Pasir kucing merupakan salah satu perlengkapan yang wajib dimiliki oleh setiap pecinta kucing. Terutama bagi Sedulur yang memelihara kucing di dalam rumah, pasir tersebut bermanfaat untuk menampung kotoran kucing agar tida sembarangan buang air. Dengan begitu, Sedulur masih tetap bisa mempertahankan kebersihan rumah.

Namun, terdapat banyak jenis pasir untuk kucing yang bisa Sedulur gunakan. Sebelum masuk dalam pembahasan terkait daftar merk pasir untuk kucing, kita mulai pembahasan dengan mengulas apa itu pasir untuk kucing.

BACA JUGA: 6 Pilihan Obat Cacing Kucing Bagus, Ampuh & Cara Pakainya

Apa itu pasir kucing?

"Apa

Pasir untuk kucing merupakan jenis pasir yang terbuat dari bahan khusus, diperuntukan untuk tempat menampung kotoran kucing. Meskipun disebut dengan nama pasir, namun sebenarnya terbuat dari butiran-butrian yang lebih besar dari pasir pada umumnya. Butiran-butiran tersebut dibuat bukan tanpa alasan.

Butiran tersebut khusus dibuat untuk memudahkan dan menunjang kenyamanan kucing saat membuang kotoran. Terlebih lagi, melihat kebiasaan kucing yang akan membuang kotoran harus menggali terlebih dahulu. Butiran-butiran pasir tersebut akan mempermudah proses bagi kucing saat hendak buang air.

BACA JUGA: Ini 6 Ciri Ciri Kucing Cacingan, Penyebab & Cara Mengobatinya

Jenis-jenis pasir kucing

jenis-jenis pasir kucing
freepik

Banyak jenis dari pasir kucing wangi yang perlu Sedulur ketahui. Setidaknya ada 4 jenis pasir yang saat ini tersedia di pasaran dan banyak digunakan oleh pecinta kucing. Jenis-jenis pasir untuk kucing tersebut adalah:

1. Pasir Bentonite

Kucing pasir yang pertama adalah pasir bentonite. Pasir ini lebih dikenal dengan sebutan pasir gumpal. Tekstur pasir yang halus dan akan langsung menggumpal ketika terkena ai seni kucing. Bukan hanya itu, pasir ini juga tersedia dengan berbagai jenis aroma. Hal ini membuat kita tidak perlu khawatir dengan aroma yang dihasilkan oleh kotoran kucing.

2. Pasir Organik

Pasir ini terbuat dari bahan-bahan alami, oleh karena itu pasir ini disebut dengan nama pasir organik. Bahan-bahan alami yang dimaksud adala pelet kayu, ampas kedelai dan bahan sisa produksi lainnya. Maka dari itu, kelebihan dari pasir jenis ini adalah ramah lingkungan dan tidak memiliki sifat limbah.

Ketika telah selesai digunakan, kita bisa membuang langsung pasir ini tanpa harus memikirkan mencemari tanah. Justru, tanah akan lebih subur karena pasir ini terbuat dari bahan alami. Kelebihan lainnya, pasir ini tidak membahayakan sistem pernafasan, karena tidak mengandung debu sama sekali. Cocok digunakan bagi Sedulur yang alergi terhadap debu.

3. Pasir Kristal

Pasir jenis ini disebut sebagai pasir kristal, karena butiran-butiran pasirnya menyerupai kristal. Kelebihan pasir ini adalah memiliki daya serap yang tinggi. Oleh karena itu aroma dari air seni dan kotoran kucing akan terserap dengan cepat, dan tidak akan menganggu Sedulur saat beraktivitas.

Selain itu, pasir jenis ini juga tidak akan menimbulkan debu, jadi sangat aman untuk Sedulur yang memiliki alergi debu. Namun, pasir ini tidak disarankan digunakan untuk anak kucing, karena kurang cocok. Juga sangat berbahaya jika pasir ini tertelah oleh kucing, akan menyebabkan kesehatan kucing terganggu.

4. Pasir Zeolite

Jenis pasir untuk kucing terakhir adalah pasir zeolite, pasir ini banyak digunakan oleh para pecinta kucing. Pertama karena harganya yang murah, dan pasir ini terbuat dari bebatuan yang dihaluskan. Meskipun memiliki tekstur yang halus, pasir ini tetap dapat menyerap kotoran hewan. Namun kekurangan dari pasir ini yaitu memiliki daya serap yang rendah dan cenderung menghasilkan debu. Sangat tidak banik bagi pernapasan manusia dan kucing itu sendiri.

