Selain memiliki rasa manis khas yang nikmat, ada banyak manfaat kurma bagi tubuh manusia. Bahkan banyak yang percaya jika kurma menangkal kiriman sihir. Meski hal ini tentu belum terbukti, buah satu ini merupakan buah yang spesial, khususnya bagi umat Muslim. Hal ini disebabkan oleh disebutkannya kurma di kitab Al-Quran.

Namun pada kesempatan kali ini bukan manfaat kurma ajwa untuk sihir yang akan dibahas. Melainkan beberapa manfaat kurma bagi kesehatan tubuh manusia. Manfaat ini, tentu saja disebabkan oleh berbagai vitamin dan juga nutrisi yang terkandung di dalamnya. Bahkan sudah ada banyak ahli kesehatan yang berhasil membuktikan manfaat-manfaat dari kurma bagi kesehatan manusia.

Nah, bagi sedulur yang merasa penasaran, tidak perlu basa-basi lagi. Berikut ini beberapa manfaat buah kurma yang perlu Sedulur tahu.

Baca Juga: Mengulik Fakta Tentang Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan

-->

Mencegah Risiko Diabetes

source: pixabay.com

Meskipun mempunyai rasa yang manis, namun ternyata buah kurma ini tidak serta-merta meningkatkan resiko diabetes. Justru kebalikannya, kandungan serat yang ada di dalam buah ini mampu membantu Sedulur untuk mencegah dan mengurangi resiko terkena diabetes. Pencernaan serta tak larut yang lebih lambat, akan membantu tubuh untuk mengontrol kadar gula darah dengan lebih baik.

Menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 oleh Nutrition Journal, telah membuktikan jika buah Nabi ini memiliki indeks glikemik yang rendah. Setelah dikonsumsi, buah kurma tidak langsung membuat kadar gula darah melonjak secara drastis. Jadi tidak perlu takut diabetes, jika Sedulur gemar mengonsumsi buah kurma.

Mencegah Sembelit

Photo by Rauf Alvi on Unsplash

Selanjutnya ada manfaat kurma untuk lambung, yakni mencegah sembelit dan juga peradangan di saluran pencernaan. Tingginya kandungan serat pada kurma baik itu serat larut maupun serat tidak larut, sangat ideal untuk menjaga kesehatan pencernaan. Serat ini berperan dalam pembentukan tinja dan juga agar manusia bisa BAB secara teratur.

Serat makanan dan asam animo yang terkandung dalam buah kurma ini, akan membantu menjaga kesehatan pencernaan. Tentu saja ini akan menunjang manfaat dari sari kurma untuk asam lambung. Jadi tidak heran jika buah kurma ini sangat cocok dikonsumsi saat berbuka puasa, bahkan Rasulullah S.A.W. sendiri juga menyarankan untuk menjadikan kurma sebagai hidangan sahur dan berbuka puasa.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

source: pixabay.com

Banyaknya kandungan vitamin serta mineral pada buah kurma, membuat buah ini memiliki manfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Contohnya saja seperti kalium dan magnesium, keduanya mampu membantu menurunkan tekanan darah pada tingkat yang lebih sehat. Terlebih lagi, adanya kandungan serat yang sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh manusia.

Selain itu, ternyata buah yang satu ini juga mengandung antioksidan asam fenolik. Jika Sedulur belum tahu, asam fenolik tersebut memiliki sifat antiradang yang dipercaya mampu membantu menurunkan resiko penyakit jantung, hipertensi, dan stroke. Untuk memelihara kesehatan jantung, para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kurma dua kali dalam satu minggu.

Menanggulangi Alergi

Photo by Boba Jaglicic on Unsplash

Bagi Sedulur yang memiliki alergi sejak lama dan tidak sembuh-sembuh, maka bisa coba mengonsumsi buah kurma secara rutin. Ya, dapat dikatakan memang salah satu manfaat kurma pengobatan adalah untuk menanggulangi alergi. Hal ini bisa terjadi karena kurma memiliki kandungan yang sangat jarang ditemukan pada jenis buah lainnya, yakni belerang.

Bagi kesehatan tubuh manusia, belerang ini mempunyai banyak manfaat termasuk mengurangi alergi musiman dan reaksi alergi. Menurut sebuah penelitian yang pernah dilakukan, adanya senyawa sulfur organik mampu memberikan dampak positif untuk sejumlah penderita SAR (Seasonal Allergic Rhintos) atau rintis alergi musiman. Jadi jika Sedulur sering mengalami gatal-gatal, biduran, atau alergi yang lain, bisa coba mengonsumsi buah yang satu ini.

Memperlancar Persalinan

source: pixabay.com

Jika manfaat sebelumnya terkait erat dengan kesehatan, kini ada manfaat kurma untuk ibu hamil. Banyak yang percaya jika buah Nabi ini mampu memperlancar proses persalinan dan mempercepat kontraksi tanpa induksi. Para ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan akhir, sangat disarankan untuk rutin mengonsumsi buah kurma.

