tasawuf adalah

Bagi umat Islam, tasawuf menjadi istilah yang umum. Tasawuf adalah ilmu yang berfokus dalam membangun diri dan menjauhi segala hal bersifat duniawi. Sehingga, istilah kata ini masih satu bagian dari Islam yang sangat penting. Bahkan, tasawuf dalam Islam mengajarkan tentang segala hal untuk hidup sederhana.

Bisa diartikan, tasawuf adalah ilmu yang harus diketahui dan sangat penting untuk diamalkan. Agar lebih memahami tentang tasawuf, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Sejarah

tasawuf adalah
Suara

Memahami tasawuf termasuk mengetahui mengenai sejarahnya. Beberapa sumber menjelaskan bahwa tasawuf ada sebelum Nabi Muhammad SAW menjadi rasul. Artinya, bahwa tasawuf ini berasal dari orang-orang dari daerah Irak dan Iran sebelum Islam masuk sekitar abad ke-8 M. Di sisi lain, ada sebagian orang berpendapat tasawuf ada setelah zaman Nabi Muhammad SAW.

Perbedaan ini terjadi karena pertikaian antarumat Islam di zaman Khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib. Khususnya tentang faktor politik sampai dengan perebutan kekuasaan yang terus berkembang pada masa khalifah-khalifah setelah Utsman dan Ali. Sehingga, muncul masyarakat yang beraksi dalam hal tasawuf ini. Hingga akhirnya, beberapa orang memaknai tasawuf dalam Islam sebagai sufi. Kata sufi pun punya beragam arti.

Sufi berasal dari kata Al-shuffah atau biasa diartikan sebagai orang ikut pindah dengan Nabi dari Makkah ke Madinah. Bahkan dimaknai kata sufi merupakan barisan atau suf bisa diartikan sebagai kain wol. Dalam bahasa Yunani Sophos (hikmat), sehingga kata Al-suffah lebih menggambarkan tentang sebuah keadaan orang rela dalam mencurahkan jiwa raga, harta benda, dan lainnya hanya kepada Allah SWT.

Bahkan dalam beberapa istilah, pengertian tasawuf adalah ilmu yang mempelajari tentang keadaan manusia yang berusaha menyucikan diri dari segala hal-hal duniawi. Ada pula pengertian dari tasawuf ini yaitu sikap mental yang senantiasa dalam memelihara kesucian.

Pengertian tasawuf

tasawuf adalah
Republika

Tasawuf adalah cerminan dari Islam. Istilah tasawuf tidak dikenal pada masa kehidupan nabi. Tasawuf baru muncul ketika Abu Hasyim al-Kufy meletakkan kata al-Sufi di belakang namanya pada abad ke-3 Hijriyah. Menurut Abu Bakar Al Kattani dijelaskan bahwa tasawuf adalah ilmu yang mempelajari tentang akhlak atau budi pekerti seseorang. Definisi lain kata ini yaitu tentang ihwal kebaikan hingga keburukan jiwa.

Tasawuf masih berkaitan dengan aktivitas membersihkan diri dari segala macam perbuatan tercela. Bertujuan untuk mendapatkan ridha Allah. Aktivitas ini termasuk meninggalkan segala larangan-Nya.

Prinsip tasawuf

tasawuf adalah
Istimewa

Ilmu ini dapat membantu seseorang masih berada di jalan Allah SWT. Menurut ahli sufi, Profesor Angha di The Hidden Angels of Life untuk mengetahui prinsip istilah kata ini bisa dilakukan dari hal-hal berikut.

  • Zikir. Kegiatan dalam hal memurnikan hati, menjadi pembersih sampai dengan pelepasan. Umumnya orang yang melakukan zikir mempunyai tujuan yaitu mendekatkan diri dengan Allah SWT.
  • Fikr. Kata fikr berarti meditasi. Umumnya tindakan ini banyak diambil seseorang ketika sedang dihadapkan oleh masalah besar. Melakukan tindakan meditasi adalah sebuah perjalanan mental mulai dari dunia eksternal menuju sebuah esensi diri.
  • Sahr. Ada pula prinsip dari tasawuf yaitu sahr atau bangkit. Dalam hal ini mampu membangkitkan jiwa dan mengembangkan tentang kesadaran mata sampai telinga. Tindakan ini merupakan proses dalam meraih akses untuk menciptakan potensi diri tersembunyi.
  • Ju’i (merasa lapar). Mungkin setiap orang akan merasakan namanya sebuah lapar hati sampai dengan pikiran. Hal ini bisa dikatakan umum dan lumrah. Sebab hal ini sebagai upaya mendapatkan sebuah kebenaran. Pada proses ini lebih banyak melibatkan soal keinginan dalam menemukan jati diri.
  • Shumt. Pada proses ini merupakan sikap dalam mencari proses ketenangan diri, menenangkan lidah, dan otak, kemudian sanggup mengalihkan tentang godaan eksternal menuju Allah SWT.
  • Shawm. Proses selanjutnya adalah puasa sebagai tindakan menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, puasa atau shawm merupakan sikap melepaskan segala hasrat dan keinginan yang ada dalam otak kita. Setelah berpuasa, maka kita akan sanggup melawan segala hawa nafsu seperti halnya saat bulan Ramadan seperti ini.
  • Khalwat. Contoh tasawuf adalah melakukan tindakan khalwat atau biasa diartikan sebagai berdoa dalam kesunyian. Baik dilaksanakan secara eksternal maupun internal serta sanggup melepas diri. Apabila sudah bersunyi diri, kita pun tetap bisa dekat dengan orang lain ketika di tengah banyak orang.
  • Khidmat. Terakhir dari contoh tasawuf dalam kehidupan sehari-hari adalah khidmat atau melayani. Dalam hal ini, tindakan untuk menyatu dengan kebenaran Allah SWT. Bahkan, ketika seseorang sudah menemukan jalannya jiwa mengenai pelayanan dan pertumbuhan diri.

