Terdapat segudang manfaat jeruk nipis yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah dan tubuh. Simak daftar manfaatnya di bawah ini.

Kita seringkali menggunakan jeruk nipis untuk mengolah berbagai makanan, terutama makanan yang segar. Jeruk nipis bisa bermanfaat untuk menambah kelezatan makanan dan membuat aroma makanan semakin nikmat. Selain itu, jeruk nipis juga bisa kita olah untuk menghasilkan minuman yang menyegarkan dan menghilangkan dahaga.

Namun, apakah Sedulur tahu bahwa jeruk nipis mengandung segudang manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas beberapa daftar manfaat jeruk nipis, baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh dan untuk kesehatan kulit wajah. Seperti apa saja manfaat jeruk nipis yang dimaksud? Mari kita lihat ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 15 Manfaat Jamu Beras Kencur yang Ajaib untuk Kesehatan

-->

Daftar Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh dan Kecantikan Kulit

1. Meremajakan Kulit

1. Meremajakan Kulit
uzone.id

Salah satu manfaat jeruk nipis yang sangat bermanfaat adalah untuk meremajakan kulit. Dalam setiap produk kecantikan, jeruk nipis selalu digunakan sebagai bahan utama. Sedulur bisa lebih hemat mengeluarkan uang untuk membeli produk kecantikan, dengan menggunakan jeruk nipis.

Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi dan juga flavonoid yang dapat memperkuat kolagen. Dengan begitu, kulit wajah akan terhidrasi dengan baik, dan kulit wajah Sedulur akan selalu diremajakan. Selain itu, jeruk nipis juga bisa sangat baik untuk menangkal sinar matahari yang terik, yang dapat membuat kulit wajah kusam.

2. Mengobati Jerawat

2. Mengobati Jerawat
grid.id

Jika Sedulur memiliki jerawat yang banyak di sekujur wajah, Sedulur tentu tidak percaya diri. Karena, sejatinya jerawat membuat muka kita terlihat kusam dan tidak sehat. Sedulur bisa menggunakan manfaat jeruk nipis untuk mengobati jerawat di wajah Sedulur. Hal ini disebabkan karena jeruk nipis memiliki kandungan antibiotik yang dapat melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Jadi wajah bersih bebas jerawat akan terwujud bagi Sedulur Super sekalian.

Baca: 10+ Manfaat Air Kelapa Muda Untuk Berbagai Penyakit

3. Menyamarkan Bekas Jerawat

3. Menyamarkan Bekas Jerawat
tribunnews.com

Kendati pun jerawat di wajah Sedulur telah sembuh, seringkali sisa bekas jerawat membekas dan membuat noda hitam atau flek. Di setiap produk kecantikan, terutama yang spesifik untuk menghilangkan bekas jerawat, jeruk nipis menjadi salah satu bahan pembuatannya. Hal tersebut disebabkan oleh manfaat jeruk nipis yang mengandung antibiotik yang bisa menyamarkan luka bekas jerawat. Untuk wajah yang bersih bersinar, manfaat jeruk nipis satu ini sangat penting bagi Sedulur.

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit

4. Mengecilkan Pori-Pori Kulit
grid.id

Pori-pori kulit wajah yang membesar seringkali menjadi sumber utama segala macam permasalahan wajah, termasuk wajah berjerawat. Karena, pori-pori kulit yang membesar bisa menyimpan kotoran dan menjadi penyebab jerawat dan segala permasalahan kulit wajah. Oleh karena itu, manfaat jeruk nipis untuk mengecilkan pori-pori kulit sangat dibutuhkan untuk mendapatkan wajah yang bersih.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati

5. Mengangkat Sel Kulit Mati
tribunnews.com

Bekas sisa jerawat dan luka pada wajah biasanya menyisakan beberapa sel kulit yang telah mati. Sel kulit mati seringkali mengganggu kesehatan wajah dan menimbulkan permasalahan pada wajah itu sendiri. Manfaat jeruk nipis kali ini dapat kita rasakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Hal tersebut disebabkan oleh asam sitrat yang ada pada jeruk nipis dapat secara efektif mengangkat sel kulit mati dan kotoran lain yang menyangkut di wajah. Gunakan air jeruk nipis secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat jeruk nipis untuk kecantikan ini bisa bermanfaat untuk wajah yang bersih tanpa sel kulit mati.

