manfaat daun sirih untuk wajah

Tidak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa manfaat daun sirih untuk wajah sangat beragam. Tanaman asli Indonesia yang memiliki ciri khas wangi ini biasanya dikenal dengan manfaatnya dalam mengatasi berbagai permasalahan kesehatan seperti obat diabetes, obat rematik, atau mengobati diare. 

Kandungan yang ada dalam daun sirih di antaranya adalah eugenol, saponin, tannin, serta berbagai jenis minyak esensial lainnya. Lalu, apa saja manfaat daun sirih untuk wajah disamping untuk kesehatan tubuh? Simak informasi selengkapnya berikut ini, ya.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Seledri, Sangat Baik Hindari Hipertensi

1. Mencegah komedo

manfaat daun sirih cina untuk wajah
nykaa

Jika Sedulur mempunyai permasalahan komedo pada wajah, salah satu solusi yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan daun sirih. Selain mencegah timbulnya komedo pada wajah, daun ini juga bisa digunakan untuk mencegah timbulnya komedo tanpa harus memencetnya terlebih dahulu menggunakan tangan yang cenderung tidak higienis.

Manfaat daun sirih cina untuk wajah ini dapat dicapai dengan cara merebusnya terlebih dahulu. Setelah direbus, tunggu sampai air rebusannya menjadi dingin. Setelah dingin, basuh wajah dengan air rebusan tersebut menggunakan handuk yang bersih. Komedo akan secara otomatis keluar dengan sendirinya. 

2. Mencegah wajah yang kusam

manfaat daun sirih hijau untuk wajah
berkeluarga

Wajah yang kusam dapat menjadi cerah secara alami jika Sedulur rutin menggunakan air rebusan daun sirih. Cara memutihkan wajah dengan daun sirih ini bisa dilakukan dengan mencuci muka secara rutin dengan air rebusannya dengan waktu kurang lebih satu bulan. Setelah satu bulan, wajah akan tampak cerah alami. 

BACA JUGA: 13 Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan yang Tak Terduga!

3. Sebagai obat jerawat

manfaat air rebusan daun sirih untuk wajah
pixabay

Selain mencegah timbulnya komedo, daun sirih dipercaya sebagai obat anti jerawat. Manfaat akan menjadi semakin terlihat jika Sedulur menggunakan daun yang masih berwarna hijau. Dengan adanya sifat antibakteri yang kuat dalam daun ini, maka bakteri penyebab jerawat yaitu Propionibacterium Acnes dapat terhindarkan.

Jika kulit wajah dalam kondisi normal, sebenarnya bakteri tersebut tidak menyebabkan permasalahan apapun dalam kulit wajah. Namun, jika terdapat berbagai kotoran yang menyebabkan pori-pori tersumbat, maka bakteri tersebut dapat menyebabkan jerawat yang cukup membandel.

Jerawat bisa meradang dan tumbuh ketika adanya kelebihan pada kelenjar sebasea yang menghasilkan asam amino, urea, asam lemak, garam, serta air dan kelenjar keringat.  Cara menggunakan daun sirih untuk wajah berjerawat ini cukup mudah, yaitu melarutkan daun sirih sebanyak 20 ml dan diusapkan ke wajah yang berjerawat secara pelan. Manfaat tersebut dikarenakan adanya kandungan antibakteri dan turunannya seperti flavonoid, saponin, serta beberapa turunan lainnya.

4. Memudarkan flek hitam

manfaat daun sirih untuk wajah flek hitam
grid

Adanya kandungan senyawa yang terdapat dalam daun sirih memiliki fungsi untuk meratakan warna kulit wajah. Selain itu, manfaat daun sirih untuk flek hitam juga dipercaya ampuh secara alami. Flek hitam dapat timbul karena adanya sinar ultraviolet yang berlebihan, pemakaian kosmetik yang tidak diiringi dengan pembersihan wajah secara maksimal, serta jerawat.

Cara untuk mengolahnya cukup mudah, yaitu dengan menghaluskan daun sirih secukupnya yang sudah dicuci, lalu tambahkan air jeruk nipis ke dalam campuran daun tersebut. Setelah semuanya tercampur, kompres wajah dengan menggunakan handuk bersih. Usap ke bagian kulit wajah yang timbul bekas jerawat serta flek hitam yang membandel.

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan, Penuh Nutrisi

5. Mengeringkan luka pada wajah

Mengeringkan luka
suara

Selain adanya manfaat daun sirih untuk wajah flek hitam, ada pula manfaat lainnya untuk wajah, yaitu mengeringkan luka. Adanya kandungan seperti antibiotik atau anti inflamasi dalam daun sirih bisa membuat luka akan cepat mengering. Selain itu, luka akibat tergores atau luka yang timbul akibat jerawat yang sering dipencet sembarangan akan lebih mudah kering dan sembuh.

Cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu daun. Setelah halus, balurkan pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Luka akan lebih cepat kering jika dioleskan secara teratur.

6. Mengatasi gejala alergi dan gatal

Mengatasi gejala alergi dan gatal
klikdokter

Gejala alergi dan gatal dapat teratasi dengan mudah dengan memanfaatkan air rebusan daun sirih untuk wajah. Cara untuk menggunakannya cukup mudah, yaitu dengan menghancurkan beberapa lembar daun yang sudah dibersihkan terlebih dahulu dan ambil ekstrak dari daun tersebut. Kemudian, campurkan dengan parutan kunyit atau bubuk kunyit. Setelah tercampur, aplikasikan sebagai masker ke wajah secara merata dan jangan melewatkan area yang dirasa gatal. 

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Manfaat Biji Pepaya, Jangan Langsung Dibuang!

7. Menyegarkan nafas

Menyegarkan nafas
detikfood

Selain manfaat daun sirih hijau untuk wajah, nafas juga akan menjadi segar. Patogen oral, bakteri, dan kuman juga akan dicegah penyebarannya dengan menggunakan bahan alami ini. Tak hanya itu, daun sirih juga terkenal sebagai bahan alami untuk mencegah gigi yang rusak.

Cara yang dapat dipraktikkan cukup mudah, yaitu dengan merebus daun yang telah dicuci. Setelah menunggu hingga agak dingin, barulah gunakan air tersebut untuk berkumur. Minyak esensial yang terbuat dari daun sirih dan segelas air hangat juga bisa menjadi campuran yang tepat untuk membuat nafas menjadi segar. 

8. Mengatasi penumpukan air di bawah kulit

penumpukan air di bawah kulit
pexels

Penumpukan air di bawah kulit dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan yang tidak sehat seperti garam dan alkohol secara berlebihan dan diluar batas maksimal. Perut akan menjadi lebih buncit serta pipi akan menjadi lebih besar dari ukuran biasanya jika mengonsumsi secara berlebihan.

Sifat diuretik yang dimiliki oleh daun berbentuk hati ini bisa mengatasi cairan yang dipendam dalam tubuh dan membuatnya luruh. Manfaat daun sirih untuk wajah dan cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan menumbuk sedikit daun sirih dan peras air yang terkandung didalamnya sampai habis. Setelah itu, campurkan secukupnya dengan air hangat. 

Nah, itu dia beberapa manfaat daun sirih untuk wajah yang bisa Sedulur jadikan referensi jika ingin memilih cara alami untuk mengobatinya. Perlu diingat bahwa manfaat tersebut tidak bisa diperoleh secara instan dan mungkin khasiatnya akan berbeda pada setiap orang. Jika ingin mencobanya, pastikan untuk memilih daun yang tidak layu, masih muda, dan segar, ya!