Manfaat sirih merah sangat banyak, terutama untuk kesehatan tubuh dan mengatasi penyakit. Sirih merah bisa sangat efektif untuk mejnaga kesehatan mulut, paru-paru, jantung hingga persoalan reproduksi bagi wanita dan pria. Bukan hanya untuk kesehatan, sirih merah juga efektif untuk mengatasi permasalahan kecantikan.

Beberapa manfaat sirih merah didapatkan dari kandungan antioksidan, flavonoid dan kandungan nutrisi dan vitamin. Di Indonesia sendiri, sirih merah telah digunakan oleh orangtua untuk mengatasi berbagai penyakit. Kerena orangtua zaman dahulu telah mengetahui khasiat dari sirih merah. Lantas apa saja manfaat dari daun legendaris ini? Yuk, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Manfaat Rebung yang Mengejutkan Untuk Kesehatan Tubuh

1. Kesehatan mulut

manfaat sirih merah
klikdokter

Pertama adalah manfaat sirih merah untuk kesehatan mulut. Hal ini disebabkan oleh kandungan saponin, tanin, kalsium dan fosfor yang terdapat pada sirih merah yang dapat meredakan pendarahaan akibat peradangan pada gusi. Cara menggunakan sirih merah untuk khasiat ini sangat mudah, Sedulur hanya perlu berkumur dengan menggunakan air rebusannya.

-->

Dalam sirih merah juga terkandung senyawa eugenol dan capitol yang sangat efektif untuk mengatasi persamalahan bau mulut yang Sedulur rasakan. Caranya juga sama, Sedulur hanya perlu berkumur menggunakan air rebusan daun sirih. Dengan cepat masalah bau mulut yang Sedulur alami pun capat diatasi.

2. Untuk mencegah tumor

klikdokter

Kandungan antioksidan, flavonoid, dan terpenoid dalam sirih merah dapat memberikan manfaat daun sirih merah untuk mencegah dan mengatasi tumor. Karena kandungan di atas sangat ampuh unutk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang mampu meningkatkan sel-sel darah putih.

Sel-sel darah putih tersebut dapat menghancurkan zat-zat karsinogenik atau zat yang menjadi penyebab tumor berbahaya dalam tubuh. Sedulur juga akan mengalami peningkatan kesehatan dan tidak perlu khawatir tentang tumor yang menjadi penyakit yang menakutkan.

BACA JUGA: 12 Manfaat Lada Hitam & Putih Untuk Kesehatan Tubuh

3. Menyehatkan sistem pencernaan

manfaat sirih merah
informazone

Manfaat sirih merah untuk kesehatan yang kedua adalah untuk mengatasi masalah sistem pencernaan. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan terpenoid dan lavikul dalam daun sirih yang mampu mengobati sakit perut. Sedulur hanya perlu merebus 7 lembar daun sirih dan meminum air rebusannya. Selanjutnya, Sedulur tinggal meminumnya.

Kandungan vitamin C dan antiseptik dalam daun sirih juga sangat efektif untuk membunuh kuman yang menjadi penyebab lambung merasa sakit, oleh karena itu manfaat sirih merah untuk lambung terkenal sangat efektif.. Sedulur juga bisa mengunyah 1 hingga 2 lembar daun siri merah dan mengulumnya selama 10 menit. Namun, melakukan cara tersebut membutuhkan keberanian, karena sirih merah memiliki rasa yang pahit dan menyengat.

4. Mengatasi Prostat

alodokter

Ada juga manfaat rebusan daun sirih merah untuk pria yang dapat mengatasi prostat yang diderita oleh kaum pria. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan tanin dan saponin dalam daun sirih. Serta daun sirih juga mengandung zat aktif hydroxychavicol yang membantu memperbaiki sel-sel di kelenjar prostat agar dapat kembali berfungsi seperti biasa.

Untuk dapat merasakan sirih merah manfaat ini, Sedulur bisa merebus 3 hingga 5 lembar daun sirih merah yang masih muda dan meminum air rebusannya sebanyak 3 kali sehari. Hal ini akan memudahkan Sedulur untuk mengatasi prostat yang Sedulur derita.