6. Mencegah Penuaan Dini

6. Mencegah Penuaan Dini
tribunnews.com

Permasalahan kulit yang seringkali mengganggu adalah munculnya gejala penuaan dini. Garis-garis halus yang muncul dan kerutan-kerutan dalam wajah menunjukan gejala penuaan dini. Kita bisa mencegah penuaan dini dengan jeruk nipis. Karena jeruk nipis mengandung bahan alami yang dapat mencegah melanin dalam wajah, sehingga kerutan dan garis-garis halus akan berkurang secara perlahan.

7. Melancarkan Pencernaan

7. Melancarkan Pencernaan
harapanrakyat.com

Setelah mengetahui manfaat jeruk nipis untuk kulit di atas, selanjutnya merupakan khasiat jeruk nipis untuk pencernaan. Dengan konsumsi jeruk nipis secara rutin, Sedulur akan mendapatkan pencernaan yang sehat dan lancar. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari jeruk nipis, yang dapat membantu air liur memecah makanan agar lebih mudah dicerna.

Kandungan flavonoid dalam jeruk nipis juga dapat merangsang sistem sekresi pencernaan dan aktivitas usus sehingga pencernaan bisa menjadi lebih lancar lagi. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung serat sebagaimana buah dan sayuran yang mengandung serat tinggi.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
kompas.com

Di tengah musim pandemi Covid-19 saat ini, imunitas tubuh menjadi faktor utama agar kita tidak terpapar virus corona. Jika pun terpapar virus corona, dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dan gejala-gejala berbahaya dari virus corona tidak akan kita rasakan. Namun, perhatikan konsumsi jeruk nipis setiap harinya.

Alih-alih ingin mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat, minum jeruk nipis setiap hari dan terlalu sering juga tidak baik untuk tubuh. Karena, efek samping minum jeruk nipis tiap hari yaitu dapat memicu naiknya tekanan darah dan mempengaruhi kesehatan jantung Sedulur. Maka dari itu, disarankan minum jeruk nipis secara teratur dan jadwal yang jelas.

9. Menurunkan Berat Badan

9. Menurunkan Berat Badan
kompas.com

Manfaat jeruk nipis satu ini akan sangat dibutuhkan oleh Sedulur yang sedang dalam program diet. Karena, kandungan asam sitrat yang terdapat dalam jeruk nipis dapat meningkatkan metabolisme tubuh yang dapat membantu kalori dan lemak dalam tubuh terbakar. Vitamin C dalam jeruk nipis juga bisa mendukung pembakaran lemak yang terjadi dalam tubuh.

Namun, satu hal yang harus Sedulur ingat, bahwa jeruk nipis hanya bersifat mendukung untuk dapat menurunkan berat badan. Aktivitas fisik seperti olahraga dan juga menjaga keseimbangan gizi dan nutrisi dalam tubuh juga sangat penting agar bisa mendapatkan berat badan ideal tanpa harus mengorbankan kesehatan bagian tubuh lainnya.

10. Menjaga Kadar Gula Darah

10. Menjaga Kadar Gula Darah
cepersismapharma.com

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis juga bisa bermanfaat untuk menjangan kadar gula dalam darah. Terutama bagi para penderita diabetes, yang harus secara ketat memperhatikan kondisi gula dalam darahnya. Selain dapat bermanfaat bagi penderita diabetes, manfaat jeruk nipis ini juga baik untuk mempertahankan kondisi darah agar tetap stabil.

Jeruk nipis memiliki kandungan gula yang rendah hal tersebut sangat baik untuk mengurangi penyerapan gula dalam darah. Demi tercapainya kondisi tubuh yang seimbang, dengan kadar dalam darah yang terjaga, jeruk nipis bisa menjadi buah-buahan yang rutin untuk dikonsumsi.

11. Mencegah Penyakit Jantung

11. Mencegah Penyakit Jantung
detik.com

Penyakit jantung masih merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian tertinggi saat ini. Penyakit jantung juga akhirnya merupakan ancaman nyata bagi setiap nyawa manusia. Salah satu manfaat jeruk nipis yaitu dapat mencegah penyakit jantung, hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin C yang melimpah yang ada pada jeruk nipis.

