rumput laut

Rumput laut merupakan salah satu makanan yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh selain memiliki rasa yang lezat dan nikmat. Saat ini, kamu dapat melihat berbagai produk dan jenis makanan yang dibuat dari bahan dasar ini tanpa mengetahui dan mencari tahu tentang manfaatnya terlebih dahulu.

Tenang, tidak perlu khawatir. Ini dia jajaran khasiat yang bisa didapatkan setelah mengkonsumi makanan tanaman laut satu ini dalam bentuk olahan hingga jajanan semacam rumput Laut Mama Suka. Apa saja daftar manfaatnya? Yuk, mari langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 13 Titik Bekam Sesuai Sunnah Rosul & Manfaatnya Untuk Kesehatan

1. Mempertahankan dan menurunkan berat badan

manfaat rumput laut
alodokter

Berbagai olahan hingga Lays rumput laut, selama camilan tersebut terbuat dari nori akan mampur memberikan manfaat untuk mempertahankan dan menurunkan berat badan. Namun, Sedulur harus mengonsumsinya secara rutin. Dengan begitu, berat badan ideal bisa didapatkan dan dipertahankan.

-->

Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang sangat tinggi dalam rumput laut. Serat dalam tubuh mampu mempertahankan rasa kenyang, sehingga lapar dapat tertunda. Saat waktunya makan, Sedulur tidak akan mengonsumsinya secara berlebihan.

2. Membantu mempercepat penyembuhan luka

rumput laut mama suka
hellosehat

Khasiat dan manfaat dari rumput laut nori selanjutnya dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin K yang sangat kaya dalam tanaman ini yang akan bekerja sama dengan trombosit yang dapat membentuk gumpalan dan pembekuan darah saat terjadinya luka. Dengan begitu luka yang dialami akan cepat sembuh.

BACA JUGA: 10 Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan Tubuh & Asal Usulnya

3. Menjaga kekuatan tulang dan gigi

lays rumput laut
popmama

Untuk menjawab pertanyaan apa manfaat rumput laut, salah satu manfaat yang paling penting adalah untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang dan gigi. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalsium yang ada di dalamnya. Hal ini sangat penting, karena manusia tidak dapat memproduksi kalsium secara sendiri. Bukan hanya tulang, otot tubuh juga akan tumbuh dengan baik.

4. Menambah energi

rumput laut nori
insanmedika

Sedulur bisa mengonsumsi jenis rumput laut yang bisa dimakan apapun jenisnya. Karena dengan mengkonsumsi nori akan memberikan tambahan energi yang bisa kamu dapatkan dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan zat besi yang terdapat dalam nori.

Zat besi dalam nori juga bermanfaat untuk membentuk hemoglobin, sel darah merah pembawa oksigen ke seluruh tubuh. Maka dari itu, tubuh yang mempunyai cukup asupan zat besi juga bisa mencegah terjadinya anemia karena kadar hemoglobin seimbang.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Mengkudu Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

5. Mengurangi risiko diabetes

apa manfaat rumput laut
kompas

Setiap jenis rumput laut yang bisa dimakan, dapat memberikan manfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Hal ini karena adanya kandungan fucoxanthin yang bermanfaat untuk meningkatkan keseimbangan gula darah. Ada pula kandungan berupa alginate yang juga dapat membantu mencegah peningkatan kadar gula dalam darah.

6. Memperlambat pertumbuhan sel kanker

rumput laut yang bisa dimakan
hellosehat

Manfaat selanjutnya dari rumput laut adalah dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker. Berdasarkan berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli, tanaman laut ini mengandung berbagai senyawa yang sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, tanaman ini juga dinilai sangat efektif untuk mengatasi tumor ganas dan leukemia. Salah satu penyakit kanker yang dapat diatasi secara efektif oleh tanaman ini adalah kanker payudara. Banyak penelitian ilmiah yang dilakukan yang telah membuktikan khasiat satu ini.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Seledri, Sangat Baik Hindari Hipertensi

7. Melawan radikal bebas

melawan radikal bebas
antiaging

Dalam nori terdapat berbagai manfaat mineral dan vitamin, seperti magnesium, zinc, riboflavin, niasin, thiamin, vitamin A, B12, B6, dan C. Kandungan tersebut  merupakan kandungan yang mempunyai senyawa anti-oksidan, karotenoid, serta flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel.

Tidak hanya itu, senyawa anti-oksidan serta flavonoid dari rumput laut juga membantu mencegah tubuh mengalami penyakit jantung dan diabetes. 

8. Mencegah penyakit jantung

penyakit jantung
klikdokter

Khasiat selanjutnya adalah dapat mencegah penyakit jantung, hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan yang terdapat pada tanaman ini. Tanaman ini dapat mencegah risiko kerusakan sel dalam tubuh dan juga penyakit jantung.

Kandungan kalium serta fucan yang terdapat dalam nori dapat menekat penyebab yang memicu penyakit jantung. Contohnya, kamu dapat mengurangi peningkatan kadar kolesterol, teknanan dara hingga risiko penggumpalan darah yang menjadi pemicu utama dari penyakit jantung.

BACA JUGA: 8 Manfaat Telur Ayam Kampung, Bisa Cegah Berbagai Penyakit

9. Menjaga asupan air dalam tubuh

menghidrasi tubuh
alodokter

Manfaat selanjutnya adalah dapat menjaga asupan air dalam tubuh. Kandungan air dan garam dalam tanaman ini sangat tinggi, hal tersebut dapat membantu untuk menjaga asupan air dalam tubuh Sedulur. Dengan bagitu Sedulur akan terhindar dari dehidrasi. Namun bukan berarti Sedulur mengabaikan untuk meminum air putih setiap harinya. Kamu juga harus tetap menjaga konsumsi air minum setiap harinya.

10. Menjaga kesehatan pencernaan

jenis rumput laut yang bisa dimakan
harapanrakyat

Manfaat rumput laut yang terakhir adalah mampu menjaga kesehatan pencernaan. Hal tersebut dikarenakan kandungan serat yang tinggi yang terdapat dalam tumbuhan itu sendiri. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa mendapatkan asupan serat yang cukup yang dapat membuat tubuh Sedulur terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pencernaan.

Namun, Sedulur juga tidak boleh memakannya terlalu banyak. Jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat Sedulur terkena diare dan gangguan percernaan lainnya.

Itulah pembahasan terkait segudang manfaat dan khasiat dari rumput laut yang bisa didapatkan oleh tubuh. Semoga pembahasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait berbagai khasiat dan manfaat dari bahan makanan yang sering Sedulur temui setiap harinya.