Salah satu sumber protein yang mudah didapatkan adalah telur. Ada dua macam telur ayam yang biasa ditemui di masyarakat, yaitu telur ayam negeri dan telor ayam kampung. Telur ayam negeri adalah telur dari ayam ras, dan sebaliknya. Meskipun keduanya memiliki kandungan protein dan nutrisi, namun manfaatnya cukup berbeda.

Telor ayam kampung dipercaya memiliki banyak manfaat dibandingkan telur ayam ras atau negeri. Maka dari itu, Sedulur bisa memperoleh banyak manfaat jika mengonsumsi telur ini. Apa aja sih manfaat yang terkandung dalam telur salah satu protein hewani tersebut? Simak berikut ini, yuk!

BACA JUGA: 11 Manfaat Olive Oil Extra Virgin Untuk Kulit & Tubuh

1. Mencegah penyakit mata katarak

telor ayam kampung
emc

Dengan adanya kandungan lutein dan zeaxanthin, kesehatan mata kita kan menjadi terjaga. Dua zat tersebut adalah sebagai antioksidan aktif dan retina adalah tempat hidupnya. Selain lutein dan zeaxanthin, telor ayam kampung juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk mengoptimalkan kemampuan penglihatan kita. Sehingga, kesehatan mata akan semakin terjaga dengan baik.

-->

Lutein dan zeaxanthin tergolong dalam jenis karoteniod yang berfungsi untuk membantu mata ketika melakukan filter spektrum ultraviolet serta sinar biru yang memiliki gelombang dan energi tinggi. Zat yang juga menurunkan risiko katarak ini terdapat pada kuning telur. Selain katarak, protein hewani yang satu ini juga menurunkan resiko penuaan mata dan degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan jantung

telor ayam kampung
jovee

Kesehatan jantung sangat perlu untuk kita jaga, agar terhindar dari penyakit yang bisa membahayakan tubuh seperti endokarditis, artemia, bahkan penyakit jantung koroner. Selain rutin berolahraga, Sedulur harus menjaga pola makan agar hasilnya maksimal. Manfaat telor ayam kampung yang beragam bisa menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan jantung Sedulur. Adanya kandungan asam lemak omega-3 yang jumlahnya dua kali lipat lebih banyak dari jenis telur lainnya membuat makanan ini bisa menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan omega-3 fungsinya untuk mengatur trigliserida serta kadar kolesterol jahat yang diturunkan. Ketika kolesterol jahat tidak diturunkan, maka lemak akan tertimbun di pembuluh darah dan akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar. 

BACA JUGA: 12 Manfaat Bawang Dayak bisa Jadi Obat Berbagai Penyakit

3. Membantu pembentukan otot

telor ayam kampung
sfdn

Untuk meningkatkan massa otot dan memperkuat kerja otot, sebaiknya Sedulur rajin mengonsumsi makanan yang satu ini. Jika diperhatikan, pasti banyak atlet atau binaragawan yang rutin mengonsumsi telur yang direbus dan yang dimakan adalah bagian putih telurnya saja. Hal ini dikarenakan otot akan menjadi lebih atletis jika rutin mengonsumsinya. Selain direbus, dimakan mentah bisa juga dijadikan sebagai pilihan. 

Telur ayam kampung mengandung asam amino yang berfungsi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh berbagai aktivitas, terutama aktivitas yang berat. Kerusakan yang ditimbulkan tersebut kemudian akan digantikan oleh asam amino yang diserap otot ketika mengonsumsinya sehabis beraktivitas. Harga telor ayam kampung pun cukup murah, walaupun manfaat yang terkandung didalamnya beragam.

4. Mengatasi gejala gangguan pada paru-paru

telor ayam kampung
alodokter

Jika Sedulur mempunyai gangguan pada paru-paru seperti emfisema, maka telur ayam kampung adalah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Meskipun telor ayam kampung harganya murah dan memiliki berbagai khasiat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mencobanya, karena ada orang yang cocok maupun tidak cocok dalam mengonsumsinya. Apalagi, jika Sedulur mencoba untuk memakannya secara mentah, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada ahlinya. 

BACA JUGA: Cara Membuat Telur Gulung Jajanan SD Anti Gagal, Cobain!

5. Mencerahkan wajah

telor ayam kampung
pixabay

Selain untuk mengatasi dan mencegah berbagai penyakit, telor ayam kampung juga bisa digunakan sebagai bahan utama untuk membuat wajah menjadi cerah dan tidak kusam. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pada putih telur yang bisa mengangkat sel kulit mati. Sehingga, wajah akan tampak lebih cerah ketika selesai mengaplikasikannya. Gunakan bahan ini sebagai masker wajah, sehingga kelembutan serta elastisitas kulit dapat meningkat dan terjaga. 

Untuk mencoba membuat maskernya, Sedulur perlu menyiapkan wadah kecil, kemudian campurkan putih telur dengan jeruk nipis. Setelah tercampur rata, oleskan ke wajah dan diamkan sampai mengering. Selain jeruk nipis, Sedulur juga bisa menggunakan jeruk lemon untuk campuran maskernya. Khasiat air perasan jeruk lemon bisa untuk mencerahkan wajah secara alami dan menghilangkan bintik dan flek hitam yang mengganggu di wajah. Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan perasan jeruk lemon di wadah kecil dengan putih telur, lalu aduk hingga merata. Setelah itu, masker bisa langsung untuk dipakai. Jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih. Setelah kering, barulah mengoles wajah dengan masker yang sudah disiapkan hingga merata. Biarkan hingga kering kurang lebih 30 menit, sebelum kemudian dibilas menggunakan air dingin sampai bersih.

6. Untuk stamina pria

detikhealth

Salah satu manfaat telur kampung bagi pria adalah untuk menambah stamina dan meningkatkan kualitas sperma. Cara yang bisa digunakan adalah dengan mencampurkan telur ayam mentah ke dalam segelas jamu tradisional yang dipesan. Sehingga, kandungan seleniumnya bisa membantu untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain dicampurkan di dalam segelas jamu, telur juga bisa dicampurkan dengan sesendok madu untuk meningkatkan dan menjaga stamina. Satu butir telur mengandung protein sebanyak 6 gram, yaitu sekitar 11 persen dari asupan protein harian manusia dewasa. Sehingga, stamina fisik dapat terjaga dan juga bisa mencegah kardiovaskular. Cara untuk mengonsumsinya dengan madu adalah dengan mencampurkan telur, madu asli, serta kunyit yang dihaluskan dan diperas sebanyak satu sendok makan. Kemudian, tambahkan pula perasan jeruk nipis sebanyak satu sendok dan campur di dalam satu gelas. Untuk hasil yang optimal, minum ramuan tradisional tersebut sebanyak dua kali sehari.

BACA JUGA: 6 Trik Merebus Telur yang Benar Sesuai Tingkat Kematangannya

7. Membantu menurunkan berat badan

sindonews

Kandungan protein dari telur yang cukup tinggi dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama ketika selesai mengonsumsinya. Sehingga, manfaat telor ayam kampung mentah ini bisa untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih. Konsumsi makanan berlebih pada makanan lain akan dicegah karena efek telur yang membuat kenyang lebih lama. Ada beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk mengonsumsi telur yang bisa membantu menurunkan berat badan. Yang pertama adalah menjadikannya sebagai menu sarapan karena kandungan protein dan nutrisinya yang tinggi. Waktu sarapan adalah waktu terbaik untuk mengonsumsi telur, karena sistem pencernaan bekerja lebih baik pada saat pagi hari.

Telur juga bisa Sedulur gunakan sebagai tambahan di makanan lain, misalnya untuk mengisi roti gandum atau sandwich dengan telur yang sudah direbus. Jika Sedulur bosan, bisa juga melakukan cara lain yaitu merebusnya dengan oatmeal. Sedulur juga bisa memanggang telur, sehingga telur menjadi lebih nikmat dan rendah lemak. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran hijau atau kacang-kacangan ketika mengonsumsi telur sebagai sarapan, sehingga nutrisi dalam tubuh akan lebih tercukupi.

8. Mencegah anemia

pixabay

Selain digunakan sebagai penambah stamina, manfaat telur kampung dicampur madu adalah untuk mengatasi dan mencegah anemia. Kandungan yang terdapat pada telur seperti vitamin B12 dibutuhkan oleh tubuh untuk memecah protein, karbohidrat, serta lemak. Selain itu, sel darah dan juga saraf akan bekerja lebih baik lagi karena adanya kandungan vitamin B12 ini. Selain vitamin B12, terdapat pula kandungan folat yang berfungsi untuk mencegah anemia, terutama bagi wanita yang sedang mengandung. Telur juga kaya akan kandungan kolin, sehingga fungsi kerja otak akan terbantu dan seseorang tidak akan mudah mengalami lupa.

Nah, itu dia beberapa manfaat dari kandungan telur ayam rebus ataupun mentah. Perlu diingat jika mengonsumsi telur yang mentah tidak seaman memakan telur yang sudah dimasak. Ada beberapa risiko penyakit bawaan yang diakibatkan olehnya seperti keracunan bakteri Salmonella. Bakteri Salmonella adalah bakteri jahat yang ditemukan pada bagian kulit luar telur. Meskipun terletak di luar, bakteri ini juga berpotensi untuk menembus di dalam telur. Maka dari itu, selalu hati-hati ketika mengonsumsinya dan usahakan tidak terlalu sering makan telur mentah, ya. Semoga bermanfaat!

Sedulur bisa mengolah telur ayam kampung menjadi berbagai hidangan yang lezat dengan membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Kebutuhan pokok dan pelengkap yang bisa digunakan untuk mengolah telur bisa Sedulur temukan secara lengkap disini. Unduh sekarang, ya!