI dalam perkembangannya, perangkat lunak dibagi menjadi empat era, yaitu sebagai berikut.

  1. Era Pemula

Pertama kalinya software muncul dalam bentuk sambungan-sambungan kabel di setiap bagian dalam komputer. Dulunya, software dan hardwaree masih menjadi satu kesatuan, dan hanya digunakan untuk keperluan tertentu saja.

  1. Era Stabil

Dalam era ini, software sudah bisa digunakan untuk beragam fungsi. Sehingga penggunanya tidak hanya dari kalangan peneliti dan akademi saja, tapi juga perusahaan dan industri. Selain itu, pada masa ini juga sudah mulai diterapkannya sistem basis data yang memisahkan antara program dengan data.

  1. Era Mikro

Perkembangan di era mikro bisa dilihat dari jenis software yang dibagi menjadi dua, yakni software sistem yang mengatasi internal komputer, serta software aplikasi yang bisa digunakan oleh para pengguna secara langsung sesuai dengan kebutuhan dan tujuan mereka.

  1. Era Modern

Yang terakhir pada era modern, software telah berkembang menjadi sangat canggih dan juga modern. Pada masa ini, software telah mengenal input dalam bentuk gambar maupun suara. Bahkan distribusinya ada yang berbayar, dan ada juga yang gratis.

BACA JUGA: 12 Aplikasi Screen Recorder PC Gratis & Ringan, Terbaik 2022

Jenis-jenis perangkat lunak

Pexels
  • Firmware

Firmware adalah perangkat lunak penyimpanan yang hanya bisa dibaca. Jenis software yang satu ini bersifat paten, jadi tidak dapat dilakukan modifikasi atau dikembangkan walaupun ada masalah dalam fungsinya.

Umumnya, firmware ini dibuat secara menyatu dengan perangkat keras, sehingga dianggap tidak dianggap sebagai perangkat lunak seutuhnya.

  • Free Software

Para penggunanya harus mempunyai perangkat lunaknya terlebih dahulu agar bisa menggunakannya. Setelah itu, pengguna baru bisa bebas untuk melakukan penggandaan, distribusi, dan juga modifikasi.

  • Freeware

Untuk software yang satu ini bersifat gratis, dan juga bisa digunakan tanpa adanya batas waktu tertentu. Biasanya pengembang membuat software ini untuk komunitas tertentu saja, dengan hak cipta yang tetap dipertahankan sehingga siapa saja bisa melakukan update versi software terbaru.

  • Malware

Perangkat lunak ini sering dianggap sebagai perusak, karena sangat berbahaya jika disalahgunakan. Tujuan penciptaan software ini adalah untuk menyusup, bahkan merusak sistem jaringan. Pada intinya, malware sering digunakan dengan tujuan yang merugikan.

  • Open Source Software

Sesuai dengan namanya, software ini bersifat terbuka. Sehingga kode sumbernya bisa dimodifikasi, dipelajari, ditingkatkan, bahkan disebarluaskan. Perangkat yang satu ini umumnya dapat diperoleh secara gratis, serta digunakan oleh suatu komunitas untuk dikembangkan dengan menggunakan lisensi GPL.

  • Perangkat lunak berbayar

Software ini, mengharuskan penggunanya untuk membayar dengan banderol harga tertentu untuk dapat menggunakan software tersebut. Walaupun sudah dibeli, akan tetapi lisensi untuk menyebarluaskan tidak akan diberikan kepada pengguna, dan tindakan tersebut tergolong ilegal.

  • Shareware

Shareware adalah software yang bisa dibagikan untuk keperluan tertentu secara gratis. Umumnya, shareware akan dibagikan dalam bentuk uji coba dengan fitur terbatas dalam kurun waktu tertentu (biasanya 15 hingga 30 hari). Setelah waktu berakhir, pengguna harus membelinya untuk bisa lanjut menggunakannya.

Karakteristik perangkat lunak

Pexels
  • Functionality

Karakteristik yang mengacu pada tingkat kinerja software terhadap tujuan yang sudah ditentukan.

  • Reliability

Karakteristik yang mengacu pada kemampuan software untuk menyediakan fungsionalitas yang diinginkan pada kondisi tertentu.

  • Usability

Karakteristik yang mengacu pada sejauh mana software bisa digunakan dengan mudah.

