Kita simak segudang manfaat bawang putih di bawah ini, sangat ampuh melawan berbagai penyakit hingga menjaga tubuh tetap sehat.

Bukan hanya mampu membuat setiap makanan menjadi nikmat dan lezat, bawang putih juga mengandung segudang manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh. Manfaat bawang putih mulai dari mencegah penyakit jantung hingga menjaga kesehatan otak, dan juga persoalan kesehatan lainnya yang sering dihadapi.

Hal tersebut berasal dari kandungan bawang putih itu sendiri, berikut ini adalah kandungan dari bawang putih yang bisa bermanfaat untuk tubuh, yaitu:

  • 4 kalori
  • 1 gram karbohidrat
  • 0,2 gram protein
  • 0,1 gram serat
  • 0,1 milligram mangan (setara dengan 3% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,9 milligram vitamin C (setara dengan 2% kebutuhan harian tubuh)
  • 5,4 milligram kalsium (setara dengan 1% kebutuhan harian tubuh)
  • 0,4 mikrogram selenium (setara 1 persen% kebutuhan harian tubuh)
  • Kandungan antioksidan seperti flavonoid, oligosakarida, dan asam amino
  • Senyawa sulfur aktif seperti alliin, allyl propyl disulfide, diallyl disulfide, dan diallyl trisulfide

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang terdapat dari bawang putih di atas, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari bawang putih. Bisa khasiat langsung dari bawang putih, atau khasiat air bawang putih dan juga khasiat minyak bawang putih. Yuk, mari langsung saja kita simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: 15+ Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Segudang Manfaat Bawang Putih yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

1. Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh
enervon.co.id

Manfaat bawang putih tunggal dapat secara efektif menurunkan kadar kolesterol yang ada dalam tubuh. Manfaat ini didapatkan dari kandungan bawang putih yaitu allicin. Allicin dapat berperan secara efektif dalam menghambat enzim yang berperan dalam pembuatan kolesterol dalam tubuh. Bagi yang sering mengkonsumsi makanan berlemak dan memiliki kandungan kolesterol tinggi, Sedulur bisa mulai rutin mengkonsumsi bawang putih, minimal satu siung bawang putih sehari.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

2. Mengendalikan Tekanan Darah
alodokter.com

Bawang putih juga sangat bermanfaat dalam menurunkan darah tinggi. Hal tersebut didapatkan dari kandungan allicin yang terdapat dalam bawang putih. Bagi Sedulur yang terlah didiagnosa menderita hipertensi, Sedulur bisa mulai mengkonsumsi bawang putih secara rutin, agar Sedulur bisa mendapatkan manfaat bawang putih satu ini.

Selain kandungan allicin, bawang putih juga mengandung polisulfida yang dapat melebarkan pembuluh darah yang dapat secara efektif menurunkan tekanan darah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

3. Menjaga Kesehatan Jantung
halodoc.com

Dalam minyak bawang putih, terkandung komponen bernama diallyl trisulfide yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Selain dapat melindungi kesehatan jantung, diallyl trisulfide juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati gagal jantung dan menghindari terjadinya kerusakan pada jantung. Semua manfaat bawang putih ini bisa Sedulur dapatkan jika dikonsumsi secara rutin.

4. Mencegah Risiko Kanker

4. Mencegah Risiko Kanker
kompas.com

Bawang putih juga dapat secara efektif mencegah kita terkena penyakit kanker. Senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih dapat mengurangi risiko kanker, termasuk kanker lambung, usus besar, pankreas dan payudara. Selain itu, bawang putuh juga memiliki sifat antibakteri yang dapat memblokir pembentukan zat penyebab kanker. Sedulur bisa melakukan berbagai cara mengkonsumsi bawang putih, mulai dari dikonsumsi langsung atau dihaluskan dan juga dijadikan minyak.

5. Mencegah Peradangan dalam Tubuh

5. Mencegah Peradangan dalam Tubuh
detik.com

Peradangan di dalam tubuh bisa dirasakan dengan sakit panas dalam atau sariawan misalnya. Hal tersebut terjadi akibat kurangnya asupan vitamin dan kolin. Namun hal tersebut bisa diatasi tanpa meminum obat, Sedulur hanya perlu mengkonsumsi bawang putih secara teratur. Selain itu, bawah putih juga bisa secara efektif menambah energi untuk tubuh.

Baca Juga: 30+ Manfaat Air Beras Untuk Kesehatan Tubuh Kulit & Wajah

6. Mengobati Jerawat dan Permasalahan Wajah

6. Mengobati Jerawat dan Permasalahan Wajah
alodokter.com

Selanjutnya adalah manfaat bawang putih untuk kecantikan, dapat secara efektif untuk mengobati jerawat dan permasalahan wajah. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan bawang putih yang bersifat antimikroba yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat di wajah. Penggunaan bawang putih sebagai obat jerawat dan permasalahan wajah sangat mudah.

