Jangan pernah lagi membuat air cucian beras, karena terdapat segudang manfaat air beras untuk kesehatan tubuh dan kulit. Simak ulasannya di bawah ini!

Beras merupakan salah satu sembako penting yang menunjang kehidupan kita sehari-hari. Setelah beras diolah menjadi nasi, nasi yang kita makan mengandung karbohidrat yang dapat memberikan kita energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Namun, apakah Sedulur sadar, bahwa air bekas kita mencuci beras, ternyata mengandung segudang manfaat?

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa manfaat air beras yang bisa memberikan khasiat baik untuk kesehatan tubuh atau kesehatan kulit. Setelah mengetahui informasi penting terkait manfaat air beras ini, Sedulur bisa lebih cermat memanfaatkan air cuci beras tersebut. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini. Yuk, mari!

Baca Juga: 15 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ajaib untuk Kesehatan

-->

Daftar Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan Kulit

1. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit

1. Meningkatkan Pertumbuhan Sel Kulit
grid.id

Manfaat pertama dari air sisa cucian beras adalah dapat meningkatkan pertumbuhan sel kulit tubuh. Hal ini berasal dari kandungan yang terdapat dalam beras itu sendiri. Beras merupakan salah satu bahan alami dengan kandungan vitamin B kompleks yang bernama Inositol. Inositol ini memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit. Oleh karena itu, sebagai orang mencari tahu bagaimana cara mandi dengan air beras, dengan tujuan mendapatkan manfaat satu ini.

2. Menyehatkan Kulit Dengan Memperlancar Peredaran Darah

2. Menyehatkan Kulit Dengan Memperlancar Peredaran Darah
kumparan.com

Manfaat air beras yang kedua yaitu untuk merangsang peredaran darah di area kulit agar menjadi lebih lancar lagi, sehingga bisa menghasilkan kulit yang sehat dan cemerlang. Karena peredaran darah yang lancar pada kulit, bisa dengan baik mendistribusikan oksigen dan nutrisi. Hal ini juga berasal dari kandungan inositol yang berasal dari beras.

3. Meringkas Pori-Pori

3. Meringkas Pori-Pori
suara.com

Permasalahan yang terjadi pada kulit kita, baik itu kulit wajah atau kulit tubuh, seringkali disebabkan oleh pori-pori kulit yang terbuka lebar. Hal tersebut menyebabkan berbagai kotoran menempel dan membuat permasalahan kulit semakin runyam. Sedulur bisa mencegah hal tersebut dengan manfaat air beras, karena salah satu manfaatnya dapat meringkas pori-pori kulit yang berukuran besar.

4. Meredakan Iritasi Dan Menenangkan Kulit Berjerawat

4. Meredakan Iritasi Dan Menenangkan Kulit Berjerawat
liputan6.com

Kandungan allantoin dalam air beras bisa bermanfaat untuk meredakan iritasi dan menenangkan kulit wajah Sedulur yang sedang berjerawat. Dengan manfaat air beras satu ini, kemungkinan untuk sembuh dari jerawat dan mendapatkan kulit sehat dapat Sedulur wujudkan dengan cepat.

5. Penangkal Radikal Bebas

5. Penangkal Radikal Bebas
grid.id

Untuk dapat mencegah radikal bebas, diperlukan antioksidan alami yang bernama ferulic acid. Ferulic acid bisa kita dapatkan dari biji-bijian termasuk air beras. Salah satu manfaat air beras adalah dapat mencegah radikal bebas. Untuk hasil yang maksimal, Sedulur bisa melakukannya secara rutin.

Baca Juga: 11 Manfaat Tersembunyi Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

6. Mencegah Pigmentasi (Penggelapan)

6. Mencegah Pigmentasi (Penggelapan)
facetofeet.com

Salah satu permasalahan kulit adalah terjadinya pigmentasi atau penggelapan. Untuk mencegah permasalahan tersebut, Sedulur bisa menggunakan air beras. Karena, manfaat air beras bisa mengurangi pigmentasi kulit yang berasal dari kandungan oryzanol yang terdapat dari air beras itu sendiri.

7. Memudarkan Flek Hitam

7. Memudarkan Flek Hitam
klikdokter.com

Oryzanol juga bisa memberikan manfaat untuk memudarkan flek hitam yang seringkali mengganggu kepercayaan diri kita. Karena manfaatnya sangat berguna untuk mencegah penggelapan atau pigmentasi, manfaat air beras juga bisa secara efektif memudarkan flek hitam yang seringkali mempengaruhi kepercayaan diri kita.

