Apakah Sedulur sedang ingin menjaga kesehatan dengan produk alami? Manfaat minyak kutus-kutus sebagai ramuan tradisional bisa menjadi solusinya. Dengan menggunakan puluhan bahan dasar dari campuran herbal yang berkhasiat, minyak ini diklaim bisa menjaga kesehatan serta mengobati berbagai macam penyakit ringan. Tak hanya itu, minyak tradisional ini juga bisa meningkatkan stamina dalam tubuh, lho.

Minyak tradisional yang berasal dari Bali ini terbuat dari berbagai tanaman obat seperti minyak kelapa, temulawak, bunga lawang, tanaman purwaceng, dan lain sebagainya. Dengan adanya kombinasi tanaman yang beragam, manfaatnya pun pasti juga banyak. Apa aja sih manfaatnya? Simak rangkumannya disini, yuk.

BACA JUGA: 9 Fakta dan Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan Wajah, Hindari Jerawat

1. Meredakan sakit flu dan batuk

manfaat minyak kutus kutus
unsplash

Manfaat minyak kutus kutus yang pertama adalah untuk meredakan batuk dan juga sakit flu. Jika Sedulur sedang mengalami penyakit musiman tersebut, mungkin bisa mencoba minyak ini. Batuk dan flu yang menyerang akan menjadi reda dengan cara mengoleskan minyak pada bagian punggung, perut, serta leher secara teratur baik pagi maupun malam. Batuk dan flu akan menjadi berkurang jika rutin mengoleskan minyak dari Bali ini.

-->

2. Meningkatkan stamina

manfaat minyak kutus kutus
unsplash

Meningkatkan stamina merupakan manfaat minyak kutus kutus untuk kelamin, atau lebih tepatnya untuk meningkatkan vitalitas. Terutama pada pria, yang membuat stamina menjadi turun dan semakin tidak percaya diri. Sedulur bisa mencoba menggunakan minyak tradisional ini dengan cara mengoleskannya pada sekitar selangkangan dan paha, atau bisa juga mengoleskannya pada daerah vital dan ratakan. Jika mengolesnya secara rutin, maka efeknya adalah stamina dan vitalitas akan meningkat.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker!

3. Meringankan gatal akibat gigitan serangga

manfaat minyak kutus kutus
klikdokter

Apabila Sedulur sedang mengalami gatal pada kulit yang membuat badan menjadi tidak nyaman karena terus menggaruknya, Sedulur bisa mencoba minyak yang satu ini. Manfaat minyak kutus kutus untuk gatal ini bisa dilakukan dengan cara membalurkan minyak kutus di daerah atau di bagian tubuh Sedulur yang terkena gigitan nyamuk. Minyak ini memiliki aroma yang membuat nyamuk tidak suka, sehingga dapat terusir dan juga bisa meredakan gatal akibat serangan nyamuk dan serangga lainnya.

4. Mengatasi insomnia

manfaat minyak kutus kutus
unsplash

Sedulur susah untuk tidur? Coba atasi dengan minyak kutus. Susah tidur tentunya sangat mengganggu pola tidur karena tubuh akan menjadi lebih lelah dari biasanya. Manfaat minyak kutus kutus untuk mengatasi insomnia bisa dicoba dengan membalurkan minyak di telapak tangan dan telapak kaki, serta tulang punggung secara merata. Minyak ini berfungsi untuk merilekskan saraf, serta meredakan stress sehingga tidur akan menjadi nyenyak.

BACA JUGA: 12 Manfaat Daun Bidara, Bantu Atasi Insomnia Hingga Kanker

5. Menghilangkan bekas selulit

manfaat minyak kutus kutus
kompas

Manfaat minyak kutus kutus selanjutnya adalah agar bekas selulit hilang. Selulit merupakan suatu kondisi dimana kulit akan bertekstur tidak rata dan bentuknya bergelombang. Biasanya, selulit ditemukan di daerah tubuh yang mana mempunyai timbunan minyak yang berlebih dan dimiliki oleh seseorang yang tidak sering melakukan olahraga. Namun tenang saja, bekas selulit dapat dihilangkan dengan mengoleskan secara rutin minyak kutus di bagian tubuh yang memiliki selulit.

6. Mengatasi penyakit tiroid

mayapadahospital

Minyak kutus kutus manfaatnya beragam, salah satunya adalah untuk mengatasi tiroid. Tiroid merupakan kelainan fungsi kelenjar yang letaknya ada di leher. Untuk mengatasinya, oleskan minyak kutus secara merata di bagian yang memiliki tiroid dan lakukan secara rutin. Penyakit ini juga bisa dicegah dengan juga mengoleskan minyak kutus di leher secara merata.

BACA JUGA: 12 Manfaat Kumis Kucing, Daun Herbal yang Kaya Akan Manfaat

7. Sebagai terapi untuk kehamilan

unsplash

Selain untuk kesehatan kulit, manfaat minyak kutus kutus juga bisa sebagai terapi untuk ibu hamil. Jika selama kehamilan mengalami masalah kesehatan seperti kejang, mual, dan ada tegang di bagian otot, bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kutus di bagian kulit dan dipijat secara ringan saja. Ibu hamil akan menjadi rileks dan tidak tegang, serta elastisitas dapat meningkat.

