Mungkin Sedulur akrab dengan daun bidara sebagai salah satu bagian untuk ruqyah dan mengobati sihir. Namun jauh dari itu, sebagai sebuah tanaman herbal, terdapat segudang manfaat dari daun pohon bidara. Daun ini memiliki nama latin Ziziphus mauritiana.

Tercatat lebih dari 30 manfaat dari daun satu ini yang dapat mengatasi berbagai penyakit. Namun beberapa khasiat yang efektif dan telah dirasakan oleh banyak orang adalah khasiat yang akan dibahas di bawah ini. Seperti apa saja manfaatnya? Yuk langsung saja kita simak penjelasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 17 Manfaat Belimbing Wuluh, Buah Kecil Banyak Khasiat

1. Mengatasi kecemasan dan insomnia

1. Daun bidara untuk mengatasi kecemasan dan insomnia
pexels

Manfaat pertama daun bidara asli yaitu dapat mengatasi kecemasan dan insomnia. Hal tersebut disebabkan oleh senyawa yang terdapat dalam daun dari bidara memiliki efek sedatif yang dapat mengatasi kecemasan dan insomnia. Insomnia merupakan permasalahan yang hampir dirasakan oleh setiap orang, terutama anak muda. Begitu juga persoalan kecemasan. Sedulur bisa mengkonsumsi daun herbal ini, untuk mengurangi kecemasan dan insomnia yang dialami.

-->

2. Mengendalikan diabetes

2. Mengendalikan diabetes
pexels

Air rebusan dari daun pohon bidara dapat secara efektif menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Para penderita diabetes biasanya mengkonsumi obat-obatan yang kimia untuk dapat menurunkan kadar gula dalam tubuh. Agar lebih menyehatkan, para penderita diabetes bisa mulai mengkonsumsi bahan herbal.

Salah satu bahan herbal yang efektif adalah daun dari pohon bidara. Sedulur bisa merebus daun hingga mendidih dan saripati daun menyerap dengan air. Konsumsi air rebusan daun tersebut secara rutin, maka kadar gula dalam darah akan berkurang dan menurun secara efektif.

BACA JUGA: 9 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Otak Hingga Jantung

3. Obat antikanker

3. Daun bidara sebagai obat antikanker
pexels

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai obat antikanker. Senyawa bioaktif yang terdapat dalam daun ini memiliki potensi untuk melawan kanker pada bagian lini sel kanker. Persoalan ini para ahli masih melakukan penelitian dan pengembangan untuk hasil yang lebih baik. Namun, kunci daun dari bidara sebagai obat kanker terletak pada senyama asam triterpen dan plisakarida.

4. Menurunkan kolesterol

4. Menurunkan kolesterol
freepik

Fungsi daun dari pohon bidara selanjutnya adalah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan dalam daun dari pohon bidara dapat secara efektif mengikat kolesterol. Kolesterol dapat menjadi penyebab dari berbagai penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, Sedulur mulai harus cek kondisi kolesterol di tubuh Sedulur.

Namun, bagi Sedulur memang memiliki kolestrol tinggi dalam tubuh, Sedulur bisa mulai mengatasinya dengan mengkonsumsi daun dari pohon bidara. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Indigofera: Jenis, Manfaat & Budidayanya

5. Mempercepat penyembuhan luka

5. Daun bidara untuk mempercepat penyembuhan luka
pexels

Dan dan buah bidara memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Salah satu manfaatnya adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Hal tersebut disebabkan kandungan antibakteri dan anti inflamasi yang terdapat dalam daun bisa mempercepat penyembuan luka.

Luka seperti luka sayatan, luka lecet, luka goresan dan luka bakar dapat secara efektif disebumbukan dengan menggunakan daun dari pohon bidara. Selain antiinflamasi dan anti bakteri, terdapat juga senyawa glikosida yang dapat mempercepat regenerasi kulit. Jika Sedulur terluka, daun dari bidara bisa digunakan sebagai pertolongan pertama.

6. Menjaga kesehatan jantung

6. Menjaga kesehatan jantung
freepik

Selanjutnya terdapat manfaat daun bidara untuk menjaga kesehatan jantung. Untuk mendapatkan hasil yang baik, Sedulur bisa mengkonsumsi air rebusan daun bidara. Manfaat ini sama dengan menurunkan kadar kolesterol. Bagi Sedulur yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, akan berpotensi mengalami permasalahan sakit jantung. Sedulur bisa mulai konsumsi secara rutin air rebusan daun dari bidara untuk mendapatkan hasil yang baik bagi jantung Sedulur.