  • Efficiency

Karakteristik yang mengacu pada kemampuan software untuk menggunakan sumber daya sistem dengan cara yang paling efisien dan juga efektif.

  • Maintainability

Karakteristik yang mengacu pada kemudahan modifikasi yang bisa dilakukan dalam sistem software untuk memperbaiki kinerjanya, memperluas fungsinya, serta memperbaiki kesalahannya.

  • Portability

Karakteristik yang mengacu pada kemudahan pengembang software yang bisa mentransfer software tersebut dari satu platform ke platform yang lain, tanpa adanya perubahan. Secara sederhana, hal ini akan mengacu pada kemampuan software untuk berfungsi dengan baik untuk berbagai hardware.

Macam perangkat lunak

Pexels
  • Perangkat lunak sistem operasi

Software sistem operasi berfungsi untuk mengendalikan seluruh sistem kerja pada sebuah komputer. Jenis software ini adalah platform yang memungkinkan software atau aplikasi lain agar bisa berfungsi.

Sistem operasi bekerja dengan mengatur segala proses, termasuk menerjemahkan input, output, mengelola memori, tabel pengkodean, dan lain sebagainya. Intinya, perangkat ini akan menghubungkan pengguna, hardware, serta software aplikasi agar bisa digunakan sebagai secara bersamaan.

Contoh dari software sistem operasi adalah Linux, Microsoft Windows, IOS Apple, Mac, OS Windows Phone, dan Google Android.

  • Perangkat lunak aplikasi

Sesuai dengan namanya, perangkat lunak aplikasi adalah deretan program atau aplikasi yang tersedia di dalam komputer, dan biasa digunakan untuk membantu menyelesaikan tugas-tugas tertentu.

Aplikasi perangkat lunak menjadi jenis software yang paling sering digunakan oleh khalayak umum. Selain itu, perangkat ini bersifat non esensial, yang artinya harus diinstal dulu dan dioperasikan sesuai dengan kebutuhan para penggunanya.

Contoh perangkat lunak aplikasi ini seperti Skype, Adobe Photoshop, Ms. Excel, Adobe Premiere, dan masih banyak lagi.

  • Perangkat lunak pemrograman

Perangkat lunak pemrograman adalah software yang berguna untuk menerjemahkan instruksi-instruksi dari bahasa program menjadi kode bahasa mesin. Proses tersebut dilakukan menggunakan prosedur tertentu agar bisa diterima dan dibaca oleh komputer.

Biasanya, software ini digunakan oleh seorang programmer untuk menulis, menerjemahkan, mengembangkan, menguji, sampai dengan men-debug software yang lain. Contoh dari jenis software ini adalah PHP, Python, Java, BASIC, C ++, FORTRAN, COBOL, serta Pascal.

  • Perangkat lunak tambahan/program bantu (Utility)

Software ini menjadi aplikasi yang berfungsi untuk membantu dalam pengelolaan komputer, seperti melindungi sistem, mengkompres file, mengatur harddisk, mengkopi data, memformat disket, dan lain-lain. Contoh dari software ini seperti Antivirus, Winzip, Norton Utility, Scandisk, dan Defragment.

BACA JUGA: Cara Cek Stalker IG Cepat Mudah Tanpa Aplikasi, Terbaru 2022

Bahasa pemrograman

Pexels
  • Bahasa tingkat rendah (low level language)

Bahasa yang satu ini disebut sebagai bahasa mesin di mana pengkodean-nya, dilakukan dengan menggunakan angka 0 dan 1.

  • Bahasa tingkat tinggi (high level language)

Bahasa pemrograman ini menggunakan pengkodean dengan kata dalam bahasa Inggris. Beberapa contohnya seperti COBOL, BASIC, FORTRAN, dan lain sebagainya.

  • Bahasa generasi keempat (4 GL)

Bahasa yang ini lebih berfokus pada objek atau yang disebut dengan Object Oriented Programming (OOP). Misalnya saja seperti Visual Basic, Delphi, Visual C++.

Nah, itu penjelasan mengenai perangkat lunak komputer dan juga beberapa hal yang terkait dengannya. Dengan ini, maka bisa disimpulkan jika software itu memiliki peranan penting dalam sistem kerja computer.

Jika tidak ada software, maka hardware tidak akan berfungsi. Jika hal itu terjadi, tentu saja komputer tidak akan bisa digunakan dengan semestinya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.