8. Sebagai terapi benjolan

alodokter

Berikutnya, ada manfaat minyak kutus kutus untuk benjolan terutama pada payudara yang bisa menandakan gejala kanker akan teratasi. Meskipun benjolan pada payudara bukan selalu menjadi pertanda bahwa akan muncul kanker pada tubuh, namun bisa saja benjolan itu bersifat hormonal. Sedulur harus tetap waspada karena benjolan tersebut bisa saja semakin bertumbuh dan membahayakan tubuh. Rutin mengoleskan minyak ini bisa membantu untuk menghilangkan serta menyembuhkan benjolan terutama pada payudara.

BACA JUGA: Manfaat Buah Bidara & Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

9. Mengatasi penyakit anyang-anyangan

klikdokter

Selain untuk mengatasi benjolan, manfaat minyak kutus kutus bisa untuk mengatasi penyakit anyang anyangan. Perasaan yang ditimbulkan oleh Sedulur jika menderita anyang-anyangan sangatlah tidak nyaman karena harus bolak balik menuju toilet untuk buang air kecil. Jumlah urin yang dikeluarkan juga tidak normal, yaitu hanya sedikit saja yang membuat tubuh menjadi sakit. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengoleskan minyak kutus di bagian punggung dan pinggang belakang secara merata. Tidak lupa untuk juga mengolesnya di bagian perut agar penyakit ini bisa mereda.

10. Mengobati penyakit rematik

klikdokter

Selanjutnya, manfaat minyak kutus untuk kesehatan adalah mengobati penyakit rematik. Rematik merupakan penyakit radang pada sendi yang menjadikan asam urat kadarnya semakin tinggi di dalam tubuh Sedulur. Penyakit asam urat bisa juga disebut dengan gout. Minyak kutus dipercaya menjadi obat tradisional yang ampuh untuk mengatasi radang sendi dan tulang. Cara menggunakannya cukup mudah dan praktis, yaitu dengan cara mengoleskan di bagian tubuh yang sedang nyeri sendi secara rutin baik pagi maupun malam hari. Pijat pelan bagian tubuh yang sakit dengan menggunakan minyak kutus, maka penyakit rematik atau gout akan berkurang sakitnya.

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

11. Untuk kesehatan bayi

orami

Selain untuk dewasa, manfaat minyak kutus kutus untuk bayi juga bisa dirasakan lho, Sedulur. Bagi ibu-ibu, mungkin penggunaan minyak tradisional ini sangat populer karena manfaatnya untuk bayi. Bayi yang masih rentan dengan segala hal tidak dapat mengkonsumsi obat secara sembarangan karena akibatnya bisa fatal. Di sisi lain, tubuh mereka juga memerlukan penanganan jika terjadi masalah kesehatan. Maka dari itu, penggunaan minyak kutus bisa menjadi salah satu opsi agar bayi menjadi sehat kembali. Manfaat minyak tradisional ini untuk bayi diantaranya adalah mengobati alergi, menyembuhkan flu, meningkatkan imun dan daya tahan tubuh pada bayi, mengurangi kelelahan, menghangatkan tubuh, mengatasi ruam popok, mengurangi gatal karena gigitan serangga, serta bayi tidak akan menjadi rewel. Bayi akan menjadi nyaman jika dioleskan dengan minyak kutus ini. Tak hanya itu, nafsu makan juga akan meningkat dan pencernaan akan menjadi lancar kembali.

12. Mengatasi alergi pada tubuh sensitif

tirto

Satu lagi diantara sekian banyak manfaat minyak kutus kutus untuk gatal”, yaitu mengatasi alergi pada tubuh yang sensitif. Apabila Sedulur mempunyai kulit sensitif dan sering mengalami kemerahan akibat alergi dalam kulit, oleskan saja minyak ini. Mungkin saja alergi yang bisa menyebabkan kemerahan dan gatal tersebut diakibatkan dari debu atau kotoran yang menempel. Sedulur bisa mengoleskan minyak tradisional ini di kulit yang terserang alergi sehingga masalah dapat teratasi.

Nah, itu dia beberapa manfaat minyak tradisional yang populer ini yang bisa Sedulur coba ketika memiliki masalah pada kulit atau tubuh. harga minyak kutus kutus untuk gatal sendiri cukup variatif, sekitar 100 ribuan tergantung dengan ukuran. Perlu diketahui bahwa manfaat yang beragam dari minyak kutus ini dikarenakan adanya bahan-bahan alami seperti minyak kelapa dan 48 bahan alaminya di minyak ini. Minyak kutus juga diklaim tidak mengandung unsur hewani dan bebas dari bawang, serta tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Jadi, apakah Sedulur tertarik untuk mencobanya?

Selain mengatasi masalah kesehatan dengan menggunakan minyak kutus, Sedulur juga harus menjaga kesehatan dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan tersebut bisa Sedulur temukan di Aplikasi Super yang memiliki banyak variasi bahan pokok. Segera di download, yuk.