BACA JUGA: 12 Makanan Kucing Persia Untuk Kesehatan & Perawatan Bulu

Manfaat pasir kucing

manfaat pasir kucing
hellosehat

Namun, bagaimana sih sebenarnya manfaat menggunakan pasir untuk kucing? Sebagaimana yang kita ketahui, kucing merupakan hewan yang sangat cinta kebersihan. Di mana pun mereka berada, saat hendak buang air, mereka selalu membersihkannya. Dengan dasar sebagai hewan yang menyukai kebersihan, kita bisa mendukungnya dengan memberikan pasir.

Manfaat dari pasir untuk kucing sendiri adalah dapat membuat kucing tidak sembarangan buang air, selain itu tekstur yang lembut dan nyaman dari pasir dapat mengantarkan kucing untuk membuang air secara rapi. Karena itu merupakan insting dasar dari kucing itu sendiri, Secara sederhana, dengan adanya pasir dapat membuat Sedulur lebih terjaga kebersihan rumah saat merawat kucing secara indoor.

BACA JUGA: Fakta Kucing Munckin Kaki Pendek, Harga & Cara Merawatnya

Cara menggunakan

cara menggunakan pasir kucing
petpintar

Nah, kali ini merupakan pertanyaan yang paling sering ditanyakan terkait pasir kucing. Yaitu bagaimana cara menggunakannya yang benar. Karena masih ada beberapa pecinta kucing yang menggunakan pasir dengan cara yang tidak tepat. Berikut ini merupakan langkah-langkah menggunakannya dengan mudah, yaitu:

  • Pertama-tama, Sedulur harus siapkan litterbox dulu. Litterbox adalah kotak berbentuk baskom persegi panjang dengan berbagai ukuran. Pastikan kucingmu bisa muat dengan pas di litterbox itu, ya. Kamu bisa beli kotak litterbox di petshop atau lewat toko online.
  • Selanjutnya, tuangkan pasir untuk kucing secukupnya ke dalam kotak litterbox tersebut. Jangan terlalu sedikit, tapi juga jangan terlalu penuh. Jika Sedulur menggunakan pasir jenis gumpal atau bentonite, cukup isi litterbox dengan pasir hingga setebal 3 inch. Buat jenis pasir lainnya, bisa kamu isi dengan ketebalan 3 inch.
  • Setelah itu, tempatkan litterbox yang sudah diisi pasir di tempat yang tepat. Hindari meletakkan litterbox di tempat yang sering dilewati orang dan kucing lain. Kalaupun terpaksa, paling nggak pilih sudut ruangan yang sepi dan tersembunyi. Jadi, kucingmu pun nggak segan buat buang air di tempat yang sudah kamu sediakan.
  • Jangan lupa, ganti pasir secara rutin. Kucing Sedulur akan malas untuk buang air di litterbox jika pasirnya kotor dan bau. Ibarat Sedulur yang tidak akan sudi buang air di toilet yang kotor. Pasir yang kotor juga jadi sarang penyakit, contohnya seperti toksoplasmosis. Akan beresiko terhadap kesehatan kucing Sedulur jika tidak diganti secara rutin.

Lantas apa saja merk dari pasir untuk kucing terbaik yang bisa kita gunakan? Di bawah ini terdapat beberapa daftar merk pasir yang bisa Sedulur beli. Tidak disesuaikan dengan kebutuhan kucing dan kebutuhan Sedulur itu sendiri. Yuk, langsung saja mari kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: Mengenal Kucing Mixdom, Kucing Ras Campuran Lucu & Populer

1. Catsan Ultra Odor Control Formula

1. Catsan Ultra Odor Control Formula
tokopedia

Merk pasir untuk kucing yang bagus pertama adalah Catsan Ultra Odor Control Formula. Pasir merk ini tidak terlalu wangi, dan dapat membuat kucing Sedulur nyaman menggunakannya. Kadang agak dilema jika kita menggunakan pasir yang beraroma wangi, bahkan menyebabkan kucing tidak ingin buang air, karena kucing memiliki penciuman yang sensitif.

Selain itu, pasir ini memiliki kelebihan akan daya serap dan daya gumpal yang baik, sehingga baik itu urine atau kotoran kucing akan terserap dengan baik dan tidak akan menimbulkan bau. Butiran dari pasirnya juga sangat lembut dapat memberikan kenyamanan kepada kucing saat menggunakannya. Sedulur bisa membeli pasir ini dengan harga Rp 60.000 untuk setiap 5 liternya.