Contoh tasawuf

tasawuf adalah
Istimewa

Dalam kehidupan sehari-hari, tasawuf sering kita praktikkan. Syariat pada perspektif mengenai paham tasawuf menggambarkan tentang empat tingkatan spiritual. Contoh tasawuf dalam kehidupan sehari-hari yaitu syariat, tariqah atau tarekat, hakikat, dan ma’rifat. Sebagai contohnya adalah apabila ada seseorang mulai masuk pada suatu tingkatan (dalam kehidupan beragama), maka bisa diartikan seseorang tersebut sudah mencapai syari’at. Kemudian, sudah mampu dalam memahami hakikat. Hal ini membuat dirinya bisa tetap wajib dalam melaksanakan hukum, baik syariat maupun tarekat.

Dasar ilmu tasawuf

tasawuf adalah
Istimewa

Setelah memahami tentang pengertian, sejarah sampai dengan contohnya, maka kita perlu mengetahui dasar dari ilmu tasawuf. Banyak anggapan mengenai dasar ilmu tasawuf dan praktik sufistik merupakan sebuah ilmu sesat dan bid’ah. Tasawuf dalam Islam adalah sufism, sebuah praktik keagamaan dan mempunyai dasar Al-Qur’an serta mampu meneladani akhlak sampai dengan perilaku Rasullulah pada sunah-sunahnya.

Berkembangnya ilmu tasawuf sampai abad ke-5 Hijriyah menjelaskan bahwa ilmu ini lebih mementingkan tentang dunia akhirat ketimbang duniawi. Sebab, tasawuf banyak diartikan pula sebagai sufisme. Kemudian tindakan meninggalkan segala hal duniawi ini merupakan bagian dari praktik sufisme. Tasawuf dan sufi sebenarnya mempunyai sumber dari Al-Qur’an dan sunah Rasulullah.

Tujuan dari tasawuf

CNN Indonesia

Umumnya seluruh umat manusia sangat menginginkan untuk senantiasa dekat dengan sang pencipta. Tentu saja kedekatan tersebut memiliki arti penting bagi umat manusia. Maka dari itu, para pelaku tasawuf harus mempunyai hati bersih suci dalam melakukan tindakan perbuatan. Bagi mereka pelaku tasawuf, dunia hanyalah sementara sedangkan akhiratlah yang sedang ingin dikejar.

Maka dari itu, jika Sedulur tahu dan memahaminya, umumnya mereka para pelaku tasawuf adalah para kalangan orang tua atau sepuh. Mereka yang sudah sepuh jarang dijumpai yang masih menekuni hal-hal dunia. Sebaliknya, para anak muda banyak yang belum menekuni tasawuf karena masih mau mengejar ha-hal duniawi.

Mulai dari sifat anak muda yang belum bisa lepas dari tindakan duniawi, hingga karena adanya persoalan-persoalan lainnya. Maka dari itu orang tua yang melakukan tindakan tasawuf adalah mereka punya tujuan dalam hal ingin membersihkan hatinya, senantiasa selalu menjaga segala hal-hal baik dalam perbuatan tingkah laku dan sebagainya. Bahkan, sampai tindakan dilarang pun mereka tidak akan coba melakukkannya.

Tasawuf pada intinya seseorang ingin mendapatkan segala hal atau keinginan dalam urusan nonduniawi. Mereka berusaha melakukan banyak hal, mulai dari sikap berpuasa, berzikir, sampai dengan sikap lainnya. Bahkan, tidak jarang mereka berusaha menyendiri dan berdoa dengan penuh khusyuk supaya lebih dekat kepada Tuhannya.

Tindakan semacam ini sangat lumrah dilakukan oleh umat muslim khususya mereka yang sudah berusia lanjut. Maka dengan mencoba meninggalkan segala hal tentang kehidupan duniawi, hati akan benar-benar terasa aman, nyaman bahkan tentram. Dibutuhkan orang yang benar-benar sangat punya kesabaran dalam melakukan tindakan tasawuf ini.

Selain punya hati suci, bersih, dan pikiran tenang, kesabaran pun sangat diuji. Demikian penjelasan dari tasawuf adalah rumaysho, di mana tasawuf adalah segala bentuk tindakan untuk meninggalkan kehidupan duniawi dan lebih mementingkan dunia akhirat. Semoga menambah wawasan dan pengetahuan kita akan tasawuf.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!