Karena vitamin C terbukti ampuh menurunkan tekanan darah tinggi, yang menjadi penyebab utama penyakit jantung. Selain itu, vitamin C juga ampuh melindungi aterosklerosi. Penyakit penumpukan plak dalam pembuluh darah yang membuat pembuluh darah menyempit dan menghambat peredaran darah, dan memicu penyakit jantung.

12. Menurunkan Risiko Kanker

12. Menurunkan Risiko Kanker
alodokter.com

Salah satu penyebab terkena kanker adalah tubuh telah terpapar radikal bebas yang berasal dari polusi yang tidak sehat, biasanya kota metropolitan memiliki kandungan radikal bebas yang tinggi. Kanker seperti leukimia, kanker lambung dan kanker usus terjadi karena dipicu oleh radikal bebas yang ada pada tubuh.

Jeruk nipis sangat efektif menurunkan risiko terkena penyakit kanker karena mengandung liminoid yang efektif menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, risiko kanker dapat terhindar secara perlahan, terutama jika Sedulur rutin mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur.

13. Mengatasi Peradangan

13. Mengatasi Peradangan
alodokter.com

Beberapa penyakit inflamasi (peradangan) seperti radang sendi, asam urat, dan penyakit sendi lainya dapat diatasi dengan mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin. Hal tersebut karena kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat meredakan sakit peradangan seperti yang telah dijelaskan di atas. Guna mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari penyakit inflamasi, Sedulur bisa mengkonsumsi jeruk nipis secara teratur.

14. Mencegah Batu Ginjal

14. Mencegah Batu Ginjal
kompas.com

Batu ginjal merupakan sebuah penyakit yang terjadi akibat kristalisasi mineral di dalam ginjal. Akhirnya, pada saat Sedulur akan membuang air kecil, Sedulur akan merasakan perih yang bukan main. Batu kristal mineral tersebut menggumpal karena urin yang sangat pekat. Urin yang sangat pekat tersebut terjadi karina kandungan mineral kristal yang tinggi.

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat mencegah batu ginjal dan meningkatkan kadar sitrat untuk mengikat mineral pembentukan batu ginjal yang terdapat dalam urin. Penelitian ilmiah mengumumkan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi jeruk nipis memiliki risiko kecil terkena batu ginjal.

15. Optimalisasi Kinerja Otak

15. Optimalisasi Kinerja Otak
merdeka.com

Kandungan dari jeruk nipis lainnya, yaitu magnesium dan potasium dapat merangsang kerja otak agar lebih optimal. Terutama jika Sedulur mengkonsumsi jeruk nipis secaram agar khasiat dari jeruk nipis untuk mengoptimalkan kinerja otak menjadi lebih baik lagi. Selain itu, jeruk nipis juga bisa mencegah dehidrasi yang sangat baik untuk membantu otak bekerja lebih fokus.

16. Membantu Membakar Lemak

16. Membantu Membakar Lemak
sehatq.com

Bagi Sedulur yang merasa tubuh Sedulur mulai berat, dan timbangan berat badan bertambah, artinya lemak di dalam tubuh Sedulur mulai bertambah dan harus segera dibakar. Karena jika tidak, tubuh Sedulur akan mengalami obesitas dengan kelebihan lemak dalam tubuh. Lemak yang berlebih juga bisa mengancam jantung Sedulur.

Manfaat jeruk nipis yang terakhir dapat membantu membakar lemak yang ada di dalam tubuh, hal tersebut disebabkan oleh kandungan asam sitrat yang merupakan zat antioksidan yang dapat meningkatkan metabolisme lemak dan mengubahnya menjadi energi agar tidak tertimbun.

Semoga penjelasan mengenai manfaat jeruk nipis di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait berbagai bahan alami untuk kesehatan tubuh dan wajah. Jika selama ini jeruk nipis digunakan sebagai bahan makanan, setelah membaca penjelasan di atas, Sedulur jadi mengetahui bahwa jeruk nipis bisa sangat bermanfaat.

Sedulur bisa menyediakan jeruk nipis dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur tinggal klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar bisa mendapatkan jeruk nipis dengan mudah dan harga super murah. Manfaatkan Aplikasi Super, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Sedulur.