mangga irwin

Apabila sedang membahas tentang mangga, biasanya buah tropis ini memiliki ciri berwarna orange atau hijau ketika matang. Namun saat ini, terdapat buah tropis yang sedang populer karena memiliki kulit yang cantik dengan warna ungu cerah. Buah tersebut adalah buah mangga irwin. 

Selain memiliki warna yang menarik, manfaat yang terkandung dalam buah tropis ini cukup beragam. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Tak hanya itu, rasa yang ditawarkan juga enak dan manis. Penasaran dengan fakta menarik mangga irwin? Simak selengkapnya di sini, ya.

BACA JUGA: Buah Klimaterik dan Non Klimaterik, Ini Perbedaan & Contohnya!

1. Berasal dari Australia?

mangga irwin berasal dari mana
detikfood

Australia bukan merupakan jawaban atas pertanyaan mangga irwin berasal dari mana. Justru, buah ini berasal dari Florida Selatan. Buah yang memiliki nama latin Mangifera Indica ini memiliki perbedaan dengan lainnya. Perbedaannya adalah warna kulitnya yang bukan orange maupun hijau, tetapi dominan merah dan ungu. 

-->

Buah tropis ini pertama kali dikembangkan di Florida Selatan, tepatnya adalah pada tahun 1939. Buah ini ditanam di Miami dan pertama kali menghasilkan buah pada 1945. Empat tahun kemudian, bibitnya mulai disebarluaskan di berbagai penjuru wilayah di dunia. 

Kemudian, buah ini mulai tumbuh dan berkembang di berbagai wilayah di dunia, termasuk Australia. Buah ini mulai tumbuh subur di negeri kanguru sehingga banyak orang yang mengira bahwa asalnya adalah dari Australia. 

2. Memiliki warna ungu dengan karakter unik

ciri-ciri
tanamanbuahasri

Buah tropis yang satu ini memiliki ciri khas yang unik karena warnanya ungu dan berbeda dengan jenis yang lainnya. Warna tersebut sudah bisa terlihat sejak masih kecil. Kemudian, warna akan menjadi semakin mengkilap serta cerah ketika sudah tumbuh semakin besar. 

Warna yang didapatkan tersebut berasal dari tingginya zat antosianin. Meskipun warnanya ungu, ia masih memiliki kandungan klorofil di dalamnya, walaupun sedikit jumlahnya. 

Meskipun buahnya berwarna ungu, daun dari mangga irwin hijau seperti pada umumnya. Bentuk dari pangkal buah ini adalah bulat dan ujungnya meruncing. Selain itu, kulit dari buah tropis ini cenderung halus dan rata seperti yang lainnya. Meskipun tidak sebesar jenis pada umumnya, namun buah ini bisa mencapai berat hingga 500 gram. 

3. Memiliki rasa dominan manis

rasa mangga irwin
tanamanmart

Tak seperti luarannya, daging dari buah tropis unik ini tetaplah berwarna kuning cerah atau orange jika sudah matang, seperti pada umumnya. Aroma dan rasa mangga irwin umumnya sangat manis. Dagingnya tidak tipis dan cenderung tebal, karena bijinya tipis dan kecil. Tekstur dari dagingnya pun cenderung padat serta berserat halus. Rasa unik yang ditawarkan darinya adalah tekstur dan rasa yang cenderung agak bertepung. Hal ini disebabkan karena buah mempunyai banyak kandungan pati didalamnya. 

BACA JUGA: Pisang Varigata, Pisang Unik & Cantik dari Daun hingga Buahnya

4. Manfaat mangga irwin

manfaat mangga irwin
ratubibitkediri

Baik mangga irwin kuning atau ungu, manfaat yang terkandung di dalamnya ada beragam. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Diklaim mampu mengobati diabetes melitus, menjaga kesehatan tulang sampai mengatasi anemia atau kurang darah. Meskipun banyak yang tak percaya jika buah super manis ini mampu untuk mengobati diabetes, namun hal tersebut kemudian dibuktikan dengan kandungan flavonoid serta antosianin yang terdapat di dalamnya.
  • Mengandung vitamin, zat besi, hingga antioksidan yang berguna untuk menjaga kesehatan sekaligus mencegah timbulnya berbagai macam penyakit
  • Terdapat kandungan Vitamin D yang banyak pada buah ini yang berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Selain itu, terdapat pula kandungan zat besi yang bisa mencegah dan mengatasi anemia atau kurang darah. Buah manis berwarna ungu ini juga cocok untuk dikonsumsi anak maupun ibu yang sedang mengandung. 

5. Harganya tinggi

harga
samuderabibit

Harga mangga irwin per kg-nya terbilang cukup mahal karena masih sulit untuk ditemukan di Indonesia. Harga untuk satu kilonya adalah sekitar Rp120 ribuan. Meskipun terbilang cukup langka dan susah untuk ditemukan, buah berwarna ungu ini sudah dibudidayakan oleh banyak petani lokal. Maka dari itu, tidak sulit untuk menemukan penjual bibitnya. 

Bibit dari buah tropis ini dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp30 ribu-50 ribuan per batang bibitnya. Tanaman ini pada dasarnya bisa tumbuh dengan sehat di dataran rendah dengan cuaca yang cukup menyengat. Maka dari itu, cocok untuk ditanam di daerah tropis seperti Indonesia. Untuk bisa memanennya, butuh waktu sekitar tiga sampai empat tahun dan panen akan berlangsung pada sekitar Juni dan Juli. 

BACA JUGA: Begini Cara Mencangkok Tanaman Buah yang Benar Agar Subur

6. Metode budidaya

budidaya
lazada

Metode budidaya dari pohon mangga irwin ini memiliki rekomendasi lahan yang berada pada dataran rendah, yaitu dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut atau mdpl. Selain itu, buah ini juga cocok untuk ditanam di iklim tropis dengan kisaran suhu 30-35 derajat Celcius. Berikut adalah beberapa tips untuk menanam tumbuhan unik yang satu ini:

1. Lakukan penyiraman rutin pada bibit. Bibit mangga irwin harus disiram secara rutin, yaitu sekitar satu sampai dua kali dalam sehari. Sesuaikan penyiraman bibit dengan cuaca serta kondisi dari tanah. Jangan biarkan ada tumbuhan pengganggu seperti gulma yang tumbuh di sekitar pohon. Apabila sudah terjangkit hama, maka segera berikat insektisida atau fungisida setiap empat hari sekali. 

2. Gunakan pupuk. Selain menyiram secara rutin, tanaman mangga irwin juga butuh nutrisi yang harus dipenuhi. Maka dari itu, lakukan pemupukan secara rutin selama satu bulan sekali. Gunakan pupuk organik atau pupuk kimia untuk menyuburkan tanamannya. Agar buah bisa cepat tumbuh, berikan hormon perangsang buah secara teratur yaitu satu bulan sekali. Reaksi yang akan diberikan sekitar kurang dari tiga tahun.

3. Pemanenan. Setelah berbuah, tibalah saatnya untuk dipanen. Tanaman akan berbuah jika sudah berusia lebih dari dua tahun. Buah yang akan dipanen jumlahnya cukup sedikit, yaitu kurang dari 15 kali. Namun, jumlah tersebut akan meningkat seiring berjalannya waktu. 

Demikian ulasan mengenai mangga irwin yang sedang populer karena keunikannya yang berwarna ungu. Selain terlihat cantik, rasanya pun tak kalah enak dari jenis yang lainnya. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?