mata bintitan

Bintitan disebut juga dengan hordeolum merupakan kondisi ketika terdapat bintil yang mirip dengan jerawat atau bisul tumbuh di tepi kelopak mata. Secara umum, penyebab mata bintitan adalah infeksi bakteri seperti Staphylococcus yang dapat menyumbat kelenjar minyak di kelopak mata dan menimbulkan peradangan. Meskipun dapat dijelaskan secara medis, beberapa orang masih menganggap arti mata bintitan sebagai kondisi setelah mengintip orang lain.

Kondisi saat bintitan sering muncul pada kelopak mata bagian luar, namun ada juga bintitan yang timbul pada kelopak mata bagian dalam dengan rasa yang lebih menyakitkan. Selain bakteri, beberapa faktor yang dapat menyebabkan bintitan adalah kebiasaan menyentuh mata dengan tangan yang kotor, menggunakan lensa kontak yang tidak steril, mengalami peradangan pada ujung kelopak mata, tidak membersihkan bekas make-up sebelum tidur maupun menggunakan kosmetik yang sudah kadaluarsa. 

Bagaimana cara mengobati mata bintitan dengan cepat, mudah dan ampuh? Artikel berikut akan memberikan penjelasannya. Simak dengan baik, ya!

BACA JUGA: Biduran: Pengertian, Gejala, Penyebab & Cara Mengobatinya

1. Lakukan kompres mata

mata bintitan
iStock

Cara paling mudah untuk mengobati bintitan adalah melakukan kompres mata. Cara ini dapat dilakukan dengan air hangat ataupun air garam. Hal ini karena air hangat mampu membantu mengeluarkan nanah dan air garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan.

Berikut adalah penjelasan mengenai langkahnya.

  • Air hangat
  1. Siapkan air hangat lalu rendam kain lembut selama beberapa menit.
  2. Pastikan jika air tidak terlalu panas, namun tetap jauh lebih hangat dari suhu ruangan.
  3. Kompres mata bintitan selama 15-20 menit.
  4. Ulangi kompres selama tiga hingga empat kali sehari sampai bintitan hilang.
  5. Kompres hangat ini dapat membantu mengeluarkan nanah secara alamiah sehingga infeksinya tidak menyebar.
  • Air garam
  1. Larutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga merata.
  2. Celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan kompres pada mata yang bintitan.
  3. Diamkan selama 15-20 menit dan ulangi sampai bintitan mereda.

2. Gunakan antibiotik

mata bintitan
iStock

Cara mengobati mata bintitan yang sudah lama adalah menggunakan antibiotik. Hal ini karena bintitan disebabkan oleh bakteri Staphylococcus sehingga dapat diobati menggunakan antibiotik. Jenis antibiotik yang diberikan dokter bisa saja berbeda karena disesuaikan dengan tingkat keparahan kondisi yang dialami.

Untuk pemakaian luar, Sedulur dapat menggunakan obat antibiotik tetes atau krim. Sementara untuk infeksi yang telah menyebar ke bagian tubuh lain, Sedulur dapat menggunakan obat antibiotik oral seperti bentuk tablet dan pil.

BACA JUGA: Apa Itu Gerd Anxiety, Ini Gejala Penyebab & Cara Mengobatinya

3. Bersihkan dengan sabun bayi

mata bintitan
iStock

Cara selanjutnya adalah membersihkan mata menggunakan sabun bayi atau sabun alami yang ringan dan tidak menyebabkan rasa perih. Sabun tersebut dipilih karena tidak menyebabkan iritasi pada mata sehingga bisa digunakan untuk membersihkan mata. Cara ini bertujuan untuk menjaga mata tetap bersih dan terhindar dari infeksi bakteri yang akan menyebabkan kondisi semakin parah.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan sabun bayi untuk mengobati mata bintitan.