Beberapa peneliti mengungkapkan jika buah kurma ini memiliki kandungan zat-zat aktif khusus yang mampu memicu produksi hormon oksitosin. Hormon tersebut bisa meningkatkan sensitivitas pada rahim dan juga memulai kontraksi. Tidak hanya itu, ada juga penelitian yang mengatakan jika kurma mengandung zat tannin yang akan membuat kontraksi terasa tidak sakit.

BACA JUGA: 9 Makanan Bergizi Sebagai Penambah Darah, Sudah Coba?

Membantu Menurunkan Berat Badan

source: pixabay.com

Untuk 200 gram kurma yang sudah dikeringkan, terkandung 76 gram karbohidrat dan 284 kalori. Dengan ini, maka kurma menjadi salah satu makanan yang kaya akan kalori. Tapi di sisi lain, buah yang satu ini juga tinggi akan jenis protein dan juga serat tak larut. Kedua jenis gizi tak larut tersebut, yang membuat Sedulur merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi kurma.

Itulah mengapa kurma sangat cocok untuk dijadikan sebagai buah cemilan khusus bagi Sedulur yang sedang dalam rangka diet. Namun perlu untuk diingat, jangan sampai memakan buah ini secara berlebihan. Alangkah lebih baik jika Sedulur tetap menjalani pola makan sehat. Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga agar proses penurunan berat badan bisa sukses.

Menjaga Kesehatan Otak

Photo by Rauf Alvi on Unsplash

Kemudian untuk manfaat kurma yang ke 7 adalah menjaga kesehatan otak. Berdasarkan pada studi oleh Neural Degeneration Research di tahun 2016, menemukan jika kurma berpotensi menghambat produksi interleukin 6 yang memicu peradangan di otak. Kadar interleukin 6 yang tinggi, sering dikaitkan dengan resiko penyakit neurodegenerative.

Tidak hanya itu, buah yang satu ini juga mampu memberikan manfaat dalam mengurangi aktivitas protein beta amyloid. Protein tersebut dapat membentuk dan membuat plak menumpuk di otak. Jika plak sudah menumpuk, maka bisa saja komunikasi antar sel-sel otak terganggu. Apabila ini terjadi, bukan tidak mungkin sel otak akan mengalami kematian.

Meningkatkan Stamina Seksual

source: pixabay.com

Tahukan Sedulur tentang manfaat kurma untuk pria? Ya, menurut sebuah penelitian, telah menunjukkan jika kurma mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan stamina seksual pria. Namun tidak hanya kurma saja, Sedulur bisa merendam kurma ke dalam susu kambing semalam penuh. Kemudian diaduk dan dicampur dengan madu dan kapulaga untuk mendapat hasil yang maksimal.

Perpaduan ini akan menjadi tonic yang sangat efektif untuk meningkatkan daya tahan seksual pria. Selain itu, campuran tersebut juga bisa mengurangi sterilitas yang diakibatkan karena gangguan seksual. Bahkan menurut penelitian oleh Bahmanpour tahun 2006, menunjukkan jika kurma mampu meningkatkan kesuburan hingga memperbesar ukuran testis.

Memberikan Suntikan Energi ke Tubuh

source: id.theasianparent.com

Mungkin masih banyak yang belum akan manfaat kurma yang satu ini. Buah Nabi ini kaya akan kandungan gula yang cukup tinggi seperti fruktosa, glukosa, seta sukrosa. Hal itulah yang membuat kurma sangat cocok dijadikan sebagai cemilan. Selain rasanya yang khas, energi Sedulur juga bisa bertambah dalam waktu yang cukup singkat.

Maka dari itu, kurma ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Jika Sedulur ingin mengembalikan energi secara lebih cepat, maka konsumsi kurma bisa dilakukan dengan cara dijus. Penyerapan nutrisi ke dalam tubuh dari jus kurma itu terbukti lebih cepat dari kurma yang dikonsumsi secara langsung.

BACA JUGA: 10 Manfaat Tanaman Lidah Mertua & Cara Merawatnya

Mengatasi Gangguan Usus

Photo by Levi Meir Clancy on Unsplash

Adanya kandungan nikotin yang terdapat pada buah kurma, dianggap sangat bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai masalah di usus manusia. Untuk menghambat pertumbuhan organisme patologis, alangkah baiknya jika kurma dikonsumsi setiap hari secara rutin. Hal tersebut juga akan membantu stimulasi dari bakteri baik agar tumbuh di usus.

Kurma ini mengandung serat larut serta tidak larut, yang bermanfaat bagi pencernaan. Selain itu, ada juga kandungan asam amino yang membuat pencernaan menjadi lebih efisien dan menstimulasi pencernaan makanan. Jika Sedulur mengonsumsi kurma dalam jumlah yang tepat, maka nutrisi yang masuk ke tubuh dan penyerapan nutrisi akan berjalan dengan lancar.

Itu adalah beberapa manfaat kurma yang perlu untuk Sedulur ketahui. Setelah membaca informasi di atas, apakah Sedulur akan mulai untuk mengonsumsi kurma secara rutin? Namun meski kurma ini baik untuk manusia, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Seperti yang telah diketahui, semua hal atau apapun yang berlebihan itu tidak baik.