BACA JUGA: 15+ Manfaat Singkong untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

7. Melancarkan sistem pencernaan

7. Daun bidara melancarkan sistem pencernaan
freepik

Sedulur yang memiliki masalah sistem pencernaan, bisa mengkonsumsi daun ini untuk melancarkan kembali sistem pencernaan. Permasalahan pencernaan seperti diare, sembeli hingga susah buang air besar, bisa Sedulur atasi dengan menggunakan manfaat dari daun pohon bidara.

Cara mengkonsumsinya sangat mudah, Sedulur bisa merebus daun hingga mendidih. Biarkan agak dingin terlebih dahulu, selanjutnya konsumsi air rebusan secara rutin. Usahakan dalam satu hari, Sedulur bisa mengkonsumsi dua hingga tiga gelas air rebusan bidara. Secara perlahan, permasalahan pencernaan yang Sedulur alami akan berkurang dan Sedulur pun akan sembuh dari sakit pencernaan.

8. Mengobati wasir

8. Mengobati wasir
iStock

Penyakit wasir tentu saja sangat menganggu dan membuat aktivitas kita tidak nyaman. Sedulur bisa berobat dan berkonsultasi kepada dokter untuk mengatasi sakit wasir. Sambil itu, Sedulur juga bisa berikhtiar dengan mengkonsumsi daun dari bidara untuk menyembuhkan penyakit wasir.

Sama dengan manfaat dalam melancarkan sistem pencernaan, daun dari pohon bidara juga dapat secara efektif untuk mengatasi wasir Sedulur yang parah. Sedulur bisa mengkonsumsi secara disiplin untuk mendapatkan hasil yang baik untuk kesembuhan.

BACA JUGA: Ragam Manfaat Jinten Hitam (Habbatussauda) Melawan Penyakit

9. Menurunkan berat badan

9. Daun bidara untuk Menurunkan berat badan
iStock

Kali ini adalah manfaat daun bidara untuk Sedulur yang tengah menjalani program diet. Daun dari bidara dipercaya dapat membantu untuk program diet, karena berkhasiat untuk menurunkan berat badan secara efektif. Hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa dalam air bidara yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, terdapat juga kandungan yang dapat membantu membakar lemak secara efektif.

10. Mengatasi jerawat

10. Mengatasi jerawat
iStock

Jerawat merupakan permasalahan hampir bagi setiap orang, terutama bagi para remaja. Persoalan hormon yang berubah mempengaruhi tubuh, salah satunya munculnya jerawat. Bukan hanya karena masalah hormon, jerawat juga seringkali dipicu oleh kotornya wajah dan kondisi kulit wajah yang tidak terawat.

Sedulur dapat menggunakan daun ini sebagai masker wajah. Kandungan dari daun satu ini bisa membantu kulit wajah Sedulur untuk terlindungi dari sinar UV. Juga dapat membantu Sedulur untuk lebih dapat meremajakan kulit wajah. Sehingga bisa terhindar dari jerawat.

BACA JUGA: 8 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan, Jaga Jantung Hingga Tulang

11. Menghilangkan bakteri

11. Daun bidara Menghilangkan bakteri
freepik

Sedulur juga bisa menghilangkan bakteri menggunakan daun satu ini. Kandungan dalam daun memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Bagi Sedulur yang khawatir tubuh memiliki bakteri, bisa dihilangkan dengan manfaat daun ini. Setiap produk dan merk sabun, menggunakan daun ini sebagai bahan utamanya.

Bukan hanya untuk bagian tubuh secara keseluruhan, daun ini juga bisa digunakan sebagai obat untuk menghilangkan bakteri di sekitar daerah kewanitaan dan alat vital. Seperti yang kita ketahui, bahwa bagian alat vital merupakan daerah yang menyimpan bakteri dalam jumlah banyak.

12. Merawat rambut

12. Merawat rambut
freepik

Manfaat daun dari bidara yang terakhir adalah dapat digunakan untuk merawat rambut. Khasiat ini bisa Sedulur gunakan air rebusan daun. Karena, air rebusan bidara bisa berfungsi sebagai hair tonic. Bagi Sedulur yang mempunyai masalah rambut, seperti rambut rontok dan rambut bercabang, air rebusan sangat efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sekian manfaat dan khasiat daun bidara. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait berbagai manfaat bahan alami untuk kesehatan tubuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan Sedulur, dengan memperhatikan asupan makanan sehari-hari. Agar Sedulur bisa lebih sehat dan bugar setiap harinya.

Dapatkan asupan makanan bergizi lengkap dari Aplikasi Super. Harganya miring, namun kualitasnya nggak main-main. Yuk install Aplikasi Super sekarang dan penuhi kebutuhan asupan nutrisi sehari-hari!