Kita hanya membuat bawang putih sebagai masker wajah. Haluskan bawang putih, boleh menggunakan parutan atau juga menggunakan blender. Lebih baik ditambahkan bahan lain seperti minyak zaitun atu bahan lainnya. Oleskan bawang putih pada wajah dan hindari permasalahan wajah dengan penggunaan secara rutin.

7. Menguatkan Tulang

7. Menguatkan Tulang
wowkeren.com

Bawang putih juga mengandung kalsium dan vitamin D juga mengandung flavonoid yang sangat ampuh untuk menguatkan tulang. Manfaat bawang putih ini sangat baik bagi Sedulur yang memiliki aktivitas tinggi. Selain itu, bawang putih juga dapat menghambat proses kerapuhan tulang. Tidak hanya itu, bawang putih juga ampuh untuk mencegah pengeroposan tulang yang sering dialami setelah proses pengangkatan indung telur (oophorectomy).

8. Mencegah Flu dan Batuk

8. Mencegah Flu dan Batuk
alodokter.com

Bawang putih juga dapat memberikan manfaat untuk mengobati sakit flu dan batuk. Hal tersebut didapatkan dari senyawa aktif allicin yang terdapat adlam bawang putih, sehingga bawang putih terbukti ampuh membunuh kuman penyebab sakit flu dan batuk yang mengganggu tenggorokan.

Jika Sedulur sedang sakit flu dan batuk, Sedulur bisa langsung mengkonsumsi bawang putih secara langsung dan merasakan manfaat bawang putih. Gejala dari sakit flu dan batuk akan berkurang secara langsung.

9. Mengatasi Rambut Rontok

9. Mengatasi Rambut Rontok
kompas.com

Selain dapat mengatasi masalah kecantikan, bawang putih juga dapat secara efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Bukan hanya itu, bawang putih juga dianggap dapat memperkuat rambut dan mendorong pertumbuhan rambut pada kulit kepala agar dapat terhindar dari kebotakan. Banyak yang memiliki gen dengan penyakit kebotakan dan mengoleskan minyak bawang putih secara rutin di kulit kepalanya agar bisa terhindar dari masalah kebotakan.

10. Bawang Putih untuk Pria

10. Bawang Putih untuk Pria
hipwee.com

Selanjutnya adalah manfaat bawang putih untuk pria, yaitu dapat mengatasi masalah seksualitas dan kesuburan pria. Di antaranya yaitu dapat mengatasi impotensi dan meningkatkan kesuburan. Dalam berbagai ramuan tradisional, salah satu rempah-rempah yang digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah seksualitas pada pria adalah bawang putih. Salah satu kandungan dari bawang putih, yaitu vitamin B6 dapat berperan penting dalam meningkatkan kesuburan pria.

11. Menjaga Kesehatan Janin

11. Menjaga Kesehatan Janin
kompas.com

Bagi Ibu Super yang tengah hamil, bisa secara rutin dan dalam jumlah yang normal untuk mengkonsumsi bawang putih. Selama hamil, tubuh para ibu akan mudah lemas dan energi yang terkuras, hal tersebut dikarenakan pembagian energi untuk pertumbuhan dan kesehatan janin.

Bawang putih juga bisa menjadi sumber energi bagi Ibu Super ketika hamil. Selain itu, bawang putih juga sangat efektif mencegah Ibu Super yang sedang hamil untuk merasa mual serta pusing saat masa kehamilan.

12. Mencegah Alzheimer dan Demensia

12. Mencegah Alzheimer dan Demensia
detik.com

Bawang putih juga sangat bermanfaat untuk mencegah alzheimer dan demensia, penyakit yang sering dialami ketika memasuki masa tua. Alzheimer dan demensia merupakan penyakit yang terjadi akibat permasalahan kinerja otak. Risiko penyakit ini biasanya dialami jika memiliki kualitas otak yang tidak sehat. Untuk mempertahankan kinerja otak dan memiliki kinerja yang baik, rutin mengkonsumsi bawang putih merupakan hal yang wajib dilakukan.

13. Mengurangi Kelelahan

13. Mengurangi Kelelahan
hipwee.com

Bawang putih telah dipercaya sejak lama sebagai salah satu obat untuk mengatasi kelelahan. Secara tradisional, bawang putih sering digunakan sebagai salah satu ramuan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi agar bisa bekerja dengan baik. Bagi Sedulur yang memiliki banyak aktivitas, boleh mengkonsumsi bawang putih secara rutin agar dapat menghasilkan energi yang baik untuk diolah tubuh saat beraktivitas.

Sekian daftar manfaat bawang putih yang telah dijelaskan di atas. Semoga dengan mengetahui berbagai manfaat bawang putih di atas, kita bisa lebih sering menggunakan bawang putih dalam setiap masakan kita. Karena selain membuat rasa masakan menjadi nikmat dan beraroma wangi, bawang putih juga membuat tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

Sedulur bisa mendapatkan bawang putih untuk berbagai kebutuhan dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya. Gunakan Aplikasi Super untuk memenuhi setiap kebutuhan sehari-hari Sedulur dengan mudah dan harga yang super murah!