Beda dengan Facebook dan Linkedin, Instagram tidak memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mengetahui siapa saja yang melihat halaman profil kita. Dengan begitu, Sedulur tidak bisa mengetahui orang-orang yang berpotensi mengawasi gerak gerikmu lewat media sosial alias stalker. Ada baik dan buruknya, sih. Namun, mungkin mengganggu buat sebagian orang yang curiga akunnya diawasi seseorang yang tidak diinginkan. 

Nah, berikut ada beberapa tips dan trik yang bisa Sedulur gunakan untuk cek stalker IG. Apa saja? Geser ke bawah sekarang juga biar nggak penasaran. 

BACA JUGA: 15 Aplikasi Desain Rumah Terbaik yang Mudah & Gratis

1. Cara cek stalker IG dengan Instagram Stories 

 

-->
cara cek stalker ig
Pexels

Cara melihat stalker IG tanpa aplikasi bisa dilakukan dengan memanfaatkan Instagram Stories. Ini adalah fitur dalam platform tersebut yang memungkinkan kita melihat siapa saja yang menonton atau membuka status yang Sedulur buat. Nama profil mereka akan terpampang nyata di sana. Untuk tahu mana yang stalker, biasanya mereka ada di urutan terdepan atau teratas. Namun, ini hanya asumsi berdasar pengalaman pengguna, tidak sepenuhnya benar. Biasanya orang yang paling cepat melihat statusmu adalah pemilik akun yang sering berinteraksi denganmu menurut algoritma Instagram. Misalnya yang beberapa kali mengecek laman profil atau mengirim direct messages (DM). 

2. Hanya perlihatkan Stories pada profil yang dicurigai 

cara cek stalker ig
Pexels

Jika Sedulur sudah punya sosok yang dicurigai sebagai pengintai, Sedulur bisa mencoba trik berikut. Buat IG Stories dan hanya tunjukkan pada orang ini, sembunyikan dari pengikutmu lainnya termasuk teman dekat. Gunakan menu Pengaturan > Story > Hide Story From. Kemudian pilih nama akun yang kamu curigai. 

Setelah beberapa saat cek apakah benar ia yang melihat statusmu? Dengan trik ini, kamu bahkan bisa melihat berapa kali ia mengecek dan memutar stories buatanmu karena hanya dia yang bisa melihatnya, tetapi jumlah view bisa lebih dari satu

3. Check stalker dengan situs daring 

Pexels

Bila ingin dapat analisa pengintai di media sosial macam Instagram, Sedulur bisa menggunakan situs Instagram Check Stalkers dari JNCK Media. Situs ini memungkinkan kita melihat orang-orang yang mengecek laman profil Instagram dalam sehari. Syaratnya akun yang akan dicek harus bersifat publik alias tidak digembok oleh pemiliknya. 

Termasuk milik Sedulur nih bila memang hendak mengecek akun milik pribadi.  Setelah membuka situs di browser, Sedulur diminta memasukkan username akun IG yang akan dianalisa, kemudian masukkan captcha sesuai kode tertera. Setelah beberapa saat hasil akan muncul. Namun, hanya sekitar 10 daftar yang akan tertera di layar dan situs ini hanya bisa dipakai tiga kali dalam sehari. 

BACA JUGA: Ukuran Story Instagram Terbaru agar Tidak Terpotong & Buram

4. Menggunakan aplikasi cek stalker IG yang tersedia gratis di AppStore dan PlayStore

cara cek stalker ig
Pexels

Aplikasi pihak ketiga sebenarnya tidak disarankan, sebab tidak ada jaminan mereka tak akan menyalahgunakan data Sedulur. Seremeh apapun data sebaiknya tidak disebarkan apalagi dibagikan pada pihak selain diri kita sendiri. Namun, jika Sedulur memang sepenasaran itu, silakan coba aplikasi Follower Analyzer for Instagram, Analyzer Plus, Followmeter dan Analytics for Instagram. Ketiganya sebenarnya difungsikan untuk mendapatkan insight lebih dari sebuah kampanye marketing di media sosial macam Instagram. 