8. Memperbaiki Tekstur Kulit

8. Memperbaiki Tekstur Kulit
grid.id

Jika air beras diproses secara fermentasi, maka air beras akan menghasilkan kandungan yang bernama pitera. Kandungan tersebut berguna untuk membuat kulit lebih bening dan bersinar. Maka dari itu, jika Sedulur memiliki kemampuan dan waktu, bisa memfermentasi dan mendapatkan manfaat air beras satu ini.

9. Meringankan Peradangan Kulit

9. Meringankan Peradangan Kulit
alodokter.com

Kandungan allantoin dan pitera yang terdapat dalam air beras juga bisa meringankan peradangan kulit yang sering kita alami. Manfaat air beras ini juga bisa kita lakukan dengan menjadikan air beras sebagai toner atau pendingin wajah. Agar wajah bisa selalu kita jaga kesehatannya.

10. Mencegah Penuaan Dini

10. Mencegah Penuaan Dini
kompas.com

Salah satu hal yang paling ditakuti adalah penuaan dini. Sedulur bisa mencegah penuaan dini dari manfaat air beras. Kandungan inositol dan ferulic acid yang terdapat dalam air beras bisa membantu kita menyamarkan garis halus dan kerutan yang menjadi tanda terjadinya penuaan dini.

11. Memudarkan Bekas Luka

11. Memudarkan Bekas Luka
jovee.id

Baik bekas luka jerawat atau bekas luka lainnya yang terjadi pada kulit, seringkali sulit unutk dihilangkan. Jangankan untuk dihilangkan, untuk memudarkannya saja seringkali kita kesulitan. Jangan khawatir, kita bisa mendapatkannya dari manfaat air beras. Karena air beras mengandung oryzanol dan pitera yang sangat ampuh untuk memudarkan bekas luka.

12. Mengatasi Kelebihan Minyak

12. Mengatasi Kelebihan Minyak
detik.com

Salah satu manfaat air beras yang seringkali diabaikan disebabkan kurangnya pengetahuan, adalah terkait minyak berlebih pada wajah. Wajah kita seringkali memproduksi minyak berlebih yang menjadi awal segala permasalahan kulit. Air beras bisa secara efektif mengatasi kelebihan minyak pada kulit wajah kita.

13. Melembabkan Kulit Wajah

13. Melembabkan Kulit Wajah
liputan6.com

Manfaat air beras selanjutnya bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan kulit wajah yang lembab. Dengan kulit wajah yang lembab, kita bisa menjaga kesehatan kulit wajah. Dan mencegah agar kulit wajah tidak terlalu kering atau justru terlalu berminyak. Seringkali permasalahan pada kulit wajah didapatkan karena kulit wajah yang kering atau berminyak secara berlebihan.

14. Menjadikan Kulit Kenyal

14. Menjadikan Kulit Kenyal
tribunnews.com

Kandungan yang terdapat dalam air beras yang telah difermentasi dapat secara efektif mendorong kulit wajah memproduksi kolagen. Kolagen tersebut dapat membuat kulit menjadi kenyal dan memperbaiki kondisi kulit wajah yang rusak. Baik diakibatkan oleh radikal bebas, sinar ultra violet atau bekas jerawat. Manfaat air beras ini bisa membantu kita mewujudkan kulit wajah yang ideal.

15. Mengatasi Kulit Kering

15. Mengatasi Kulit Kering
liputan6.com

Seperti yang telah disinggung di atas, bahwa kulit kering seringkali menjadi permasalahan utama pada wajah. Kulit kering bisa menyebabkan iritasi pada wajah. Kondisi kulit kering diakibatkan oleh kurangnya natrium lauril sulfat. Kita bisa mendapatkan hal tersebut dengan manfaat air beras itu sendiri.

16. Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet

16. Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet
detik.com

Sinar ultraviolet sangat berbahaya untuk kulit, terutama kulit wajah. Karena kulit wajah merupakan bagian yang jarang sekali tertutupi ketika kita beraktivitas di luar dan menjadi bagian paling sering terkena sinar ultra violet. Salah satu manfaat air beras bisa digunakan sebagai tabir atau penghalang sinar ultra violet, terutama jika dikombinasikan dengan ekstrak tumbuhan.