2. Keskow Organik

2. Keskow Organik pasir kucing
shopee

Bagi Sedulur yang mencari pasir yang ramah lingkungan, Keskow Organik merupakan pilihan yang tepat. Pasir ini terbuat dari bahan utama kertas bekas dan serbuk kayu, yang kemudian diolah berbentuk butiran-butiran pelet pasir. Karena terbuat dari kertas dan kayu, pasir merk ini memiliki daya serap yang tinggi.

Selain itu, ketika pasir terkena urine dan kotoran, pasir akan terurai karena pada dasarnya terbuat dari kertas dan kayu. Hal ini tentu akan mencegah munculnya aroma tidak sedap dari kotoran kucing. Karena terbuat dari bahan organik, Sedulur tidak perlu pusing membuangnya. Sedulur bisa membuangnya ke tanah, dan kotoran akan terurai sendiri.

Bagi Sedulur yang mencintai lingkungan, pasir ramah lingkungan ini bisa jadi rekomendasi Sedulur. Selain itu, harga pasir untuk kucing ini juga sangat terjangkau. Jika dibandingkan dengan jenis pasir lainnya. Pasir ini bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp. 50.000 untuk setiap 10 liter. Pasir yang sangat cocok bagi Sedulur yang mempertimbangkan eco-friendly.

BACA JUGA: 12 Cara Menghilangkan Kutu Kucing yang Ampuh dan Praktis

3. Ketz Woodz

3. Ketz Woodz
blibli

Rekomendasi merk pasir  selanjutnya adlaah Ketz Woodz. Merk ini merupakan yang paling populer di antara merk pasir untuk kucing lainnya. Pasir ini terbuat dari pelet kayu yang sangat ramah lingkungan. Serbuk-serbuk kayu yang dipadatkan dan dibentuk butiran berukuran kecil sehingga terlihat seperti serbuk. Dapat dengan cepat menyerap kotoran kucing.

Saat terkena urine dan kotoran kucing, pasir ini akan terurai dan kembali ke bentuk asalnya. Meskipun berupa serbuk, namun Sedulur tidak boleh menyepelekan kualitasnya. Ketz Woodz telah terbukti ampuh untuk menampung kotoran kucing. Karena bentuknya serbuk dan terbuat dari bahan kayu, otomatis serbuk ini tidak menghasilkan partikel debu dan aman untuk pernafasan.

Selain aman bagi Sedulur, pasir merk ini juga akan sangat aman untuk peliharaan Sedulur di rumah. Terlebih harga pasir ini juga sangat terjangkau. Bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp 30.000 hingga Rp 50.000 untuk setiap 12 liter kemasan pasir ini.

4. Yihu Aristo Natural Cat Litter

4. Yihuu pasir kucing
ceklist

Yihu Aristo Natural Cat Litter merupakan rekomendasi pasir selanjutnya. Sedulur yang telah menggunakan pasir merk ini, dijamin akan sulit untuk move on. Karena pasir merk ini bisa memberikan kenyamanan baik kepada kucing peliharaan dan juga bagi Sedulur. Karena, pasir ini terbuat dari serbuk kayu pine tree yang berasal dari Rusia.

Pasir ini juga bebas dari bahan kimia dan 100% terbuat dari serbuk kayu. Hal tersebut menambah keamanan bagi kucing Sedulur. Namun, pasir ini hanya terdiri dari satu varian saja, yaitu yang berukuran 20 kg dengan dijual seharga Rp 130.000. Namun jumlahnya yang banyak bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA: Harga Kucing Himalaya, Keunikan & Cara Merawatnya, Harus Tahu!

5. Downy Cat Sand

5. Downy Sand Cat
blibli

Terdapat juga rekomendasi pasir ini dengan merk Downy Cat Sand. Pasir ini memiliki gumpalan yang dapat menyerap banyak urine dan kotoran. Selain itu, pasir ini juga memiliki aroma floran dan buah citrus yang menyegarkan. Aroma tidak sedap dari kotoran pun akan teratasi dengan pasir ini.

Kelebihan lainnya, pasir ini tersedia dalam beberapa aroma, yaitu aroma lavender, lemon, rose dan sakura. Sedulur bisa mendapatkan pasir ini dengan harga Rp 40.000 saja untuk setiap 5 liter pasir yang dibeli. Salah satu alternatif pasir murah bagi Sedulur yang sedang berhemat untuk urusan hobi.

