makanan yang mengandung asam folat

Asam folat termasuk nutrisi yang penting dalam pembentukan sel otak. Suplemen prenatal atau masa sebelum kelahiran dengan asam folat. Zat ini,  sangat penting bagi kecerdasan Si Kecil meski di dalam kandungan. Untuk itu, bagi para ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat.

Manfaat asam folat bagi ibu hamil tidak hanya satu. Kandungan ini bisa mengoptimalkan tabung saraf janin sebagai pembentuk sel darah merah hingga pembentuk sumsum tulang belakang. Lantas apa saja makanan yang mengandung asam folat tinggi dan cocok buat ibu hamil? 

BACA JUGA: 13 Cara Membuat Es Buah Super Segar yang Mudah Dibuat

1. Biji Bunga Matahari

makanan yang mengandung asam folat
Republika

Biji bunga matahari biasanya diolah menjadi makanan ringan seperti kuaci dan lain sebagianya. Ternyata pada tanaman ini terdapat kandungan vitamin E  dan zat  besi yang dibutuhkan untuk memenuhi gizi ibu hamil. Sehingga biji bunga matahari merupakan makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil.

Tidak hanya itu, biji bunga matahari juga sangat bisa dijadikan cemilan yang mengandung asam folat dan baik untuk tubuh. Jadi, Sedulur wajib coba cemilan sehat yang satu ini sebab sangat pas untuk menjadi teman saat santai atau melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Asparagus

makanan yang mengandung asam folat
alodokter

Asparagus memiliki bentuk yang menyerupai batang bambu dan ukurannya sangat kecil. Sayuran berwarna hijau dan putih ini bisa langsung dikonsumsi atau langsung diolah dengan cara ditumis serta dipanggang.

Meski demikian, ada pula yang mengolah tanaman ini untuk diolah menjadi sup yang kaya serat dan menyehatkan. Seperti yang diketahui bahwa asparagus mengandung banyak vitamin dan mineral, temasuk asam folat. Dalam 90 gram asparagus yang dimasak, terkandung 134 mcg folat. Tanaman ini bisa diolah menjadi makanan dan minuman yang mengandung asam folat tinggi dan sangat tepat bagi ibu hamil

BACA JUGA: 10 Manfaat Buah Kurma Dapat Mencegah Berbagai Penyakit

3. Kacang tanah

makanan yang mengandung asam folat
Grid

Jangan dilupakan juga jika ada kacang tanah yang merupakan tanaman yang memiliki asam folat baik untuk ibu hamil. Biasanya kacang tanah ini dimasak secara  sederhana dengan cukup direbus dan diberi garam dapur. Namun tahukah Sedulur dalam segenggam kecil atau 30  gram kacang tanah bisa memberikan seperlima kebutuhan asam folat per hari. Inilah membuat bahwa kacang tanah termasuk makanan yang mengandung asam folat baik.

Kacang tanah juga bisa dijadikan cemilan yang mengandung asam folat yang patut Sedulur nikmati sehari-hari. Meski demikian, kacang tanah juga banyak mengandung lemak. Sehingga apabila ada Ibu hamil yang ingin mengkonsumsinya perlu bijak dalam dalam mengonsumsinya

4. Lentil dan kacang polong

buah yang mengandung asam folat terbanyak
Merdeka

Lentil adalah biji yang berasal dari keluarga kacang-kacangan yang mirip dengan kacang hijau. Namun ternyata, lentil bisa dijadikan sebagai minuman yang menyehatkan untuk Sedulur lho. Tidak hanya itu, biji lentil juga mengandung asam folat yang sangat penting membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir. Sehingga tanaman ini sangat mendukung sebagai makanan yang mengandung asam folat untuk promil.

Tentu biji lentil sangat baik dikonsumsi untuk tubuh. Selain lentil, ada kacang polong yang bisa dijadikan camilan dan bisa menjadi teman minum lentil saat Sedulur menikmati waktu bersantai.

BACA JUGA: Ciri-Ciri Hamil Muda yang Sering Tidak Disadari Oleh Wanita

5. Sayuran hijau

makanan yang mengandung asam folat
klikdokter

Bila mana Sedulur saat ini tidak suka makan sayuran hijau, maka segeralah diubah. Sebab, dalam sayuran hijau terdapat asam folat yang baik untu tubuh khususnya bagi ibu hamil. Contoh sayuran hijau tersebut antara lain, seledri, lobak, bayam dan kangkung. Satu porsi atau satu cangkir sayuran hijau bila dibuat minuman berserat, mengandung asam folat sebesar 23 mikrogram. Hampir setengah dari kebutuhan asam folat perhari.

Selain mengonsumsi susu, sayuran hijau bisa diolah mejadi makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil. Jadi bagi Sedulur yang sedang hamil, tidak asa salahnya untuk mengkonsumsi sayuran hijau.

6. Pepaya dan Jeruk

cemilan yang mengandung asam folat
bebekidsworld

Sedulur harus tahu, bahwa ada buah-buahan yang mengandung asam folat baik untuk kesehatan tubuh khususnya bagi ibu hamil. Salah satu buat tersebut adalah pepaya. Ya, pepaya merupakan buah-buahan yang kaya akan asam folat, kurang lebih mampu menyediakan seperempat  kebutuhan asam folat per hari. 

Selain pepaya, ada buah jeruk yang mengandung sekitar 30 hingga 40 mikrogram asam folat. Pepaya dan Jeruk bisa menjadi salah satu hal  wajib dikonsumsi Sedulur karena masuk sebagai buah yang mengandung asam folat terbanyak. Ini bisa jadi alternatif selain mengonsumsi susu hamil yang mengandung asam folat tinggi.

BACA JUGA: Manfaat Kurma Muda yang Baik untuk Program Hamil

7. Alpukat

minuman yang mengandung asam folat
kompas

Buah selanjutnya yang harus Sedulur konsumsi adalah alpukat. Dalam daging buah alpukat terdapat nutrisi asam folat yang baik. Dalam setengah alpukat yang berukuran sedang mengandung  sekitar 80-90 mikrogra asam folat atau setara dengan 22% kebutuhan asam folat harian.

Tidak hanya itu, alpukat juga sangat kaya dengan berbagai asam lemak, serat dan vitamin K sehingga sangat baik untuk kebutuhan tubuh. Jadi, bisa dikatakan jika alpukat merupakan  salah satu buah yang mengandung asam folat terbanyak.

8. Bit

susu hamil yang mengandung asam folat tinggi
klikdokter

Sedulur tahu buah bit? Buah berwarna ungu merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat dan termasuk buah yang memiliki segudang nutrisi  yang penting untuk tubuh. Tidak bisa dipungkiri, buat bit mengandung mangan,  potasium, vitamin C, dan folat dengan jumlah yang luar biasa. Si buah berwarna merah ini diketahui memiliki 148 mcg folat dalam 136 gram bit mentah.

Dalam buat bit yang berwana merah ini, selain memiliki kandungan mikronutrienya bit juga mengandung nitrat yang tinggi. Jadi jangan heran, jika buah ini termasuk buah yang mengandung asam folat terbanyak.

Demikian penjelasan mengenai 8 makanan yang mengandung asam folat yang tinggi dan baik dikonsumsi bagi para Sedulur. Semoga sedulur tetap menjaga tubuh dengan asupan nutrisi yang seimbang ya dan jangan lupa diimbangi dengan olahraga. Untuk memenuhi kebutuhan sembako dengan harga terjangkau, kamu bisa mendapatkannya melalui Aplikasi Super. Harganya murah, untung melimpah.