Baca Juga: 10 Cara Merawat Rambut Keriting Agar Sehat & Mudah Diatur

Daftar Manfaat Air Beras Bagi Kesehatan Rambut

17. Menyuburkan Rambut

17. Menyuburkan Rambut
tribunnews.com

Bukan hanya untuk kulit tubuh dan wajah, manfaat air cucian beras juga bisa Secara efektif digunakan untuk menyuburkan rambut. Cara penggunaannya sangat mudah, Sedulur bisa menggunakan air beras sebagai pengganti kondisioner. Bilas rambut yang telah dicuci menggunakan shampo, lalu bilas kembali menggunakan air beras. Lalukan minimal dua kali dalam satu minggu untuk hasil yang lebih optimal.

18. Menjadikan Rambut Bercahaya

18. Menjadikan Rambut Bercahaya
klasika.kompas.id

Bagi Sedulur yang menginginkan rambut bercahaya, Sedulur bisa menggunakan manfaat air cucian beras. Terutama jika air beras dicampur dengan air mawar. Cara menggunakannya sangat mudah, Sedulur tinggal membilas rambut menggunakan campuran air beras dan mawar, lalu tutup kepala menggunakan topi mandi atau handuk. Dan diamkan selama setengah jam, kemudian bilas rambut menggunakan air hangat. Rambut yang Sedulur miliki pun akan berkilauan cahaya.

19. Mengatasi Ketombe

19. Mengatasi Ketombe
detik.com

Salah satu permasalahan rambut yang sangat mengganggu adalah kotombe yang tumbuh subur. Sedulur bisa mengatasinya dengan manfaat air cucian beras. Karena penyebab ketombe adalah pH kulit kepala yang tidak seimbang, dengan air beras pH kulit kepala bisa seimbang dan terhindar dari persoalan ketombe yang mengganggu.

20. Menghilangkan Kutu

20. Menghilangkan Kutu
harapanrakyat.com

Tidak nyaman dengan rambut yang berkutu? Sedulur bisa membasminya dengan menggunakan manfaat air cucian beras. Karena air beras bisa efektif membunuh kutu beserta dengan larvanya. Gunakan setiap air beras secara berkala, bilas rambut dan kulit kepala dengan air beras dan tutup rambut selama satu jam. Lalu bilang kembali, alhasil kutu akan musnah beserta larvanya. Lakukan cara ini jika Sedulur merasakan ada kutu di kepala Sedulur.

21. Mengatasi Rambut Bercabang

21. Mengatasi Rambut Bercabang
detik.com

Salah satu ciri rambut tidak sehat adalah rambut bercabang. Sedulur bisa menggunakan air beras untuk mengatasi kulit bercabang. Tidak perlu mencuci rambut secara keseluruhan, Sedulur hanya perlu mencelupkan bagian ujung rambut yang bercabang dan diamkan selama 15 menit. Rambut bercabang pun akan hilang dengan sendirinya.

Daftar Manfaat Air Beras Untuk Wajah yang Berjerawat

22. Mendinginkan Kulit Wajah

22. Mendinginkan Kulit Wajah
tribunnews.com

Selanjutnya manfaat air cucian beras yaitu dapat membuat kulit wajah tetap dingin dan lembab. Oleh karena itu, kulit wajah dapat tetap terhindar dari iritasi, jerawat atau eczema. Semua permasalahan kulit wajah seringkali didapatkan karena kondisi kulit wajah yang tidak stabil, kadang kering berlebih atau berminyak.

23. Menyehatkan Kulit Wajah

23. Menyehatkan Kulit Wajah
orami.co.id

Jika Sedulur ingin menyehatkan kulit wajah, Sedulur bisa menggunakan manfaat air cucian beras yang digunakan secara rutin untuk menyehatkan kulit wajah. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

24. Meringankan Peradangan atau Inflamasi

24. Meringankan Peradangan atau Inflamasi
liputan6.com

Terdapat kandungan senyawa antibakteri yan dapat meringankan peradangan atau inflamasi yang terjadi pada kulit wajah. Oleh karena itu, manfaat air cucian beras sangat dibutuhkan untuk mendapatkan wajah yang sehat dan cemerlang.

