kucing mixdom

Kucing merupakan yang sangat umum dijadikan sebagai peliharaan dan juga teman bermain di rumah. Selain tingkahnya yang menggemaskan, banyaknya jenis kucing membuat minat orang-orang semakin tinggi. Ada banyak sekali jenis ras kucing di dunia ini dan setiap rasnya memiliki karakteristik masing-masing. Nah, untuk jenis yang dibahas kali ini adalah kucing mixdom.

Mungkin jenis kucing yang satu ini masih asing bagi beberapa orang, padahal sebenarnya kucing ini sangat umum dijumpai. Mixdom sendiri merupakan campuran antara kucing ras asli dengan kucing domestik. Untuk lebih jelasnya lagi, mari simak pembahasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Ini Penyebab Kucing Muntah Kuning dan Cara Mengobatinya

Mengenal kucing mixdom

gambar kucing mixdom
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika kucing mixdom ini adalah jenis kucing hasil campuran antara kucing domestik dengan kucing ras. Istilah mixdom tersebut juga diambil dari singkat mix domestix. Sebenarnya jenis kucing ini sangat sering kita jumpai di lingkungan sekitar.

-->

Walaupun merupakan hasil perkawinan dengan kucing ras, jenis kucing ini juga sering berkeliaran secara bebas tanpa majikan. Namun tidak sedikit juga orang yang memeliharanya.

Sama seperti jenis kucing yang lain, jenis mixdom ini juga memiliki ciri-ciri khusus yang mungkin tidak ada pada kebanyakan jenis kucing lain. Campuran antara kucing ras dan kucing domestik inilah yang mampu melahirkan kucing dengan tampilan yang lucu, unik, sekaligus mempesona. Bahkan tampilan dari anak kucing yang dihasilkan dari persilangan ini, benar-benar menggemaskan.

Tidak hanya ciri dan keunikannya, kelebihan lain dari jenis kucing ini terletak pada perawatannya yang dinilai cukup mudah dibandingkan dengan kucing ras. Jadi tidak heran banyak orang lebih memilih untuk memelihara jenis kucing yang satu ini.

Ciri-ciri kucing mixdom

kucing persia mixdom
pexels

Seperti gambar kucing mixdom di atas, spesies kucing blasteran ini memiliki ciri dan keunikan tersendiri Bahkan keunikan-keunikan tersebut tidak dimiliki oleh jenis kucing lainnya. Nah, beberapa ciri dari jenis mixdom adalah sebagai berikut.

Bulu kepala dan tubuh

Untuk jenis mixdom hasil campuran ras anggora dan persia, tubuh mereka cenderung pendek. Itulah yang menjadi salah satu ciri khas paling menonjol dari campuran kucing mixdom persia dan anggora. Selain itu, bulu pendek yang di bagian kepala, juga menjadi tanda genetik bawaan dari kucing domestik.

Bentuk wajah

Ciri yang selanjutnya ada pada bentuk wajah. Bentuk wajah dari jenis kucing campuran ini cenderung oval ke samping, contohnya saja pada jenis kucing persia mixdom. Sedangkan untuk mixdom bengal, bentuk wajahnya cenderung bulat.

Bulu ekor

Dikarenakan sebagian besar jenis kucing campuran ini adalah hasil kawin silang antara kucing ras anggora dan ras persia, tentu saja bulu ekornya terlihat lebih panjang jika dibandingkan dengan ras campuran yang lain. Ya, bisa dibilang jika ini adalah ciri paling umum dari mixdom.

Leher

Ukuran leher dari jenis mixdom ini cenderung lebih pendek, bahkan ada beberapa yang tampak seperti tidak mempunyai leher. Akan tetapi, ukuran leher yang pendek ini hanya ada pada beberapa jenis kucing dari perkawinan silang ras tertentu saja.

BACA JUGA: Nama-nama Kucing Jantan dan Betina yang Lucu & Unik

Tips merawat kucing mixdom

harga kucing mixdom
pexels

Walaupun perawatan dari jenis mixdom ini tidak serumit dan sesusah kucing ras, tetap saja Sedulur harus melakukannya dengan benar. Maka dari itu, berikut ini beberapa tips yang bisa Sedulur ikuti.

Kebersihan tubuh

Untuk menjaga kebersihan tubuh kucing campuran ini, Sedulur dapat memandikannya minimal dua minggu sekali secara teratur. Mandikan kucing dengan air hangat dan shampoo yang memang dibuat secara khusus untuk kucing.

Jangan lupa pula untuk mengeringkan bulunya supaya kucing tidak terserang jamur maupun berbagai penyakit yang lain. Setelah itu, jemur kucing di bawah sinar matahari secara langsung agar bulu dan fisiknya tetap terjaga.

Menjaga kesehatan

Sangat disarankan untuk membawa kucing peliharaan Sedulur ke dokter hewan minimal enam bulan sekali supaya bisa terus memantau kondisi dari si kucing. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, maka Sedulur dapat mencegah munculnya berbagai penyakit pada kucing.

Kucing juga bisa mendapatkan vaksin yang dianjurkan oleh dokter hewan agar kesehatan tubuhnya meningkat dan berbagai macam penyakit bisa dicegah.

Asupan gizi

Selain air mineral biasa, Sedulur juga perlu memberi susu khusus kucing tanpa gula sesekali agar asupan gizinya berhasil dipenuhi. Beri juga makanan bergizi khusus untuk kucing yang dibuat dengan bahan-bahan terbaik dan juga menu bervariasi agar kucing Sedulur tidak cepat bosan.

Perhatian dan kasih sayang

Luangkan waktu sekedar untuk bermain dengan kucing tersayang. Ini dapat menjadi suatu bentuk perhatian dari Sedulur kepada mereka. Jangan terlalu sering membiarkan kucing bermain sendiri, karena mereka bisa merasa kesepian dan stres.

Merawat bulu dan kuku

Pastikan Sedulur selalu menyisir bulu kucing secara rutin, dan juga secara berkala membawanya ke salon khusus hewan. Dengan begini, maka Sedulur bisa turut menjaga perkembangan bulu, kesehatan kulit, dan juga kesehatan fisiknya.

Jangan lupa pula untuk memotong kuku kucing setiap habis dimandikan. Hilangkan semua kotoran yang ada pada kuku kucing dengan cara yang lembut, agar tidak menggumpal dan akhirnya menjadi pemicu munculnya virus dan bakteri.

Alasan memelihara kucing mixdom

pexels

Jika dibandingkan dengan kucing ras asli, ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh mixdom. Mungkin beberapa hal di bawah ini bisa menjadi alasan bagi Sedulur untuk memeliharanya.

Perawatan sederhana

Pada dasarnya, jenis kucing ini tidak terlalu memerlukan perawatan ekstra layaknya pada kucing ras asli. Namun Sedulur perlu mengenal karakternya terlebih dahulu agar dapat memberikan perawatan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Harga terjangkau

Bisa dikatakan jika harga kucing mixdom ini cukup terjangkau, dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan ras asli. Jadi bagi para pemula yang ingin memelihara kucing, maka jenis kucing ini bisa menjadi rekomendasi yang paling tepat.

Kombinasi warna bulu menarik

Kucing ini berasal dari campuran berbagai ras yang berbeda, jadi tidak heran jika kombinasi warna yang dimilikinya itu terlihat unik dan menarik. Tentu saja, tidak semua kucing ras memiliki warna bulu seperti bulu kucing jenis mixdom.

BACA JUGA: Harga Kucing Himalaya, Keunikan & Cara Merawatnya, Harus Tahu!

Itulah beberapa hal tentang kucing mixdom yang perlu untuk Sedulur ketahui. Jenis kucing ini memang tidak semewah kucing ras lainnya namun juga lebih cantik dan unik jika dibandingkan dengan air lokal.

Oleh sebab itu, jenis kucing ini bisa menjadi alternatif bagi Sedulur yang ingin memelihara kucing ras, namun dana yang dimiliki belum cukup. Atau Sedulur masih pemula dan baru belajar merawat kucing peliharaan.