BACA JUGA: Rumput Fatimah, Kenali Manfaat & Bahayanya untuk Persalinan

5. Kesehatan kulit

manfaat sirih merah
sehatfresh

Apa manfaat daun sirih merah? Salah satu yang paling efektif adalah untuk kesehatan kulit. Karena daun sirih mengandung anti-inflamasi, yang efektif mencegah segala permasalahan kulit. Air rebusan sirih merah juga dapat digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, memar, hingga gigitan serangga. Bagi Sedulur yang ingin memiliki kulit yang sehat, Sedulur bisa menggunakan daun sirih untuk kesehatan kulit Sedulur.

6. Untuk Kecantikan wajah

grid.id

Sirih merah memiliki sifat antibakteri alami. Sirih merah mengandung tanin, yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang kuat. Kandungan minyak atsiri dari manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ini mampu melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan sirih merah seperti antioksidan, flavonoid, dan vitamin tertentu mampu menutrisi kulit. Untuk menjawab apa manfaat sirih merah? Salah satunya adalah manfaat sirih merah untuk wajah.

BACA JUGA: 10 Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Tubuh, Luar Biasa!

7. Mengatasi diabetes

manfaat sirih merah
alodokter

Daun sirih merah dapat menurunkan kadar glukosa darah. Sirih merah mengandung molekul aktif yang disebut tanin yang memiliki sifat antidiabetes. Alkaloid yang membuat manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan menghambat penyerapan glukosa di usus. Cara mengolah daun sirih merah ini yaitu dengan merebus daun sirih merah, dan mengonsumsi air rebusannya.

8. Untuk kesehatan jantung

kompas

Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dapat digunakan untuk mengobati penyakit jantung koroner. Manfaat ini bisa didapatkan dengan menghaluskan beberapa lembar daun sirih kemudian dicampur dengan cabai atau daun kemukus dengan tambahan bawang merah dan jintan. Campuran bumbu tersebut kemudian diendapkan dengan air panas.

Setelah itu, manfaat daun sirih merah untuk kesehatan bisa dirasakan dengan segera meminum airnya secara teratur. Terapkan kedisiplinan agar manfaat satu ini bisa Sedulur rasakan dengan cepat.

BACA JUGA: 8 Manfaat Daun Sirih Untuk Wajah dan Kecantikan Kulit

9. Untuk mengatasi peradangan

manfaat sirih merah
medcom

Sifat anti-inflamasi pada sirih merah mampu menyembuhkan dengan cepat peradangan. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan dapat digunakan sebagai obat gusi berdarah, luka bakar ringan, gatal gigitan serangga, hingga rasa nyeri di berbagai bagian tubuh.

Daun sirih adalah obat klasik untuk luka. Ini mengandung polifenol yang memiliki sifat antioksidan. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini baik untuk meningkatkan aktivitas enzim pemulung radikal bebas dalam tubuh Sedulur, seperti superoksida dismutase dan katalase.

10. Mengobati asam urat

hellosehat

Manfaat sirih merah untuk kesehatan adalah mampu mengobati asam urat. Mengonsumsi rebusan daun sirih merah secara rutin dapat meredakan nyeri otot dan melepaskan Kristal asam urat yang ada dalam tubuh. Bagi yang memiliki masalah penyakit asam urat, manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini bisa dirasakan dengan mengonsumsinya secara rutin.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jantung Pisang & Kandungan Nutrisi yang Luar Biasa

11. Menjaga kesehatan paru-paru

manfaat sirih merah
kompas

Sedulur juga dapat menjaga kesehatan paru-paru Sedulur dengan manfaat sirih merah. Mengonsumsi manfaat daun sirih merah untuk kesehatan juga mampu mengobati masalah saluran pernapasan bronkitis. Manfaat daun sirih merah untuk kesehatan ini bisa didapatkan dengan merebus beberapa lembar daun sirih dalam waktu yang lama.

Bukan hanya bronkitis, masalah saluran pernapasan lain yang bisa diobati dengan manfaat daun sirih merah untuk kesehatan adalah pneumonia. Sedulur bisa mengambil 5-7 lembar daun sirih, direbus dengan air hingga mendidih cukup lama. Setelah itu Sedulur bisa meminum rebusan daun sirih merah selagi hangat.

12. Menghilangkan bau badan

idntimes

Manfaat sirih merah juga dapat menghilangkan bau badan secara efektif. Sirih merah mengandung estradiol dan klavikula yang mengontrol produksi hormon dan kelenjar keringat. Mengonsumsi air rebusan daun sirih merah mampu meredakan bau badan yang berlebihan. Aplikasikan tumbukan daun sirih ke ketiak secara teratur untuk merasakan manfaat daun sirih merah untuk kecantikan ini.

