Lada termasuk keluarga rempah-rempah dan harganya sangat terjangkau di pasaran. Rempah yang satu ini memiliki cita rasa pedas dan bisa menghangatkan tubuh. Jadi selain bisa dipakai untuk menambah sedap suatu masakan, ternyata rempah ini bisa memberikan kesehatan untuk tubuh.

Rempah yang satu ini memiliki beragam jenis dari mulai lada berwarna putih, hitam hingga merah. Semua jenis lada ini sangat baik untuk caampuran masakan di rumah kita lho Sedulur. Dan tentu saja memiliki cita rasa yang unik.

Baik lada berwarna hitam dan putih mengandung berbagai mineral yang baik untuk tubuh seperti kalsium, zat besi dan kalium. Tidak hanya itu, keberadaan vitamin yang ada pada kandungan lada  sangat baik untuk kesehatan seperti vitamin C pada lada putih dan vitamin A pada lada hitam.

Nah, berikut ini ulasan lengkap mengenai manfaat lada buat kesehatan tubuh yang wajib kamu simak dan pahami. Yuk perhatikan penjelasan di bawah ini.

-->

BACA JUGA : Ciri Ciri Kucing Siam Lucu Serta Cara Merawat & Harganya

12 Manfaat Lada  untuk Kesehatan Tubuh

1. Melegakan pernapasan

"	manfaat lada"
IDN Times

Manfaat lada atau merica adalah sebagai  dekongestan alami. Yang bisa diartikan rempah yang satu ini atau manfaat lada putih ini bisa mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat jadi akan lebih mudaah ketika dikeluarkan. Biasanya rempah yang satu ini bisa dicampurkan ke dalam sebuah sup hangat yang berisi sayuran dan ayam, yang nantinya bisa melegakan saluran pernapasan.

Jadi, manfaat lada putih dan manfaat lada hitam setidaknya bisa dijadikan sebagai obat alami atau herbaal untuk meredakan masalah hidung tersumbat. Apabila Sedulur mengalami masalah hidung mampet atau berlendir, maka tidak ada salahnya mengonsumsi rempah seperti lada ini.

2. Membantu mencegah kanker

"	manfaat lada"
womantalk

Kanker menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia. Banyak orang mengeluarkan biaya yang tidak murah hanya untuk mengobati penyakit ganas yang satu ini. Alhasil, dampak penggunaan obat-obatan kimia yang diberikan oleh rumah sakit, bisa saja mengendap di tubuh. Maka dari itu, penggunaan obat-obatan alami sangat dianjurkan supaya tubuh tetap sehat.

Khasiat lada hitam mampu mencegah kanker. Keberadaan unsur piperine pada kandungan lada  memang memiliki potensi untuk mencegah kanker, khususnya  kanker payudara yang diderita kaum wanita apabila ditambahkan unsur rempah seperti kunyit. Manfaat lada hitam dan kunyit dipercaya mampu mencegah kanker yang bisa saja terjadi di dalam tubuh.

BACA JUGA: Apa Itu Staycation? Trend Liburan yang Populer Masa Kini

3. Menurunkan kadar gula

"	manfaat lada"
sehatQ

Memiliki kadar gula berlebih tidak baik buat kesehatan tubuh. Terlebih keberadaan gula yang kurang terkontrol bisa menimbulkan berbagai macam penyakit seperti komplikasi atau penyakit diabetes. Nah, supaya bisa menurunkan kadar gula, maka kamu harus mengonsumsi lada. Manfaat lada dikatakan bisa menurunkan kadar gula. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang sudah dilakukan pada hewan uji.

Dalam uji coba tersebut, membandingkan kadar gula darah hewan diabetes dan diberikan  obat diabetes seperti metformin dan yang diberikan campuran  metformin serta piperine. Hasil dari sebuah uji coba tersebut adalah apabila dikombinasikan dengan piperine menunjukan efek yang lebih signifikan. Jadi apabila Sedulur kebingungan terkait, maka bisa mengonsumsi manfaat lada.

4. Meredakan radang sendi

"	manfaat lada"
kompas

Manfaat lada putih untuk kejantanan adalah, bisa meredakan penyakit radang sendi. Dikutip dari laman SehatQ, manfaat lada putih memang bisa meredakan radang sendi atau arthritis Manfaat seperti ini, bisa kamu peroleh dari piperine dengan sifat  antiradang atau antiinflamasi. Kebenaran ini sudah dibuktikan dengan menggunakan hewan uji. Dan hasilnya sangat menjanjikan sehingga, manfaat lada putih bisa digunakan untuk meredakan radang sendi pada hewan.

BACA JUGA : Ciri Kanker Payudara, Gejala Awal yang Harus Kamu Kenali!

5. Baik untuk kesehatan otak

"	manfaat lada"
alodokter

Manfaat lada hitam selanjutnya adalah untuk kesehatan otak. Ekstrak lada hitam dinilai dapat meredakan sebuah gejala penyakit gangguan fungsi otak seperti Alzheimer dan parkison. Jadi khasiat lada hutan bisa meredakan dua penyakit tersebut. Kesimpulan didapatkan melalui sebuah hewan uji. Meskipun demikian masih membutuhkan penelitian lanjutan.