  • Basuh mata dengan air.
  • Bersihkan tangan hingga benar-benar bersih.
  • Tuang sabun bayi ke dalam telapak tangan.
  • Usap sabun ke bagian mata secara perlahan hingga mata terasa lebih bersih.
  • Bilas mata dengan air dan pastikan tidak ada lagi sabun yang tersisa pada mata.

4. Hindari pemakaian lensa kontak

mata bintitan
iStock

Saat mengalami bintitan, Sedulur sebaiknya menghindari pemakaian lensa kontak untuk beberapa waktu. Hal ini dilakukan untuk mencegah kontaminasi kontak lensa dengan bakteri yang akan berisiko memperparah peradangan.  

Selama menghentikan pemakaian lensa kontak hingga bintitan sembuh, Sedulur dapat menggunakan kacamata sebagai penggantinya untuk membantu mengatasi gangguan penglihatan. Setelah sembuh, ganti lensa kontak lama dengan yang baru untuk menghindari risiko adanya bakteri penyebab bintitan yang menempel pada kontak lensa yang lama.

BACA JUGA: Down Syndrome: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

5. Gunakan kantong teh

mata bintitan
iStock

Meskipun terdengar aneh, namun kantong teh juga dapat digunakan untuk mengobati mata bintitan. Sedulur dapat menggunakan kantong teh hitam karena bisa membantu mengurangi pembengkakan serta memiliki sifat anti bakteri. Cara ini juga dinilai cukup praktis dan mudah dilakukan.

Berikut adalah caranya.

  • Seduh teh celup dengan air panas kemudian diamkan sekitar satu menit. 
  • Angkat kantong teh dan gunakan untuk mengompres mata. 
  • Biarkan kompres dengan kantong teh menjadi dingin selama 5 hingga 10 menit. 
  • Cara kompres bintitan dengan kantong teh dapat dilakukan dua kali sehari dengan menggunakan kantong teh baru.

6. Hindari pemakaian make up

mata bintitan
iStock

Meskipun tidak secara langsung menjadi cara mengobati bintitan, namun menghindari pemakaian make up untuk beberapa saat dapat dijadikan solusi untuk mempercepat kesembuhan bintitan. Hal ini karena make up dapat memperparah penyumbatan kelenjar minyak sehingga dapat memperparah infeksi atau menyebabkan bintitan menjadi lebih sulit sembuh.

BACA JUGA: Apa Itu Disleksia: Simak Gejala, Penyebab & Cara Mengobatinya

7. Pijat halus saat bintitan pecah

mata bintitan
iStock

Cara selanjutnya adalah melakukan pijat halus pada saat bintitan pecah. Cara ini dapat dilakukan dengan tisu untuk menghilangkan cairan di benjolan. Namun, sebelum melakukannya, pastikan bahwa kondisi tangan dan tisu benar-benar bersih. 

Bintitan biasanya dapat hilang dengan sendirinya dalam rentang waktu antara seminggu sampai 10 hari. Nah, selama masa penyembuhan tersebut, hindari memencet, menggosok dan menyentuh benjol akibat bintitan secara berlebihan. Hal ini bertujuan untuk menghindari pecahnya benjolan yang bisa menyebabkan bakteri menyebar ke bagian mata lainnya bahkan menular ke orang lain.

8. Minum obat pereda nyeri

mata bintitan
iStock

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengobati bintitan adalah minum obat pereda nyeri atau obat mata bintitan. Beberapa obat pereda nyeri yang dijual bebas tanpa resep seperti paracetamol biasanya juga digunakan untuk meredakan rasa sakit pada mata. Namun, jika bintitan tak kunjung sembuh dan bertambah nyeri, Sedulur dapat memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan seperti melakukan sayatan kecil pada bintil untuk mengeluarkan nanah.

Sekian informasi mengenai cara mengobati mata bintitan dengan mudah, cepat dan ampuh. Meskipun tidak ada cara menghilangkan mata bintitan dalam sehari, tetapi semoga informasi ini tetap dapat membantu Sedulur yang sedang mengalami bintitan sehingga dapat segera sembuh dan beraktivitas normal kembali. Selamat mencoba!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.