Manfaat daun sirih merah untuk kecantikan juga dapat mengatasi bau mulut berkat kandungan eugenol dan capitol. Sifat antiseptik pada sirih merah ampuh membunuh bakteri mulut. Berkumur dengan air rebusan daun sirih merah mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan Tubuh & Asal Usulnya

13. Menjaga kesehatan rambut

manfaat sirih merah
tribunnews

Ada juga manfaat sirih merah untuk menjaga kesehatan rambut. Kandungan antioksidan pada sirih merah dapat meningkatkan kesehatan rambut dan mengobati kekurangan nutrisi yang dapat membahayakan kesehatan rambut. Antioksidan dari manfaat daun sirih merah untuk kecantikan dapat melindungi folikel rambut yang lembut dan mencegah rambut rontok yang disebabkan oleh stres oksidatif. Hal ini sangat efektif untuk menjaga rambut tetap sehat.

14. Mempercepat penyembuhan luka

kompas

Manfaat sirih merah juga dapat secara efektih untuk menyembuhkan luka. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antiseptik dalam sirih merah. Cara mendapatkan manfaat ini sangat mudah, Sedulur hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sirih, lalu menumbuknya hingga halus. Selanjutnya letakan daun sirih ke dalam bagian luka yang ada pada tubuh Sedulur. Meski terasa perih, namun cara ini cukup efektif untuk meredakan dan menyembuhkan luka.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

15. Meredakan batuk

manfaat sirih merah
alodokter

Batuk juga dapat diredakan dengan memanfaat sirih merah. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan antiseptik yang terdapat di dalam daun sirih. Antiseptik dapat membunuh bakteri penyebab batuk, dengan cukup merebus 5 lembar daun sirih dan biarkan air rebusan mendidih. Tiriskan air rebusan, dan lalu minum air rebusan tersebut. Maka sakit batuk yang Sedulur rasakan bisa sembuh dengan cepat.

16. Untuk kesehatan payudara

alodokter

Bagi ibu hamil yang sedang menyusuik, terdapat manfaat sirih merah untuk meredakan payudara yang membengkak selama ibu hamil tengah menyusui. Pembengkakan yang dialami bisa diatasi dengan daun sirih. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa prokatecol dan carvacol yang terkandung dalam daun sirih merah.

Cara untuk mendapatkan manfaat ini sangat mudah, Sedulur hanya perlu membakar beberapa lembar daun sirih hingga sedikit layu, kemudian tempelkan daun sirih pada bagian payudara yang membengkak.

BACA JUGA: 8 Manfaat Telur Ayam Kampung, Bisa Cegah Berbagai Penyakit

17. Radang mata

hellosehat
hellosehat

Terdapat juga manfaat sirih merah untuk mengatasi radang mata. Sedulur bisa merasakan manfaat ini dengan menyiapkan 4 lembar daun sirih yang masih muda, lalu cuci dan rembus hingga air mendidih dan menyusut. Biarkan air menyusut dan tersisa sangat tinggal satu gelas air rebusan.

Gunakan air rebusan tersebut untuk  merendam mata Sedulur yang mengalami peradangan. Namun, disarankan untuk menggunakan air rebus daun sirih dan merendamnya kepada mata yang meradang untuk tidak terlalu berlebihan. Karena mata akan terkena efek samping.

18. Mengobati mimisan

alodokter

Mimisan juga dapat Sedulur atasi dengan daun sirih merah, karena sirih merah mengandung antioksidan yang dapat dengan cepat merespon tubuh untuk menyembuhkan luka, termasuk luka mimisan dengan segera membekukkan darah agar lebih cepat menutup sobekan pada pembuluh darah dan hidung. Selain itu, daun sirih juga dapat memperkuat daya tahan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka.

Itulah penjelasan terkait beberapa manfaat sirih merah untuk kesehatan tubuh. Sedulur bisa menggunakan sirih merah untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang Sedulur alami saat ini. Jangan lupa gunakan sirih merah sesuai saran dan penjelasan di atas, agar khasiatnya bisa segera Sedulur rasakan untuk tubuh Sedulur.