6. Bantu turunkan kolesterol

"	manfaat lada"
detik

Memiliki riwayat kolesterol atau buat Sedulur yang memiliki kadar kolesterol tinggi, maka harus benar-benar memikirkan kesehatan. Nah, manfaat lada hitam memiliki potensi bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh lho. Selain itu, kandungan piperine dalam kandungan lada dapat mempercepat penyerapan komponen-komponen yang  bisa berperan untuk menurunkan kolesterol.

7. Mencegah gangguan lambung

halodoc

Manfaat lada hitam selanjutnya dapat membantu mencegah gangguan lambung. Ekstrak lada hitam juga  memiliki efek anti radang dan antibakteri. Dua hal ini dianggap mampu dalam menghambat pertumbuhan bakteri H. Pylori yang bisa menimbulkan tukak lambung. Jadi, buat Sedulur  yang memiliki lada hitam, maka manfaatkanlah.

BACA JUGA : Penyebab Umum Tenggorokan Sakit Saat Menelan

8. Mencegah kerusakan sel tubuh

liputan6

Manfaat lada putih selanjutnya mencegah apabila terjadinya kerusakan pada sebuah sel tubuh akibat  dari radikal bebas. Tahukah Sedulur, kandungan lada putih kaya akan antioksidan yang memiliki sifat antiradang yang berguna dalam mencegah apabila terjadinya kerusakan sel di dalam tubuh

9. Menjaga kesehatan jantung

pikiranrakyat

Serangan Jantung bisa dialami oleh siapa saja. Jadi tidak heran jika mulai banyak orang menjaga kesehatan jantung supaya terhindar dari penyakit tersebut. Salah satu cara paling mudah menjaga kesehatan jantung adalah melakukan olahraga secara teratur. Namun, tahukan Sedulur, manfaat lada juga  bagus untuk kesehatan jantung.

Khususnya  manfaat lada hitam buat kesehatan jantung. Ekstrak lada hitam dinilai dapat memberikan pertolongan supaya bisa menjaga tekanan darah tetap stabil. Tidak hanya itu, rempah yang satu ini bisa menjadi pengganti garam atau natrium yang cukup aman buat Sedulur yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah tinggi.

BACA JUGA : 10 Manfaat Kacang Mete Untuk Kesehatan Tubuh & Asal Usulnya

10. Membantu penyerapan nutrisi

klasikakompas

Selanjutnya manfaat dari lada adalah membantu penyerapan nutrisi. Seperti kalsium, selenium dan beberapa senyawa pada tanaman yang sangat bermanfaat. Penelitian juga menunjukan manfaat lada hitam dapat meningkatkan penyerapan beta karoten yang biasa ditemukan dalam sayur buah.

Tahukah Sedulur, Beta karoten memiliki fungsi sebagai zat antioksidan yang kuat dalam melawan kerusakan pada sel tubuh. Jadi sangat dianjurkan buat Sedulur untuk mengonsumsi  lada hitam untuk kesehatan tubuh.

11. Meredakan gejala diare

kompas

Diare merupakan penyakit yang menyerang bagian saluran pencernaan. Penanganan yang terlambat, bisa menimbulkan masalah yang cukup serius. Maka dari itu, perlu penanganan cepat supaya bisa mengatasi persoalan ini. Khasiat lada secara  tradisional memang sangat bagus dalam meredakan gejala diare.

12. Meredakan penyakit malaria

klikdokter

Manfaat lada putih terakhir adalah  bisa meredakan penyakit malaria. Malaria seperti diketahui disebabkan karena gigitan nyamuk aides aigyepti. Penanganan yang terlambat pun bisa menyebabkan kematian. Maka dari itu, sebelum menjadi parah, maka kamu bisa memanfaatkan lada untuk meredakan penyakit tersebut.

Kandungan lada hitam dan lada putih

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam 100 gram lada yaitu :

  • 0,11 mg tiamin
  • 0,18 mg riboflavin
  • 0,29 mg vitamin B-6.
  • 0,64 gram gula
  • 1,19 mg zinc
  • 10,39 gram protein
  • 12,46 gram air
  • 1329 mg potassium
  • 158 mg fosfor
  • 171 mg magnesium
  • 20 mg sodium
  • 25,3 gram serat
  • 251 kalori
  • 3,26 gram lemak
  • 443 mg kalsium
  • 63,95 gram karbohidrat
  • 9,71 mg zat besi

Selain unsur tersebut, dalam kandungan lada mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Seperti unsur piperine (senyawa tanaman), folat, vitamin, A, E, dan K. Karena padatnya nutrisi yang ada dalam lada, membuat rempah yang satu ini bisa digunakan sebagai obat-obatan herbal.

Demikian ulasan mengenai manfaat lada putih dan manfaat lada hitam yang berhasil dihimpun. Semoga membantu sedulur yang sedang mengalami persoalan kesehatan. Nah, buat Sedulur yang sedang mencari keperluan bumbu dapur, Sedulur bisa langsung pesan ke Aplikasi Super.