Mereka bisa dibilang adalah versi lebih lanjut dan lengkap dari analisa yang disediakan Instagram Business sehingga lebih komprehensif. Sedulur pun bisa melihat suka mengecek profil kita dalam jangka waktu tertentu, akun-akun yang berhenti mengikuti, memblokir akun kita, hingga daftar pengikut baru. Gunakan aplikasi di atas dengan hati-hati, ya Sedulur. Mengingat kita tidak memiliki kontrol atas apa yang mereka bisa gunakan saat kita mengizinkan mereka mengakses profil Instagram Sedulur. Selalu baca ulasan pengguna dan pastikan pengembangnya sudah diverifikasi oleh Apple atau Google sebagai pengelola sistem operasi ponsel. 

Sebelum memasang dan menggunakan fiturnya, ada baiknya Sedulur memahami risiko berikut.

  1. Tidak ada yang menjamin bahwa mereka akan menjaga keamanan data Sedulur. Bisa jadi data Sedulur bocor atau dijual dan akhirnya akunmu diretas pihak yang tidak bertanggungjawab. Untuk mengurangi risiko ini, silakan aktifkan Two Factor Authentication di Pengaturan. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, orang akan tetap membutuhkan kode OTP yang dikirim ke ponsel terdaftar saat akan login di perangkat baru dan Sedulur sebagai pemilik nomor bisa tahu apakah ada aktivitas mencurigakan yang sedang terjadi. 
  2. Kebanyakan aplikasi tersebut tidak sepenuhnya gratis dan meminta biaya langganan. 
  3. Tidak semua aplikasi bisa memperlihatkan nama akun yang melihat profil Sedulur. Mereka mungkin hanya menampilkan jumlah saja, bahkan beberapa bisa saja merekayasa data dengan menampilkan akun acak. 

5. Cek akun mana saja yang berinteraksi denganmu di ikon hati 

Pexels

Ikon hati dipakai Instagram untuk menunjukkan siapa saja yang berinteraksi dengan postingan dan profilmu. Namun, tentu biasanya stalker tidak melakukannya demi menutup jejak, tetapi ada kemungkinan mereka tak sengaja mengklik gambarmu dua kali dan akhirnya tercatat telah menyukai gambar yang kamu unggah. Jadi, Sedulur bisa menggunakan fitur ini untuk mengecek stalker. Walaupun tidak begitu efektif dan akurat, sih. 

BACA JUGA: Download Video Instagram (Story, Reels, IGTV) Tanpa Aplikasi

6. Amankan profil Sedulur dengan mengaktifkan mode Private Account 

cara cek stalker ig
Pexels

Bila akun Sedulur adalah akun pribadi, bukan untuk bisnis atau terverifikasi sebagai milik sebuah brand atau public figure, Instagram memungkinkan Sedulur untuk mengunci akun. Ini membuat orang yang tidak diinginkan atau tidak mendapat izin untuk mengikuti akun milikmu mengecek profilmu sama sekali. Setelah diaktifkan, kamu bahkan bisa menghapus follower yang menurutmu tidak kamu kenal dan mencurigakan di daftar pengikut. Caranya tinggal pergi ke Settings < Privacy, lalu geser slider Private Account ke mode aktif. Beres, deh. 

7. Seberapa penting mengecek stalker?

cara cek stalker ig
Pexels

 Sebenarnya urgensi cek stalker IG gratis tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing individu. Secara umum, melihat siapa saja yang mengecek IG kita bukanlah hal yang penting selain hanya untuk memuaskan rasa penasaran belaka. Bila Sedulur mencurigai seorang stalker, dengan mudahnya kamu bisa memblokir akun mereka dengan satu klik dan secara otomatis mereka tidak akan bisa mengakses konten apapun dari akun Instagram Sedulur. Bila ingin hidup lebih tentram, mode Private Account juga bisa diaktifkan sehingga hanya orang-orang yang Sedulur kenal dan percaya saja yang bisa mengakses konten milikmu. Hidup itu sederhana, kok, tidak perlu dibuat ribet.

Sederet cara di atas boleh dilakukan atau diabaikan saja. Terserah preferensi Sedulur sebagai pengguna media sosial. Tentunya keputusan pihak Meta dan Instagram merahasiakan siapa saja yang melihat profil kita memiliki keuntungan dan kelemahannya sendiri. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.