6. Eco Clean Tofu Cat Litter

6. Eco Tofu Pasir Kucing
shopee

Membaca nama pasir ini, kita bisa mengetahui bahwa pasir ini terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Pasir ini terbuat dari sisa ampas tahu yang diolah dan dibentuk menjadi butiran-butiran pasir. Secara bentuk dan warna, pasir ini terlihat aneh, namun jangan salah pasir merk ini memiliki daya serap yang tinggi.

Pasir merk ini juga dilengkapi dengan aroma green tea yang sangat efektif mengatasi aroma tidak sedap kotoran kucing dan juga dapat menetralisir dengan kesegaran aroma green tea. Sedulur bisa mendapatkan pasir ini dengan harga Rp 80.000 dalam setiap 6 liter pasir.

BACA JUGA: 10 Vitamin Kucing Terbaik Untuk Nafsu Makan Hingga Alergi

7. Maxi Catsand

7. Maxi Catsand
tokopedia

Selain memproduksi makanan, Maxi juga memproduksi pasir untuk kucing. Maxi Catsand adalah produk pasir kucing jenis pasir bentonite, alias pasir gumpal yang tersedia dengan 5 varian aroma pasir. Terdapat 5 aroma pasir yang bisa Sedulur pilih, yaitu Apel, Lavender, Mawar, Lemon dan Kopi. Sedulur bisa bebas memilih aroma ini sesuai dengan kenyamanan Sedulur.

Dengan aroma yang ditawarkan, secara otomatis kotoran kucing akan tertutupi dengan sempurna dan dalam waktu yang cepat. Butiran-butiran pasir juga sangat lembut dan tidak menimbulkan debu. Hal tersebut sangat aman bagi Sedulur yang memiliki alergi debu. Selain aman bagi Sedulur, pasir ini juga akan aman bagi kucing. Sedulur bisa mendapatkan pasir ini dengan harga Rp 130.000 hingga Rp 160.000 untuk setiap 30 liter.

8. Pet Kingdom Ultra Odor Seal Unscented

8. Pet Kingdom Pasir Kucing
tokopedia

Bagi Sedulur yang sering kesal dengan pasir mengumpal dan mudah hancur saat diangkat, merk pasir satu ini mungkin bisa menjadi rekomendasi Sedulur. Karena kelebihan dari pasir ini adalah memiliki daya gumpal yang baik dan tidak mudah hancur saat dibersihkan.

Namun, pasir ini tidak memiliki aroma. Tapi Sedulur tidak perlu khawatir, karena dengan daya serap dan daya gumpal yang tinggi, bisa menyumbat bau kotoran dari kucing dan sangat aman untuk Sedulur. Sedulur bisa mendapatkan pasir ini dengan harga Rp. 100.000 untuk setiap 10 liternya.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

9. Cature Tofu Clumping Litter

9. Cature Tofu Clumping Litter
shopee

Pasir untuk kucing dikenal sangat berbahaya, apalagi jika ditelan oleh kucing. Terutama bagi Sedulur yang memelihara anak kucing, akan sangat mudah mereka memakan pasir ini karena rasa ingin tahu yang tinggi. Maka Sedulur harus mempertimbangkan untuk menggunakan pasir yang aman dan ramah lingkungan. Oleh karena itu merk pasir ini hadir.

Cature Tofu Clumping Litter berbuat dari ampas tahu, yang merupakan sisa makanan. Jadi jika dimakan oleh anak kucing Sedulur, pasir merk ini akan sangat aman. Selain itu, pasir merk ini juga memiliki daya serap tinggi dan tersedia berbagai macam aroma seperti aroma greentea. Sedulur bisa mendapatkan pasir ini dengan harga Rp 130.000 untuk setiap 2.5 kg pasir.

10. Happy Pety Wood Pellet

10. Happy Animal
shopee

Rekomendasi terakhir pasir yang bisa Sedulur gunakan adalah Happy Pety Wood Pellet. Pasir ini terbuat dari serbuk kayu dan sangat ramah lingkungan. Cocok digunakan oleh Sedulur yang merupakan seorang pecinta kucing sekaligus pecinta lingkungan. Sedulur bisa mendapatkan pasir ini dengan harga Rp 65.000 untuk setiap 10 kg pasir.

Sekian pembahasan terkait segala hal tentang pasir untuk kucing serta rekomendasi merk pasir untuk kucing yang bisa Sedulur beli. Salah satu bentuk perawatan yang baik terhadap kucing perliharaan kita adalah dengan menyediakan pasir untuk kebutuhan mereka. Jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan makanan dan kebersiha kucing, agar tidak menganggu kesehatan kita.