25. Memudarkan Bekas Jerawat

25. Memudarkan Bekas Jerawat
tribunnews.com

Oryzanol yang terkandung dalam air cucian beras bisa secara efektif memudarkan bekas jerawat. Terutama jika Sedulur melakukannya secara rutin. Saran yang paling baik adalah menggunakan air beras sebagai tuner agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal. Namun jangan terlalu berlebihan menggunakannya, agar tidak mengalami efek samping air beras untuk wajah.

Manfaat Meminum Air Beras untuk Tubuh

26. Sebagai Sumber Energi

26. Sebagai Sumber Energi
tribunnews.com

Seperti yang Sedulur ketahui, bahwa beras mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi untuk tubuh. Begitu juga air bekas cucian air beras, dapat kita minum sebagai pelengkap kebutuhan energi yang kita butuhkan sehari-hari. Air beras pun mengandung sedikit karbohidrat, namun sifatnya hanya sebagai pelengkap energi saja.

27. Mencegah Sembelit

27. Mencegah Sembelit
halodoc.com

Sembelit merupakan sakit yang berkaitan dengan kesehatan sistem pencernaan. Sedulur bisa mengatasi permasalahan pencernaan ini dengan mengkonsumsi air cucian air beras. Karena, air cucian beras yang kita minum dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik yang sangat penting untuk pencernaan.

28. Mencegah Dehidrasi

28. Mencegah Dehidrasi
prosehat.com

Dalam sebagian tradisi di beberapa daerah Indonesia, sebagian masyarakat adalah yang mempercayai manfaat air cucian beras untuk tolak bala. Namun, setelah munculnya berbagai kemajuan teknologi kesehatan, setelah diteliti banyak manfaat yang diberikan oleh air beras. Salah satunya bisa mencegah dehidrasi, yang berperan mengganti cairan tubuh yang hilang akibat aktivitas dan cuaca yang sangat panas.

29. Membantu Pemulihan Tubuh Pasca Sakit

alodokter.com
klikdokter.com

Setelah sembuh dari sakit yang cukup parah, biasanya tubuh membutuhkan waktu pemulihan agar bisa kembali sehat. Sedulur bisa mendapatkan pemulihan waktu yang cepat dengan dibantu oleh air beras. Karena air beras bisa mengganti nutrisi yang dibutuhkan tubuh dalam masa pemulihan pasca sakit, terutama sakit demam.

30. Meringankan Diare

30. Meringankan Diare
alodokter.com

Bagi Sedulur yang mengalami sakit diare, Sedulur bisa mencoba meminum air cucian beras. Karena air cucian beras di beberapa daerah digunakan sebagai obat untuk meringankan sakit diare. Hal tersebut dikarenakan air beras bisa merangsang pembiakan bakteri baik yang dibutuhkan pencernaan dan menjaganya agar tetap sehat.

31. Kesuburan Kandungan

31. Kesuburan Kandungan
kompas.com

Terdapat juga manfaat air cucian beras untuk kesuburan kandungan. Namun, perihal manfaat ini masih sekedar kepercayaan di beberapa daerah di Indonesia yang diturunkan secara turun temurun. Perlu penelitian mendalam untuk mengetahui jawaban tentang ini. Namun, mengkonsumsi air beras saat hamil pun sebenarnya tidak memiliki efek samping berbahaya bagi ibu hamil itu sendiri. Tidak ada salahnya juga dicoba.

Dari sekian banyak daftar manfaat air beras di atas, semoga bisa menambah pengetahuan Sedulur tentang manfaat sejumlah bahan-bahan yang mudah ditemukan sehari-hari. Air cucian beras merupakan bahan yang dengan mudah bisa kita temukan di rumah, namun seringkali kita buang dan kita abaikan tanpa tahu segudang manfaat yang dimilikinya.

Agar Sedulur tidak menyia-nyiakan lagi banyak manfaat dari bahan atau barang yang dengan mudah Sedulur temukan sehari-hari, Sedulur bisa dengan mudah menyimak segala penjelasan terkait manfaat bahan lainnya. Dan terus menambah pengetahuan Sedulur terkait kesehatan.

Jangan lupa juga untuk memasok kebutuhan sehari-hari Sedulur dengan membelinya di Aplikasi Super. Semua bahan kebutuhan sehari-hari yang disediakan Aplikasi Super merupakan bahan yang berkualitas dan bisa turut serta menjaga kesehatan tubuh Sedulur. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur.