Landing page adalah

Landing page adalah suatu hal yang wajib diperhatikan oleh suatu perusahaan apabila mengandalkan digital marketing. Halaman situs ini bisa dikatakan sebagai suatu iklan atau marketing campaign supaya bisa menghasilkan banyak rupiah.

Dampak yang diberikan landing page dinilai cukup besar bagi sebuah perusahaan, karena mampu meningkatkan leads hingga 55% atau tergantung dari seberapa banyak halaman situs yang dimilikinya. 

Dengan keuntungan tersebut, maka ada baiknya untuk mengetahui pengertian serta fungsi dan contoh dari landing page melalui artikel berikut ini. 

BACA JUGA: Cara Login ke Dashboard WordPress Lengkap dengan Fiturnya

-->

1. Apa itu landing page?

landing page adalah
Unsplash

Dikutip dari situs Unbounce, landing page merupakan suatu halaman website yang berguna untuk suatu iklan atau program marketing campaign secara khusus. Biasanya, pengunjung akan menekan suatu link dari iklan Google, media sosial, email, serta berbagai sumber yang lainnya.  

Halaman website ini menjadi suatu kesempatan yang cukup berharga untuk memperoleh informasi pengunjung bagi para pebisnis. Dalam hal ini, data pribadi para pengunjung akan diminta, misalnya adalah email, jenis kelamin, usia, sampai nomor telepon.

Lebih mudahnya, ketika Sedulur sedang berkunjung ke sebuah situs, ada dua pilihan yang pastinya akan dilakukan. Pertama, hanya membaca-baca situs saja. Namun, bisa jadi melakukan aktivitas lain yang lebih dari itu. Disitulah peran dari halaman situs khusus ini. 

2. Karakteristik landing page

landing page adalah
Unsplash

Seperti yang sudah dipahami sebelumnya, landing page merupakan sebuah halaman yang memiliki fungsi khusus dari segi digital marketing pada suatu website. Adapun karakteristiknya yang lain adalah sebagai berikut:

  • Mendorong para penggunanya untuk terfokus pada suatu produk serta segera melakukan transaksi pada sebuah website
  • Mengajak penggunanya agar melakukan aksi tertentu. Contohnya adalah mengisi formulir, membeli produk, dan mempelajari berbagai hal lain yang berkaitan.
  • Memiliki sebuah halaman khusus yang dibuat dengan jelas, spesifik, serta berbeda.

3. Manfaat landing page bagi UMKM dan umum

landing page adalah
Pexels

Manfaat landing page adalah untuk menghasilkan lebih banyak konversi. Tentunya, ada berbagai manfaat lain yang dimilikinya, antara lain:

Lebih efektif dan efisien 

Pengguna akan sangat terbantu jika menggunakan landing page yang terintegrasi dan profesional, sesuai dengan teknik marketing yang tepat. Tentunya, goals atau tujuan yang sudah ditentukan akan tercapai dengan mudah. Ini bisa memaksimalkan suatu bisnis secara efisien mulai dari mudahnya suatu bisnis ditemukan oleh pelanggan, sampai secara tidak langsung meningkatkan suatu brand awareness dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Lebih hemat budget 

Manfaat yang kedua adalah lebih hemat budget. Budget menjadi salah satu hal yang krusial di kalangan pelaku bisnis, terutama UMKM, ketika sedang melakukan digital marketing strategist. Jika tidak dilakukan dengan baik, maka pebisnis bisa jadi kesulitan untuk bersaing dengan perusahaan besar dan bisa naik kelas. Solusi yang tepat adalah dengan membuat website yang hanya membutuhkan anggaran promosi sedikit. Cari cara membuat landing page gratis yang mudah ditemukan supaya budget menjadi hemat.

Menghasilkan lead

Suatu halaman pada website akan bermanfaat untuk mendatangkan leads atau pelanggan dengan adanya landing page. Pelanggan akan menunjukkan ketertarikan terhadap produk yang dihasilkan. Tak hanya itu saja, calon konsumen yang datang berkunjung pada website juga akan terekam informasinya mulai dari email, nama, sampai nomor telepon yang digunakan untuk masuk ke dalam situs yang dibuat.

Media promosi

Manfaat selanjutnya adalah sebagai media promosi yang dinilai sangat efektif. Pelaku bisnis bisa menampilkan berbagai informasi singkat terkait kampanye marketing atau promosi lainnya yang sedang dijalankan bersama dengan tim. Meskipun sedang memiliki banyak promosi, pelaku bisnis hanya perlu menonjolkan satu promosi utama saja dalam suatu situs atau halaman website

Agar lebih mudah menjangkau calon konsumen, promosi juga bisa dilakukan melalui Facebook. Apa itu landing page Facebook? Sama seperti sebelumnya, penggunaannya adalah untuk menjangkau konsumen dengan lebih tepat dan mudah dipahami. Namun, pelaku bisnis harus membuat halaman Facebook dahulu sebelum bisa melakukan promosi.

BACA JUGA: Apa Itu WordPress? ini Pengertian, Jenis dan Kegunaannya

4. Jenis landing page

landing page adalah
Lings

Landing page indonesia maupun di luar negeri itu sama, yaitu halaman web tunggal untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa secara detail tanpa terpengaruh dengan hal lainnya. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa jenisnya.

Landing Page Click Through

Jenis yang pertama mempunyai penjelasan informasi mengenai detail produk atau penawaran lainnya yang lebih detail kepada calon konsumen atau pelanggan. Contohnya adalah sebuah laman yang berisi informasi khusus mengenai knowledge atau layanan produk serta dilengkapi dengan tombol call-to-action atau CTA yang dihubungkan langsung dengan transaksi atau halaman registrasi selanjutnya.

Landing Page Lead Generation

Hampir sama dengan click trough, jenis yang satu ini memiliki perbedaan yang dibuat lebih menarik, singkat, serta jelas. Fokus pada page lead generation adalah konversi user yang dirancang secara khusus agar leads secara langsung berkumpul. Contohnya adalah mendaftar untuk news letter berhadiah, kupon khusus, atau untuk mendapatkan promo.

5. Contoh landing page yang efektif

Riyandi

Setelah membahas tentang pengertian, manfaat, dan jenisnya, kini saatnya membahas mengenai contohnya. Contoh landing page adalah sebagai berikut. 

Airbnb

Airbnb merupakan suatu platform yang bergerak di bidang penyewaan properti seperti rumah atau apartment. Perusahaan startup ini melakukan kerjasama dengan pemilik properti yang tertarik untuk menyewakan propertinya. Perusahaan ini kemudian melakukan penyebarluasan layanan dengan membuka layanan wisata yang bisa diatur dengan airbnb.

Layanan wisata tersebut diantaranya adalah touring, tur kuliner, kelas memasak, sampai pengalaman wisata yang bisa memberi efek secara sosial. Semua hal itu bisa diatur dengan mudah hanya melalui airbnb. Berikut adalah tips untuk membuat landing page seperti airbnb:

  • Seperti halaman websitenya, objek harus ditempatkan pada sisi kiri dan akan menjadi fokus penggunanya. Sebelumnya, Sedulur harus membuat beberapa poin yang ingin ditampilkan dalam bisnis. 
  • Membuat suatu formulir dengan kolom yang singkat.
  • Menampilkan foto interaksi antar manusia ketika pebisnis meminta pengunjung agar bergabung dalam suatu program yang sedang dipromosikan.

Uniqlo

Contoh landing page keren selanjutnya adalah dari brand ternama merk Uniqlo. Brand pakaian ini banyak disukai oleh para kawula muda dan menawarkan pakaian yang bersih, sederhana, serta nyaman dipakai pria maupun wanita. 

Kepopulerannya kemudian merambah ke berbagai negara lain seperti India, Indonesia, Kanada, Jerman, serta negara lainnya. Nuansa halaman web dari brand ini cukup simple, dengan latar putih serta logo yang ada di atasnya. Adapun tips untuk membuat halaman seperti brand Uniqlo adalah sebagai berikut:

  • Sesuaikan dengan branding dari bisnis yang sedang dilakukan. Tempatkan logo dari brand apabila desain yang ditetapkan cukup sederhana. Logo tersebut minimal akan membuat tampilan dari halaman lebih mudah untuk diingat oleh audiens.
  • Jangan lupa untuk memberikan opsi promosi kepada audiens supaya mereka bisa mendapatkan informasi yang diinginkan saja.

BACA JUGA: Apa Itu Content Creator, Ini Cara & Kunci Suksesnya, Tertarik?

6. Kriteria landing page yang profesional

Jasa Digital Marketing

Secara garis besar, landing page yang bagus dan profesional adalah yang bisa membuat pengunjung atau audiens nyaman ketika sedang berkunjung. Ketahui beberapa kriterianya berikut ini.

Memiliki CTA (Call To Action) yang jelas

Kriteria landing page template yang pertama adalah memiliki CTA yang jelas. CTA merupakan bagian dari website yang di desain supaya audiens melakukan aktivitas tertentu yang bisa menimbulkan konversi. CTA bisa berupa tombol “Beli Sekarang” ataupun form yang berisi email, nama, dan lain sebagainya.

CTA akan membuat audiens atau pengunjung segera mengambil suatu tindakan misalnya adalah melakukan pendaftaran atau melakukan pembelian produk. Desainnya harus dibuat semenarik dan sesederhana mungkin, supaya para pengunjung sebagai audiens tidak merasa kesulitan ketika mengaksesnya.

Menggunakan informasi visual

Kriteria penting lainnya yang tak kalah penting untuk ditambahkan adalah menggunakan informasi visual. Maksudnya adalah dengan memberikan informasi berupa grafik dan gambar yang menarik. Hal ini bisa membuat para pengunjung dengan mudah memahami tujuan dan maksud dari apa yang ingin disampaikan. 

Berbeda dari bagian isi

Selanjutnya, landing page yang menarik adalah yang memiliki perbedaan dari segi isinya. Tak hanya itu saja, halaman juga harus memiliki cukup ruang, tidak terlalu semak dan bisa membuat pengunjung merasa nyaman ketika sedang mengunjunginya.

Pengunjung atau audiens tidak akan merasa nyaman apabila halaman yang ditawarkan terlalu penuh. Maka dari itu, berikan cukup ruang pada bagiannya. Masalah tata ruang ini cukup penting agar apa yang ingin ditampilkan terlihat bagus dan tertata.

7. Hal yang harus dihindari dalam pembuatan landing page

ClearVoice

Jika ada kriteria yang harus dikuasai, maka ada pula beberapa hal yang harus dihindari dalam pembuatan sebuah landing page. Tentu saja, jika dilakukan pengunjung akan menjadi kesal dan itu bisa mempengaruhi konversi dari sebuah website

  • Jangan pernah sekalipun memberikan janji atau informasi palsu yang Sedulur sendiri belum yakin tentang kebenaran hal itu. Jika dasar dari sebuah penawaran adalah kebohongan, maka akan membawa masalah lain terhadap sebuah bisnis.
  • Pengunjung sangat tidak nyaman ketika memberikan terlalu banyak teks. Maka dari itu, pastikan kalimat yang ada merupakan kalimat yang padat, mudah dipahami, dan tentunya singkat.
  • Jangan membuat lebih dari satu penawaran, karena aturannya adalah satu penawaran saja per halaman. Apabila menempatkan lebih dari satu penawaran dalam satu halaman, maka konversi akan berkurang sangat drastis.
  • Pastikan halaman yang dibuat sudah mobile friendly karena banyak audiens yang mengaksesnya melalui perangkat mobile disamping laptop atau komputer. Apabila tidak mobile friendly, maka akan kalah dengan yang lainnya.

BACA JUGA: Apa Itu Marketing? Ini Definisi, Fungsi, Jenis dan Tujannya

8. Hal yang perlu dilakukan setelah membuat landing page

Hal yang harus dilakukan setelah membuat landing page adalah mencari kunjungan sebanyak mungkin. Hal itu bisa dilakukan melalui beberapa teknik berikut ini:

Search Engine Optimization (SEO)

Setelah membuatnya, salah satu hal yang penting dilakukan dalam landing page marketing adalah Search Engine Optimization (SEO). Melalui teknik ini, halaman web yang dibuat akan berada pada peringkat atas pada mesin pencari seperti Google. Untuk melakukannya, tak perlu keluar uang untuk melakukan iklan. Kunjungan akan datang secara natural atau dengan sendirinya. Namun, butuh kesabaran yang ekstra, ya.

Social Media Marketing

Manfaatkan sosial media sebagai kunjungan pada teknik ini. Ada berbagai fitur yang ada dalam media sosial agar halaman menjadi viral. Tentunya, hal tersebut baik untuk perkembangan bisnis. Jika kunjungan sudah mulai berdatangan, evaluasi kunjungan tersebut mulai dari sejauh mana tingkat konversi tercapai, efektifitas anggaran, serta hal apa saja yang digunakan untuk meningkatkan konversi.

Pada dasarnya, landing page adalah suatu halaman berbeda dari situs lainnya yang dibuat untuk meningkatkan keuntungan suatu bisnis yang ditawarkan. Jadi, apakah sekarang Sedulur sudah tertarik untuk melakukannya agar pengunjung semakin banyak yang berdatangan?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.
 
Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.